Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pelajaran yang Saya Dapat Ketika Melakukan Operasi Hidung

Penata rambut selebriti, Glen Coco, yang bekerja dengan Paris Hilton dan Kourtney Kardashian, mengungkapkan untuk pertama kalinya mengenai operasi hidungnya dan proses pemulihannya.

Pelajaran yang Saya Dapat Ketika Melakukan Operasi Hidung

Penata rambut selebriti dan aktor, Glen Coco Oropeza, yang terkenal secara profesional sebagai Glen Coco, bekerja dengan orang-orang seperti Paris Hilton, Kourtney Kardashian, dan Megan Fox. Pada Juli 2021, ia menungkapkan bahwa ia melakukan operasi hidung. Secara eksklusif, melalui BAZAAR.com, ia memberi tahu untuk pertama kalinya kepada penulis Jessica Ourisman mengenai keputusannya untuk melakukan operasi.

Disclaimer: Artikel ini mencakup beberapa gambar grafis pasca operasi.

Baca juga: Segala Sesuatu yang Patut Anda Pahami Tentang Prosedur Kecantikan No-Knife Face-Lift

Saya tidak pernah mempertimbangkan operasi hidung sampai melihat diri saya di depan kamera. Saya memulai perjalanan di dunia akting pada tahun 2019, dan ketika melihat diri saya di pertunjukan pertama saya, [serial web], tampan, dan saya mulai mengamati hidung saya. Keluarga saya memiliki riwayat hidung besar yang tumbuh seiring waktu, dan saya telah melihat mereka semua memiliki lubang hidung yang lebih besar seiring bertambahnya usia. Jadi, ketika saya pertama kali melihat diri saya di layar, saya memperhatikan lubang hidung saya terlebih dahulu dan, kemudian, ada suatu bagian pada ujungnya yang tidak saya sukai. Saya memutuskan untuk melakukan perubahan dan pada tahun 2020 saya mulai meneliti untuk menemukan ahli bedah yang membuat saya merasa nyaman.

Karena beberapa klien dan teman saya telah melakukan operasi hidung, mereka dapat memberikan saran kepada saya. Semua orang mengatakan kepada saya bahwa Anda harus menemukan ahli bedah yang tepat untuk Anda, dengan cara yang baik, estetika yang sesuai dengan selera Anda, dan dapat memberikan hasil yang realistis. Saat meneliti, saya mencari foto sebelum dan sesudah yang benar-benar bagus serta belum terubah. Saya juga mengingingkan seseorang yang dapat mengurus berbagai wajah, bentuk wajah, dan penampilan unik mereka. Saya tidak memiliki reservasi: Saya hanya ingin tahu saya melakukan penelitian secara menyeluruh.

“Semua orang mengatakan kepada saya bahwa Anda harus menemukan ahli bedah yang tepat untuk Anda."

Selama menjalani prosesnya, saya tahu saya ingin melakukannya karena TikTok. Sepertinya semua orang mengunggah operasi hidung mereka di platform itu. Saya ingat bahwa ada suara khusus yang banyak orang yang mengunggahnya bersama mereka. Saya menjadi terobsesi dan melakukan operasi hidung yang dalam. Saya bahkan melihat salah satu klien saya, Dixie D’Amelio, mengunggah tentang perjalanan operasi hidungnya dengan Dr. Raj Kanodia, sebelum ia menjadi klien saya!

Dokter Raj sebenarnya adalah ahli bedah pertama yang saya pertimbangkan. Saya melihat galeri sebelum dan sesudahnya, dan saya menyukai bagaimana hasil kerjanya terlihat pada pasien dan klien saya, tetapi saya merasa itu sedikit terlalu feminin untuk wajah saya. Saya berkomunikasi dengan empat dokter yang berbeda melalui telepon, dan kemudian melakukan konsultasi secara langsung. Sebagian besar, saya ingin berbicara mengenai harga rata-rata sebelum berkonsultasi secara langsung. Saya langsung mengetahui bahwa saya tidak akan menghabiskan 25.000 dolar hanya untuk operasi hidung, jadi saya ingin menghentikan percakapan itu.

Dokter bedah yang saya pilih bernama Ari Hyman. Saya memiliki begitu banyak pertanyaan untuknya. Untuk sebagian besar, saya ingin tahu seberapa realistis harapan saya dan bagaimana ia meyakinkan saya bahwa hidung saya akan tetap terlihat maskulin meskipun saya menjalani operasi. Saya juga sebelumnya memiliki filler di hidung saya untuk menghilangkan benjolan, jadi saya ingin mengetahui apakah saya perlu untuk menghilangkannya. Pada saat berkonsultasi, kami mengambil foto dari empat atau lima sudut yang berbeda, dan kemudian kami menilai mereka selama 30 hingga 45 menit.

Kami akhirnya bertemu tiga kali sebelum tanggal operasi yang sebenarnya. Ia benar-benar mendorong saya untuk kembali sehingga kami dapat mengatasi semua kekhawatiran yang saya miliki dan untuk memastikan operasi ini persis seperti yang saya inginkan. Biasanya, ada waktu tunggu yang lama untuk operasi, tetapi karena adanya pembatalan, ia dapat menjadwalkan tanggal operasi saya ketika istirahat dua minggu dalam jadwal kerja saya. Itu adalah waktu yang tepat, jadi saya meletakkan deposit saya.

Kemudian, saya menjadi gugup. Saya seperti, “Oke, ini terjadi. Ada tanggal di kalender.” Tetapi ketika pagi pada hari operasi, saya tahu tidak ada jalan untuk kembali.

Saya mengatur agar teman-teman menurunkan dan menjemput saya. Pada hari itu, prosesnya sangat cepat: Anda mengisi dokumen, melakukan pembayaran, dan kemudian mereka akan mengarahkan Anda ke persiapan operasi. Mereka mengambil tanda vital Anda, memastikan Anda baik-baik saja untuk menjalani operasi, dan menyuntik Anda dengan anestesi, dan saya bersumpah, itu berlalu begitu saja. Saya ingat ketika berbicara dengan dokter, turun ke kamar, melihat tiga lampu di langit-langit, kemudian pingsan, dan semuanya berakhir.

Glen Coco saat melakukan operasi hidung

Selama proses pemulihan, sejujurnya tidak ada rasa sakit. Semua orang mengatakan itu di TikTok, tetapi saya tidak percaya. Anehnya, hari pertama adalah yang terbaik: Saya merekam TikTok, menelepon, dan melakukan FaceTime dengan semua orang. Dokter saya mengirim foto saya ketika berada di meja operasi, dan hari itu saya sangat gila, sehingga saya mengirimkannya kepada orang-orang, baik mereka dekat dengan saya, maupun tidak.

Kemudian, hari kedua merupakan hari yang sangat tidak nyaman. Saya terbangun karena tidak dapat bernapas. Ini karena bengkak, tetapi juga karena kasa membalut hidung saya. Karena itu, saya melakukan banyak pernapasan melalui mulut, bibir, dan bahkan lidah saya menjadi sangat kering. Ada juga proses membersihkan jahitan, mengoleskan salep, serta mengganti kasa setiap beberapa jam.

Saya kembali bekerja setelah tiga hari. Saya ingat hari pertama saya membuat janji dengan Paris Hilton dan Megan Fox di hari yang sama, dengan gips saya. Paris membenci darah dan menggoda saya, seperti, “Ya Tuhan, saya tidak bisa melihat Anda!” Megan hanya kagum dengan bagaimana saya melalui hal itu, sangat penasaran, dan mengajukan pertanyaan.

Selama masa pemulihan, saya tidak meminum obat penghilang rasa sakit sedikit pun, karena saya benar-benar tidak merasa kesakitan. Mereka tidak akan memperbaiki tentang bagaimana saya tidak bisa bernapas melalui hidung, yang merupakan bagian paling tidak nyaman. Untuk membantu, saya melakukan terapi oksigen hiperbarik di Remedy Place, West Hollywood selama satu jam setiap hari, yang saya mulai tiga hari sebelum operasi. Saya melakukan ini untuk memompa tubuh saya dengan oksigen sebelum operasi guna mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi pembengkakan. Saya tidak punya apa-apa untuk membandingkannya, jadi saya tidak benar-benar tahu apakah itu membantu saya untuk sembuh. Namun, itu membuat saya merasa lebih baik untuk mengetahui bahwa saya bisa untuk mencoba dan mempercepat proses pemulihan.

Pelepasan gips saya terjadi lebih cepat daripada kebanyakan orang. Saya melakukannya setelah enam hari, tetapi biasanya, setelah tujuh hari. (Sejujurnya, dokter saya pergi ke luar kota, dan saya tidak ingin menunggu.) Pada awalnya, sama sekali tidak senang dengan hasilnya. Mereka merekam saya, dan Anda dapat melihat ketakutan di mata saya, dan saya mengalami panic attack di dalam ruangan. Saat dokter Ari menunjukkan kepada saya bagaimana cara memasang plester ini, alias pita mikropori, untuk mengurangi pembengkakan, saya melihat diri saya di cermin sambal berpikir, saya sama sekali tidak mengenali diri saya sendiri.

Saya akan mengatakan, butuh waktu sekitar empat atau lima bulan untuk membiasakan diri dengan wajah saya lagi, dan itu adalah waktu yang menantang. (Ternyata ini karena saya menjalani operasi hidung terbuka, yang menghasilkan lebih banyak pembengkakan, tetapi saya belum mengetahui tentang hal itu.) Ketika itu terjadi, saya seperti, “Tidak ada yang membicarakan tentang proses ini, dan bagaimana rasanya wajah menjadi terlihat sangat berbeda dari wajah Anda saat tumbuh dewasa.” Sangat menakutkan melihat diri Anda sebagai orang yang berbeda.

“Saya berkata, tidak ada seorang pun di TikTok yang mengalami ini!"

Saya akhirnya kembali ke dokter Ari untuk membicarakan perihal ketakutan yang saya alami, karena saya terlalu memikirkannya. Ia harus terus meyakinkan saya bahwa hidung saya akan mengecil dan semua orang mengalami ini. Saya berkata, “ Tidak ada seorang pun di TikTok yang mengalami ini!” Saat itulah ia menjelaskan kepada saya bahwa ini karena orang-orang di TikTok mendapatkan sesuatu hal seperti operasi hidung secara tertutup (atau endonasal), berbeda dengan apa yang saya dapatkan, yakni operasi hidung secara terbuka (atau eksternal). Operasi hidung secara terbuka membutuhkan waktu lebih lama untuk mengurangi pembengkakan, tetapi, menurut dokter saya, itu memiliki tingkat revisi yang lebih rendah, dan berarti bahwa Anda tidak harus kembali menjalani operasi lain untuk memperbaiki hasil Anda.

Karena itu, saya benar-benar meminta untuk melakukan revisi pada hidung saya. Satu setengah bulan kemudian, saya mendapatkan pengurangan dasar, yang ia lakukan dengan anestesi lokal dan tanpa adanya biaya tambahan. Segera setelah itu, saya senang. Itu masih sangat bengkak, tetapi saya tahu bahwa hidung saya perlu sedikit lebih baik, dan ia menyetujuinya.

Ada beberapa hal yang saya harap saya ketahui tentang operasi hidung secara terbuka sebelumnya, seperti bagaimana pembengkakan terjadi di pesawat, atau saat mendarat di daerah yang lembab, atau bahkan jika Anda memakan makanan yang asin. Begitu banyak hal yang memengaruhinya sehingga orang yang saya kenal dan telah melakukan operasi hidung tertutup, tidak mengalaminya. Jadi, itulah bagaimana saya harus berusaha untuk membiasakan diri, tetapi itu juga hanya bersifat sementara, dan lalu sembuh.

Selain itu, ada banyak momen lainnya ketika terjadi pembengkakan sehingga saya benci seperti apa bentuknya. Saya menjadi terobsesi dengan pita mikropori, yang saya gunakan pada malam hari, di pesawat, untuk mengurangi pembengkakan. Sekarang, sudah delapan bulan, dan ini yang paling konsisten, bahkan saat saya berpergian. Saya dapat melihatnya menyusut hari demi hari, jadi saya lebih bahagia. Kebanyakan orang mengalami seperti apa bentuk hidung mereka dalam satu kalender penuh; bagi sebagian orang, itu adalah satu setengah tahun. Saya hanya akan membiarkannya sampai satu setengah tahun berlalu dan mengetahui bahwa itu akan menjadi hasil akhirnya.

Membutuhkan waktu yang cukup lama bagi saya untuk bahagia dengan hidung saya, tetapi sekarang saya sangat Bahagia. Saya tidak pernah benar-benar malu untuk mengambil foto, tetapi sekarang saya lebih bersemangat untuk mengambilnya. Ketika saya pertama kali menjalani operasi, dokter saya akan melihat foto dan memberi tahu saya, “Hidung Anda terlihat sangat bagus!” Tetapi pada awalnya, itu karena saya mengeditnya! Sekarang saya berada di tempat yang di mana saya tidak perlu untuk mengedit hidung saya sama sekali, dan saya lebih merasa percaya diri, serta terlihat lebih baik di depan kamera, maupun di belakang kamera.

Baca juga:

Cari Tahu! Seberapa Lama Hasil Operasi Plastik Bertahan?Cari Tahu! Seberapa Lama Hasil Operasi Plastik Bertahan?

Panggilan Video Tingkatkan Permintaan Untuk Operasi Plastik

(Penulis: Seperti yang dikatakan kepada Jessica Ourisman; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Christanto Subrata; Foto: Courtesy of Bazaar US)