Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Membersihkan Anting-Anting Anda dari Seorang Ahli

Karena ukurannya yang sangat kecil dan rumit serta sering terpapar produk kosmetik, menjaga anting-anting Anda untuk tetap bersih dapat menjadi rutin yang sulit.

Cara Membersihkan Anting-Anting Anda dari Seorang Ahli
Courtesy of Bazaar UK

Dibuat dalam skala kecil dengan berbagai bahan berharga, anting-anting bisa menjadi sangat rumit untuk dibersihkan. Posisi mereka juga unik (sebagai perhiasan yang ditempatkan paling dekat dengan wajah dan rambut, dimana artinya mereka sering berada di garis depan ketika terpapar make-up, parfum, dan semprotan rambut). Apa langkah pertama untuk menjaga kebersihan mereka? Berusaha mencegah daripada mengobati.

BACA JUGA: Seberapa Sering Anda Harus Mencuci Rambut?

Di sini, para ahli perhiasan dan tindik memberikan nasihat mereka tentang bagaimana cara merawat koleksi anting-anting Anda agar tetap berkilau selamanya.

PASANG ANTING-ANTING ANDA TERAKHIR

"Cobalah untuk tidak menyemprotkan produk rambut dan make-up langsung ke perhiasan karena hal itu akan membuat anting-anting terlihat kotor dan tidak berkilau, dan juga berarti harus ada lebih banyak pembersihan," jelas Maria Tash, pendiri merek perhiasan dan tindik global.

Lebih aman untuk memasang anting-anting setelah menggunakan kosmetik atau menempatkan sehelai tisu di atasnya saat menyemprotkan. Tidak hanya perhiasan Anda yang akan lebih terlindungi, tetapi tindikan Anda juga akan berterima kasih. "Make-up sering mengandung butiran-butiran kecil yang dapat masuk ke tindikan dan menyebabkan iritasi," kata Clem Kirchmeir, penindik senior di Fat Fuga Collective. "Hindari penggunaan make-up terlalu dekat dengan telinga jika Anda menggunakan bronzer, berhati-hatilah di dekat tindikan baru tersebut dan biarkan ada jarak beberapa milimeter."

Courtesy of Bazaar UK

SETIAP PERNIK ATAU ATAU BATU PERMATA MEMBUTUHKAN PERAWATAN YANG BERBEDA

Ketika Anda membersihkan anting-anting Anda, ingatlah bahwa batu permata dan logam yang berbeda memerlukan perawatan yang berbeda. "Berlian sangat oleofilik, yang berarti mereka menarik lebih banyak kotoran dan zat berminyak," jelas Vanessa Chilton, salah satu pendiri Robinson Pelham, merek berbasis di Chelsea yang disukai oleh Putri Wales.

Sementara sidik jari berminyak bukanlah hal yang ideal, mereka dapat dengan mudah dihilangkan jika batu tersebut adalah berlian atau emas. "Pembersihan yang menyeluruh memerlukan sikat gigi yang sangat lembut dan sabun ringan untuk membersihkan residu kulit. Kemudian bilas dengan air, dan akhirnya rendam atau gosok dengan alkohol isopropil 70 persen untuk menghilangkan sisa minyak," saran Maria.

Untuk safir dan rubi, kain alkohol yang digosok di atas permukaan batu-batu tersebut akan memberikan efek kilau yang cepat, tetapi untuk perhiasan vintage berharga atau batu berpori, Maria menyarankan untuk berkonsultasi dengan ahli perhiasan.

Courtesy of Bazaar UK

BERHATI-HATI DENGAN PEMBERSIH UAP DAN ULTRASONIK

Jika anting-anting Anda membutuhkan pembersihan yang lebih mendalam, ada beberapa pilihan, tetapi harus dilakukan dengan hati-hati. "Jika Anda memiliki pemurni ultrasonik, ini adalah cara yang baik untuk secara lembut menghilangkan kotoran menggunakan gelombang ultrasonik," ucap Vanessa.

"Tetapi berhati-hatilah, karena batu permata seperti opal, moonstone, turquoise, zamrud, dan mutiara sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam mesin ultrasonik." Hal ini sama berlakunya untuk pembersihan uap. "Memang mungkin untuk membersihkan anting-anting tertentu dengan pembersih uap, tetapi tidak kepada yang memiliki mutiara, zamrud, atau perhiasan apa pun yang menggunakan foil di belakang batunya , saya biasanya hanya akan membersihkannya dengan air suhu ruangan dan sabun yang sangat ringan, kemudian keringkan dengan handuk lembut," sepakat Maria.

Penting juga untuk mempertimbangkan setelan yang sangat sensitif. "Hindari menggunakan pemurni ultrasonik pada anting-anting dengan setting pavé karena batu-batu tersebut bisa menjadi longgar," kata Sophie Howard, pendiri By Pariah, yang mendesain anting-antingnya dengan beragam batu langka dan unik yang tidak biasa. "Pastikan Anda juga membersihkan setiap bagian secara terpisah, dengan melepas setiap liontin dari anting-anting jika memungkinkan."

PILIH KOTAK PENYIMPANAN YANG PENUH PERLINDUNGAN

Luangkan waktu sejenak di awal setelah pembelian untuk menilai tempat penyimpanan perhiasan Anda agar menghindari anting-anting yang bisa menjadi kotor. "Jangan menyimpan anting-anting Anda di tempat kotor setelah melepaskannya," kata Clem. "Simpanlah mereka di tempat seperti kotak sikat gigi Anda, jauh dari bakteri. Kotak perhiasan diciptakan untuk alasan tertentu."

BACA JUGA: 

Pedro Lansirkan Koleksi Icon Summer 2023 Terbaru

Gigi Hadid Menunjukkan Dukungannya untuk Sang Mantan, Zayn Malik

(Penulis: Charlie Boyd; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Vala Makki; Foto: Courtesy of Bazaar UK)