Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pentingnya Vitamin D untuk Sepanjang Tahun Anda

Para ahli menjawab pertanyaan Anda tentang 'vitamin sinar matahari'.

Pentingnya Vitamin D untuk Sepanjang Tahun Anda
Courtesy of Bazaar UK

Meskipun hari-hari lebih panjang dan lebih banyak kesempatan untuk keluar dan menikmati musim panas ini, banyak dari kita yang tinggal di Inggris masih tidak mendapatkan vitamin D yang cukup, vitamin esensial yang diproduksi oleh tubuh saat terpapar sinar matahari.

BACA JUGA: 10 Suplemen Untuk Rambut yang Sehat dan Berkilau

Menurut NHS, sistem kesehatan negara Inggris, setiap orang di atas usia satu tahun memerlukan sekitar 10 mikrogram (400 IU) vitamin D per hari. Meskipun memungkinkan untuk mendapatkan jumlah tersebut dari sinar matahari dari bulan-bulan April dan September, kenyataannya, hal itu tidak selalu terjadi, dan juga tidak dianggap aman oleh beberapa orang. Oleh karena itu, tambahan suplemen yang umumnya disarankan. 

Namun untuk lebih memahami pentingnya, waktunya, dan cara terbaik untuk mendapatkan vitamin D yang cukup, kami berdiskusi dengan para ahli untuk mendapatkan fakta-faktanya.

Vitabiotics Ultra D3 2000 IU

BetterYou BetterYou D1000 Vitamin D Daily Oral Spray

Wild Nutrition Food-grown Vitamin D

Apa itu vitamin D dan mengapa itu penting?

"Vitamin D sangat penting untuk menjaga tubuh Anda agar berfungsi dengan lancar, dan kekurangan vitamin tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan serius," ahli kesehatan Dr. Naomi Newman-Beinart (PhD) menjelaskan. "Banyak orang di Inggris kekurangan vitamin penting ini, yang merupakan kunci kesehatan untuk tulang dan gigi, keadaan hati Anda, serta mendukung sistem kekebalan tubuh Anda." Ada juga beberapa bukti yang menunjukkan bahwa vitamin D dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, penyakit kardiovaskular, dan sklerosis multipel.

Bagaimana Anda tahu jika Anda kekurangan vitamin D?

"Defisiensi dapat dinilai melalui tes darah pada umumnya. Jika Anda menduga Anda mengalami kekurangan, mintalah dokter umum Anda untuk mengujinya atau lakukan tes secara pribadi," tutur ahli gizi Kim Pearson. "Gejala umum defisiensi termasuk nyeri punggung bawah, kelemahan otot, nyeri otot, dan kelelahan; tetapi Anda bisa saja mengalami kekurangan dan tidak mengalami gejala sama sekali."

Berapa banyak vitamin D yang Anda butuhkan?

"Menurut NHS, semua orang yang berusia di atas satu tahun membutuhkan sekitar 10 mikrogram (400 IU) vitamin D sehari, dengan batas atas aman untuk vitamin D adalah 100μg (4.000 IU) sehari," Dr. Newman-Beinart menegaskan.

"Meskipun sangat penting untuk mengonsumsi vitamin D selama bulan-bulan yang lebih gelap, beberapa orang harus mempertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen tambahan untuk sepanjang tahun, terutama jika mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dalam ruangan, memiliki warna kulit lebih gelap, berusia di atas 65 tahun atau di bawah 5 tahun, sedang hamil, menyusui, atau mengikuti pola makan vegan."

Bisakah Anda mendapatkan vitamin D yang cukup dari makanan Anda?

"Makanan seperti ikan berminyak (seperti salmon dan makarel) daging merah, hati, kuning telur, dan makanan yang diperkaya (seperti beberapa sereal dan selai) berkontribusi pada asupan vitamin D kita," kata Dr. Newman-Beinart. "Tetapi meskipun beberapa makanan kaya akan vitamin D, jika dari makanan saja, sering kali tidak cukup untuk memenuhi tingkat yang direkomendasikan." Bagi orang-orang yang tidak mengkonsumsi makanan ini atau tidak mendapatkan sinar matahari secara teratur, "mungkin ada baiknya untuk mempertimbangkan suplemen vitamin D untuk dikonsumsi sepanjang tahun," ia menjelaskan.

Bagaimana SPF mempengaruhi kadar vitamin D Anda?

"Kita semua membutuhkan sinar UV agar tubuh kita membuat vitamin D, namun kebanyakan orang dapat menghasilkan vitamin D yang cukup tanpa harus menghabiskan waktu lama dan beresiko terbakar di bawah teriknya sinar matahari," tutur Sarah Williams, manajer informasi kesehatan Cancer Research UK.

Dr. Newman-Beinart menjelaskan, "Meskipun penting untuk melindungi kulit kita dari sinar UV yang berbahaya, tabir surya juga dapat menghambat sintesis vitamin D. SPF bekerja dengan memblokir sinar UVB, jenis sinar matahari yang bertanggung jawab untuk merangsang produksi vitamin D di kulit." Meski sedemikian, tidak berarti Anda harus melewatkan sunscreen, para ahli bersepakat. "Sebaliknya, [Anda seharusnya] mengelola paparan sinar matahari Anda dengan bijak. Contohnya, paparan sinar matahari tanpa mengenakan tabir surya dalam waktu singkat, sekitar 10-15 menit, cukup untuk memproduksi vitamin D, namun tetap diikuti dengan penggunaan tabir surya untuk melindungi dari paparan sinar matahari yang berkepanjangan." Atau, Anda bisa sepenuhnya mengandalkan suplemen.

Cara terbaik untuk mengonsumsi suplemen Vitamin D

BetterYou D3000 IU Oral Spray

Apoteker spesialis vitamin, Shabir Daya, merekomendasikan untuk mengkonsumsi BetterYou D3000 IU Daily Oral Spray selama musim dingin dan kemudian beralih ke BetterYou 1000 IU Daily Oral Spray selama musim panas. Dan Dr. Newman-Beinart setuju, "karena BetterYou menggunakan teknologi semprotan intra-oral berbasis sains yang menyalurkan bahan aktif melalui pipi (bukal) daripada mengandalkan penyerapan melalui sistem pencernaan."

Mulut adalah reseptor penerima yang sangat baik untuk suplemen, katanya, "karena jaringannya yang lebih lembut dan mudah menyerap karena letaknya yang sangat dekat dengan sistem pembuluh darah tubuh". 

BACA JUGA: 

Manfaat Vitamin C untuk Kulit Wajah

5 Duo Suplemen yang Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anda

(Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Aimee Mihardja; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)