Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Rumah Seniman Paling Indah untuk Dikunjungi

Dari tempat peristirahatan bohemian Bloomsbury Group hingga pondok tepi laut Derek Jarman, panduan kami untuk rumah-rumah seniman paling inspiratif untuk dikunjungi.

10 Rumah Seniman Paling Indah untuk Dikunjungi
Courtesy of Harper's Bazaar UK

Kita semua tahu bahwa rumah kita adalah wawasan paling intim tentang siapa kita dan bagaimana kita hidup. Hampir selalu bersifat autobiografi, rumah menceritakan kisah tentang pengalaman, cinta, dan selera kita.

Ketika kita melangkah masuk ke rumah seorang seniman, pengalamannya berlipat ganda. Kita tidak hanya akan memahami lebih dalam siapa mereka atau siapa mereka sebenarnya, tetapi kita juga diberi kesempatan untuk melihat apa yang mereka lihat - pemandangan literal yang mereka miliki saat menciptakan karya mereka dan, pada akhirnya, bagaimana mereka memandang dunia. Kita melihat perabotan dan dekorasi yang mereka butuhkan untuk merasa terinspirasi, tenang, dan puas. Hal ini menantang kita untuk mempertanyakan apakah kita juga mungkin bisa merasakan manfaat peningkatan suasana hati dari perapian berwarna-warni dan didekorasi seperti di tempat peristirahatan pedesaan Charleston milik Bloomsbury Group, atau apakah lukisan surealis yang penuh permainan di atas Aga seperti di rumah pertanian Lee Miller di Sussex bisa mencerahkan hari kita.

Di sini, kami mengumpulkan 10 rumah seniman paling indah dan memprovokasi pemikiran di Inggris untuk dikunjungi sekarang.

1. Pondok Prospect milik Derek Jarman, Kent

Courtesy of Harper's Bazaar UK

Pondok tepi laut milik Derek Jarman telah lama menjadi surga inspiratif bagi seniman, ikon queer, dan para kreatif. Dibeli sebagai tempat peristirahatan setelah ia didiagnosis dengan HIV pada tahun 1986, Derek dan pasangannya Keith Collins tinggal di sana dan di London selama hampir satu dekade hingga kematian seniman tersebut pada tahun 1994. Terletak di garis pantai Dungeness yang sepi dan berangin, tamannya telah menjadi terkenal di seluruh dunia, tetapi baru-baru ini para pengunjung dapat masuk ke dalam kabin itu sendiri. Pemesanan terlebih dahulu sangat penting.

Prospect Cottage, Romney Marsh, Kent, TN29 9NE

2. Museum dan Taman Patung Barbara Hepworth, Cornwall

Courtesy of Harper's Bazaar UK

Pemahat Barbara Hepworth pindah ke Cornwall bersama anak-anak dan suaminya pada awal Perang Dunia II pada tahun 1939. Ia tinggal dan bekerja di studio Trewyn, yang sekarang menjadi museum di mana patung-patungnya masih dapat ditemukan di tempat ia memasangnya beberapa dekade sebelumnya. Pohon dan tanaman berada di samping lebih dari 30 karya dalam kayu, plester, batu, dan perunggu. Studionya (di mana dirinya secara tragis terbunuh dalam kebakaran) dan rumahnya sebagian besar direkonstruksi seperti ketika Hepworth masih hidup, memberikan pengunjung wawasan tentang cara dia bekerja dan hidup.

Museum dan Taman Patung Barbara Hepworth, Barnoon Hill, Saint Ives, TR26 1AD

3. A House For Essex karya Grayson Perry

Courtesy of Harper's Bazaar UK

Grayson Perry bekerja sama dengan FAT Architecture untuk menciptakan sebuah kapel yang merayakan sejarah daerah asalnya, Essex. Hasilnya adalah properti yang berani, hidup, dan imajinatif yang dilapisi dengan sekitar 2.000 ubin buatan tangan yang, bersama dengan patung atap, semuanya dibuat dari karya asli yang diproduksi oleh Grayson. Menghadap sungai Stour, di dalam properti ini terdapat lebih banyak karya seninya, mulai dari keramik dan permadani hingga perabotan. Rumah terpencil dengan dua kamar tidur ini tersedia untuk disewa semalam.

A House For Essex, Black Boy Lane, Wrabness, Manningtree, Essex, CO11 2TP

4. Charleston milik Bloomsbury Group, Sussex

Courtesy of Harper's Bazaar UK

Charleston, sebuah tempat perlindungan bohemian yang terletak di dalam rumah pedesaan bersejarah, telah menjadi titik acuan di industri mode. Tidak hanya digunakan sebagai latar untuk banyak pemotretan majalah kelas atas, tetapi Dior juga membuat versi skala rumah ini di acara busana pria mereka pada Juni 2023.

Charleston adalah tempat kelompok Bloomsbury melarikan diri dari hiruk pikuk kota – Virginia Woolf, Duncan Grant, dan Vanessa Bell akan mencari perlindungan dan inspirasi di antara ruangan yang dihiasi dengan kaya dan taman yang indah. Saat ini, rumah pedesaan ini menjadi tuan rumah festival sastra dan pameran baik di tempat maupun di galeri tetangga di Lewes.

Charleston, Firle, West Firle, Lewes, BN8 6LL

5. Rumah Mackintosh, Glasgow

Courtesy of Harper's Bazaar UK

Pasangan suami istri Charles Rennie Mackintosh dan Margaret Macdonald Mackintosh menciptakan rumah impian mereka, yang ditandai dengan dekorasi dan perabotan mereka yang ketat dan khas. Properti asli akhir Victorian ini dihancurkan pada tahun 1960-an, tetapi isi dan perlengkapannya dipasang kembali dengan teliti sebagai bagian dari Hunterian Art Gallery pada tahun 1980-an. Untuk inspirasi desain yang sederhana dan fungsional, tidak perlu mencari lebih jauh.

The Mackintosh House, 82 Hillhead St, Glasgow, G12 8QQ

6. Kettle's Yard milik Jim Ede, Cambridge

Courtesy of Harper's Bazaar UK

Jim Ede, seorang kurator di The Tate, sebenarnya adalah seorang kolektor, bukan seniman, tetapi antusiasme dan apresiasinya terhadap seni tidak tertandingi. Ia dan istrinya mengubah empat pondok tua di Cambridge menjadi ruang yang luas dan bergaya untuk tinggal dan memamerkan koleksinya. Dengan keyakinan bahwa seni harus dilihat dalam lingkungan yang santai, Ede mengadakan sesi open-house untuk mahasiswa universitas di mana dia akan menjelaskan karya-karya tersebut – mulai dari lukisan Joan Miró hingga patung Barbara Hepworth. Saat ini, rumahnya adalah sebuah museum yang sebagian besar tetap seperti yang ditinggalkan oleh Jim.

Kettle's Yard, Castle St, Cambridge, CB3 0AQ

7. Limnerslease milik George dan Mary Watts, Surrey

Courtesy of Harper's Bazaar UK

Para seniman George dan Mary Watts membangun rumah mereka di Surrey pada tahun 1891 dengan harapan bahwa rumah tersebut akan menumbuhkan kreativitas baru. Didekorasi dalam gaya Arts and Crafts, pasangan ini melakukan beberapa karya terbaik mereka di sini; Mary mendekorasi dinding dan langit-langit, sambil juga mengadakan kelas pemodelan tanah liat untuk komunitas lokal. George, yang juga dikenal sebagai 'Michelangelo dari Inggris', menyelesaikan sejumlah lukisan terkenal berskala besar, banyak di antaranya kini dipamerkan di versi rekreasi studio aslinya.

Limnerslease, Compton, Guildford, Surrey, GU3 1DQ

8. Rumah Farleys milik Lee Miller, Sussex

Courtesy of Harper's Bazaar UK

Dikenal sebagai 'rumah para Surealis', Farleys House di Sussex adalah tempat peristirahatan pedesaan fotografer Lee Miller dan suaminya yang juga seniman, Roland Penrose. Rumah ini dengan cepat menjadi titik pertemuan bagi beberapa tokoh seni paling berpengaruh dan penting abad ke-20, termasuk Picasso, Dorothea Tanning, dan Man Ray. Sekarang, 75 tahun setelah pasangan tersebut pindah, rumah pertanian yang berwarna-warni ini masih menjadi mekah bagi mereka yang mendambakan orisinalitas, keindahan, dan warna. Untuk merayakan hari jadinya, Farleys House akan membuka pintunya untuk umum pada hari Jumat, selain Kamis dan Minggu, memberikan lebih banyak kesempatan bagi pengunjung untuk menjelajahi rumah bersejarah pasangan avant-garde ini.

Farleys House, Muddles Green, Chiddingly, Muddles Green, Lewes BN8 6HW

9.  Hoglands milik Henry Moore, Hertfordshire

Courtesy of Harper's Bazaar UK

Henry Moore dan keluarganya pindah ke Hoglands, yang terletak di sebuah dusun di Hertfordshire, setelah rumah mereka di London dibom selama The Blitz. Mereka akhirnya tinggal di sana selama 50 tahun berikutnya, mengubah lahan yang luas menjadi galeri luar ruangan untuk patung perunggu terkenal karya Moore. Saat ini, pengunjung dapat masuk ke enam studio yang dilestarikan milik seniman tersebut dan rumah keluarganya, serta menjelajahi 70 hektar taman dan ladang yang masih dipenuhi dengan karya uniknya.

Hoglands, Dane Tree House, Perry Green, Much Hadham, SG10 6EE

10. The Red House milik William Morris, London

Courtesy of Harper's Bazaar UK

Satu-satunya properti yang pernah dirancang dan dihuni oleh William Morris, Red House adalah salah satu contoh terbaik arsitektur Arts and Crafts. Rumah ini merupakan oasis di tengah-tengah Bexleyheath pinggiran kota, lengkap dengan taman berpagar, kebun buah, menara bergaya Rapunzel, mural berlapis emas, dan jendela kaca patri yang memukau. Dirancang sebagai rumah keluarga, tempat ini juga menjadi tempat pertemuan bagi para seniman Pra-Raphaelite terkemuka seperti Edward Burne-Jones, Dante Gabriel Rossetti, dan Ford Madox Brown.

Red House, Red House Lane, London, Bexleyheath DA6 8JF

BACA JUGA: Deretan Arsitektur Rumah Modern yang Dapat Dijadikan Inspirasi

12 Ide Menata Rumah Seperti di Drama Korea

(Penulis: Ella Alexander; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)