Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Jam Tangan Mewah Pria yang Populer di Tahun 2023

Lirik rancangan jam tangan edisi terbatas idaman para pria kurasi Bazaar tahun ini.

10 Jam Tangan Mewah Pria yang Populer di Tahun 2023

Tahukah Anda ada jam tangan yang terbuat dari bubuk kopi? Atau Anda dapat melihat indikasi astronomis yang menunjukkan posisi konstelasi secara waktu nyata?

Jam tangan tentunya merupakan salah satu aksesori terpenting, dari segi fungsi maupun untuk aksi bergaya. Dari kolaborasi spesial hingga yang dapat digunakan sehari-hari, berikut adalah 10 rekomendasi jam tangan edisi terbatas pria saat ini.

1. Hublot Big Bang Unico Nespresso Origin

Hublot melansir kolaborasi terbaru bersama Nespresso untuk membuat desain Big Bang terbaru.

Hadir selama 19 tahun, desain Big Bang memperlihat Art of Fusion dengan menggunakan berbagai material unik. Pesona warna hijau yang diaplikasikan untuk Big Bang Unico Nespresso Origin kali ini pun terinspirasi dari warna hijau pod pada varian Master Origin Peru Organic Nespresso.

Dengan diameter 42mm, case jam tangan ini terbuat dari aluminium kapsul Nespresso dan bubuk kopi untuk strap. Ini merupakan upaya untuk meminimalisir dampak sampah sekali pakai dan memaksimalkan proses daur ulang. Koleksi ini hanya diproduksi secara terbatas yakni 200 unit, jam ini tidak hanya stylish namun eco-friendly.

HUBLOT
COURTESY OF HUBLOT

2. Bell & Ross - BR 01 Cyber Skull Bronze

Setelah hampir 15 tahun berdiri, koleksi Skull telah menjadi salah satu ciri khas Bell & Ross dan kini hadir dengan seri terbaru: Cyber Skull Bronze.

Desain unik dengan tengkorak berwarna bronze ini memberikan tampilan bold. Meski terlihat sangat modern, movement jam bergerak dengan teknologi mekanik yang bersumber dari manual winding, serta kaliber khusus BR-CAL.210.

Lalu, dengan memutar mahkota, rahang tengkorak dapat bergerak seperti tertawa. Tengkorak disisipkan di antara dua pelat kristal safir seolah mengambang di tengah case

Bell&Ross
COURTESY OF BELL & ROSS

3. Richard Mille RM 07-04

Diperkenalkan pada Februari 2023, RM 07-04 adalah jam tangan olahraga wanita otomatis pertama Richard Mille. Dengan berat total 36 gram, RM 07-04 adalah jam tangan superlatif dan paling ringan dalam rangkaian jam tangan terbarunya.

Memilih gaya yang flamboyan, Jeremy Strong mengenakan Richard Mille RM 07-04 dalam balutan two-tone ke Met Gala 2023. Ditawarkan dalam berbagai kombinasi warna yang menyenangkan, Strong menunjukkan bahwa jam tangan wanita juga bisa digunakan para pria. 

Terbuat dari Quarts TPT, jam tangan ini ditenagai oleh gerakan otomatis CRMA8 kaliber, menjadikannya salah satu jam tangan olahraga tercanggih Richard Mille.

richard mille
COURTESY OF RICHARD MILLE
jeremy strong
COURTESY OF BAZAAR AU

4. Omega Speedmaster '57

Untuk para pria yang mencari jam tangan bergaya vintage namun dengan teknologi modern, jam tangan Omega Speedmaster '57 40,5 mm adalah jawaban yang tepat.

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013, Speedmaster '57 OMEGA kembali tahun ini dengan peningkatan Master Chronometer, pilihan warna baru, dan profil yang lebih ramping.

Pilihan warna termasuk hitam, biru, hijau, dan burgundy yang dilengkapi dengan tangan Broad Arrow dan skala tachymeter pada bezel. Speedmaster ’57 juga mencakup tampilan tanggal pada pukul 6. Ke Huy Quan, sang pemenang piala Oscar untuk film Everything Everywhere All at Once, tersorot mengenakan jam tangan ini untuk melengkapi tampilannya di Met Gala 2023.

omega
COURTESY OF OMEGA

5. Cartier Tank Normale

Cartier Tank adalah salah satu model jam tangan paling terkenal di dunia untuk pria maupun wanita.

Cartier Tank Normale menjadi lebih modern dengan proporsi baru 35.2 mm x 27.8 mm. Tersedia 200 unit per varian, yellow gold dengan strap kulit buaya cokelat, atau varian platinum dengan strap kulit buaya hitam.

Tank Normale memiliki banyak fitur ikonis seperti versi 1917, dengan dial angka Romawi, penunjuk menit berbentuk jalur kereta api, jarum jam biru, dan crown yang dihiasi batu ruby dan safir biru cabochon. Kali ini hadir pertama kalinya untuk koleksi Privé dengan strap rantai yellow gold dan platinum.

Cartier
COURTESY OF CARTIER

6. Tudor Black Bay

tudor
COURTESY OF TUDOR

Tahun ini, Tudor diperbarui dengan gerakan Master Chronometer baru, profil casing yang lebih ramping dan serangkaian opsi strap baru.

Jam ini hadir dalam strap versi gelang Jubilee-style, gelang rivet dan rubber, semuanya dengan sistem T-fit clasp. Terbuat dari bahan stainless steel dengan case berdiameter 41mm, jam ini dilengkapi dengan fitur power reserve selama 70 jam. Selain itu, jam ini juga tahan air hingga 200 meter dengan warna bezel burgundy yang memberi kesan mewah dan didedikasikan untuk para lelaki masa kini.

7. Franck Muller Vanguard™ New Tone Skeleton

franck muller
COURTESY OF FRANCK MULLER
franck muller
COURTESY OF FRANCK MULLER
franck muller
COURTESY OF FRANCK MULLER
Franck muller

COURTESY OF FRANCK MULLER

Vanguard™ New Tone Skeleton yang terbuat dari carbon fibers memberi angin segar dengan desain yang urban nan penuh warna.

Terinspirasi oleh teori Isaac Newton tentang spektrum cahaya, setiap model didedikasikan dalam warna primer Newton yang berbeda. Salah satu inovasi yang diinjeksikan ke dalam model terbaru jam ini adalah lapisan oksida logam unik yang digunakan pada setiap kerangka memberikan tampilan perubahan warna tergantung pada kondisi pencahayaan dan pantulan sekitar.

8. Vacheron Constantine Les Cabinotiers Dual Moon Grand Complication

Vacheron Constantine Dual Moon Complication ini ada dua sisi seperti namanya.

Case berdiameter 46mm terbuat dari 18 karat emas-putih dan dilengkapi dengan strap buaya Mississippiensis. Bagian depan menampilkan double moon-phase yang presisi di pusat dial dan dilengkapi dengan indikator jam, menit, kalendar perpetual.

Di bagian belakang jam tangan terlihat indikasi astronomis yang menunjukkan posisi konstelasi secara waktu nyata. Model ini ditenagai oleh Calibre 2755 TMRCC QP, yang gerakan dasarnya mewakili salah satu perkembangan utama Vacheron Constantine.

vacheron
COURTESY OF VACHERON CONSTANTINE
vacheron
COURTESY OF VACHERON CONSTANTINE

9. Piaget Polo Perpetual Calendar Ultra-Thin

Piaget baru saja merilis jam tangan Piaget Polo Perpetual Calendar Ultra-Thin.

Casing berukuran 42mm ini terbuat dari steel. Dial warna hijau distingtif dengan indeks dan jarum jam superluminova ini tentu mencuri atensi siapapun yang melihatnya.

Strap dapat ditukar dengan rubber strap di palet yang sama. Kalender perpetual menampilkan tanggal, hari, bulan, dan juga fase bulan. Model ini juga hadir dalam varian rose gold dengan dial hijau atau varian white gold dengan dial blue obsidian dan strap kulit buaya.

piaget
COURTESY OF PIAGET
piaget rose gold
COURTESY OF PIAGET
piaget white gold
COURTESY OF PIAGET

10. Chopard Mille Miglia Classic Chronograph

Terinspirasi dari keindahan mobil klasik, koleksi ke-36 Mille Miglia Classic Chronograph dirilis dalam rangka menghormati 1000 Miglia Italia.

Model jam tangan ini terbaru terinspirasi oleh acara  mobil klasik tersebut dengan ciri khas pada case, dial, dan strap. Bagian pusher menampilkan pola knurled untuk merepresentasikan pedal rem. Ada empat warna dial untuk dipilih, Verde Chiaro (hijau muda), Rosso Amarena (merah cherry), Nero Corsa (hitam) dan Grigio Blue (abu-abu biru).

Strap tersedia dalam dua jenis, strap karet hitam yang meniru ban balap Dunlop tahun 1960-an dan strap calfskin berwarna coklat antik yang menggambar sarung tangan sang pengemudi.

mille miglia
COURTESY OF INSTAGRAM @MILLEMIGLIAOFFICIAL

chopard
COURTESY OF CHOPARD
chopard
COURTESY OF CHOPARD

(Penulis: Shinbi Jeon; Foto: Courtesy of Chopard, Piaget, Vacheron Constantine, Franck Muller, Tudor, Cartier, Omega, Richard Mille, Bell & Ross, Hublot)