Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Merek Jam Tangan Terbaik Untuk Wanita

Waktu (dan uang) dihabiskan dengan baik.

Merek Jam Tangan Terbaik Untuk Wanita
Courtesy of Bazaar US

Tahukah Anda bahwa jam tangan pertama sebenarnya dipakai oleh wanita, berkat Countess Koscowicz dari Hongaria? Pada tahun 1868, ia menugaskan Patek Philippe untuk membuat sebuah perhiasan yang berfungsi ganda sebagai jam tangan, menandai tren perempuan untuk jam tangan yang bersifat ornamen dan fungsional. Di antara orang-orang yang mulai menggunakan arloji saku dan beralih ke jam tangan pada tahun 1900-an adalah Louis Cartier, yang merancang Cartier Santos-Dumont pada tahun 1904 untuk seorang teman pilot, sebelum menawarkannya kepada publik pada tahun 1911.

BACA JUGA: Berikut Rekomendasi 4 Jam Tangan Ikonis untuk Anda Ketahui & Miliki sebagai Barang Investasi

Saat ini, jam tangan wanita masih menjadi simbol kemewahan, seperti tas tangan desainer dan perhiasan mewah. Entah itu daya tarik Cartier Tank emas berkilau, keanggunan Hermès Cape Cod berbahan kulit, atau kecanggihan Bvlgari Serpenti yang melingkar, jam tangan ini merupakan investasi yang dibuat dengan cermat, ditakdirkan untuk menjadi pusaka berharga. Tentu saja jam tangan mewah adalah investasi yang serius. Tautan gelang yang rumit, mesin jam kuarsa mekanis, dan kotak logam mulia bercahaya hanyalah beberapa keunggulan dari barang-barang ini. Dan meskipun jam tangan adalah salah satu dari sedikit aksesori yang mungkin lebih digemari di pasar pakaian pria, penawaran untuk wanita juga sama elitnya.

Karena mungkin merupakan salah satu aksesori atau hadiah mewah paling mahal yang pernah Anda investasikan, jam tangan memerlukan penelitian dan pertimbangan menyeluruh, baik Anda sedang mencari teman sehari-hari atau penampilan cantik di acara khusus. Gulir ke bawah untuk menemukan daftar 10 merek jam tangan wanita terbaik kami—tidak diragukan lagi, satu atau beberapa di antaranya akan membuat Anda tergerak.

Label jam tangan Hollywood

Cartier

Courtesy of Bazaar US

Meskipun Anda belum familier dengan dunia jam tangan, Anda mungkin sudah familiar dengan jam tangan Cartier yang paling terkenal, Cartier Tank. Didesain pada tahun 1917, statusnya menjadi ikon sepanjang abad ke-20, menghiasi pergelangan tangan para superstar seperti Duke Ellington, Gary Cooper, Jackie Kennedy, Andy Warhol, Putri Diana, dan masih banyak lagi. Ukurannya yang kecil dan iterasi yang bervariasi telah menjadikan jam tangan ini netral gender sejak hari pertama, seperti yang terjadi pada banyak karya Cartier. Semangat kreatif dan kepeloporan maison adalah alasan mengapa Cartier tetap relevan hingga saat ini. (Faktanya, Cartier baru saja melampaui Omega sebagai merek jam tangan Swiss terbesar kedua setelah Rolex, menurut laporan jam tangan Swiss Morgan Stanley tahun 2022).

Jam tangan mewah pertama saya adalah Cartier, Tank Française baja kecil yang harganya hanya $3.400 (harga yang aneh dibandingkan dengan penawaran pesaingnya), dan saya dengan sepenuh hati merekomendasikan merek tersebut kepada wanita mana pun yang ingin memulai atau memperluas koleksinya. Atau, jika Anda seorang calon gadis It, bolehkah kami merekomendasikan Panthère emas?

Spesifikasi:

  • Gerakan kuarsa
  • Casing dan gelang emas kuning 750/1000
  • Mahkota segi delapan emas kuning 750/1000 diatur dengan cabochon safir
  • Pelat jam perak, jarum jam berbentuk pedang baja biru, kristal safir
  • Dimensi casing: 25 mm x 19 mm, tebal: 6 mm
  • Tahan air hingga 3 bar (kira-kira 30 meter/100 kaki)

Label jam tangan glamor dari Swiss

Audemars Piguet

Courtesy of Bazaar US

Diciptakan pada tahun 1875 oleh pembuat jam tangan Jules Louis Audemars dan Edward Auguste Piguet di kota Le Brassus di Swiss, Audemars Piguet tetap menjadi milik keluarga hingga saat ini. Memang benar, ini adalah “indie”, tetapi merupakan pembangkit tenaga listrik, berada di peringkat Empat Besar produsen jam tangan bersama dengan perusahaan swasta lainnya Rolex, Richard Mille, dan Patek Philippe.

Model Audermars Piguet yang paling ikonik adalah Royal Oak-nya, dirancang pada awal tahun 70-an oleh Gérald Genta (atau “GG,” yang penuh kasih sayang), dengan versi wanita, oleh desainer wanita Jacqueline Dimier, menyusul pada tahun 1976. Royal Oak baik hati dari kegagalan pada awalnya (mengapa ada orang yang membeli jam tangan olahraga baja mahal seperti itu?), namun seiring berjalannya waktu, jam tangan tersebut mencapai status legenda dengan berbagai iterasi yang dicantumkan, terutama, tanpa label gender—sebuah sinyal bagi konsumen bahwa Royal Oak dan the jam tangan AP lainnya adalah untuk semua orang. Saya terutama menyukai model emas buram, yang dibuat bekerja sama dengan desainer perhiasan Carolina Bucci menggunakan “hasil akhir Florentine”. Ugh, glamornya. Dan jika Anda tidak mampu membeli Royal Oak, saya sarankan Anda juga memeriksa AP vintage di pasar sekunder, dengan fokus pada desain funky dari tahun 70an dan 80an untuk tampilan yang lebih avant-garde.

Spesifikasi:

  • Emas putih 18 karat
  • Berliku sendiri
  • Pelat jam Tapisserie biru
  • Kotak dan gelang emas putih 18k yang dipalu dengan gesper lipat AP
  • Kristal safir dan casing belakang anti silau
  • Penanda jam yang diaplikasikan dengan emas putih
  • Dimensi casing: diameter 34 mm, ketebalan: 8,8 mm
  • Tahan air hingga kedalaman 50 meter

Label arloji yang berkembang 

Hermès

Courtesy of Bazaar US

Saat membeli jam tangan mewah, salah satu pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri Anda adalah apakah Anda menginginkan arloji atau “jam tangan fashion”. Lebih lanjut mengenai hal tersebut nanti, namun pertama-tama, mari kita bahas tentang Hermès dan bagaimana Hermès berhasil melampaui label “jam tangan fashion”, dan menjadi pesaing serius dalam dunia pembuatan jam tangan. Kreasi horologis yang mantap dari merek ini bahkan menarik perhatian para penggemar jam tangan paling sombong sekalipun, dan pada tahun 2021, penjualannya masuk ke dalam 20 grup pembuat jam tangan Swiss teratas untuk pertama kalinya.

Pilihan untuk wanita dan pria sama-sama berkelas, dirancang dengan baik, dan—bonus!—persembahannya dibuat dari kulit Hermès yang mentega. Jam tangan Cape Cod yang rapi dan sering dibungkus ganda telah mencapai status bintang di antara nama-nama seperti Madonna, Stella Tennant, Gwyneth Paltrow, dan bahkan Ashton Kutcher era Punk. Lalu ada favorit pribadi saya, Kelly Watch, yang kuncinya menjuntai membuatnya sangat tidak praktis sehingga terasa seperti sulap.

Spesifikasi:

  • Berlapis baja
  • Gerakan kuarsa
  • Pelat jam berwarna perak opaline
  • Kristal safir anti silau
  • Pelat jam berwarna perak opaline
  • Fungsi jam dan menit buatan Swiss
  • Tali kulit anak sapi Barenia tur ganda panjang yang dapat diganti
  • Ukuran kecil: 31mm
  • Ukuran besar: 37mm
  • Lebar casing: 23 mm
  • Tahan air hingga 3 bar (kira-kira 30 meter/100 kaki)

Label jam tangan dengan nuansa perhiasan

Piaget

Courtesy of Bazaar US

Beberapa orang mungkin mengasosiasikan nama Piaget dengan perhiasan mewah dan gaun pesta, namun merek Swiss ini terus-menerus mendorong batas-batas pengetahuan yang ada dalam jam tangan mewah. Era penentu Piaget terjadi pada tahun 60an, ketika, dengan membangun kreasi horologi kelas atas, merek tersebut berfokus pada kreativitas dan gaya, merilis pelat jam pertama di dunia yang terbuat dari batu keras. Bayangkan warna lapis biru tua, batu giok hijau yang indah—ini adalah cinta pada pandangan pertama bagi kaum elit yang terobsesi dengan mode, seperti Elizabeth Taylor, Jackie Kennedy, dan Sophia Loren. Selain itu, persahabatan Piaget dengan Salvador Dalí menghasilkan koleksi jam tangan dan perhiasan edisi terbatas dengan koin dari mint Salvador, yang melambungkan merek tersebut ke status dunia seni tinggi.

Karya favorit saya muncul pada tahun 1979: Polo, dirancang untuk pemain polo yang serius dan jet-setter. Saya sangat terobsesi dengan versi (vintage) jam tangan ini, dengan gelang terintegrasi dan pelat jam yang halus. Saat ini, Piaget terus menciptakan desain yang bergenre-bending, mewah, dan mengedepankan perhiasan.

Label jam tangan yang bisa dipakai siapa saja

Rolex

Courtesy of Bazaar US

Ah, Rolex: merek yang tidak perlu diperkenalkan lagi. Itu adalah nama rumah tangga dalam haute horologi. Anda mungkin tidak tahu banyak tentang jam tangan, tetapi Anda pernah mendengar nama Rolex! Dan Anda bahkan mungkin akrab dengan model terlarisnya, Datejust, yang merupakan favorit penasihat Hodinkee, Cara Barrett: “Bagi saya, ini adalah jam tangan yang sempurna,” katanya. “Jika ada yang bertanya kepada saya jam tangan apa yang harus mereka beli, saya 99 persen menyarankan Datejust. Itu bersih, klasik, dapat didandani, didandani, dan akan bertahan selamanya.”

Ini semua merupakan bukti sejarah Rolex, manufaktur terbaik di kelasnya, dan reputasinya yang tak tercela. Jadi, ya, Datejust. Seperti yang disebutkan Cara, ini adalah jam tangan pemula yang terbukti benar (atau, jika Anda seperti saya, ini adalah jam tangan kedua yang bagus). Saya memiliki Datejust 26 mm dua warna vintage dengan pelat jam berwarna sampanye, sama seperti yang dikenakan Carmela di The Sopranos. Lalu ada model yang lebih besar dan lebih sporty seperti Rolex GMT atau Submariner, yang dikenakan oleh bintang seperti Drew Barrymore dan Jennifer Aniston. Jam tangan Rolex bervariasi dalam ukuran dan kerumitannya, namun terlepas dari bagaimana jam tangan tersebut diberi label di situs web Rolex, jam tangan tersebut secara budaya telah ditetapkan sebagai jam tangan netral gender. Sejujurnya, tidak ada yang lebih seksi dari seorang wanita yang mengenakan Rolex “pria”.

Spesifikasi:

  • Casing Oystersteel dan emas putih (diameter 31 mm)
  • Bingkai cincin bergalur
  • Pelat jam berperak perak dengan berlian
  • Casing kristal safir anti gores
  • Lensa Cyclops
  • Gerakan abadi, mekanis, dan berliku
  • Jarum jam, menit, dan detik tengah
  • Tanggal seketika dengan pengaturan cepat
  • Stop-detik untuk pengaturan waktu yang tepat
  • Jubilee, tautan gelang lima potong
  • Gesper Mahkota lipat tersembunyi
  • Tahan air hingga 100 meter

Arloji para pemula

Seiko

Courtesy of Bazaar US

Dunia jam tangan mewah bisa jadi sangat angkuh, dan sering kali, sebuah jam tangan tidak dihargai kecuali jika dibuat di Swiss. Namun ada juga Seiko, merek Jepang yang didirikan pada tahun 1881 dan kini telah mencapai status terkenal. Karena harganya yang terjangkau, banyak pemakai jam tangan mulai menggunakan Seiko, dan terus memakainya meski koleksinya semakin meningkat. Mengapa? Karena jam tangan Seiko dapat diandalkan, bergaya, dan praktis.

Anda juga dapat berterima kasih kepada Seiko atas pengenalan mesin jam kuarsa ke arus utama di tahun '60-an. Jam tangan bertenaga kuarsa (dibandingkan jam tangan yang mengandalkan mesin jam mekanis yang rumit dan mahal) mungkin tidak disukai oleh kepala jam tangan kelas atas, namun kenyataannya, banyak jam tangan mewah yang bertenaga kuarsa. Cartier yang saya pakai saat ini dilengkapi dengan mesin jam kuarsa (dan jika dilengkapi dengan mesin jam otomatis, saya tidak akan mampu membelinya). Saya juga kebetulan memiliki jam tangan penyelam Seiko wanita antik (“baby diver”, sayang sekali). Ia berlari dengan gerakan otomatis! Jadi… berikan Anda merek jam tangan yang dapat melakukan keduanya. Kiat profesional: Jelajahi eBay untuk mencari Seiko antik; ada beberapa desain yang sangat kreatif dari tahun 70an dan 80an yang lebih relevan saat ini dibandingkan sebelumnya.

Spesifikasi:

  • Kasing baja tahan karat
  • Kristal Hardlex melengkung
  • Gesper tiga kali lipat dengan pelepas tombol tekan
  • Presisi ±15 detik per bulan
  • Dimensi casing: diameter 28,7 mm, ketebalan: 7,6 mm, lug-to-lug: 35 mm
  • Tahan air hingga 5 bar (kira-kira 50 meter/160 kaki)

Label jam tangan penuh mode

Gucci

Courtesy of Bazaar US

Oke, kembali ke “jam tangan fashion”, yang cenderung memiliki harga lebih rendah dan memberikan pilihan yang lebih musiman dan mengikuti tren.

Desain ini, pada dasarnya, memiliki umur yang lebih pendek, dibandingkan dengan jam tangan klasik dan mewah. Tapi tanyakan pada diri Anda: Mengapa Anda membeli jam tangan? Karena Anda menyukai tampilannya? Karena Anda ingin memakainya setiap hari? Karena Anda ingin bisa mengetahui waktu? Jika Anda menjawab ya untuk pertanyaan di atas, jam tangan fesyen akan membantu—dan merek seperti Gucci memiliki lisensi untuk bermain-main dan menciptakan karya menarik untuk semua tingkat peminat.

Ambil contoh Jam Tangan Gucci Grip. Desainnya yang ramping dan pelat jamnya yang tersembunyi menjadikannya sebuah benda yang menstimulasi secara visual dan sangat mudah dipakai. Ada juga Grip Sapphire, dengan desain Grip yang ditampilkan dalam nuansa safir warna-warni—yang memang menarik bagi inner child saya karena sedikit kemiripannya dengan jelly shoes tahun 90-an. Coba lihat, dan Anda akan mengerti maksud saya.

Spesifikasi:

  • Casing baja 32 mm, pelat jam batu onyx hitam dengan lebah, tali jam baja
  • Kaca safir dengan lapisan anti reflektif
  • 5 ATM (160 kaki/50 meter)
  • Gerakan kuarsa
  • Ukuran pergelangan tangan dari 5,3" hingga 7,3"
  • Buatan Swiss

Label jam tangan yang "berbeda" 

Bulgari

Courtesy of Bazaar US

Berakar pada warisan Romawi dan disahkan oleh keahlian pembuatan jam tangan Swiss, Bulgari menonjol di antara sektor mewah. Awalnya merupakan perusahaan perhiasan, merek ini berkembang untuk menawarkan pengalaman yang kini terkenal secara global dalam bidang perhiasan dan pembuatan jam tangan.

Jam tangan Bulgari berbeda dan jelas tidak biasa, dengan penawaran seperti Serpenti, yang fantastik dan ikonik tanpa terasa didesain berlebihan. Faktanya, hanya Serpenti saja yang membuat Bulgari masuk dalam daftar ini. Tersedia dalam desain berbalut single, double, triple, dan terkadang, penta (!!!), arloji ramping yang terinspirasi dari ular ini adalah salah satu dari sedikit jam tangan yang akan terasa nyaman di pergelangan tangan seseorang yang mengenakan apa pun mulai dari gaun pesta. untuk jeans dan T-shirt. Itu adalah sebuah pernyataan, tentu saja, tetapi jika Anda ingin mengatakan sesuatu, Anda sebaiknya mengatakannya dengan seekor Serpenti.

Spesifikasi:

  • Casing melengkung emas kuning 18k 5 mm bertatahkan berlian
  • Mahkota emas kuning 18 karat dengan rubellite merah muda potongan cabochon
  • Pelat jam opaline perak dengan perawatan guilloché soleil dan indeks yang diaplikasikan dengan tangan
  • Gelang emas kuning 18k spiral ganda
  • Fungsi pergerakan kuarsa, jam, dan menit
  • Tahan air hingga 30 meter

Arloji bersejarah

Jaeger-LeCoultre

Courtesy of Bazaar US

Didirikan pada tahun 1833, Jaeger-LeCoultre (diucapkan “zjay-zjay ley-coolt”) telah diakui sejak abad ke-19 sebagai “Grande Maison” dari Vallée de Joux (salah satu tempat lahirnya pembuatan jam tangan kelas atas di Swiss). Dengan lebih dari 200 paten dan lebih dari 1.000 kaliber berbeda yang dikembangkan dan dibuat sendiri, perusahaan ini merupakan salah satu pemain paling penting dan inovatif dalam sejarah pembuatan jam tangan.

Salah satu klien merek yang paling terkenal adalah Ratu Elizabeth II, yang mengenakan Kaliber 101 yang sangat kecil dan bertatahkan berlian saat penobatannya pada tahun 1953. Secara kasat mata, perhiasan ini dianggap sebagai gelang, dengan jam tangan selalu ditempatkan di atasnya. Secara halus, sehingga memungkinkan dilakukannya pengecekan waktu secara terpisah (dianggap tidak sopan bagi perempuan pada saat itu).

Jaeger-LeCoultre membanggakan ikon-ikon seperti Reverso, Duoplan, dan Atmos—belum lagi bahwa maison tersebut telah memasok mesin jam ke beberapa merek paling bergengsi di Swiss, seperti Patek Philippe, Vacheron Constantin, dan Audemars Piguet. Reverso tetap menjadi salah satu jam tangan favorit saya sepanjang masa, karena casingnya dapat dibalik—sebuah desain cerdik yang memungkinkan pemain polo di tahun 1930-an melindungi kaca jam tangan mereka selama pertandingan. Di Watches and Wonders satu tahun, saya cukup beruntung bisa mencoba jam tangan Rendez-Vous yang baru, yang secara romantis menggambarkan bintang jatuh yang bergerak pada pelat jam pada interval yang tidak dapat diprediksi. Keajaiban pembuatan jam yang sesungguhnya!

Spesifikasi:

  • Kotak emas merah muda 18k 750/1000
  • Pelat jam abu-abu perak dengan kuas satin vertikal dan guilloché serta angka transfer hitam
  • Tali kulit aligator hitam yang dapat diganti-ganti
  • Panjang untai standar pada 12 jam: 75mm, panjang pada 6 jam: 120mm
  • Pin gesper emas merah muda 750/1000 (18 karat)
  • Lebar gesper: 14mm
  • Pemutaran manual
  • Komponen: 93
  • Getaran per jam: 21600
  • Permata: 18
  • barel: 1
  • Cadangan daya: 38 jam
  • Dimensi casing (P x L): Panjang 35,78 mm x lebar 21 mm, tebal: 2,9 mm, lebar lug: 15 mm
  • Tahan air hingga 3 bar (kira-kira 30 meter/100 kaki)

Label jam tangan mewah dengan harga terjangkau

Breda

Courtesy of Bazaar US

Breda adalah merek jam tangan independen kecil yang berbasis bukan di Swiss tetapi di Dallas. Dengan tim yang kuat dan konsisten dalam memimpin desain merek, Breda telah mengembangkan metode, bahan, dan kemitraan pemasok yang memungkinkannya menciptakan produk yang benar-benar berkualitas tinggi yang tidak mencerminkan markup ritel tradisional.

Terlepas dari koleksi saya yang mewah, saya sering memakai jam tangan Breda Play, dan Emily Ratajkowski terlihat di SoHo sedang berjalan-jalan dengan anjingnya sambil mengenakan Specularite. Desain Breda menyenangkan, abadi, dan bergaya, dengan harga mulai dari $110 hingga $210. Jika Anda tidak memiliki jam tangan dan tidak yakin harus mulai dari mana, saya sangat merekomendasikan Breda, hanya untuk merasakan mengenakan jam tangan di pergelangan tangan Anda. Ini adalah rasa yang didapat, jadi sebaiknya mulai dari suatu tempat! Jika “suatu tempat” itu adalah Breda, Anda berada di tangan yang tepat.

Spesifikasi:

  • Casing berlapis emas 18k
  • Penutupan gesper perhiasan
  • Mutiara adalah produk alam; akan ada perbedaan tekstur pada setiap pelat jam.
  • Tali berlapis emas 18 karat
  • pita 10 mm
  • Mesin jam kuarsa Seiko buatan Jepang
  • Dimensi casing: diameter 18 mm
  • 3 ATM tahan cipratan air

BACA JUGA:

Apple Watch Dukung Breast Cancer Lewat Gelang Jam dari Lagos

10 Rekomendasi Jam Tangan Wanita dengan Rantai Kecil

(Penulis: Brynn Wallner, Laura Kaupke; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Fenny Marandita; Foto: Courtesy of BAZAAR US)