Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Sauna Inframerah

Apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh pod yang dipanaskan ini untuk kesehatan Anda.

Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Sauna Inframerah
Courtesy of Bazaar UK

Sauna inframerah merupakan tren kesehatan terbaru yang telah melampaui klinik dan memasuki rumah kita, berkat sejumlah selimut sauna inframerah di rumah yang beredar di pasaran. Tetapi apakah kepompong penghangat tubuh ini benar-benar layak untuk menjadi suatu hal yang menghebohkan? Di sini, kami menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang sauna inframerah, mulai dari sains hingga hasil nyata, dan cara terbaik untuk mengalaminya sendiri.

Baca juga: Manfaat, Risiko, dan Tips Tentang Sauna yang Perlu Anda Tahu

Apa itu sauna inframerah?

Ketika sauna tradisional menggunakan panas untuk menghangatkan udara di sekitar Anda, sauna inframerah memakai inframerah untuk menghangatkan tubuh secara langsung. Panas yang dihasilkan oleh panel inframerah dapat menembus jaringan manusia lebih baik daripada udara hangat, dan membawa sejumlah manfaat yang lebih dalam.

Kebanyakan sauna inframerah menetapkan suhu di antara 100 dan 140 derajat, dan ya, Anda akan banyak berkeringat, tetapi tanpa sensasi pengap, yang biasanya membuat banyak orang keluar dari sauna tradisional.

Manfaat sauna inframerah

Dengan meningkatkan suhu tubuh inti Anda hingga tiga derajat, sauna inframerah dapat memberikan berbagai manfaat. Pertama, terdapat dorongan secara mental: penggemar setia mengaku merasa lebih santai, dengan berkurangnya kecemasan dan tidur lebih lama serta lebih nyenyak.

Secara fisik, sauna inframerah dikatakan dapat mengurangi peradangan, membantu pemulihan otot dan meredakan nyeri sendi, serta mendukung rencana penurunan berat badan dengan mendorong tubuh untuk membakar kalori. Beberapa juga percaya bahwa sesi berkeringat yang terkontrol memiliki manfaat yang terlihat pada kulit (walaupun ilmu pengetahuan belum mendukung hal ini).

Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Yannis Alexandrides MD FACS, pendiri 111 Skin, “termoterapi juga dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita cedera jaringan lunak serta radang sendi ringan, dan umumnya digunakan dengan efek terapeutik untuk: meningkatkan jaringan kolagen, mengurangi kekakuan sendi, mengurangi rasa sakit, meredakan kejang otot, mengurangi peradangan dan membantu penyembuhan.” Idenya adalah bahwa, dengan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, jaringan diberikan protein vital, nutrisi dan oksigen yang mereka butuhkan untuk pulih pada tingkat yang optimal.

“Terapi inframerah jauh lebih nyaman dan efektif ketika menyembuhkan area tubuh karena radiasi panas dapat langsung merawat area tersebut dan fokus pada kapiler darah dan terminal neuron,” tambah Yannis. “Dari sumber kontak langsung seperti inframerah, panas dapat berpindah dan menembus kulit untuk lapisan konduksi yang lebih dalam.”

Dalam hal dukungan ilmiah, penelitian saat ini masih sedikit tentang manfaat sauna inframerah. Penelitian memang ada, dan sangat mendukung kemampuan teknologi untuk meningkatkan suasana hati, mengurangi tekanan darah dan meredupkan rasa sakit kronis, tetapi penelitian hanya dilakukan pada sekelompok kecil orang. Namun, secara keseluruhan, putusan itu menjanjikan, tanpa efek buruk yang dilaporkan.

Apakah sauna inframerah aman untuk semua orang?

Sauna inframerah sangat ideal bagi siapa saja yang menemukan sauna tradisional yang menyesakkan, atau hanya ingin menuai manfaat secara teratur di rumah.

Konsep memanaskan tubuh secara langsung mungkin terdengar mengkhawatirkan bagi sebagian orang, tetapi para ahli kesehatan secara luas setuju bahwa penggunaan sauna inframerah memiliki sedikit risiko. (Pertimbangkan bahwa teknologi ini mirip dengan yang digunakan untuk menghangatkan tempat tidur bayi di rumah sakit dengan lembut.)

Namun, sauna inframerah tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan siapa saja yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Waspadai berapa banyak air yang Anda minum, karena keringat yang berlebihan tentu saja dapat menyebabkan dehidrasi. Dianjurkan untuk minum segelas air sebelum sesi sauna, dan menyesapnya sedikit.

Sauna Inframerah
Courtesy of Instagram @111skincryo

Sauna inframerah: ke mana Anda harus pergi?

111 Skin memimpin industri kecantikan dalam hal terapi tingkat lanjut, dan pos terdepan merek 111 Cryo / Heat di Harvey Nichols (London) menawarkan pod sauna inframerah terkemuka di dunia di samping ruang krioterapi, dengan menawarkan suhu ekstrem untuk pencari kesehatan yang paling antusias.

Sauna inframerah dari merek tersebut adalah langkah maju dari banyak hal yang dilakukan, misalnya menggabungkan panas langsung dengan cahaya (bayangkan: masker LED seluruh tubuh) untuk meningkatkan manfaat pada tingkat kulit dan pijat getaran untuk mendukung menghilangkan ketegangan.

Untuk pemulihan pasca-latihan, gym KXU Sloane Square menawarkan sesi selama 25 atau 45 menit dalam pod inframerah-nya sendiri, sementara Cloud Twelve adalah tujuan bagi warga London Barat.

Munculnya selimut sauna inframerah

Manfaat sesi sauna inframerah reguler mungkin menarik, tetapi mengunjungi spa atau klinik beberapa kali seminggu tidak mungkin dilakukan untuk sebagian besar orang. Sebagai gantinya, hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan memakai selimut sauna inframerah di rumah. Kepompong lipat dan portabel ini memberikan semua manfaat dengan kepraktisan untuk boot: Anda dapat menyelinap masuk dan keluar sesering yang Anda inginkan, dari kenyamanan kamar tidur Anda sendiri.

Selimut Sauna
Courtesy of MiHigh

MiHigh
mihigh.com
£399.00 (atau sekitar 7.111.117 Rupiah)
BELI SEKARANG

Pemimpin pasar MiHigh telah menciptakan selimut yang benar-benar melampaui harapan. Dibuat dengan panel pemanas inframerah yang diapit di antara kain teknis tahan air, ini jelas merupakan cara paling sederhana untuk menuai manfaat dari terapi panas. Cukup colokkan, masukkan ke dalam, pilih pengaturan panas Anda (dari 95 hingga 165 Fahrenheit) dan matikan selama 30-60 menit.

Sensasinya tidak dapat disangkal karena dapat menenangkan (bayangkan kenyamanan selimut berbobot dikombinasikan dengan panas yang kering dan sepenuhnya dapat dikontrol). Merek ini menjual sisipan handuk penyerap keringat sebagai bagian dari Experience Kit-nya, yang berarti Anda dapat menggunakan selimut tanpa pakaian, dan ada semprotan pembersih khusus untuk menyeka interior setelah setiap sesi. Secara keseluruhan, ini adalah cara yang sangat efektif untuk menuai manfaat sauna inframerah tanpa harus pergi ke klinik.

Baca juga:

Dior Spa Cheval Blanc: Spa Pertama Milik Dior yang Bisa Berlayar di Paris

Pelajaran yang Saya Dapat Ketika Melakukan Operasi Hidung

(Penulis: Roberta Schroeder; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Christanto Subrata; Foto: Courtesy of Instagram @111skincryo, MiHigh, BAZAAR UK)