Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rahasia Mode: Warisan Sang Ratu

Dalam perayaan Platinum Jubilee, tiga pakar mode dari kerajaan membahas gaya Ratu yang tidak ada bandingannya.

"Gaya Ratu selalu abadi," ucap sejarawan dan pakar kerajaan, Amanda Foreman. "Tidak peduli dekade apa Anda melihatnya, itu selalu sedikit berada di depan mode, dan di waktu yang bersamaan, tidak dapat tergantikan. Dan itu apa yang membuatnya sangat istimewa."

Baca juga: Simak Keseruan Perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II

Setelah menghabiskan 70 tahun yang mengesankan di atas takhta, Ratu Elizabeth II adalah ratu terlama dalam sejarah Inggris, dan citranya telah menjadi terkait erat dengan Inggris. Dengan demikian, gayanya selalu di-anggap sebagai penanda zaman: sementara, di tahun-tahun terakhirnya ia terkenal sebagai "Ratu warna", berkat kegemarannya akan warna-warna blok yang cerah, yang membuatnya tampak seperti pilar kekuatan dan konsistensi, di tahun-tahun awal pemerintahannya, ia menunjukkan kembali pakaiannya yang menunjukkan bahwa ia adalah seorang ibu dan kepala negara yng memiliki kesadaran terhadap mode.

"Gaya Ratu berkembang dari waktu ke waktu," ucap seorang desainer kostum Michele Clapton, yang bertanggung jawab atas penampilan akurat secara historis dan terlihat di musim pertama dari drama kategori kerajaan Netflix, The Crown. "Saya pikir sebagian dari gayanya muncul karena kebutuhan. Bahkan sebelum ia menjadi Ratu, ia adalah ikon gaya. Orang-orang menyukainya dan mengikutinya seperti bintang film... Ia beradaptasi dengan situasi apa pun, namun ia selalu melakukannya dengan bermartabat dan memperhatikan gaya."

"Ia selalu tepat sasaran, ia tidak pernah salah," tambah stylist selebriti Miranda Almond, yang juga berkontribusi sebagai fashion editor di Harper's Bazaar. "Ini klasik, anggun, berani, penuh warna, dan rumit. Ia selalu memastikan bahwa ia terlihat memukau, tetapi tidak yang terlalu berlebihan.

Jadi pelajaran gaya apa yang dapat kita pelajari dari Yang Mulia?

"Untuk seorang wanita yang sudah tidak muda lagi, ia adalah ikon gaya," ucap Miranda. "Mengapa Anda harus menyerah pada pilihan mode Anda seiring dengan bertambahnya usia? Sang Ratu jelas tidak melakukannya dan saya pikir itu sangat mendukungnya. Dan saya pikir pelajaran gaya terbaik yang dapat Anda ambil dari sang Ratu adalah tetap berpegang pada apa yang Anda ketahui, dan apa yang cocok untuk Anda, bersenang-senanglah dengannya."

Amanda setuju: "Yang penting tentang Ratu adalah bahwa ia mampu untuk mempromosikan ide feminitas dan kewanitaan yang benar-benar autentik dan jujur untuk menjadi seorang wanita. Ia tidak harus mencoba untuk memakai riasan ekstra atau memakai pakaian 'seksi'; atau berpura-pura bahwa ia adalah sesuatu yang lain dari dirinya. Itu sangat memberdayakan bagi semua wanita, untuk mengetahui bahwa seiring dengan bertambahnya usia, mereka dapat berpakaian dengan indah, mereka dapat mengenakan warna, tetapi di atas semua itu, mereka bisa menjadi diri sendiri dan mendapatkan hormat.

Dalam video eksklusif kami di atas, ketiga ahli membedah penampilan Ratu selama berabad-abad, mendiskusikan apa yang sebenarnya yang menurut kami sangat menarik tentang mode kerajaan, dan berbagi pendapat mereka tentang warisan gaya abadinya.

Videographer: Eleonora Cristin
Produser senior: Lauren McCall
Editor digital: Sarah Karmali
Penata rambut dan rias: Laura Tucker
Lokasi: The Biltmore Mayfair dan One Aldwych

Baca juga:

Ini Arti dari Pemilihan Busana Ratu Elizabeth di Acara Trooping the Colour 2022

Ratu Elizabeth Tampak Berbagi Momen Manis dengan Pangeran Louis di Balkon Istana Buckingham

(Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Christanto Subrata; Foto: Courtesy of Bazaar UK)