Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Stranger Things Musim Kelima: Semua yang Kami Ketahui Sejauh Ini

“Musim keempat akan menjadi musim kedua terakhir; musim kelima akan menjadi yang terakhir,” jelas Duffer bersaudara.

Stranger Things Musim Kelima: Semua yang Kami Ketahui Sejauh Ini
Courtesy of Bazaar US

Sudah resmi: Musim kelima Stranger Things sedang dalam proses.

Pada bulan Februari 2022, tiga bulan sebelum musim keempat ditayangkan (dan meraih satu miliar jam waktu tonton), Netflix dan pembuat serial Matt dan Ross Duffer mengkonfirmasi bahwa acara sci-fi favorit ini akan berlanjut dengan musim kelima. Pengumuman pembaruan tersebut disertai dengan surat terbuka dari Duffer bersaudara, yang menjelaskan bahwa musim kelima juga akan menandai akhir dari serial ini.

BACA JUGA: Potret Pemeran Stranger Things, Sadie Sink di Kate Spade Aktris yang bermain

"Tujuh tahun yang lalu, kami merencanakan alur cerita lengkap untuk Stranger Things," tulis Duffer bersaudara. "Pada saat itu, kami memperkirakan ceritanya akan berlangsung selama empat hingga lima musim. Ternyata terlalu besar untuk diceritakan dalam empat musim, tetapi - seperti yang akan Anda lihat sendiri - kami sekarang sedang menuju ke akhir cerita."

Berikut adalah semua yang kita ketahui sejauh ini tentang musim kelima dan terakhir Stranger Things. 

Musim kelima akan menjadi yang terakhir kali kita melihat geng Hawkins.

Dalam surat terbuka mereka, Duffer bersaudara mengatakan musim kelima akan menyelesaikan cerita semua orang di kota fiksi Hawkins, Indiana. Namun, mereka juga mengisyaratkan bahwa alam semesta Stranger Things dapat berlanjut nanti, dengan kemungkinan spin-off atau sekuel.

"Masih banyak cerita menarik lainnya untuk diceritakan dalam dunia Stranger Things: misteri baru,petualangan baru, pahlawan tak terduga baru," tulis para pembuatnya. "Namun, pertama-tama, kami berharap Anda tetap bersama kami saat kami menyelesaikan kisah seorang gadis kuat bernama Eleven dan teman-temannya yang berani, seorang kepala polisi yang hancur dan seorang ibu yang ganas, sebuah kota kecil bernama Hawkins, dan sebuah dimensi alternatif yang hanya dikenal sebagai Upside Down."

Pada Mei 2023, Los Angeles Times melaporkan bahwa pemogokan penulis Hollywood yang sedang berlangsung telah menunda produksi musim kelima. "Kami berharap kesepakatan yang adil segera tercapai sehingga kita semua dapat kembali bekerja," tulis Duffer bersaudara di Twitter.

Netflix telah menawarkan tampilan pertama pada bagian terakhir.

Sementara penggemar telah lama menunggu-nunggu bab terakhir Stranger Things, Netflix membuat mereka semakin penasaran pada hari Senin, 15 Juli, ketika mereka membagikan tampilan pertama pada episode baru.

"Simak semuanya, para kutu buku... kami telah mencapai setengah jalan dalam proses syuting musim terakhir dan ingin memberikan kalian semua gambaran tentang apa yang telah kami lakukan," bunyi keterangannya.

Dalam klip tersebut, kita melihat cuplikan di balik layar dari kru yang sedang mengolesi monster-monster berlendir, para pemeran yang bertemu kembali, dan sekilas pemandangan dari kota Hawkins.

"Seperti setiap musim, Anda tidak pernah tahu apa yang diharapkan," kata bintang Joe Keery dalam teaser tersebut. "Musim kelima jelas terasa lebih besar," tambah Jamie Campbell Bower.

Proses syuting musim kelima telah selesai setengahnya.

Meskipun belum ada tanggal rilis pasti untuk musim kelima, sepertinya kita harus menunggu agak lama sebelum bisa menikmati episode baru tersebut.

Ketika tim produksi membagikan cuplikan di balik layar, mereka juga memberikan kabar terbaru mengenai proses produksi. Mereka mengungkapkan bahwa musim terakhir ini baru berjalan sekitar setengahnya.

Pembaruan ini terungkap dalam keterangan video, serta di pertengahan video teaser, di mana bintang Caleb McLaughlin mengatakan bahwa mereka kira-kira berada di tengah-tengah produksi.

Walaupun belum ada tanggal rilis pasti, musim kelima diperkirakan akan tiba di tahun 2025. Mari kita berharap demikian.

Adik-Beradik Duffer mengatakan musim kelima kemungkinan tidak akan memiliki banyak karakter baru.

Dalam sebuah wawancara pada Agustus 2022 dengan IndieWire, Duffer bersaudara berbicara mengenai pengembangan karakter dalam acara tersebut. Mereka mengungkapkan keinginan untuk fokus pada karakter inti di musim terakhir.

"Setiap kali kami memperkenalkan karakter baru, kami ingin memastikan bahwa mereka akan menjadi bagian penting dari narasi," ujar Ross. "Tapi setiap kali kami melakukannya, kami merasa gugup, karena Anda akan berpikir, 'Kami sudah memiliki pemeran karakter dan aktor yang hebat di sini, dan setiap momen yang kami habiskan dengan karakter baru, berarti kami mengambil waktu dari salah satu aktor lainnya.' Jadi kami sangat, sangat berhati-hati tentang siapa yang akan kami perkenalkan."

 "Kami berusaha semaksimal mungkin untuk tidak menambahkan karakter baru di Musim 5. Kami mencoba untuk tidak melakukan itu agar bisa fokus pada karakter-karakter asli," tambah Matt.

Namun, ketika sebuah klip di balik layar dibagikan di akun Instagram resmi Stranger Things, tiga bintang baru terungkap: Nell Fisher, Alex Breaux, dan pendatang baru Jake Connelly. Belum lagi, satu bintang besar era 80-an telah bergabung dalam pemeran...

Linda Hamilton bergabung dalam pemeran musim kelima.

Stranger Things telah merekrut satu lagi ikon era 80-an untuk musim terakhir serial ini. Pekan lalu, Netflix mengumumkan bahwa bintang Terminator, Linda Hamilton, akan bergabung dengan pemeran musim kelima, merilis berita tersebut sebagai bagian dari acara penggemar Tudum. Rincian lebih lanjut mengenai peran aktris ini masih dirahasiakan untuk saat ini.

Duffer bersaudara berharap jeda menuju musim kelima lebih singkat.

Dengan akhir musim keempat yang menggantung dan merobek batas antara Upside Down dan Hawkins, para penggemar bertanya-tanya kapan mereka akan mendapatkan episode baru (dan berharap jawabannya adalah "secepat mungkin"). Untungnya, Duffer bersaudara sendiri memberi tahu Variety pada Mei 2022 bahwa mereka telah mengajukan alur cerita musim kelima ke Netflix dan bahwa jeda antara musim keempat dan kelima seharusnya jauh lebih singkat daripada jeda tiga tahun antara musim ketiga dan keempat.

"Jangan paksa kami untuk memenuhinya, tetapi jeda seharusnya jauh lebih singkat kali ini, karena kami sudah memiliki garis besar awal, dan kami tidak dapat membayangkan akan ada lagi jeda paksa selama enam bulan," ujar mereka kepada media tersebut.

Setelah perilisan volume kedua musim keempat pada Juli 2022, mereka memberikan kabar terbaru tentang jadwal produksi kepada Collider, mengungkapkan bahwa mereka akan mulai menulis musim kelima setelah istirahat sejenak."Kami akan mengambil liburan singkat di bulan Juli," kata Ross. "Dan kemudian kami akan kembali. Saya tahu bahwa ruang penulis akan dimulai pada minggu pertama Agustus."

Will akan menjadi "bagian penting dan fokus" di musim kelima.

Setelah kurang mendapat perhatian dibandingkan kisah cinta antara Eleven (Millie Bobby Brown) dan Mike (Finn Wolfhard) di musim keempat—bahkan sampai hari ulang tahunnya terlupakan—Will Byers (Noah Schnapp) akan memiliki peran lebih besar di musim terakhir, menurut Collider. Matt Duffer memberi tahu media tersebut pada Juli 2022 bahwa musim kelima akan menunjukkan Will menemukan jati dirinya, dan tampaknya kita mungkin akhirnya akan melihat percakapan tentang seksualitasnya di layar.

"Will akan menjadi bagian penting dan fokus, itu saja yang bisa saya katakan tentang Musim 5, dalam perjalanannya. Kita mulai melihat dia tumbuh dewasa, sungguh. Yang telah menjadi tantangan karena sejumlah alasan, beberapa di antaranya bersifat supernatural. Tapi Anda mulai melihat dia menemukan jati dirinya," kata Matt.

Ross Duffer menambahkan, "[Ini] mengatur kita kembali ke lingkaran penuh ke Musim 1. Saya pikir Anda akan melihatnya dengan beberapa alur karakter, tidak hanya dengan Will. Tetapi juga dengan Steve dan Nancy, dan hubungannya dengan Jonathan di mana banyak hal belum sepenuhnya terselesaikan. Para karakter mungkin telah membuat langkah, seperti dalam kasus Will, tetapi perjalanan itu belum berakhir. Semua itu akan memainkan peran besar saat kita mencoba menyelesaikan semuanya di musim depan."

Duffer bersaudara mengatakan musim kelima mungkin akan mencakup lompatan waktu.

Dalam wawancara pada Juni 2022 dengan TVLine, mereka mengungkapkan bahwa mereka telah menggarisbawahi alur musim kelima, mengatakan bahwa acara ini "cukup terpetakan dengan baik". Mereka juga mengatakan bahwa mereka belum menetapkan tanggal mulai syuting dan bahwa mereka berharap untuk mengubah garis besar mereka berdasarkan apa yang mereka pelajari saat syuting musim keempat.

"Kami telah belajar banyak hanya dengan bekerja dengan semua aktor baru kami dan mereka yang telah lama bekerja sama dengan kami selama tahun ini [membuat musim keempat], jadi saya yakin itu akan sedikit berubah dari garis besar itu," kata Matt. "Akhir cerita adalah hal yang sulit. Itu jelas hal yang menegangkan. Kami benar-benar ingin mengakhirinya dengan baik."

Ross menambahkan bahwa acara ini kemungkinan harus menyertakan semacam lompatan waktu, karena perbedaan usia antara aktor utama dan karakter mereka semakin lebar.

"Saya yakin kami akan melakukan lompatan waktu," katanya kepada media tersebut. "Idealnya, kami akan syuting [musim keempat dan kelima] secara berurutan, tetapi tidak ada cara yang memungkinkan untuk melakukannya. Jadi ini semua adalah diskusi yang akan kami lakukan dengan para penulis kami ketika kami memulai ruang penulis."

Vecna kemungkinan akan menjadi penjahat utama di musim kelima.

 Di musim keempat, Stranger Things memperkenalkan Vecna, penjahat besar utama dalam serial ini, yang tampaknya tak terkalahkan. Akhir musim menegaskan bahwa monster itu—alias subjek uji pertama Dr. Brenner, alias Henry Creel—telah menjadi pusat dari pikiran sarang monster Upside Down sejak musim pertama, perlahan mendapatkan pijakan di Hawkins hingga ia dapat menjalankan rencana yang menghancurkan beberapa penghalang antara Upside Down dan dunia biasa.

Dua episode volume kedua dari musim keempat menggambarkan pertarungan antara Vecna dan anak-anak yang meninggalkan penjahat itu terluka parah, tetapi tidak mati. Penonton tidak pernah melihat tubuhnya, dan Will Byers merasakan kesemutan peringatan yang familiar di belakang lehernya di akhir musim, menandakan bahaya lebih lanjut.Jadi musim kelima kemungkinan akan menghadirkan pertarungan terakhir antara Eleven dan Vecna untuk menentukan nasib dunia.

Pada Juni 2022, aktor Vecna, Jamie Campbell Bower, mengisyaratkan bahwa dia akan menjadi bagian dari musim kelima. Dalam sebuah wawancara dengan The Hollywood Reporter, dia memberikan petunjuk samar: "Begini saja: Saya tahu tentang musim kelima. Simpulkan sendiri dari itu."

Millie Bobby Brown menginginkan Eleven memiliki "akhir yang baik."

Dalam wawancara dengan Glamour pada Agustus 2020, aktris Millie Bobby Brown membahas pemikirannya tentang bagaimana Stranger Things mungkin akan berakhir, terutama yang berkaitan dengan karakternya, Eleven. Brown bercanda, "Saya selalu berkata kepada Duffer bersaudara, 'Bisakah dia tidak tersenyum dalam satu pengambilan?' Saya ingin ceritanya diakhiri dengan akhir yang baik. Saya sangat memercayai Duffer bersaudara sehingga saya yakin itu akan menjadi indah dan saya akan menyukainya apa pun itu."

Secara khusus, Brown berharap tentang hubungan Eleven dengan Mike Wheeler dan kekuatan luar biasa yang hilang di akhir musim ketiga. "Tapi saya ingin dia mendapatkan kekuatannya kembali karena dia adalah seorang pahlawan, dia seperti wanita super dalam beberapa hal," kata Brown. (Spoiler: Dia mendapatkannya kembali.) "Dan dia mencintai Mike—saya ingin mereka menikah. Itulah yang saya butuhkan. Saya perlu adegan pernikahan untuk Stranger Things, titik."

Brown bercanda, "Eleven dalam gaun pengantin dan dia berkata, 'Maaf, hidung saya berdarah. Ini gaun putih.' Bukankah itu sepertinya cocok?"

David Harbour mengatakan Hopper akan ada di musim kelima.

Dalam sebuah wawancara dengan Gold Derby pada Juni 2020, aktor David Harbour, yang memerankan kepala polisi Hawkins, Jim Hopper, tampaknya membocorkan bahwa Stranger Things akan berlanjut setelah musim keempat. Dia berkata, "Saya akan memberi tahu Anda di Musim 4 dan di Musim 5, jika kita dapat syuting lagi, ada banyak hal yang akan terungkap seputar kompleksitas cerita [Hopper], yang sangat kaya, dan saya sangat bersemangat untuk Anda melihatnya."

Dia juga menggoda, "Karena kita tahu akhirnya, Anda akan dapat kembali dan menontonnya dan melihat, Anda tahu, apa yang kami tanam di Musim 3 yang terbayar di Musim 4 dan Musim 5." 

BACA JUGA: 
5 Fakta Menarik dari Drama Serial Stranger Things 4 yang Mungkin Anda Lewatkan
3 Tampilan Inspirasi Serial Stranger Things 

(Penulis: Amy Mackelden dan Quinci Legardye; Artikel ini disadur dari: Bazaar US; Alih bahasa: Matthew De Jano; Foto: Courtesy of Bazaar US)