Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Lebih dari Sekadar Menghibur, Berikut 7 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan

Inilah yang dikatakan penelitian tentang manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan. Baca sampai habis!

Lebih dari Sekadar Menghibur, Berikut 7 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan
manfaat mendengarkan musik

Apakah Anda termasuk orang yang suka mendengarkan musik? Jika iya, itu bagus untuk Anda.

Faktanya, selain bisa menghibur dan meningkatkan suasana hati, ternyata beberapa penelitian menunjukan bahwa mendengarkan musik juga bisa membuat Anda merasa lebih sehat, baik secara fisik maupun mental. 

Inilah yang dikatakan penelitian tentang manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan, antara lain: 

1. Dapat meningkatkan suasana hati

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika mendengarkan musik bisa memberi Anda perasaan yang lebih baik. Hal itu dibuktikan dalam satu riset yang diterbitkan di British Journal of Psychology, yang menunjukan bahwa mendengarkan musik dapat membantu mengatur emosi dan meningkatkan suasana hati. Ini karena, ketika mendengarkan musik, otak akan melepaskan hormon dopamin yang terkait dengan perasaan senang. 

2. Dapat meningkatkan kinerja kognitif dan daya ingat

Dari sebuah penelitian tahun 2013 dalam jurnal Frontiers in Psychology, menyimpulkan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan kinerja kognitif pada orang dewasa. Pasalnya, musik dapat meningkatkan kecepatan pemrosesan dan meningakatan memori. 

Satu tahun berselang, penelitian lainnya yang diterbitkan jurnal Frontiers in Aging Neuroscience, melaporkan bahwa orang-orang yang melakukan tugas pemrosesan sederhana sambil mendengarkan musik diketahui mampu menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan akurat. 

Masih dalam penelitian yang sama, para peneliti kemudian membagi peserta penelitian ke dalam dua kelompok dan memberikan daftar kata-kata pendek yang perlu dihafal. Hasilnya, kelompok yang menghafal sambil mendengarkan musik klasik mengungguli kelompok yang menghafal dalam diam atau dengan white noise

3. Dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan

Berikutnya, mendengarkan musik bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi stres dan menurunkan kecemasan. Sudah banyak penelitian yang membuktikannya. Salah satunya studi tahun 2013 yang diterbitkan di Rehabilitation Nursing Journal, menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik, terutama musik meditatif, dapat membantu menenangkan pikiran, memberi efek relaksasi, mengurangi stres dan kecemasan. Dengan begini, orang yang mendengarkan musik cenderung pulih lebih cepat dari stres.

4. Membantu mengurangi gejala depresi

Tak hanya mampu mengurangi stres dan kecemasan, ternyata sebuah ulasan tahun 2017 dalam jurnal Frontiers in Psychology, juga menemukan bahwa mendengarkan musik, terutama musik klasik dan jazz, memiliki efek positif untuk mengurangi gejala depresi. 

Bahkan, penelitian lain yang dilakukan oleh para peneliti dari McGill University, Canada, menemukan bahwa mendengarkan musik bisa memicu pelepasan beberapa neurochemicals yang berperan dalam meningkatkan kesehatan mental. 

5. Membantu meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik

Kurang tidur telah dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan, mulai dari menyebabkan penurunan daya ingat, mempercepat proses penuaan dini, meningkatkan risiko obesitas, hingga peningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. 

Kabar baiknya, mendengarkan musik dapat membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Dari sebuah riset tahun 2008 yang dipublikasikan dalam Journal of Advanced Nursing, menunjukan bahwa orang yang mendengarkan musik santai sebelum tidur bisa tertidur lebih cepat dibandangkan dengan orang yang tidak mendengarkan musik sebelum tidur. 

Jadi, jika Anda merasa kesulitan tidur, atau mengalami insomnia, cobalah untuk mendengarkan musik santai sebelum tidur. Ini akan membantu Anda lebih cepat tertidur dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. 

6. Meningkatkan kinerja olahraga

Ada alasan bagus mengapa Anda merasa lebih bersemangat dan termotivasi saat berolahraga sambil mendengarkan musik. Faktanya, berolahraga sambil mendengarkan musik dapat meningkatkan kinerja fisik dengan memperbaiki suasana hati, sehingga membantu tubuh berolahraga dengan lebih efisien dan lebih lama, menurut sebuah penelitian tahun 2020 dalam American Psychological Association

7. Dapat meningkatkan kreativitas

Satu lagi manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan yaitu dapat meningkatkan kreativitas. Sebuah studi tahun 2013 dalam jurnal Plos One, menunjukan bahwa mendengarkan musik santai yang menyenangkan dapat meningkatkan kreativitas sekaligus bisa meningkatkan produktivitas. 

Selain itu, menurut para peneliti dari Johns Hopkins Medicine School, menyebutkan bahwa mendengarkan musik juga dapat merangsang otak yang bisa membantu proses pembelajaran yang lebih baik dan memotivasi untuk belajar yang lebih baik. 

(Foto: Courtesy of Ron Lach on Pexels)