Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tren Gaun Pernikahan Tahun 2021 yang Perlu Anda Ketahui

Mari kami bantu memilih gaun dari tren gaun pernikahan 2021 yang terbaik untuk hari istimewa Anda.

Tren Gaun Pernikahan Tahun 2021 yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini, merencanakan pernikahan yang sedari dulu memang bukan suatu hal yang simpel, justru semakin membutuhkan perencanaan yang matang di tengah situasi tak menentu. Perubahan peraturan yang tak menentu, membuat para calon pengantin dipenuhi rasa was-was terhadap berlangsungnya hari pernikahan mereka dengan lancar bersama orang-orang tersayang. Jika dahulu, dekorasi, makanan, dan entertainment turut menjadi prioritas. Saat ini, mungkin ketiga aspek itu sudah mulai diminimalisir dikarenakan sulitnya mengundang tamu dalam jumlah yang banyak.

Maka itu, untuk para calon pengantin demi dapat menikmati dan mengingat hari pernikahan mereka yang indah, dibutuhkan sebuah gaun pengantin yang tak terlupakan. Saat memilih gaun pengantin, memilih gaun pengantin yang selaras dengan jati diri sang pengantin dan yang selama ini telah menjadi impian sedari dulu harus dijadikan prioritas utama. Kemudian, lokasi dan konsep pernikahan yang saat ini dibuat lebih kecil dan simpel juga dapat dijadikan landasan dalam memilih gaun. Berikut kami persembahkan prediksi tren gaun pengantin 2021 sekaligus gaun yang dapat diandalkan saat pemberkatan, reception dinner, rehearsal dinner, dan after party.

Romantic Bow

(Courtesy of Instagram.com/@Markarian_nyc, @giambattistavalliparis, @kaviargauche_official, @zuhairmuradofficial)

Aksentuasi bow pada gaun pernikahan hingga tahun ini masih belum menampakkan kepudaran. Tambahan bow pada gaun pernikahan akan mempermanis keseluruhan tampilan sekaligus menjadi letak centerpiece yang menambah tekstur pada tampilan Anda. Praktik penambahan bow dapat Anda lakukan di bagian tudung gaun pernikahan seperti yang diupayakan Giambattista Valli. Bagi Anda penyuka gaun pernikahan off shoulder, tambahan bow berukuran ekstra besar seperti gaun rancangan Markarian di bagian punggung beserta tambahan train yang mengikuti jejak langkah akan mengelevasi keanggunan Anda. Praktik lainnya yang dapat diaplikasikan adalah dengan menjadikan bow sebagai aksentuasi pada bagian pinggang gaun atau atasan gaun pernikahan model two pieces.

(Sesuai arah jarum jam: Markarian, Giambattista Valli, Kaviar Gauche 2021, Zuhair Murad Spring 2022)

Back Details

(Courtesy of Instagram.com/@erdem, @naeemkhannyc, @amsale, @ashistudio, @oscardelarenta, @carolinaherrera)

Ketika membahas tren gaun pernikahan, tak hanya membahas desain gaun namun detail bagian punggung turut menjadi perhatian banyak calon pengantin. Beberapa inspirasi bagian punggung gaun yang tampaknya akan menduduki posisi tren gaun pernikahan 2021 adalah detail oval pada bagian punggung, detail knot dengan siluet V yang elegan dan minimalis, detail ruffles dengan tambahan tali yang manis, hingga efek drapery dengan taburan embellishment yang klasik.

(Searah jarum jam: Erdem Spring/Summer 2021, Naeem Khan Spring/Summer 2022, Amsale, Ashi Studio, Oscar De La Renta, Carolina Herrera Spring/Summer 2021)

Vintage Wedding

(Courtesy of Instagram.com/@danahareldesign, @ashistudio, @tomo_koizumi, @markarian_nyc)

Memiliki gaun pernikahan bernapas vintage akhir-akhir ini turut menjadi impian banyak wanita. Gaun pernikahan vintage biasanya didominasi potongan busana yang tertutup, lengan bervolume yang dramatis, berpotongan A line, hingga berupa ball gown yang megah dengan tambahan ekor gaun dengan meteran yang sangat panjang. Bagi Anda yang ini konsep vintage wedding dengan gaya rustic, gaun rancangan Dana Harel dapat menjadi andalan dengan lengan bell sleeves serta potongan leher V dan bordiran bernapas medieval. Lalu, jika Anda ingin hidup di impian pernikahan layaknya Putri Diana, tahun 2021 bukan berarti Anda tak bisa menggapai mimpi tersebut karena ragu gaun tersebut dianggap tak relevan lagi dengan mengenakan gaun pernikahan rancangan Ashi Studio. Tren gaun pengantin bernapas vintage lainnya turut hadir di koleksi desainer Tomo Koizumi yang merupakan gaun off shoulder dengan tambahan rok gaun berhiaskan bebuluan layaknya putri raja di benua Asia. Untuk pilihan gaun pengantin vintage yang lebih simpel, gaun tumpuk dengan efek bib di bagian leher rancangan Markarian dapat Anda jadikan inspirasi gaun pernikahan yang tidak memerlukan banyak usaha.

(Sesuai arah jarum jam: Dana Harel, Ashi Studio, Tomo Koizumi Spring/Summer 2021, Markarian)

Classic Beauty

(Courtesy of Instagram.com/@verawanggang, @toni_maticevski, @amsale, @tomo_koizumi, @christopherjohnrogers)

Memilih gaun pernikahan yang klasik dan clean tak akan lekang waktu dan tetap selalu menduduki peringkat tren gaun pernikahan. Konsep less is more pada gaun pernikahan bergaya klasik minimalis akan memudahkan Anda di hari spesial sehingga tepat untuk para calon pengantin wanita penyuka busana minimal dan gaya yang subtil. Salah satu sosok terkenal yang akhir-akhir ini sukses menggelar pernikahan dibalutkan gaun klasik dan minimalis adalah penyanyi Ariana Grande dalam balutan gaun yang terinspirasi dari Audrey Hepburn karya Vera Wang. Kemudian, gaun bersiluet trumpet dari bahan satin dengan garis leher V yang klasik dan elegan karya Amsale akan menunjukkan figur tubuh Anda dengan sempurna. Untuk para penyuka potongan kontemporer, gaun rancangan Toni Maticevski akan mengkomplementasi tampilan dengan efek skulptural. Minimal tak berarti hanya didapatkan dari gaun-gaun tanpa volume atau dekorasi, Anda tetap bisa mengikuti tren gaun pernikahan dengan gaun bervolume yang didesain minimalis seperti gaun rancangan Tomo Koizumi, gaun pernikahan siluet longgar karya Christopher John Rogers yang menawan atau gaun pendek dengan dekorasi untaian mutiara layaknya gaya roaring twenties yang playful tanpa terlihat berlebihan. 

(Searah jarum jam: Ariana Grande - Vera Wang, Vera Wang 2021, Amsale, Toni Maticevski, Tomo Koizumi, Christopher John Rogers)

Masculine Bride

(Courtesy of Instagram.com/@galvanlondon, @tonimaticevski, @galialahav, @daniellefrankelstudio, @verawanggang, @alexandermcqueen)

Untuk para penyuka busana pernikahan bergaya maskulin, kabar baik untuk Anda. Tren gaun pernikahan 2021 turut diwarnai gaun pengantin maskulin yang tepat untuk diandalkan di tengah pandemi yang didominasi pesta pernikahan yang intim dan dilaksanakan di luar ruangan. Beberapa desainer yang berpartisipasi di tren ini di antaranya adalah Toni Maticevski dengan jumpsuit dan luaran kemeja berkerah putih yang modern, Galia Lahav yang menyatukan korset menerawang yang seksi bersama celana panjang dan luaran mantel panjang putih, Danielle Frankel yang menambahkan aksentuasi drapery bahan lace di bagian pinggang untuk menambah efek "gaun" pada busana pernikahan maskulin. Sementara itu, Vera Wang mengusung blazer fitted dengan potongan lurus yang disambungkan dengan rok tulle layaknya gaun pernikahan pada umumnya yang memberikan efek punk princess. Pilih juga cropped blazer putih yang disambungkan dengan rok beraksen tumpuk dengan fitur cut out merah muda rancangan Alexander McQueen yang out of the box untuk dikenakan saat prosesi after party.

(Searah jarum jam: Galvan London 2021, Toni Maticevski, Galia Lahav Pret-a-Porter, Danielle Frankel, Vera Wang 2021, & Alexander McQueen Spring/Summer 2021)

Dreamy Laser Cut

(Courtesy of Instagram.com/@ceciliebahnsen, @Cucculellishaheen, @naeemkhannyc, @oscardelarenta, @giambattistavalliparis)

Gaun dengan tambahan motif dari teknologi laser cut merajai tren gaun pernikahan 2021. Hampir setiap desainer mengerahkan beragam motif dari laser cut yang menciptakan tekstur dan estetika yang tak biasa. Dari mulai gaun dengan cape rancangan Cucculelli Shaheen, gaun ball gown rancangan Oscar De La Renta, hingga gaun cirkeline yang dreamy rancangan Cecilie Bahnsen.

(Searah jarum jam: Cecilie Bahnsen, Cucculelli Shaheen, Naeem Khan, Oscar De La Renta Spring 2022, Giambattista Valli, Naeem Khan)

Drop Waist

(Courtesy of Instagram.com/@ceciliebahnsen, @odylynetheceremony, @oscardelarenta, @lanvinofficial, @danniellefrankelstudio)

Siluet pinggang drop waist yang awalnya tren di era 1920'-an, memancarkan keanggunan yang klasik dan playful saat dikenakan para wanitaTren potongan tersebut nyatanya kini menjadi tren gaun pernikahan di 2021 yang banyak dialterasi oleh desainer dan label internasional menjadi sebuah gaun yang elegan dan klasik. Sebut saja gaun drop waist dengan tambahan atasan mesh yang mewah rancangan Lanvin, Danielle Frankel yang merancang gaun pernikahan bahan satin dengan efek drop waist, Oscar De La Renta dengan gaun drop waist off shoulder dari bahan satin yang dramatis, hingga opsi gaun drop waist bernapas quirky seperti rancangan Cecilie Bahnsen dan Odylyne The Ceremony.

(Searah jarum jam: Cecilie Bahnsen, Odylyne The Ceremony, Oscar De La Renta, Lanvin; Tengah: Danielle Frankel)

Flower Power

(Courtesy of Instagram.com/@berta, @moniquelhuillier, @luisabeccaria)

Motif bunga nyatanya belum hilang dari tren gaun pernikahan, bunga akan selalu memegang peranan penting pada setiap pernikahan dari mulai dekorasi, centerpiece, buket, dan lainnya. Tahun 2021, bunga menjadi motif gaun pernikahan yang digandrungi walau didominasi oleh formasi bordiran di atas bahan menerawang. Beberapa desainer turut mengaplikasikan motif print bunga di atas bahan satin dan bahan duchess yang menyerbakkan aura musim panas untuk pernikahan di tengah musim panas yang hangat.

(Searah jarum jam: Berta Como Collection, Monique Lhuillier Spring 2022, Monique Lhuillier Spring 2022, Luissa Beccaria; Tengah: Berta Como Collection)

Tiered Dress

(Courtesy of Instagram.com/@viktorandrolf, @viktorandrolfmariage, @Zuhairmuradofficial)

Efek tiered pada rok gaun akan menciptakan ilusi lebih jenjang untuk sang pengantin, tak heran potongan tiered cukup populer di kalangan tren gaun pernikahan 2021. Untuk imbuhan tiered yang diolah dengan dramatis, Viktor and Rolf melansir gaun two pieces yang akan membuat Anda tampak memukau saat melakukan sesi foto pre-wedding atau after party dikarenakan rok ini akan tampak indah mengikuti gerak gerik sang pemakai. Kemudian, Viktor and Rolf melansir gaun putih dari bahan tulle dengan rok tumpuk bervolume untuk efek dramatisasi yang dreamy. Untuk gaun pernikahan tumpuk dengan esensi sensual, Zuhair Murad mendesain gaun pernikahan voluptous dari atasan korset yang seksi sekaligus teatrikal.

(Searah jarum jam: Viktor and Rolf, Viktor and Rolf, Zuhair Murad, Viktor and Rolf)