Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ketahui Ciri Khas Gaya dan Preferensi Kaum Pria Old Money

Estetika seperti apa yang termasuk kesukaan orang kaya yang berkelas? Cari tahu aktivitas dan produk-produk favorit mereka berikut.

Ketahui Ciri Khas Gaya dan Preferensi Kaum Pria Old Money
Courtesy of The CW Network

Belakangan ini, tren berestetika old money telah mengambil alih preferensi banyak orang, terutama karena eksposurnya oleh para Gen Z di media sosial. 

Terminologi “old money” mendeskripsikan golongan sosial individu yang berasal dari keluarga yang kaya dan sudah berjaya dari generasi-generasi sebelumnya. Kehidupan yang royal, privat, dan eksklusif, tentunya lifestyle mereka sulit diakses kebanyakan orang, maka dari itu, menghasilkan banyak rasa keingintahuan mengenai bagaimana cara mendapatkan reputasi dan gaya hidup seperti mereka.

Penasaran seperti apa? Simak berikut jabaran Bazaar.

Fashion

Dari segi gaya, old money aesthetic terdiri dari tampilan padu padan yang begitu elegan tetapi tetap subtil. Deskripsi ini merupakan penjelasan dari kata-kata quiet luxury yang sering muncul di media sosial. Busana-busana ini tidak terlalu banyak motif atau logo dan lebih mementingkan kualitas craftsmanship serta tailoring sehingga terlihat classy.

Selain itu, pilihan label atau desainer busana-busana ini juga tergolong eksklusif, dan tentunya dipercaya sejak generasi-generasi sebelumnya.

Berikut adalah daftar beberapa label untuk Anda jadikan referensi berbelanja Anda:

  1. Brunello Cucinelli

    Courtesy of Gorsuch


    Bruno Cucinelli adalah luxury brand asal Itali yang telah berdiri sejak 1978. Brand ini menawarkan banyak busana, sepatu, dan tas bermodel simpel tetapi dengan kualitas yang premium. Tuksedo tebal, blus sutera, dan tas kulit yang dirancang secara teliti agar nyaman dan tahan lama menjadikan merek ini sebuah andalan untuk pria di sekeliling dunia yang ingin terlihat berkelas.  

    Aktor legendaris pemeran James Bond yaitu Daniel Craig menjadi salah satu klien setia dan sering menghadiri acara penting menggunakan tuksedo elegan dari Bruno Cucinelli. Tuksedo Bruno Cucinelli pun pernah muncul di salah satu adegan seri film James Bond berjudul Spectre.

    Courtesy of Eon Pictures

    Courtesy of National Board of Review

  2. Ralph Lauren

    Courtesy of Ralph Lauren


    Ralph Lauren adalah brand desainer sejak 1967 yang terkenal telah memberi banyak inspirasi gaya “old money” di sosial media. Ralph Lauren sering menyelenggarakan fashion show yang kemudian dijadikan referensi gaya bermodel “quiet luxury” karena desain busananya yang simple dan dipernik oleh logo ikonis kuda. Half-zip sweater yang berbahan tebal seperti diatas berikut menjadi produk go-to mereka yang ingin hangat dan terlihat elegan secara effortless.

    Intip kaos polo ikonis Ralph Lauren yang muncul dalam film Wolf Of Wall Street juga. Kaos tersebut digunakan oleh karakter utama Jordan Belfort yang diperani oleh Leonardo Dicaprio saat ia sedang bersantai di yacht-nya. 

    Courtesy of Paramount Pictures

    Courtesy of Getty Images


    Ralph Lauren juga sering menjadi busana santai keluarga kerajaan Inggris. Pangeran George, anak dari pangeran William dan Putri Catherine asal Wales, menghadiri acara turnamen rugbi menggunakan jaket zip-up anak-anak merek tersebut.

    Selebihnya, untuk memperkuat komunitas setia pelanggan Ralph Lauren, label ini telah menyediakan tempat makan sendiri yaitu Polo Bar di New York. Restoran tersebut memiliki pelayanan private dining eksklusif yang dapat diakses untuk  menikmati ikan dover sole, wine, dan menu makanan khas Amerika terkurasi lainnya, di mana nuansa interior akan juga dikelilingi oleh tamu-tamu A-list.

    Courtesy of Tirzah Brott

  3. Loro Piana

    Aktor Hyun Bin: Brand Ambassador Loro Piana
    Courtesy of Loro Piana


    Loro Piana berdiri sejak 1924 dan merupakan brand asal Italia yang telah memiliki reputasi sangat berkelas. Sepatu loafers berbahan kulit premium yang bermodel cermat dan maskulin menjadi produk bestselling label ini dan telah muncul di seri yang sekarang sedang ramai yaitu Succession gubahan HBO.

    Karakter-karakter dari seri tersebut seperti Kendall Roy mengusung tipe busana “quiet luxury” dan menggunakan merek seperti Loro Piana sebagai salah satu simbol bahwa mereka menjalani hidup yang elegan dan berkelas. 

    Jeremy Strong sebagai Kendall Roy di seri Succession
    Courtesy of HBO dan Graeme Hunter
    Karakter Kendall Roy menggunakan Mantel Loro Piana.  C
    ourtesy of HBO

Lifestyle 

Jika Anda telusuri mood board bertema old money, terdapat banyak foto-foto destinasi indah dari area tertentu. Area-area ini biasanya adalah pemandangan dari Prancis, Santorini, dan daerah Itali lainnya. Berikut adalah rekomendasi destinasi liburan untuk Anda yang ingin secara langsung melihat old money aesthetic

  1. Monako

    Courtesy of Viktor Hanacek


    Untuk Anda yang gemar otomotif, pasti sudah tidak asing lagi bahwa Monako adalah tempatnya untuk melihat koleksi otomotif mewah langka yang berada di jalanan Monako. Seperti yang ditunjukkan banyak turis di sosial media, Monako merupakan tempat berkumpulnya para penggemar otomotif eksklusif yang ingin bersantai di udara yang hangat.

    Selain itu, Anda juga mendapat kesempatan untuk hadir di acara Grand Prix atau Formula One Monako yang sangat dinantikan banyak fans otomotif. Jika Anda berada di waktu yang kurang cocok untuk menghadiri acara tersebut, tenanglah karena Anda juga bisa menyaksikan mobil vintage langka yang sedang masuk ke hotel atau tempat umum dengan entrance yang menarik.

    Courtesy of Motorsport Images


  2. Capri, Itali 

    Courtesy of New York Times

    Courtesy of Backgrid


    "The type of summer we've all dreamt of".
    Jika Anda ingin bersantai, apalagi dengan pasta yang enak, matahari segar, dan air yang biru, Capri merupakan destinasi favorit para selebriti yang bisa Anda telusuri. Anda dapat menyewa rental yacht atau boat dengan teman-teman Anda untuk berenang di laut biru dan melaksanakan water sports seru lainnya dengan suasana yang meriah dan pemandangan tebing yang diisi rumah-rumah kecil yang warna-warni. 

  3. Prancis

    Courtesy of Getty Images

    Courtesy of Getty Images


    Jika Anda ingin belajar windsurfing atau aktivitas air lainnya dengan pemandangan yang sejuk dan mewah, terdapat lokasi-lokasi hidden gem di Perancis yang Anda bisa telusuri jika ingin merasakan old money lifestyle untuk sejenak.

    Anda juga bisa mencari villa atau tempat penginapan di kota-kota yang lebih jauh seperti St.Tropez yang lebih berair dan tenang dibandingkan Paris agar dapat menikmati aktivitas sehari-harinya secara lebih sunyi. Destinasi seperti St.Tropez telah menjadi tempat liburan keluarga kerajaan Inggris sejak 1930-an loh

  4. Berbincang di Hotel Bar Eksklusif 

    Courtesy of Lotte New York Palace


    Saat ingin catch-up mengenai bisnis atau topik santai, pilihan tempat utama para pria berkelas seperti karakter Chuck Bass di Gossip Girl untuk menikmati percakapannya adalah di bar hotel bintang lima yang memiliki ambience eksklusif.

    Di seri Gossip Girl, perbincangan antar pria biasanya terjadi di bar hotel Empire Hotel New York, The Plaza, atau Lotte New York Palace berlokasi di area Upper East atau West Side New York yang menawarkan pelayanan eksklusif bersama figur penting dalam status sosial dan bisnis.

    Courtesy of The Plaza New York

    Courtesy of The Empire New York

Hobi 

Siapa yang tidak cinta musim panas? Untuk aktivitas sehari-hari, kebanyakan aktivitas yang dilaksanakan berlangsung di bawah matahari untuk berolahraga dan meluangkan waktu bebas secara produktif. Berikut adalah rekomendasi hobi yang masuk dalam tema gaya hidup old money yang bisa Anda cari tahu lebih dalam atau mulai melakukan. 

  1. Bermain Tenis

    Courtesy of Getty Images


    Olahraga Tenis sudah lama dianggap “a rich sport” karena banyaknya klub eksklusif di mana hanya orang tertentu yang bisa mendapatkan prestigious membership untuk dapat bermain di lapangan klub tersebut.

    Bahkan turnamen tenis seperti Wimbledon selalu dihadiri oleh penggemar tenis dari golongan sosial berkelas. Maka dari itu, adanya reputasi bahwa tenis adalah sebuah olahraga yang luxurious. Selebihnya, persiapan alat dan busana tenis juga banyak dan membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Tetapi, dengan varian tipe raket dan alat di banyak kisaran harga, Anda juga bisa bermain tenis di lapangan tenis terdekat. 

  2. Koleksi Otomotif 

    Courtesy of Karissa Hosek/ RM Sotheby's

    Courtesy of Mark Thompson


    Untuk para penggemar otomotif, memiliki mobil vintage langka yang terawat dapat menjadi kebanggaan mereka yang beruntung. Jika Anda bertanya kepada seorang penggemar otomotif apa mobil vintage yang bersifat old money, tipe mobilnya adalah Mercedes Gullwig atau Porche 964 Turbo.

  3. Menghadiri Gala Ekslusif
    Courtesy of Le Bal

    Bagi yang gemar bersosialisasi, acara gala eksklusif adalah salah satu kegiatan yang paling diantisipasi banyak pria yang juga ingin bertampil bersama tuksedo kesayangannya. Karena berbasis selektif, acara gala yang sering ditemani oleh premium red wine dan musik jazz menjadi tujuan banyak pria berkelas untuk meluaskan koneksinya dan berbincang mengenai ketertarikan yang sama yaitu hobi niche-nya atau bisnis.

    Seperti banyak adegan di seri Gossip Girl, karaker seperti Chuck Bass atau Nate Archibald sering menghadiri banyak acara gala atau charity event eksklusif ketika mereka hadir dengan tuksedo premium atau kostum miliknya untuk bergaul.

    Acara seperti Le Bal des Débutantes di Perancis,
    Royal Ascott di Inggris, dan San Francisco Ballet’s Opening Night Gala adalah contoh acara ekslusif yang penuh dengan para pria old money.

    Courtesy of CW Network

Musik 

Courtesy of Monteverdi

Bagi yang gemar musik klasik, Anda bisa menelusuri katalog Verdi Giuseppi, komponis asal Itali yang terkenal membuat opera klasik yang masih banyak penggemarnya di tahun ini. Selain itu, Anda juga bisa menghadiri Monteverdi festival di Cremona, Itali (16-25 Juni), untuk menyaksikan tampilan indah yang terinspirasi dari katalog Monteverdi dan banyak komponis musik opera lainnya.

Di sisi satunya, para penggemar musik jazz dapat menghadiri acara seperti Montreux Jazz Festival yang diselenggarakan di Swiss nanti bulan Juli ini. Secara keseluruhan, mendengarkan atau menghadiri sebanyak acara musik klasik atau jazz dapat menjadi hobi musik mereka kalangan aristrokrat.

(Penulis: Vala Makki)