Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Sayap Timur Istana Buckingham Dibuka untuk Pertama Kalinya

Di sayap timur, terdapat ruangan utama tempat para bangsawan berkumpul sebelum menuju balkon untuk sesi foto ikonis mereka.

Sayap Timur Istana Buckingham Dibuka untuk Pertama Kalinya
Courtesy of BAZAAR UK

Musim panas ini, pengunjung akan mendapatkan kesempatan langka untuk mengintip kehidupan keluarga kerajaan saat Istana Buckingham membuka sayap timurnya untuk pertama kalinya.

Ruang-ruang pribadi yang sebelumnya tertutup, yang dibangun antara tahun 1847 hingga 1849 untuk keluarga Ratu Victoria yang semakin besar, kini akan terbuka bagi wisatawan. Mereka dapat melihat langsung ke balik balkon ikonis Istana Buckingham. Balkon ini telah menjadi pusat berbagai acara nasional seperti Trooping the Colour, tempat para bangsawan dari berbagai generasi berdiri untuk menyapa rakyat.

Courtesy of BAZAAR UK

Pada tahun 2004, Ratu Elizabeth II menyampaikan pesan Natalnya dari sayap timur Istana Buckingham.

Caroline de Guitaut, pengawas Seni Raja, menjelaskan bahwa ide untuk menambahkan balkon di Istana Buckingham datang dari Pangeran Albert. Menurutnya, Pangeran Albert melihat balkon sebagai cara untuk mendekatkan keluarga kerajaan dengan rakyat, dan sampai saat ini, balkon tersebut masih digunakan untuk acara-acara penting.

"Penggunaan balkon ini dimulai pada masa pemerintahan Ratu Victoria, sejak tahun 1851, ketika mereka melambaikan tangan kepada pasukan yang berangkat ke Perang Krimea dan menyambut mereka saat kembali," tambahnya.

Courtesy of BAZAAR UK

Sayap Timur Istana Buckingham kini dibuka untuk umum, yang sebelumnya merupakan area pribadi.

Meskipun pengunjung tidak dapat berdiri di balkon, tur eksklusif ini menawarkan kesempatan langka untuk melihat ke dalam ruangan-ruangan istana dan menikmati pemandangan luas menuju The Mall. Sebanyak 19 ruangan yang dapat dikunjungi ini dihias dengan sangat megah – wallpaper China abad ke-18 yang dilukis tangan, naga emas, hiasan dinding dari sutra Imperial, serta lampu gantung kaca berbentuk bunga teratai. Koleksi Royal terbaik juga dipamerkan di sini, banyak di antaranya berasal dari Royal Pavilion di Brighton yang dijual pada tahun 1850 untuk membiayai pembangunan sayap timur ini.

Beberapa ruangan utama di sayap timur meliputi ruang tamu kuning dan koridor utama, yang membentang sepanjang sayap dan menampilkan lukisan-lukisan karya seniman terkenal seperti Thomas Gainsborough. 

Courtesy of BAZAAR UK

Sketsa Ruang Gambar Kuning pada Tahun 1840

Sebelum musim panas ini, sayap timur menjalani renovasi besar lima tahun, meliputi pembaruan kabel listrik, pipa, dan pemanas. Pemeliharaan penting ini diperkirakan menghabiskan biaya sebesar £369 juta. Dilaporkan bahwa Raja Charles berperan penting dalam membuka sayap timur untuk umum, dengan 6000 tiket habis terjual dalam beberapa jam setelah tersedia pada bulan April.

Kesempatan untuk menikmati tur ini sangat terbatas; tur akan dimulai pada 15 Juli hingga 31 Agustus, setiap harinya hanya mengizinkan 20 pengunjung pada satu waktu. Setiap tiket dibanderol seharga £75 per orang.

Courtesy of BAZAAR UK

Raja Charles di Ruang Pusat pada Desember 2023

Untuk informasi lebih lanjut mengenai tur dan pembukaan musim panas Istana Buckingham, dapat ditemukan pada situs web Royal Collection.

BACA JUGA:
Kumpulan Foto Keluarga Kerajaan di Pesta Kebun Tahunan Holyroodhouse

Fokus Pangeran William di Episode Seri Dokumenter Terbaru Berjudul Homelessness: Reframed

(Penulis: Kimberley Bond; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Vanesa Novelia; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)