Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Lima Nama yang Menjadi Duta Festival Film Indonesia 2024

Festival Film Indonesia mengumumkan lima duta FFI untuk tahun 2024 yang merefleksikan kolaborasi lintas generasi di industri sinema Indonesia.

Lima Nama yang Menjadi Duta Festival Film Indonesia 2024
Courtesy of Festival Film Indonesia

Festival Film Indonesia is back! Acara yang digelar tiap tahun untuk merayakan kedinamisan sinema Indonesia kembali dan menggaungkan tema “Merandai Cakrawala Sinema Indonesia” yang akan diselenggarakan pada 20 November 2024. Untuk melengkapi acara tersebut, Komite FFI mengumumkan lima duta FFI untuk tahun 2024 ini yang dikatakan sebagai insan film yang telah berprestasi dan merepresentasikan lintas generasi sinema Indonesia.

Sudah malang melintang di dunia teater, sinema, serta seni pertunjukkan, Slamet Rahardjo Djarot menjadi salah satu tokoh yang paling berpengaruh di dunia perfilman Indonesia yang sudah berkarya selama 50 tahun lebih sebagai aktor, sutradara, dan penulis skenario, sehingga tidak salah lagi menjadi salah satu duta FFI 2024.

Dian Sastrowardoyo pun bukan merupakan nama asing di industri ini untuk dipilih menjadi duta FFI 2024, dengan karakter Cinta dari “Ada Apa Dengan Cinta” yang melekat pada dirinya, hingga karakter Jeng Yah yang dihidupkan olehnya pada serial “Gadis Kretek”. Selain menjadi aktor terdepan, Dian juga mengasah kepenulisan dan penyutradaraan. 

Kamila Andini, sutradara berbakat yang sudah dikenal karena karyanya yang memenangkan penghargaan di Tokyo, Hong Kong, dan Berlin, terpilih menjadi salah satu duta FFI 2024. Sejak debut penyutradaraannya pada tahun 2002, Kamila telah memijakkan presence-nya pada industri ini. 

Mengawali kariernya dalam film pendek berjudul “The Junk Society”, Lutesha Sadhewa turut berperan aktif di industri film Indonesia menjadi duta merek untuk ajang Jakarta Film Week tahun lalu. Telah dinominasi sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di FFI 2023, kini Lutesha memegang peran sebagai salah satu duta FFI 2024. 

Aktor muda, Bryan Domani, belakangan ini pun menjadi nama andalan bagi para produser dan sutradara. Memainkan film-film blockbuster seperti “Miracle in Cell No. 7” dan “172 Days”, nama Bryan sebagai duta FFI 2024 mampu meluaskan khazanah sinema dan memperkenalkan perhelatan FFI 2024 ke Gen Z dan Gen Alpha.

Penunjukkan kelima nama tersebut dipilih dengan cermat, masing-masing dengan keunikan tersendiri pada industri perfilman Indonesia.. Duta-duta tahun ini menjadi wujud konkret dari pemaknaan FFI 2024 yang menunjukkan kolaborasi yang dilambari oleh semangat kesetaraan dalam membangun ekosistem perfilman Indonesia yang kreatif, inovatif, inklusif, dan produktif.