Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Perawatan Kulit Dengan Caviar? Ini 5 Manfaatnya yang Wajib Anda Ketahui!

Sangat baik untuk kulit yang cenderung kemerahan, sensitif, dehidrasi, dan mengalami penuaan.

Perawatan Kulit Dengan Caviar? Ini 5 Manfaatnya yang Wajib Anda Ketahui!

Ketika mendengar kata caviar, apa yang terlintas di pikiran Anda? Tentu saja, makanan lezat dengan harga yang fantastis. 

Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya caviar memiliki manfaat kecantikan yang luar biasa? Jangan membayangkan kaviar yang diaplikasikan langsung ke kulit, tetapi ekstrak kaviar yang kemudian dikemas menjadi produk perawatan kulit. Dan, dari situlah Anda bisa mendapatkan manfaatnya. 

Sama seperti makanannya, produk skincare dengan caviar juga sering dilabeli dengan harga yang tinggi. Tapi tentunya, itu memberikan hasil yang sepadan. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat Anda harapkan dari menggunakan produk skincare dengan kandungan ekstrak kaviar:

1. Meminimalkan garis-garis halus

Manfaat nomor satu caviar untuk kulit yaitu dapat membantu meminimalkan garis-garis halus. Menurut Michelle Henry, MD, dokter kulit, ekstrak kaviar mengandung antioksidan yang mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB, serta membantu mencegah kerusakan kolagen dan elastin. Alasan inilah yang membuat ekstrak kaviar sangat baik dalam mengurangi garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan dini lainnya. 

2. Membuat kulit lebih glowing dan lembap

Selain mampu meminimalkan garis-garis halus, ekstrak kaviar juga bisa memberi kelembapan pada kulit, kata Dr. Henry. Ekstrak caviar mengandung elemen hidrasi seperti asam lemak omega-3 dan omega-6, yang memainkan peran penting dalam meningkatkan fungsi skin barrier, memberi kelembapan, membuat kulit lebih glowing alami, dan tentu saja, awet muda. 

3. Memperbaiki tekstur kulit

Manfaat lainnya yang dapat Anda harapkan dari menggunakan produk skincare dengan kandungan ekstrak kaviar yakni dapat memperbaiki tekstur kulit. Ini berkat kandungan omega-3, asam amino, dan antioksidan, yang semuanya bekerja sangat baik untuk membantu meningkatkan tekstur kulit, kata Dr. Michelle Green, dermatologist

4. Meningkatkan produksi kolagen

Alasan lain perawatan kulit dengan kaviar dianggap sebagai perawatan anti-penuaan terbaik adalah karena kaviar mampu meningkatkan produksi kolagen dan ceramide dalam sel kulit, menurut penelitian tahun 2020 dalam International Journal of Molecular Sciences. 

Sebagaimana diketahui, kolagen dan ceramide, keduanya sama-sama berperan penting dalam menjaga kulit tetap kenyal, kencang, dan tampak lebih muda. Sederhananya, ekstrak kaviar dapat membantu mengencangkan kulit sekaligus menghidrasinya secara mendalam.

5. Mengurangi peradangan

Telah disebutkan sebelumnya, ekstrak kaviar mampu meningkatkan produksi ceramide. Tak hanya baik dalam menghidrasi kulit, ceramide juga bekerja baik dalam mengurangi kemerahan kulit. Inilah yang menjadikannya sebagai kandungan skincare yang tepat untuk Anda yang memiliki kulit sensitif dan rentan iritasi, menurut sebuah studi 2018 dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology.

Efek samping perawatan kulit caviar

Sementara produk perawatan kulit kaviar dapat bekerja sangat baik untuk kulit yang cenderung kemerahan, sensitif, dehidrasi, dan mengalami penuaan, tetapi disisi lain, hal yang sama mungkin tidak berlaku untuk Anda yang memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat. 

Pasalnya, menurut Dr. Green, produk skincare kaviar umumnya dapat meninggalkan residu berminyak (greasy) akibat kandungan minyak dan protein yang tinggi. Hal ini dapat memperburuk kondisi kulit berminyak, yang bisa mengarah ke peningkatkan jumlah jerawat. 

Akan tetapi, menurut Dr. Deanne Mraz Robinson, reaksi kulit yang merugikan selalu mungkin terjadi saat memasukan ingredient baru ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Maka dari itu, yang terbaik adalah selalu lakukan patch test terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan ke seluruh wajah Anda. 

Lantas, bagaimana cara menggunakannya?

Biasanya, ekstrak kaviar tersedia dalam berbagai jenis produk perawatan kulit, termasuk pelembap, masker, dan serum, yang bisa digunakan pada pagi dan malam hari. Meskipun begitu, dr. Robinson lebih merekomendasikan penggunaan produk skincare ekstrak kaviar pada malam hari, karena dapat meninggalkan residu yang mungkin terlalu berat untuk pagi atau siang hari. 

Dr. Robinson menambahkan bahwa perawatan kulit ekstrak kaviar paling baik digunakan sendiri atau digunakan di atas retinol agar dapat memberikan manfaat yang maksimal. 

Jika Anda melapisi banyak produk skincare di atas atau di bawah produk perawatan kulit kaviar, itu mungkin tidak akan memberikan manfaat yang berarti bagi kulit Anda, tambahnya. 

(Foto: Freepik)