Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

8 Tips Memilih Jam Tangan Pria Sesuai Ukuran Tangan Anda

Simak berbagai tipe ukuran yang harus dipertimbangkan agar Anda menemukan jam tangan yang tepat.

8 Tips Memilih Jam Tangan Pria Sesuai Ukuran Tangan Anda
Courtesy of IWC Schaffhausen

Banyak orang mengira bahwa proses memilih jam tangan yang tepat hanya datang dari faktor desain jam dan jika jam tersebut muat di pergelangan tangan Anda. Realitanya, terdapat banyak macam ukuran yang harus dipertimbangkan untuk menentukan apabila jam yang ingin Anda beli sepenuhnya memang cocok dan proporsional di tangan Anda atau tidak.  

Mulai dari cara mengukur, ukuran strap, diameter dan ketebalan case, berikut adalah 8 tips untuk memilih jam tangan pria yang tepat sesusai ukuran pergelangan tangan Anda agar cocok dan proporsional. 

BACA JUGA: Tren Mengoleksi Jam Tangan Vintage di Kalangan Muda

  1. Ukur pergelangan tangan Anda 

    Tentunya, ukuran pergelangan tanganmu memainkan peran yang besar dalam menentukan tipe jam tangan yang pas untuk Anda, apalagi jika Anda ingin membeli jam tangan online.


    Anda bisa menggunakan pita pengukur untuk mengukur pergelangan tangan Anda. Ukuran tersebut secara garis besar dapat menunjukkan jika tipe pergelangan Anda tipis, ramping, sedang, atau tebal. Saat mengukur pergelangan tangan dengan pita, sisakan sekitar setengah sentimeter untuk jaga-jaga agar patokan ukuran terlalu sempit. Pastikan strap dalam jam tangan pilihan Anda juga memiliki fitur adjustable agar keketatan strap bisa diatur. 
  2. Lihat ukuran pergelangan tangan Anda terletak di kategori apa

    Jika ukuran pergelangan tanganmu 14-16cm, pergelangan Anda masuk dalam kategori tipis.
    Ukuran 16-17cm masuk dalam kategori ramping.
    Ukuran 17-18cm masuk dalam kategori sedang.
    Dan ukuran 18cm keatas termasuk kategori pergelangan tangan yang tebal. 

    Kategori tersebut dapat membantu Anda menentukan diameter case, lebar strap, dan ketebalan case jam tangan apa yang akan terlihat proporsional khusus di tangan Anda. 

  3. Cari ukuran diameter case yang tepat 

    Bagian case dari sebuah jam tangan merupakan salah satu fitur yang paling kelihatan dan memainkan peran yang besar untuk menentukan jika jam tangan cocok di tangan Anda atau tidak.

    Secara umum, diameter arloji untuk perhiasan pria berkisar dari 38mm hingga 46mm.

    Jika ukuran pergelangan tangan Anda diantara 14-17cm, pilihlah jam tangan yang memiliki diameter case yang berukuran 38mm hinga 40mm.

    Jika ukuran pergelangan tangan Anda diatas 18cm, pilihlah diameter case yang berukuran 44-46mm. 

  4. Perhatikan ketebalan case

    Ketebalan case harus proporsional dengan diameternya.Jika pergelangan tangan Anda kecil atau ramping, case yang terlalu tebal dapat menghasilkan penampilan yang kurang elegan atau rapi. Jam dengan diameter 38mm hingga 42mm memiliki ketebalan 7mm, dan diameter yang lebih besar memiliki ketebalan 9mm ke atas. Jika case terlalu tebal dibandingkan tangan Anda, jam tangan Anda akan terasa sangat berat dan longgar.

  5. Cari lebar strap yang tepat dengan metode berikut

    Secara umum, jam tangan yang berkualitas dan proporsional biasanya memiliki lebar strap berukuran setengah dari diameter case. Jika diameter case Anda 38mm, maka lebar strap menjadi 19mm dan akan terlihat proporsional di pergelangan tangan Anda yang tipis. Hal ini juga dapat diaplikasikan ke pergelangan tangan yang tebal. Jika Anda memilih ukuran yang tidak proporsional, jam tangan tersebut akan terlihat terlalu berat/ketat/berlebihan di pergelangan tangan Anda 

  6. Tentukan bahan strap sesuai gaya hidup dan kebutuhan Anda 

    Jika Anda mementingkan desain elegan, fashionable atau classy dalam sebuah jam tangan, strap dengan bahan kulit bisa menjadi pilihan utama Anda. Banyak jam tangan merek desainer yang menggunakan leather strap agar jika digunakan dapat terlihat serasi dengan penampilan busana yang classy atau rapi.
    Courtesy of Patek Phillipe

    Patek Phillipe Nautilus 5712R - Memiliki strap kulit dan diameter case yang sedang (cocok untuk pergelangan tangan yang ramping/sedang dan tetap memancarkan gaya classy)

    Jika Anda ingin strap yang kuat, tahan lama, dan terlihat maskulin, Anda bisa memilih strap berbahan logam stainless atau titanium, dimana materi ini merupakan bahan strap yang digunakan banyak merek jam tangan premium seperti stainless steel bracelet ikonis dari IWC Schaffhausen yang terbuat dari logam.

    Courtesy of IWC Schaffhausen

    IWC Schaffhausen - Ingenieur Automatic 40 - Memiliki strap logam premium yang cocok untuk pergelangan tangan besar dan gaya maskulin

    Jika Anda ingin strap yang melekat baik di tangan saat berolahraga atau berenang, bahan nilon atau silikon cocok untuk gaya hidup Anda karena tidak akan rusak atau lepas karena keringat atau air. Ini mengapa produk seperti NATO strap dari Omega dan Apple Watch menggunakan strap berbahan nilon atau silikon. 

    Courtesy of Omega

    Omega Seamaster Planet Ocean 600m- Memiliki diameter case 43-45mm dan strap nilon (cocok untuk pria yang memiliki pergelangan tangan besar dan gemar berolahraga) 
    Courtesy of Apple

    Apple Watch Series 8 - Memiliki sport band (silikon) dan diameter case dari 41 hingga 45mm (cocok untuk gaya simple, high-tech, dan tidak menyerap keringat

  7. Desain jam tangan yang tepat khusus untuk pergelangan tangan yang tipis

    Tips ini khusus untuk Anda yang ingin gaya maskulinnya tetap bersinar walaupun memiliki pergelangan tangan yang tipis atau ramping. Kuncinya adalah di fitur desain untuk visual jam tangan Anda. Pilihlah jam dengan diameter sekitar 35-37mm dengan fitur chronograph. Bagi yang kurang tahu, fitur chronograph merupakan desain visual jam yang memiliki dua atau tiga subdial (bundaran jam kecil) didalam dial utama. Fitur chronograph ini merupakan desain yang di klaim untuk menampilkan gaya yang tetap maskulin tanpa harus mengkhawatirkan ukuran pergelangan tangan Anda. 

  8. Cari tahu jika jam tangan impian Anda akan cocok di tangan Anda atau tidak menggunakan formula berikut 

    Jika Anda ingin mengetahui apabila jam tangan yang ingin dibeli cocok dengan ukuran tangan Anda, kami memiliki formula yang tepat yang bisa Anda gunakan. Pertama, ukurlah pergelangan tangan Anda dengan pita pengukur dan ubah hasil tersebut dari cm menjadi mm. Kemudian, cari tahulah diameter case jam yang ingin Anda beli. Namun, bagilah ukuran pergelangan tangan Anda (dalam ukuran mm) dengan diameter case jam tersebut. Jika hasilnya jatuh di nominal 4-5, maka jam tersebut akan pasti cocok di lingkar pergelangan tangan Anda. 

BACA JUGA: 
Koleksi Terbaru Spirit Zulu Time dari Longines Menjembatani Unsur Tradisi dengan Inovasi
10 Jam Tangan Mewah Pria yang Populer di Tahun 2023

(Penulis: Vala Makki; Foto: Courtesy of Unsplashed, Patek Phillipe, Omega, IWC Schaffhausen, Apple)