Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

TrapTox: Injeksi Pelunak Kerutan untuk Postur Tubuh?

Dokter kosmetik menjelaskan pro dan kontra penggunaan neurotoksin seperti Botox untuk postur tubuh.

TrapTox: Injeksi Pelunak Kerutan untuk Postur Tubuh?
Courtesy of Bazaar UK

Sebagian besar dari kita familier dengan penggunaan injeksi wrinkle-relaxing (melunakkan kerutan) berbasis neurotoksin (Botox, Alluzience, Azzalure, atau Bocouture untuk perawatan wajah). Injeksi seperti ini biasanya memiliki tujuan untuk menghaluskan dahi dan mengurangi kerutan di sekitar mata. Namun, neurotoksin ini juga disetujui untuk digunakan dalam mencegah keringat berlebih di bawah lengan dan mengurangi migrain. Di luar lisensi, para praktisi juga menggunakan neurotoksin untuk mengatasi masalah postur tubuh, yang menjadi semakin populer berkat video yang mendokumentasikan penggunaan "TrapTox" ini di TikTok.

BACA JUGA: Apa itu Perawatan Rambut "Dermaplaning"?

Tujuan dari penyuntikan produk seperti Botox adalah untuk membantu mengatasi masalah postur, menurut Dr. Ashwin Soni, seorang ahli bedah plastik dan rekonstruksi terdaftar di GMC dan pendiri Klinik Soni. "Ini untuk menargetkan otot-otot tertentu dalam tubuh dan membuatnya rileks". Dalam literatur profesional yang diterbitkan mengenai penggunaan neurotoksin untuk tujuan postur tubuh, otot yang paling umum menjadi sasaran adalah otot trapezius (juga dikenal sebagai "trap"). "Perawatan ini maka dari itu sering disebut sebagai 'TrapTox' atau 'Trap Botox' di berbagai platform media sosial," ucap Dr. Ashwin.

Namun, apa sebenarnya yang terlibat dalam perawatan ini?

Courtesy of Tiktok @drbitafarrell

Apa itu 'TrapTox', dan bagaimana penggunaannya untuk postur tubuh?

Untuk menjelaskan prosedurnya secara sederhana, "Anda mengobati isu otot leher dan bahu, yang dapat membuat Anda berdiri lebih lurus karena sulit untuk terus membungkuk," jelas salah satu dokter estetika ternama di London dan pendiri The Lovely Clinic, Dr. Sarah Tonks, sambil menambahkan bahwa hal ini juga dapat menyebabkan leher terlihat lebih panjang dan bahu lebih terdefinisi. "Ini bukan perawatan baru, tetapi tidak banyak orang yang mengetahuinya," katanya, mengungkapkan bahwa "ini lebih populer di Asia, di mana orang mencari efek pelangsingan pada bahu." Di sini, fokusnya lebih kepada postur tubuh dan peningkatan untuk mengurangi nyeri yang terkait dengan ketegangan, dan juga untuk penampilan.

“Banyak dari kita cenderung membungkuk di depan komputer selama berjam-jam setiap hari dan mengalami memburuknya postur tubuh serta semakin sering merasa nyeri di leher dan bahu,” jelas Dr. Ashwin. Dokter kosmetik berpenghargaan, Dr. Johanna Ward dari Cosmetic Skin Clinic, juga setuju dan menambahkan bahwa ponsel kita juga menjadi masalah. "Di era smartphone, kita menghadapi masalah besar dengan tegangan pada anatomi kepala dan leher, yang akan menjadi masalah di masa depan."

Di sinilah injeksi neurotoksin dapat membantu mengatasi tegangan otot dan postur tubuh, tetapi Dr. Ashwin mengatakan bahwa ada batasannya. "Untuk pengobatan tegangan otot, mungkin dibutuhkan setidaknya dua kali suntik Botox (atau produk serupa), karena tidak ada panduan yang diterbitkan mengenai seberapa banyak yang harus disuntikkan ke bagian otot ini dan bagaimana mendistribusikan dosisnya." Ketika melakukan penyuntikan khusus untuk postur tubuh, "Anda harus berhati-hati dalam memilih penyedia perawatan, karena dalam beberapa kelompok otot besar seperti trapezius atau bagian atas tubuh dan leher, Anda mungkin memerlukan jumlah neurotoksin yang sangat besar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan." Ini berarti biaya perawatan juga akan mahal karena banyaknya neurotoksin yang dibutuhkan untuk kedua sisi tubuh.

Courtesy of Bazaar UK

Siapa yang cocok untuk 'TrapTox'?

"Orang yang memiliki otot trapezius yang besar, sering membungkuk, dan merasa sakit akibatnya," menurut Dr. Sarah.  Meskipun perawatan ini dapat membalikkan kebiasaan buruk tersebut dan mengurangi ketidaknyamanan yang terkait, namun perlu diketahui bahwa ini bukanlah penyembuhan ajaib bagi masalah-masalah tersebut. "Perawatan ini bisa terasa tidak nyaman ketika efeknya mulai terasa," katanya, "dan ketika Anda mencoba membungkuk tetapi tidak bisa."

Seperti dengan prosedur medis lainnya, "Anda perlu dievaluasi oleh penyedia perawatan yang sangat berpengalaman yang memahami sistem muskuloskeletal secara mendalam dan dapat membahas kelebihan dan kekurangan perawatan," saran Dr. Ashwin.

Apa alternatif lain untuk 'TrapTox' untuk postur tubuh?

"Metode non-injeksi yang bisa dicoba adalah dengan mengikuti aktivitas Pilates dan kondisi tubuh untuk membantu mengatasi masalah postur buruk atau masalah postur terkait pekerjaan," saran Ashwin.

Kami juga merekomendasikan untuk mengunjungi klinik yang fokus pada kesehatan dan performa tubuh seperti Club Health di London untuk mengobati postur buruk secara holistik dengan rencana yang menggabungkan kelas Pilates klinis, fisioterapi, pijat, dan terapi mobilitas.

BACA JUGA:

Operasi Hidung Non-Bedah Dijelaskan oleh Para Ahli

Apa itu ‘Lymphatic Drainage Massage’?

 (Penulis: Bridget March; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Vala Makki; Foto: Courtesy of Bazaar UK)