Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Menjaga Stamina Tubuh di Bulan Puasa

Sudah tepatkah waktu berolahraga Anda?

Menjaga Stamina Tubuh di Bulan Puasa

Menjalani bulan Ramadhan, pola makan dan jam tidur tentu berubah ujar dr. Alia Basalamah, selaku National Fitness Training Manager Fitness First Indonesia yang hadir dalam acara peluncuran aplikasi CustomFit, di Senayan City beberapa waktu lalu. 

Dalam aplikasi milik Fitness First ini terdapat program Blissfully Fit for Ramadhan: Toning Your Soul and Body yang dapat memberikan ide menu makanan sehat dan menjadi pengingat waktu untuk berolahraga selama empat minggu.

Program ini dirancang oleh Dokter Alia sendiri, karena menurutnya masih banyak orang yang cenderung menjalani pola hidup yang kurang sehat. Para pengguna aplikasi ini akan mendapatkan variasi latihan yang berbeda setiap minggunya, dan juga resep sehat dan tip menjaga pola makan. Meski program yang sudah disiapkan ini dapat dilakukan kapanpun, waktu terbaik untuk berolahraga adalah 30-60 menit sebelum dan 60 menit setelah buka puasa, guna mempermudah rehidrasi tubuh.



Empat tahap olah raga yang terdapat di CustomFit:

Tahap 1 - Stabilization Endurance 

Di tahap pertama, Anda akan melatih ketahanan stabilisasi untuk memperbaiki postur tubuh. Tahap ini akan membiasakan tubuh untuk memiliki kontrol gerak yang lebih baik saat beraktivitas


Tahap 2 - Muscle Adaptation

Tahap kedua akan fokus terhadap ketahanan dan pembangunan otot.


Tahap 3 - Total Body Tension

Di tahap ketiga, Anda akan diajari untuk meningkatkan koordinasi badan melalui gerakan yang melatih tubuh untuk menjadi lebih fleksibel.


Tahap 4 – Core Activation

Dalam tahap terakhir ini intensitas latihan akan dikurangi dan fokus kepada penguatan otot inti atau core saja.


Aplikasi CustomFit ini dapat diunduh dari Google Play Store dan Apple App Store.



(Foto: Courtesy of Fitness First, SydaProductions/Shutterstock.com)