Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengapa Penting Menggunakan Serum dan Kapan Waktu Terbaik Memakainya?

Pastikan setelah membaca artikel ini, Anda segera menemukan produk serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit untuk diikutsertakan dalam rangkaian perawatan kecantikan Anda!

Mengapa Penting Menggunakan Serum dan Kapan Waktu Terbaik Memakainya?
(Foto: Courtesy of [email protected])

Walaupun mengandung berbagai macam manfaat, sayangnya penggunaan serum wajah tak jarang disingkirkan dari rutinitas perawatan kulit. Ada yang menganggap kehadiran serum hanya sebagai "opsional" alih-alih menjadi sebuah keharusan layaknya mencuci muka atau menggunakan produk pelembap kulit. Lalu ada pula yang berangkat dari pengalaman priadi karena sudah terlanjur kecewa karena tidak merasa menerima hasil yang diiming-imingkan ketika pertama kali mencoba penggunaan produk serum. Namun apapun alasan Anda, nyatanya kehadiran serum dalam rangkaian perawatan kulit sangatlah krusial karena banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.

Untuk mengetahui seberapa besar dampak penggunaan serum untuk membantu performa kulit Anda, kemudian kapan Anda dianjurkan untuk menggunakannya, baca terus hingga akhir untuk menemukan semua jawaban dari pertanyaan yang mungkin sudah terngiang-ngiang di benak Anda semenjak pertama kali meng-klik artikel ini.

Apa itu serum?

Biasanya diaplikasikan di langkah ketiga (setelah mencuci wajah dan menggunakan produk toner), berwarna bening, berbasis gel atau cair, dan biasanya diaplikasikan sebelum produk pelembap untuk membantu mengunci kelembapan, serum adalah produk perawatan kulit yang digunakan dengan maksud untuk memberikan bahan-bahan kuat langsung ke bagian kulit. Serum sangat cocok untuk tugas ini karena terdiri dari molekul yang lebih kecil yang dapat menembus jauh ke dalam kulit dan memberikan konsentrasi bahan aktif yang sangat tinggi. Ini menjadikannya produk yang sempurna dan tentunya hebat untuk menargetkan masalah perawatan kulit tertentu, seperti misalnya kerutan, mencerahkan kulit.

Kelebihan yang ditawarkan jika Anda menggunakan serum

Serum wajah, seperti semua jenis produk perawatan kulit wajah lain pada umumnya, bisa sangat efektif jika Anda menggunakannya dengan benar dan pada waktu yang tepat. Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh produk serum antara lain:

  • Dapat menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam
  • Melembapkan kulit
  • Memberikan manfaat tambahan melalui formula vitamin dan nutrisi konsentrasi tinggi yang biasanya terkandung di dalamnya.

Baik, sekarang saya tahu serum memiliki berbagai kelebihan, lalu kapan dan seberapa banyak yang harus saya gunakan?

Masuk ke bagian utama yang tentu sering dipertanyakan, mengingat serum wajah memiliki kemampuan untuk menembus lebih dalam ke pori-pori untuk menawarkan manfaat yang maksimal, maka sebuah ide yang baik untuk menggunakan serum wajah setelah membersihkan pori-pori Anda secara menyeluruh.

Kemudian, untuk jumlah produk yang perlu Anda gunakan, para ahli merekomendasikan wajarnya sekitar satu atau dua tetes yang relatif besar. Relatif mudah untuk diratakan ke seluruh bagian wajah karena wujudnya yang cair, kebanyakan serum juga memiliki daya serap yang cukup cepat.

Jenis serum apa yang harus saya gunakan? Apakah saya boleh menggunakan satu jenis produk serum untuk diaplikasikan di pagi dan malam hari?

Perlu dicatat, seperti kebanyakan anjuran yang diberikan ketika memilih produk kecantikan, Anda perlu memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit. Jika Anda memiliki tipe kulit kering, maka pilihlah serum wajah yang diperuntukkan bagi kulit kering, begitupun sebaliknya bagi Anda pemilik tipe kulit berminyak maupun sensitif. Menggunakan serum yang tak sesuai kebutuhan dapat memperburuk masalah Anda alih-alih membuat kulit tampak lebih sempurna.

Untuk itu, jika Anda berencana untuk memasukkan penggunaan produk serum di rutinitas kecantikan pagi hari, kandungan yang paling umum direkomendasikan untuk Anda gunakan adalah serum dengan formula vitamin C karena secara umum produk vitamin C baik untuk diterapkan di pagi hari mengingat kemampuannya yang mampu mencerahkan bintik-bintik gelap, menghaluskan garis-garis halus, dan yang terpenting, menangkal radikal bebas dari lingkungan, polusi, serta radiasi UV.

Sedangkan di malam hari, Anda biasanya dianjurkan untuk menggunakan serum yang mampu mengatasi masalah penuaan, seperti salah satunya adalah retinol. Awalnya diteliti sebagai pengobatan anti-jerawat, turunan vitamin A ini meningkatkan pergantian sel untuk membawa sel-sel segar ke permukaan, menghilangkan kerutan dan hiperpigmentasi serta noda.

Meskipun luar biasa, retinol tidak boleh digunakan saat matahari sedang berkuasa menyinari bumi. Untuk itu, jangan gunakan retinol di siang hari kecuali ada instruksi khusus pada produk yang Anda gunakan, atau hadir dalam konsentrasi yang sangat rendah.

Baca juga:

Apakah Rutinitas Skincare Malam Anda Sudah Benar? Mari Simak & Perbaiki Langkah Perawatan Kecantikan Pada Malam Hari

Ternyata, Menerapkan Skincare Routine Bisa Berdampak Positif Bagi Kesehatan Mental

(Foto: Courtesy of [email protected])