Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Destinasi Beauty Retreat Terbaik yang Wajib Dikunjungi!

Seleksi destinasi terbaik dari seluruh penjuru dunia untuk memulihkan kembali jiwa dan raga.

10 Destinasi Beauty Retreat Terbaik yang Wajib Dikunjungi!

Di era new normal sebagai imbas dari pandemi Covid-19, rasanya sudah menjadi hal yang wajar untuk merasa "overwhelmed" dengan berbagai berita hingga kondisi yang berseliweran di kehidupan kita.

Belum lagi di tambah dengan kaburnya kehidupan personal dengan profesonal tak ayal membuat tak sedikit dari kita mengalami kondisi tak hanya fisik tapi mental down. Untuk itu penting agar dapat selalu memulihkan kembali jiwa dan raga.

Di bawah ini Bazaar telah merangkum sepuluh destinasi beauty retreat terbaik dari seluruh penjuru dunia yang layak untuk Anda masukkan ke dalam travel bucket list:

1. Aro Hã

(Foto: Courtesy of Aro Hã)

Lokasi: Glenorchy, Selandia Baru

Bermukim di antara Pegunungan Alpen Selatan yang menawarkan pemandangan yang spektakuler, program pemulihan Aro Hã dirancang untuk meregenerasi tubuh dan pikiran. Selain itu program yang ditawarkan oleh Aro Hã juga dilandaskan pada penelitian yang menunjukkan bahwa kita dapat mentransformasikan kesehatan baik secara fisik dan emosional melalui kebiasaan sehari-hari. 

Hari-hari selama Anda menjalani retret akan mencakup kegiatan flow yoga yang dinamis sambil ditemani oleh latar belakang matahari terbit, mendaki Pegunungan Alpen, hingga sesi mindfulness dan hidangan vegetarian yang lezat yang disiapkan secara segar dari bahan-bahan yang diambil dari kebun organik. 

2. Golden Door

(Foto: Courtesy of Golden Door)

Lokasi: California, Amerika Serikat

Dikelilingi oleh 600 hektar perbukitan dan jalur pendakian, bangunan yang terinspirasi dari arsitektur tradisional Jepang ini hanya berjarak 40 menit ke arah utara dari kota San Diego. Dan sejak pertama kali membuka pintunya di tahun 1958, Golden Door telah menjadi salah satu destinasi healing favorit bintang dunia mulai dari Oprah Winfrey, Nicole Kidman, hingga Susan Sarandon. 

Berfokus pada transformasi tubuh, pikiran, serta jiwa, berbagai perawatan mulai dari spa harian (termasuk pijat, reiki, terapi kraniosakral dan watsu), latihan olahraga (mulai dari mendaki, yoga, kelas kebugaran), mindfulness workshop, kelas seni, hingga silent meditation walks yang akan memulihkan kembali energi Anda. 

3. Ananda in the Himalayas

(Foto: Courtesy of Ananda in the Himalayas)

Lokasi: Rishikesh, India

Digadang-gadang sebagai salah satu destinasi Ayurveda paling autentik di India, Ananda in the Himalayas menawarkan lebih dari 10 program kesehatan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Mengadopsi pendekatan holistik untuk mencapai hasil terbaik, program ini dipandu secara profesional oleh tim dokter ahli ayurveda, terapis terampil, ahli gizi, yogi, hingga spa cuisine chefs. 

Biasanya, program retret dibuka dengan sesi konsultasi Ayurveda untuk menentukan dosha (atau elemen) yang kemudian dilanjutkan dengan menentukan diet dan perawatan. Durasi program yang tersedia pun beragam mulai dari 3-14 malam. 

4. Amanemu

(Foto: Courtesy of Amanemu)

Lokasi: Prefektur Mie, Jepang

Terletak tepat di samping Teluk Ago, Amanemu tidak hanya menawarkan pengalaman menginap yang spektakuler, tetapi juga berbagai wellness program mulai dari mindfulness & stress management, detox & cleansing, hingga recovery & recuperation. Namun satu yang paling menarik adalah program beauty & slow-aging yang berangkat dari prinsip bahwa tanda-tanda penuaan sejatinya berhubungan erat dengan kesehatan secara keseluruhan. 

Untuk itu dalam program ini, para terapis dan tenaga ahli di Amanemu akan membantu Anda memperlambat tanda-tanda penuaan dengan cara meningkatkan kesehatan dari dalam, menenangkan pikiran, dan menyegarkan kembali spirit.

5. Kamalaya

(Foto: Courtesy of Kamalaya)

Lokasi: Koh Samui, Thailand

Tidak hanya terkenal akan lokasinya yang menawarkan lanskap pemandangan yang luar biasa, Kamalaya juga menghadirkan perawatan holistik seperti Ayurveda, Naturopati, hingga Pengobatan Tradisional Tiongkok untuk menjadi jalan keluar atas berbagai permasalahan yang kerap dijumpai dalam hidup mulai dari masalah kecemasan, stres, hingga gangguan tidur yang ditimbulkan oleh faktor eksternal yang terus berubah di sekitar kita. Bayangkan setelah menyelesaikan rangkaian sesi pemulihan, Anda dapat terhubung kembali dengan batin dan meremajakan pikiran, tubuh, serta jiwa yang dikelilingi oleh alam. 

6. Zulal Wellness Resort by Chiva-Som

(Foto: Courtesy of Zulal Wellness Resort by Chiva-Som)

Lokasi: Qatar

Menjadi resor wellness terbesar di kawasan Timur Tengah, Zulal Wellness Resort persembahan resor kesehatan yang diakui secara internasional di Thailand, Chiva-Som memadukan Pengobatan Tradisional Arab & Islam dengan filosofi kesehatan dan kesejahteraan holistik. Berbeda dengan destinasi retret yang lain, Zulal turut menawarkan program pemulihan baik untuk individu maupun bagi keluarga dan juga anak-anak yang tersedia dari rentang usia 4 hingga 55 tahun.

7. Gaia Retreat & Spa

(Foto: Courtesy of Gaia Retreat & Spa)

Lokasi: Brooklet, NSW, Austalia

Didirikan oleh Cave, Ruth Kalnin, Warwick Evans, serta aktris veteran Olivia Newton-John, Gaia menyuguhkan pengalaman retret yang holistik dan dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan yang terletak di Bundjalung Country. Salah satu program pemulihan yang istimewa adalah The Royal Kahuna, sebuah ritual penyembuhan dari Hawaii yang melibatkan kombinasi dari gerakan, tarian, ritme, napas, energi, serta pijatan. Terapis akan menciptakan pijatan yang  ajaib dengan menggunakan gerakan panjang yang mengalir mengikuti irama musik.

8. Sulwhasoo Spa

(Foto: Courtesy of Sulwhasoo Spa)

Lokasi: Seoul, Korea

Terletak di daerah Gangnam, Seoul, Sulwhasoo Spa menawarkan program peremajaan dengan menggunakan metode pengobatan tradisional Korea anti-penuaan yang mewah. Perjalanan dimulai dengan mandi air ginseng merah yang akan memberikan energi kenyamanan yang mendalam kemudian dilanjutkan dengan perawatan relaksasi otot kaku. 

9. Grand Resort Bad Ragaz

(Foto: Courtesy of Grand Resort Bad Ragaz)

Lokasi: Bad Ragaz, Swiss

Menjadi pusat kesehatan medis dan spa termal terapeutik yang menyediakan berbagai layanan kesehatan baik secara klinis maupun holistik dalam suasana resor mewah, Grand Resort Bad Ragaz memiliki deretan departemen yang mencakup segala hal yang dapat Anda pikirkan mulai dari bedah plastik, neurologi, hingga psikoterapi dan bahkan kesehatan gigi. Salah satu layanan paling favorit adalah thalassotherapy yang menggunakan metode detoksifikasi dan pemurnian alami dari mata air panas. 

10. Raffles Hotel

(Foto: Courtesy of Raffles Hotel Bali)

Lokasi: Bali, Indonesia

The Five Senses of Wellness Retreat persembahan Raffles Hotel Bali memadukan sesi kesehatan yang dipersonalisasi dengan aktivitas budaya serta pengalaman kuliner untuk membantu Anda bersantai dan mencapai tingkat ketenangan serta keseimbangan yang baru dalam hidup. 

(Layout: Bibel Beverly Briliana)