Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

11 Sunscreen Mineral Terbaik untuk Semua Warna Kulit

Tabir surya putih dan chalky merupakan hal dari masa lalu. Kami telah menguji beberapa tabir surya bermineral yang dinilai bagus dan terbaik dari para ahli.

11 Sunscreen Mineral Terbaik untuk Semua Warna Kulit
Courtesy of Bazaar US

Sunscreen mineral telah berkembang jauh, terutama bagi mereka yang memiliki warna kulit yang lebih gelap. Formula putih yang berkapur kini sudah menjadi masa lalu, karena pilihan sunscreen mineral yang sekarang terasa weightless, gampang menyerap, mempunyai hasil akhir bening, dan penuh dengan kandungan skincare aktif.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Lip Balm yang Mengandung SPF

Ada beberapa alasan untuk memilih tabir surya mineral (yang menggunakan zat besi atau titanium dioksa sebagai filter) dibanding yang berkimia. Sunscreen mineral cenderung lebih lembut pada kulit sensitif, dan formulasinya sering kali lebih natural atau "bersih". "Sangat penting untuk memeriksa bahan aktif dalam tabir surya, karena beberapa sunscreen mineral juga mengandung bahan kimia yang lebih mungkin mengiritasi kulit sensitif," tutur Carmen Castilla kepada Bazaar, seorang dokter kulit medis dan kosmetik bersertifikat yang berpraktik di New York Dermatology Group.

Carmen dan para editor kami telah menyortir dari sekian banyak daftar tabir surya mineral terbaik untuk wajah. Baik itu skin tint dengan SPF atau formula lebih tradisional yang dapat menyerap dengan mulus, temukan semuanya di bawah ini. 

Tinted sunscreen mineral terbaik 

Colorescience Sunforgettable Total Protection Face Shielf Flex SPF 50

Plus:

  • Tahan air dan keringat 

Minus:

  • Mahal 

Carmen menjelaskan bagaimana meski ia menyukai tinted mineral sunscreen seperti yang dari Colorescience, ia tetap berpendapat terhadap produk tersebut. “Oksida besi yang menciptakan warna pada tabir surya ini juga menghalangi visible light. Cahaya tampak tidak menyebabkan kanker kulit, tetapi dapat menyebabkan hiperpigmentasi atau memperburuk kondisi seperti melasma. Ini adalah bahan yang membantu untuk menjaga warna kulit yang merata," katanya.

Jumlah warna: 4

Apa yang dikatakan ulasan: 

“Ya, meskipun sedikit mahal tapi itu sepadan dengan harganya. Itu tidak membuat saya break out dan saya memiliki kulit sensitif. Coverage-nya juga coverage terbaik yang pernah saya lihat di tabir surya berwarna. Saya menggunakan ini sebagai foundation saya untuk tampilan sehari-hari." —Hailey O.

Terbaik untuk diaplikasikan di bawah makeup 

Neutrogena Purescreen+ Mineral UV Tint Face Liquid SPF 30

Plus: 

  • Undertone netral sehingga cocok untuk dipadukan dengan foundation apapun
  • Tanpa pengharum 

Carmen sangat merekomendasikan SPF drugstore ringan dari Neutrogena, yang mengandung vitamin E untuk menutrisi kulit sekaligus melindunginya. Ditambah lagi, formulanya cukup tipis untuk digunakan sendiri maupun dibawah riasan. 

Jumlah warna: 4

Apa yang dikatakan oleh ulasan: 

“Kebanyakan tabir surya yang dibuat untuk kulit lebih gelap memiliki persentase bahan aktif yang jauh lebih rendah dan saya khawatir saya tidak akan mendapat coverage anti-aging, tetapi sunscreen ini benar-benar memiliki segalanya yang dapat diharapkan oleh orang berkulit gelap. Saya merekomendasikannya kepada semua orang yang berkulit gelap karena tidak hanya merupakan tabir surya yang efektif, tetapi juga terlihat seperti lapisan foundation yang ringan.” -May

Bebas minyak terbaik 

La Roche-Posay Anthelios Light Fluid Sunscreen SPF 50

Plus: 

  • Tidak menyumbat pori-pori
  • Tampak akhir matte 

Minus:

  • Beberapa pembeli mengatakan bahwa produknya menodai pakaran
  • Baunya kuat dan unik (polarizing)

La Roche-Posay merupakan salah satu tabir surya mineral yang paling disukai hingga saat ini, dan Carmen setuju bahwa reputasi baiknya ini telah teruji. Formulanya yang ringan, bebas minyak, dan memiliki hasil akhir matte, ideal untuk kulit yang rawan berjerawat dan cenderung terlihat berminyak dengan SPF lainnya. Formulanya juga mengandung antioksidan yang meninggikan tingkat perlindungan dari kerusakan lingkungan.

Jumlah warna: 1

Apa yang dikatakan oleh ulasan: 

“Aplikasi sangat mulus dan ringan. Memberikan warna yang tepat pada kulit Anda agar terlihat seperti riasan yang memberi coverage namun tetap melindungi dari sinar matahari. Cinta!" —Alyssa L.

Tabir surya mineral bluring terbaik 

SkinCeuticals Physical Fusion UV Defense SPF 50

Plus: 

  • Menyamarkan tampilan pori-pori

Minus: 

  • Teksturnya yang cair membuat pengaplikasian berantakan 
  • Mahal

Menurut Carmen, inilah SPF lightly tinted terbaik yang dapat blend ke warna kulit apapun tanpa meninggalkan bekas atau corak. Didalamnya juga terdapat ekstrak plankton yang diketahui dapat meningkatkan daya tahan kulit terhadap stres akibat sinar UV dan panas matahari. Tidak heran SkinCeuticals menjadi merek yang populer di kalangan dokter kulit.

Apa yang dikatakan oleh ulasan: 

"Sangat mudah dipakai dan diaplikasikan! Tidak ada white cast dan tidak berminyak! Memberikan hasil akhir satin-matte yang bagus." —Roxana Vel

Terbaik untuk muka sensitif 

Paula’s Choice Barrier Protect Mineral Sunscreen SPF 30

Plus: 

  • Mengurangi kemerahan 

Minus: 

  • Mungkin terlalu minyakan untuk jenis kulit berminyak 

Dibuat khusus untuk kulit sensitif, tabir surya dengan kandungan allantoin dan Centella asiatica ini menjaga kulit tetap tenang, bebas jerawat, dan terhidrasi (berkat dari probiotik melembapkan).

Apa yang dikatakan ulasan: 

“Sebagai seseorang dengan kulit sensitif, sangat sulit untuk menemukan sesuatu yang tidak membakar wajah saya setelah berada di bawah sinar matahari dan berkeringat. SPF ini sempurna untuk saya dan saya menghargainya karena SPF ini tidak mengandung pewangi.” —Katie

Terbaik untuk muka berminyak 

Supergoop! Mineral Unseen Sunscreen SPF 40

Plus: 

  • Formula seperti gel yang sangat ideal untuk kulit bertekstur

Minus: 

  • Beberapa pembeli mengatakan bahwa white cast-nya membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyerap dan menghilang

Supergoop! Mineral Unseen Sunscreen SPF 40 juga tersedia dalam versi mineral dengan SPF 40 dan perlindungan antioksidan dari ekstrak bambu. Para editor kecantikan Bazaar suka menggunakan produk ini khususnya untuk digunakan dibawah riasan. 

Apa yang dikatakan oleh ulasan: 

“Sebagai seseorang yang telah menyerah pada begitu banyak sunscreen wajah mineral (diantara terlalu 
beart", terlalu berminyak, atau merasa tidak cocok di kulit saya) produk ini luar biasa. Sangat ringan dan sangat halus—rasanya halus seperti bedak yang dapat langsung menempel di kulit saya tanpa perlu bersusah payah.” —oliviasac

Favorit bagi para dermatologi

EltaMD UV Daily Broad-Spectrum SPF 40

Plus: 

  • Cepat kering 

Minus: 

  • Kemasan tidak selalu berfungsi dengan baik

Produk dari EltaMD ini mungkin merupakan salah satu tabir surya yang paling direkomendasikan oleh dokter kulit hingga saat ini. Tersedia dengan versi berwarna dan tidak berwarna, semua produk mereka cocok dengan semua warna kulit. Pelembab SPF ini juga bebas pewangi dan mengandung asam hialuronat yang membuat kulit lebih montok dan bercahaya.

Jumlah warna: 3

Apa yang dikatakan oleh ulasan: 

“Sangat mudah untuk diaplikasi di wajah dan cepat kering. Setelah kering, saya tidak merasakannya sama sekali dan keringnya bening. Menurutku, produk ini sangat melembabkan. Biasanya, saya juga menggunakan minyak wajah, tetapi saya tidak perlu menggunakannya lagi jika menggunakan ini. Saya merasa produk ini meratakan warna wajah saya dan memberikan perlindungan sinar matahari yang baik.” —SKLewis

Terbaik untuk muka kombinasi

Versed Guards Up Daily Mineral Sunscreen SPF 35

Plus:

  • Memberi perlindungan blue-light
  • Terjangkau

Minus: 

  • Beberapa pembeli tidak menyukai baunya

Warna krem pada SPF ini membantu menghilangkan white cast yang tertinggal dari zinc, meski tetap perlu diberi waktu sebentar agar telah menyerap sepenuhnya sebelum melanjutkan makeup. Hasil akhirnya berada di antara dewy dan matte, sehingga cocok untuk jenis kulit berminyak dan kering. Ditambah lagi, formulanya mengandung adas laut yang menutrisi kulit dan ekstrak biji kelor.

Jumlah warna:

Apa yang dikatakan ulasan: 

“Ini benar-benar tabir surya mineral terbaik yang pernah saya gunakan untuk wajah saya. Aku sudah menggunakan begitu banyak, dan akhirnya aku menemukan produk yang blend dan tidak meninggalkan white cast, dan tampak luar biasa saat menggunakan makeup maupun saat tidak menggunakan. Aku tidak berjerawat dan tidak merasa seperti berkapur.” —Jax

Tabir surya mineral untuk seluruh tubuh

Live Tinted Hueguard SPF 30

Plus: 

  • Tidak transfer ke baju

Minus: 

  • Warna oranye-nya membutuhkan waktu beberapa menit untuk menyerap

Live Tinted Hueguard SPF 30 adalah salah satu dari sekian banyak sunscreen di list tersebut yang dapat digunakan untuk seluruh tubuh. Formula face-and-body SPF 30 ini dapat mencegah dari sinar berbahaya dan menyamarkan ketidaksempurnaan muka dengan formulanya yang berwarna krem. 

Jumlah warna:

Apa yang dikatakan ulasan: 

“Sangat mudah digunakan: tidak ada pilling, bercak-bercak, dan white cast. Perlu waktu satu menit untuk menunjukkan hasil akhir, yaitu hasil lit-from-within subtle glow.” —MA

Sunscreen mineral dewy-finish terbaik 

Kosas DreamBeam Comfy Smooth Sunscreen SPF 40

Plus: 

  • Bebas silikon 

Minus: 

  • Perlu waktu 3-5 menit sebelum mengenakan riasan 

Tabir surya yang mengutamakan perawatan kulit ini mengandung peptida untuk membantu kulit terlihat lebih kenyal, asam hialuronat untuk lebih plump, allantoin untuk menenangkan sensitivitas, dan mineral SPF 40 untuk mencegah kerusakan dari sinar matahari. Produk ini cocok dipadukan dengan produk favorit lainnya dari Kosas, seperti liquid skin tint dan concealer mereka. 

Jumlah warna:

Apa yang dikatakan ulasan: 

Love love cara aplikasinya yang mulus dan membuat wajahku bercahaya! Cantik sekali di bawah riasan atau sendirian untuk hari-hari dengan coverage yang ringan!” —panda1225

Tabir surya mineral terbaik untuk cuaca dingin

Grown Alchemist Natural Hydrating Sunscreen SPF 30

Plus: 

  • Hanya memerlukan sedikit produk
  • Melembapkan 

Minus: 

  • Mahal (lebih dari $40)
  • Mungkin terlalu berat teksturnya untuk kulit berminyak

Tabir surya yang lebih tebal ini adalah pilihan tepat bagi pemain ski atau siapa pun yang mencari SPF seperti balsem untuk digunakan selama cuaca dingin. Campuran minyak jarak, lavendel, dan peterseli menjaga kelembaban pada kulit dan meredakan kulit kering dan pecah-pecah.

Apa yang dikatakan ulasan: 

“Tidak mengiritasi kulit saya, terasa menghidrasi dan lembut. Memang tidak ringan, tapi teksturnya mewah banget dan hasil akhirnya menjadi rasa lembut dan lembab yang tidak terlalu berminyak atau matte. Ini tidak seperti tabir surya lainnya yang pernah saya coba sebelumnya, dan tidak meninggalkan white cast.” —Rachel

Temui Ahlinya: 

Dr. Carmen Castilla adalah dokter kulit medis dan kosmetik bersertifikat yang berpraktek di New York Dermatology Group.

BACA JUGA: 
Cara Benar Mengaplikasikan Produk Tabir Surya atau Sunscreen ke Wajah Anda
20 Sunscreen yang Cocok untuk Pemilik Tipe Kulit Sensitif

(Penulis: Nykia Spradley; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Aimee Mihardja; Foto: Courtesy of BAZAAR US)