Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Seorang Akupuntur Memberikan Harapan Pada Saya Penderita PCOS

Saya menginginkan perawatan yang lebih personal, dan saya menemukannya dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Seorang Akupuntur Memberikan Harapan Pada Saya Penderita PCOS

Bagi mereka yang belum pernah mencobanya, akupunktur bisa menjadi sesuatu yang menakutkan. Pemula, mungkin mengatasi kesalahpahaman tentang pengobatan dari Timur, cenderung membayangkan banyak jarum dan perawatan mahal. Selain itu, banyak yang mungkin skeptis tentang berbagai masalah terkait akupunktur dikatakan dapat membantu.

Baca juga: Dior Spa Cheval Blanc: Spa Pertama Milik Dior yang Bisa Berlayar di Paris

Harus diakui, saya adalah salah satu dari mereka yang skeptis. Pada bulan Maret, saya secara resmi didiagnosis dengan sindrom polikistik ovarium (PCOS), gangguan hormonal kronis (dan cukup umum). Dalam kasus saya, saya menderita dalam periode yang berkepanjangan. Dokter saya memberi saya saran tentang bagaimana cara untuk mengelola siklus menstruasi yang tidak biasa, tetapi semuanya terasa sangat umum.

Saya diberitahu untuk meningkatkan rutinitas olahraga saya dan diberi informasi tentang makanan dan minuman yang harus dihindari, bersama dengan daftar suplemen yang harus dikonsumsi. Tetapi, semakin saya membaca tentang PCOS dan semakin banyak saya berbicara dengan orang lain yang didiagnosis, semakin saya menyadari bahwa tidak ada kasus yang sama. Beberapa wanita tidak mengalami menstruasi sama sekali; sementara itu, saya bertahan lebih dari 15 hari dengan pendarahan yang terjadi secara terus menerus. Bagaimana perlakuannya bisa sama untuk kita semua?

Saat itulah saya memutuskan untuk mencari perawatan yang lebih personal, yakni akupunktur.

Akupunktur - PCOS
Courtesy of ORA

“Kebanyakan orang menganggap akupunktur hanya untuk mengatasi rasa nyeri, karena ada begitu banyak penelitian tentang bagaimana akupunktur meningkatkan nyeri sendi, otot, dan radang sendi,” Pema Chen, LAC, DACM [Dokter untuk akupunktur dan pengobatan Tiongkok], seorang praktisi generasi ketiga dari pengobatan tradisional Tiongkok, mengatakan kepada BAZAAR.com. “Namun, akupunktur bekerja untuk mengatur ketidakseimbangan dalam tubuh, termasuk pada tingkat hormonal.”

Saya memutuskan untuk menjelajahi TCM, menyadari bahwa itu adalah pendekatan yang lebih beragam dan mencakup akupunktur, pengobatan herbal, nutrisi, dan olahraga. Saya tahu pasti bahwa ada alasan mengapa praktik akupunktur yang berusia 3.000 tahun itu mendapatkan daya tarik dalam dunia kita yang terobsesi dengan kesehatan.

Perawatan yang disesuaikan

“Jika ada satu hal yang saya pelajari dalam praktik saya, itu tidak ada yang namanya pasien PCOS biasa,” Lisa Mascall, DACM, memberi tahu saya.

“Beberapa mungkin datang dengan siklus yang tidak teratur dan memiliki resistensi terhadap insulin, karena itu sulit menurunkan berat badan, tetapi memiliki kulit yang bersih dan indah. Namun yang lain mungkin datang dengan siklus yang teratur, jerawat parah, dan pertumbuhan rambut yang membangkang.” Pasien PCOS dapat memiliki satu atau kombinasi dari gejala-gejala ini, sehingga pendekatan untuk pengobatan harus sangat khusus.

Di klinik Lisa, ia melakukan konsultasi awal yang komprehensif, di mana itu membahas inti dari gejala yang membentuk versi PCOS dari masing-masing pasien. Perawatan, yang meliputi akupunktur dan pengobatan herbal, kemudian diarahkan pada kebutuhan pasien. Lisa bekerja sebagai ahli terapi fisik sebelum beralih karier setelah tumbuh tidak puas dengan pengobatan khas Barat, yang ia rasa tidak merawat tubuh secara keseluruhan. Sekarang, karyanya menggabungkan apa yang ia pelajari dari pengobatan modern khas Barat dengan pengobatan dan filosofi tradisional khas Timur kuno.

Ia mengatakan beberapa kesalahan tentang akupunktur dan TCM mulai menghilang. “Sering kali, orang berpikir bahwa akupunktur benar-benar berhasil, pengobatan modern akan mengetahuinya dan memakainya, tetapi pengobatan modern mulai melihat manfaat akupunktur dan pengobatan herbal,” ucap Lisa. “Salah satu cara Anda untuk melihat ini adalah dengan pusat ‘pengobatan integratif’ yang muncul di mana-mana.” Tidak mengetahuinya? “Pengobatan integratif adalah kombinasi dari apa yang kita kenal sebagai obat (biasa disebut dengan pengobatan khas Barat), dan akupunktur (pengobatan khas Timur),” ucap Lisa, dengan menambahkan bahwa, “Bersama-sama, mereka dapat bekerja dengan sangat indah.”

Akupunktur - PCOS
Ruang akupunktur ORA di kota New York

Mengobati PCOS melalui akupunktur

Untuk memulai perjalanan saya, saya mencoba untuk melakukan reservasi di ORA, sebuah oasis akupunktur yang didirikan oleh seorang pengusaha, Kimberly Ross pada tahun 2020, yang misinya adalah membawa teknik tradisional TCM ke dalam pengalaman seperti spa.

Saya mengunjungi lokasi Upper East Side di kota New York (ada juga tempat di pusat kota dan di Bridgehampton). Itu benar-benar terasa seperti spa mewah, dengan dunia estetika yang menenangkan dan jauh dari jalan-jalan kota yang bising. Janji temu saya adalah hari terakhir, pada jam 7 malam, yang merupakan cara sempurna untuk mengakhiri hari yang panjang di tempat kerja. Saya memulainya dengan sesi perkenalan selama 65 menit, seharga $145 (atau sekitar 2.175.507 Rupiah) di ORA. (ORA menerima asuransi HAS; banyak praktik akupunktur lainnya yang menerima asuransi juga.)

Akupunktur - PCOS
Ruang perawatan di ORA

Personalisasi juga segera terlihat, dengan waktu yang dihabiskan untuk riwayat kesehatan saya, mendiskusikan tujuan saya, serta apa yang diharapkan. “Kami melihat orang secara individual. Perawatan yang disesuaikan, apakah itu akupunktur, herbal, atau kombinasi metode pengobatan Tiongkok, dibuat untuk kebutuhan dan kondisi unik setiap orang,” ucap Gabriel Sher, seorang direktur akupunktur di ORA. Banyak ahli akupunktur tradisional, seperti Dr. Shaobai Wang, “mulai setiap sesi dengan membaca lidah, merasakan denyut nadi pasien, dan kemudian mempelajari riwayat masalah mereka,” untuk menentukan pengobatan.

Saya memasuki suatu ruangan di ORA karena takut jarum, tetapi pergi dengan perasaan sebaliknya. Saat saya berbaring tengkurap dengan bagian bawah tubuh saya yang ditutupi oleh selimut hangat, ahli akupunktur dengan hati-hati memasukkan jarum setipis rambut ke punggung saya. Saya merasakan sensasi cepat dan geli yang hilang dalam hitungan detik. Jarum-jarumnya sangat kecil sehingga bengkok ketika disentuh, di mana saya hampir tidak bisa merasakannya. Saya bahkan tidak dapat merasakannya di area dengan kulit yang lebih tebal, seperti perut dan punggung.

Dalam memahami bagaimana tepatnya PCOS dapat diobati dengan akupunktur, Gabriel menjelaskan bagaimana praktik ini dapat meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi, menyeimbangkan hormon, mengatur siklus menstruasi, dan menormalkan sistem yang mengatur ovulasi, semuanya sangat membantu, terutama wanita dengan PCOS. Tujuan dari jarum adalah merangsang titik untuk mempromosikan proses penyembuhan alami tubuh.

Menggabungkan akupunktur dengan pengobatan herbal

Penting untuk dicatat bahwa TCM melampaui akupunktur, dengan fokus mendalam pada pengobatan herbal. Pikiran akupunktur dan obat herbal sebagai satu paket, bersatu untuk memperbaiki disfungsi akar dalam tubuh Anda. “Ketika mendekati sindrom kompleks seperti PCOS, pendekatan multifaset adalah satu-satunya cara untuk mengatasinya dengan sukses,” ucap Lisa. “Secara umum, ketika seseorang mengatakan akupunktur, mereka sebenarnya hanya berbicara tentang memasukkan jarum kecil di berbagai titik di seluruh tubuh, tetapi beberapa tidak ingat, atau bahkan tidak tahu, bahwa jamu adalah sebagian besar dari praktik kuno ini.”

Ternyata, saran dokter saya yang asli sejalan dengan apa yang juga dikatakan oleh para praktisi TCM, di mana olahraga dan nutrisi juga berperan. (Ingat: pendekatan multifaset.) “Bagi banyak wanita dengan PCOS, memastikan BMI Anda pada tingkat yang sehat dengan diet bergizi dan olahraga adalah hal yang penting,” ucap Pema. “Resistensi insulin adalah masalah yang sering terjadi pada penderita PCOS. Hal ini dapat diperburuk oleh konsumsi gula yang berlebihan. Olah raga juga akan membantu mengurangi hormon stres, yang dapat menekan menstruasi.”

Gabriel juga menjelaskan “formula terkenal dalam pengobatan China,” campuran herbal yang digunakan untuk siklus yang tidak teratur. Disebut Yin Qiao San, itu dikatakan dapat membantu hormon dan aliran darah, ditambah menyeimbangkan emosi. (Perhatikan bahwa herbal tidak diresepkan untuk wanita yang sedang menjalani perawatan kesuburan. Sebelum mengonsumsi herbal apa pun, pastikan Anda memberi tahu dokter yang bertindak.”)

Ketika ditanya akupunktur akhirnya menjadi terlalu sering dilakukan di Amerika Serikat, Shaobai hanya menjawab dengan sederhana, “Ini efektif.” Dengan praktik di kota New York dan Long Island, Shaobai datang ke Amerika Serikat 31 tahun yang lalu sebagai profesor tamu di Columbia University Medical School. “Pengobatan tradisional Tiongkok telah dipraktikkan di Tiongkok selama lebih dari tiga ribu tahun. Faktanya, dalam pengobatan khas Timur, TCM bukanlah ‘alternatif’, tetapi pengobatan standar.”

Saya perlu melakukan enam hingga 10 sesi untuk mengetahui jenis dampak dari TCM yang sebenarnya dapat terjadi pada periode yang terlalu lama. Tapi apa yang saya tahu sekarang adalah bahwa seluruh proses telah memberi saya harapan. Itu membuat saya merasa seperti seseorang menganggap serius mengenai diagnosis saya. Dan itu memberi saya kepercayaan diri baru untuk mengetahui bahwa saya memiliki rencana yang dibuat hanya untuk saya, dengan tiga milenium Latihan untuk mendukungnya.

Ingat, untuk selalu menghubungi dokter Anda saat mencari pengobatan untuk PCOS.

Baca juga:

Pelajaran yang Saya Dapat Ketika Melakukan Operasi Hidung

Punya Wajah Flat? Anda Wajib Coba Serangkaian Treatment yang Bisa Membentuk Kontur Wajah Secara Natural

(Penulis: Jackie Martin; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Christanto Subrata; Foto: Courtesy of BAZAAR US)