Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Manfaat Konsumsi Liquid Chlorophyll untuk Kulit yang Wajib Anda Ketahui

Tidak hanya sekedar menjadi tren kecantikan, liquid cholorophyll ternyata menawarkan manfaat yang menjanjikan untuk kulit Anda

Manfaat Konsumsi Liquid Chlorophyll untuk Kulit yang Wajib Anda Ketahui
Courtesy of [email protected]

Dari sekian banyaknya tren kecantikan di media sosial, liquid chlorophyll ternyata sudah muncul jauh sebelum menjadi bahan perbincangan di tengah masa pandemi ini.  Aktris Hollywood seperti Reese Witherspoon dan Jennifer Lawrence pada tahun 2016 lalu mengatakan bahwa liquid cholorophyll dapat membantu menghilangkan permasalahan jerawat dan juga untuk detoks tubuh sebelum berjalan di red carpet. Chlorophyll atau klorofil sendiri memang sudah banyak dijadikan dan dikenal sebagai suplemen untuk kesehatan. Banyak pengguna juga telah memberikan hasil konsumsinya di aplikasi TikTok dan menjadikan tren ini menjadi semakin gempar. Sebelum Anda sendiri mencobanya, mari simak beberapa penjelasan mengenai liquid cholorophyll dan juga manfaatnya terutama untuk kulit Anda!

APA ITU LIQUID CHLOROPHYLL?

Pada dasarnya, Klorofil sendiri merupakan pigmen atau zat yang dapat memberi warna pada tumbuhan hijau serta berperan untuk mengubah cahaya menjadi energi dalam proses fotosintesis. Banyak kandungan di dalamnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh Anda seperti vitamin A,C,E dan K serta antioksidan. Menurut ahli kimia kosmetik Ginger King, kandungan klorofil yang terdapat pada liquid chlorophyll memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dari sayuran hijau yang biasa Anda konsumsi. Sehingga mengkonsumsi liquid cholorophyll hanya mempermudah Anda untuk menerima nutrisi dari berbagai macam jenis sayuran diluar sana. Karena dalam perbandingannya, 10 hingga 16 tetes liquid chlorophyll dapat menggantikan keperluan sayuran Anda dalam sehari. Dalam bukunya Eat Beautiful: Food and Recipes to Nourish Your Skin From The Inside Out, seorang ahli makeup dan kulit Wendy Rowe mengatakan bahwa klorofil dalam bentuk apapun mampu melawan karsinogen tubuh sehingga dapat mengurangi risiko terkena kanker. Jika dikonsumsi secara rutin, klorofil juga dapat memperlancar pencernaan, mempercepat penyembuhan luka, dan memurnikan darah. Jika darah Anda sudah bersih, maka secara langsung daya tahan tubuh lebih kuat dan mengangkat oksigen ke seluruh tubuh lebih efesien, sehingga kulit dengan sendirinya akan menjadi lebih segar dan sehat. 

Courtesy of kiraliffe@123RF.com
Courtesy of [email protected]

MANFAAT LIQUID CHLOROPHYLL UNTUK KULIT

1. Meredakan Inflamasi

Memiliki kandungan antioksidan, klorofil juga mengandung senyawa turunan yang memiliki daya anti-inflamasi. Ini dapat membantu Anda untuk meredakan kemerahan pada kulit yang sedang meradang. Warna hijau dari klorofil ini juga dapat Anda jadikan masker wajah untuk menetralisasi kulit acne-prone. Namun, pastikan jika Anda ingin melakukan kontak langsung pada kulit, lakukan uji tempel sebelum melakukannya. 

2. Mengatasi Jerawat

Dalam mengatasi permasalahan jerawat, klorofil menggunakan kandungan anti-bakterinya untuk melawan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Ia juga akan melakukan detoksifikasi alami, untuk membantu mengeluarkan racun, membersihkan darah, mengurangi pori-pori yang besar, serta dapat secara langsung mencegah timbulnya jerawat. Tak hanya itu, klorofil juga membantu jerawat agar cepat hilang dan dapat meringankan bekas jerawat pada wajah 

3. Menunda Pernuaan Dini

Tingginya kandungan antioksidan dan berbagai macam vitamin pada klorofil dapat membantu Anda menangani tanda-tanda penuaan dini. Selain sunscreen, tingginya kandungan antioksidan dalam klorofil mampu memberikan perlindungan kulit Anda dari sinar UV. Sedangkan kandungan vitamin A,C, dan E akan mendorong pertumbuhan sel untuk menjaga kekencangan kulit, menstimulasi produksi kolagen yang dapat membuat kulit kenyal terhindar dari kerutan, serta dapat melawan radikal bebas dan mencerahkan kulit.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Jika diaplikasikan para area luka, klorofil akan mencegah luka menjadi semakin parah dan juga infeksi. Hal tersebut didapatkan dari kandungan anti-bakteri, anti-inflamasi, dan juga vitamin K pada klorofil. Kandungan tersebut akan membantu membunuh bakteri dan kuman, sehingga luka dapat pulih lebih cepat. Beberapa penelitian yang diterbitkan Wound Repai Regen, telah membuktikan bahwa hal ini dapat membantu penyembuhan bekas luka operasi hingga luka diabetes. 

5. Menjadi Deodoran Alami

Memiliki kulit yang terawat dan bersih memang idaman semua orang. Namun, perlu kita perhatikan juga bahwa memiliki tubuh yang bebas dari bau tidak sedap merupakan hal penting juga. Ternyata, klorofil memiliki kemampuan alami untuk menyerap bau tidak sedap yang menembus kulit dan menjadi deodoran alami. Zat hijau ini secara signifikan menurunkan jumlah trimetilamina, suatu kondisi yang menyebabkan bau tidak sedap.

DIMANA BISA MEMBELI LIQUID CHLOROPHYLL
 
1. Nature's Way

Courtesy of iHerb
Courtesy of iHerb

Chlorofresh Liquid Chlorophyll Unflavored

146,383 rupiah

id.iherb.com

2. K-Link

Courtesy of Alia K-Link Premium Reseller
Courtesy of Alia K-Link Premium

K-Liquid Chlorophyll

189,000 rupiah

k-net.co.id

3. Synergy Worldwide

Courtesy of Synergy Worldwide
Courtesy of Synergy Worldwide

Chlorophyll Plus

225,000 rupiah

shopee.co.id

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of [email protected], [email protected])