Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Destinasi Liburan Mewah Anda Berikutnya: Gua

Akomodasi yang terletak di dalam gua alami atau buatan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

Destinasi Liburan Mewah Anda Berikutnya: Gua
Giorgos Sfakianakis Courtesy of ACRO SUITES

Di Six Senses Ibiza, kamar yang paling diinginkan bukanlah suite presiden. Kamar tersebut adalah Cave Royale, tiga kamar bawah tanah dengan teras seluas 1.300 kaki persegi yang menghadap ke laut. Kamar ini adalah bagian dari perluasan baru resor tersebut, Beach Caves, yang mencakup restoran tepi laut dan beberapa bar yang dirancang oleh duo desainer interior, Diego Alonso dan Alexeja Pozzoni. Gua buatan ini seperti “hotel di dalam hotel,” kata Alonso. “Ini telah menjadi daya tarik besar bagi para tamu dan memberikan aliran baru bagi properti ini.” Ada juga Cova Santa, restoran dan klub di Ibiza yang menampilkan beberapa DJ dan pesta paling keren di pulau tersebut dan dibangun di sekitar gua alami. “Mungkin dengan semua yang terjadi di dunia, gua adalah tempat di bawah sadar kita yang membuat kita merasa aman,” ujar Alexeja. 

Courtesy of SIX SENSES IBIZA

Pemandangan dari Cave Royal di Six Senses Ibiza di Spanyol. Di atas: Acro Suites. Kreta, Yunani. (Courtesy of BAZAAR US)

Courtesy of SIX SENSES IBIZA

Six Senses di Ibiza. (Courtesy of BAZAAR US)

Francesca Amfitheatrof, direktur artistik perhiasan dan jam tangan di Louis Vuitton, menawarkan teori lain. Ia baru-baru ini menyelesaikan transformasi sebuah gua di pulau kecil Ventotene di Italia menjadi rumah liburan yang spektakuler dengan bantuan studio arsitektur Romawi, LaCap. “Kita terjebak dalam kotak sepanjang hidup, berpindah dari satu persegi ke persegi panjang, jadi saya pikir bentuk organik dari gua itu menenangkan dan memikat,” katanya. Ia menyarankan bahwa ini adalah kombinasi yang menggoda dan menenangkan, hampir seperti “kembali ke rahim.”

BACA JUGA: 7 Tempat Mewah Terbaik untuk Bersantai di Ibiza

Marcello Bocchieri/Courtesy of LOCANDA DON SERAFINO

Locanda Don Serafino di Ragusa Ibla, Italia (Courtesy of BAZAAR US)

Marcello Bocchieri/ Courtesy of LOCANDA DON SERAFINO

Locanda Don Serafino di Ragusa Ibla, Italia (Courtesy of BAZAAR US)

Meskipun properti Amfitheatrof bersifat pribadi, hotel-hotel gua spektakuler lainnya dapat ditemukan di tempat lain di Italia. Di Sisilia, ada Locanda Don Serafino di Ragusa Ibla, dengan perabotan Kartell dan bak mandi yang diukir dari batu. Di bagian paling kuno kota Matera, ada Sextantio Le Grotte della Civita yang dramatis, kumpulan 18 gua yang dibayangkan ulang oleh hotelier dan pelestari Italia Daniele Kihlgren bersama arsitek Inggris David Chipperfield sebagai ruang minimalis dengan bak mandi freestanding Philippe Starck dan puluhan lilin yang dinyalakan setiap malam.

Courtesy of DESIGN HOTELS

Musim panas lalu, Kihlgren membuka Sextantio Il Palazzo della Civita yang berdekatan, lima kamar di istana abad ke-17 yang menyatu dengan batu. Beberapa gua di properti ini sekarang digunakan untuk bengkel kerajinan lokal, sementara yang lain telah diubah menjadi instalasi seni kontemporer dengan lanskap suara.

Courtesy of DESIGN HOTELS

Historic Matera, Italy. (Courtesy of Bazaar US) 

Wilayah lain yang terkenal dengan kehidupan bawah tanah adalah Cappadocia, Turki, di mana seseorang dapat menjelajahi kota-kota bawah tanah dan gereja-gereja Kristen awal yang digali dalam batuan vulkanik lembut di wilayah tersebut. Hotel gua yang paling bergaya dan intim di daerah ini adalah Serinn House di Ürgüp yang memiliki lima kamar.

Marcio Nicoletti/Courtesy of SERINN HOUSE

Rumah Serinn di Ürgüp, Turki. (Courtesy of BAZAAR US)

Courtesy of GIORGOS SFAKIANAKIS

Acro Suites, Kreta, Yunani. (Courtesy of BAZAAR US)

Di pulau Kreta di Yunani, Acro Suites adalah salah satu resor yang paling sering difoto berkat kamar-kamar gua di tebing yang menghadap ke laut. Penampilan gua telah menjadi begitu populer sehingga beberapa pemilik hotel bahkan merancang penginapan agar terlihat seperti gua: Dalam kasus Hyades Mountain Resort di Yunani selatan, pemiliknya membuat suite mirip gua yang diukir dari kayu.

Courtesy of HYADES MOUNTAIN RESORT

Hyades Mountain Resort di Trikala Korinthias, Yunani. (Courtesy of BAZAAR US)

BACA JUGA:

Hotel Mewah Terbaik di Venesia

Meghan Markle dan Pangeran Harry Berlibur ke Ibiza

(Penulis: Gisela Williams; Artikel ini disadur dari: Bazaar US; Alih bahasa: Matthew De Jano; Foto: Courtesy of Bazaar US