Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

12 Lokasi Wisata di Italia yang Wajib Dikunjungi

Ada banyak sekali sudut fotogenik, pusat budaya, dan kuliner lezat yang dapat dijelajahi.

12 Lokasi Wisata di Italia yang Wajib Dikunjungi
Courtesy of Bazaar UK

Apakah Italia memiliki sudut pandang yang buruk? Jika ya, kami belum menemukannya. Sebaliknya, negara ini memiliki sederetan tempat spektakuler yang tak ada habisnya, mulai dari pegunungan Dolomites hingga garis pantai Puglia di tepi Adriatik dan Ionia, melalui kota-kota yang indah dan bersejarah, serta garis pantai yang lebih bergaya dan pulau-pulau tempat bermain liburan yang sangat menawan. penghuninya telah berbondong-bondong datang ke musim panas selama beberapa dekade.

BACA JUGA: Hotel Mewah Terbaik di Venesia

Ada beberapa pesaing yang jelas – La Serennissima, misalnya. Tidak ada tempat seperti Venice di dunia. Dan hotspot bulan madu, Pantai Amalfi , yang terkenal dengan teluk-teluk kecilnya yang terpencil, tikungan tajam yang mencengangkan (sangat penting untuk diubah), kota-kota pesisir berwarna-warni yang dibangun di atas dan di bawah tepi tebing, trattoria romantis, dan vila-vila tua yang megah.

Di antara tempat-tempat paling menakjubkan di Italia adalah tujuan reguler musim panas para jet set, dari marina Portofino yang selalu dipenuhi kapal pesiar di pantai Liguria di negara itu, hingga pulau Ischia yang glamor di Teluk Napoli.

Lalu ada pemandangan dramatis pulau-pulau vulkanik Italia, seperti kepulauan Aeolian dan Pantelleria, yang secara teknis berada di lepas pantai Sisilia , namun sebenarnya lebih dekat ke Afrika.

Merasa terinspirasi? Berikut adalah 12 tempat paling spektakuler di Italia…

Positano, Pantai Amalfi

Courtesy of Bazaar UK

Sulit untuk mempersempit bagian paling spektakuler dari Pantai Amalfi di wilayah Campania, Italia selatan. Ada desa nelayan Conca dei Marini, tempat biara-biara berdiri di sisi tebing; Ravello yang romantis, jauh di atas Laut Tyrrhenian dan rumah bagi rumah-rumah suci seperti Villa Cimbrone; dan Praiano yang damai, agak jauh dari keramaian, dan menjadi lebih baik karenanya. Lalu ada Positano yang sempurna, kota “vertikal” dengan bangunan berwarna-warni yang bertumpuk di sepanjang pantai terjalnya. John Steinbeck benar ketika ia menulis di Harper's Bazaar edisi Mei 1953 bahwa “Positano sangat menggigit”. Ia melanjutkan: “Ini adalah tempat impian yang tidak sepenuhnya nyata ketika Anda berada di sana dan menjadi nyata setelah Anda pergi.” Kami sangat setuju.

Tempat menginap: Anda mungkin pernah melihat gambar Le Sirenuse , karena tidak diragukan lagi ini adalah salah satu hotel paling menarik di dunia, dijalankan oleh keluarga Sersale sejak tahun 1951. Untuk sesuatu yang sedikit lebih modern, kunjungi Casa Angelina yang minimalis, sebuah perjalanan singkat di sepanjang pantai di Praiano.

Venesia, Veneto

Courtesy of Bazaar UK

Kota-kota besar di Italia semuanya spektakuler, tetapi hanya sedikit yang mampu menangkap imajinasi seperti Venesia. Kota Terapung ini terapung di Laut Adriatik, dibangun di lebih dari 100 pulau di Laguna Venesia. Ada aktivitas wisata yang wajib dilakukan, misalnya memesan Bellini di bar Harry, pergi ke Cipriani untuk berenang di kolam renang ukuran Olimpiade, atau menikmati untuk minum espresso di salah satu dari dua kafe ikonik di Alun-alun St Mark – Caffè Florian telah menyajikan kopi di situs ini sejak tahun 1720. Untuk nuansa yang lebih lokal, jangan lewatkan distrik seni Dorsoduro, atau kunjungi pulau lain, seperti Burano yang penuh warna.

Dimana untuk tinggal: Pada tahun 2014, Amal dan George Clooney mengadakan beberapa pernikahan spektakuler di Italia dan satu latar disediakan oleh Aman di Venesia, sebuah palazzo yang telah diubah dengan pemandangan Grand Canal yang memukau.

Portofino, Genoa

Courtesy of Bazaar UK

Ada alasan mengapa pelabuhan Portofino dipenuhi kapal pesiar super saat musim panas tiba. Bekas desa nelayan ini berada di tenggara Genoa, dengan rumah-rumah berwarna pastel khas Italia yang berjajar di sepanjang garis pantai, banyak butik desainer, dan alun-alun berbatu yang menghadap ke pelabuhan. Ini adalah tempat yang tepat untuk menjelajahi Riviera Italia, terutama jika Anda ingin melihat vila-vila Cinque Terre yang penuh warna dan menawan, sebuah Situs Warisan Dunia Unesco yang berjarak satu jam berkendara. Untuk sesuatu yang sedikit terpencil, pergilah ke Lerici dan Bay of Poets, tempat Percy Bysshe Shelley tenggelam pada tahun 1822.

Dimana untuk menginap: Seindah namanya, Splendido Mare, sebuah Hotel Belmond, telah lama menjadi salah satu penginapan paling dicari di Portofino, disukai oleh para jet set sejak tahun 1950-an. Terletak di tempat yang dulunya merupakan biara Benediktin.

Kepulauan Aeolia

Courtesy of Bazaar UK

Wisatawan yang menjelajah lebih jauh selalu mendapat imbalan dan hal ini tentunya terjadi di Kepulauan Aeolian, kepulauan vulkanik di Laut Tyrrhenian di lepas pantai utara Sisilia . Tidak ada bandara di pulau ini – Anda harus mendarat di Palermo atau Catania di Sisilia dan melanjutkan perjalanan dengan perahu. Pulau-pulau utamanya adalah Lipari (yang terbesar), Salina, Stromboli, dan Vulcano (total ada tujuh, dan masing-masing memiliki daya tarik tersendiri). Rencana perjalanan Anda tentu saja harus melibatkan perjalanan ke air, baik itu dengan tur matahari terbenam di sekitar bebatuan faraglioni Lipari, atau menghabiskan seminggu di laut dengan kapal pesiar bersama Cognoscenti Travel, di mana semua logistik akan diurus untuk Anda.

Tempat menginap: Di pulau Aeolian terbesar kedua, Salina (yang sebagian besar terkenal dengan anggur penutupnya yang lezat – dan capernya), Hotel Signum memiliki spa dan restoran berbintang Michelin dengan koki wanita yang memimpin.

Pegunungan Dolomit

Courtesy of Bazaar UK

Bepergianlah ke puncak Italia, dan Anda akan menukar pantai yang bermandikan sinar matahari dengan pegunungan yang sangat indah. Pegunungan Dolomites, yang membentang di beberapa wilayah, merupakan destinasi menarik untuk dikunjungi pada musim semi dan musim panas, saat suhu meningkat dan salju mereda sehingga terlihat hamparan perbukitan hijau. Kebun anggur berlimpah di sini, yang berarti para oenofil siap untuk dimanjakan, sementara Anda juga akan menemukan beberapa hotel spa terbaik di Eropa , di mana pendakian yang menguatkan dijadwalkan dengan sesi sauna yang serius.

Tempat menginap: My Arbor, yang terletak jauh di atas kota Brixen di Tyrol Selatan, adalah hotel kesehatan baru yang berkilau dengan reputasi yang serius. Bertengger di atas panggung, keajaiban arsitektur ini menggabungkan yoga pagi dan jalur jalan kaki dengan spa kelas dunia dan mencicipi menu yang layak untuk dinikmati sepanjang malam.

Ischia, Teluk Napoli

Courtesy of Bazaar UK

Tidak ada kata buruk yang bisa kami sampaikan mengenai pulau mana pun di Kepulauan Neapolitan, namun pulau yang lebih jarang dikunjungi dibandingkan tetangganya yang super glamor, Capri, adalah Ischia. Pulau vulkanik di Teluk Napoli ini memiliki air panas, dengan kolam batu yang dipanaskan oleh aktivitas vulkanik bawah tanah, reruntuhan Romawi, dan pantai berpasir dengan pemandangan indah, termasuk Kastil Aragon abad pertengahan, di pulau pasang surut kecil tetapi dihubungkan oleh jembatan batu. Salah satu kota paling indah adalah Lacco Ameno, di kaki Gunung Epomeo. Yang lebih jarang dikunjungi wisatawan adalah pulau Procida yang berwarna-warni, Ibu Kota Kebudayaan resmi Italia beberapa tahun lalu.

Dimana untuk tinggal: Untuk suasana yang tak terlupakan, pesan penginapan di Faro Punta Imperatore , yang terletak di dalam mercusuar di sudut terpencil Capri – pemandangannya luar biasa seperti yang Anda harapkan.

Danau Orta, Piedmonte

Courtesy of Bazaar UK

Saat membayangkan danau-danau indah di Italia Utara, pikiran Anda mungkin tertuju pada Danau Como yang terkenal. Namun untuk sesuatu yang sedikit terpencil, Danau Orta memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan. Bertengger di semenanjung, kota utama Orta San Giulio menawarkan jalan-jalan sempurna seperti kartu pos yang dipenuhi restoran autentik dan toko independen yang berseni.

Tempat menginap: Chateaux Villa Crespi adalah keajaiban megah dengan 14 kamar, di mana kamar-kamar megahnya dipenuhi barang-barang antik dan restoran berbintang dua menanti Anda di lantai bawah.

Norcia, Umbria

Courtesy of Bazaar UK

Di wilayah Umbria , Italia tengah , Norcia adalah tempat yang memberi kita charcuterie – istilah norcineria menunjukkan seni mengolah daging babi dan teknik yang telah diwariskan sejak Abad Pertengahan di bagian negara ini. Pedesaan indah yang mengelilingi kota abad pertengahan ini sangat indah terutama pada awal musim panas, ketika ladang miju-miju berbunga sebelum panen. Ini adalah tujuan Italia bagi Anda jika Anda ingin keluar ke alam terbuka, karena desa Castelluccio di Norcia, salah satu pemukiman tertinggi di Apennines, adalah tempat yang sempurna untuk hiking dan mendaki gunung. Kota ini berada di provinsi Perugia – sesuai dengan nama kotanya, yang merupakan ibu kota Umbria, jaraknya sekitar satu jam 20 menit berkendara ke utara Norcia.

Dimana untuk menginap: Palazzo Seneca adalah properti Relais & Châteaux yang mewah dekat dengan alun-alun kota (yang terkena dampak gempa bumi pada tahun 2016) di Norcia, dengan kamar tidur dan restoran berbintang Michelin (dengan kelas memasak tersedia untuk menunjukkan kepada Anda caranya).

Ostuni, Puglia

Courtesy of Bazaar UK

Ostuni yang memesona berada di selatan dengan sepatu bot setinggi lutut khas Italia, dengan bangunan putih cerah, dan banyak pemandangan pedesaan serta garis pantai yang indah. Kota tua bercat putih ini dilengkapi dengan katedral dengan aksen arsitektur Gotik, Romawi, dan Bizantium, serta Porta San Demetrio, salah satu gerbang abad pertengahan asli kota. Saat Anda berada di sini, Puglia memiliki lebih banyak tempat yang layak untuk dikunjungi, termasuk keindahan Barok Lecce, yang dikenal sebagai Florence dari Selatan, kota tepi laut yang sepi seperti Castro dan Gallipoli, dan surga kuliner Nardò, yang dipenuhi oleh pecinta kuliner yang tahu.

Tempat menginap: Paragon 700 adalah hotel butik yang bertempat di palazzo di Ostuni, dengan restoran berkubah dan kolam renang yang akan Anda syukuri saat terik musim panas melanda.

Danau Como, Lombardy

Courtesy of Bazaar UK

Danau Como adalah pemenang yang layak untuk mendapatkan tempat di daftar tempat paling spektakuler di Italia – dan kami yakin George Clooney akan setuju. Danau berbentuk garpu di Lombardy, sebuah perjalanan cepat ke utara Milan, dipenuhi dengan rumah-rumah pribadi yang megah (termasuk, tentu saja, Casa Clooney), kota-kota indah seperti Bellagio, dan kolam renang yang tergantung di atas air. Anda dapat berkeliling danau dengan feri, tetapi satu-satunya cara untuk melihatnya dengan penuh gaya adalah dengan menaiki perahu kayu Riva yang mengilap.

Tempat menginap: Yang paling megah di danau ini adalah Villa d'Este , yang memiliki salah satu kolam renang atas air khas wilayah ini, lahan indah yang menampilkan mosaik dengan jalan menuju ke air mancur, spa, dan berbagai restoran, termasuk Beranda yang halus. Alternatifnya, Anda dapat memesan penginapan di tempat yang baru saja dinobatkan sebagai hotel terbaik di dunia, Passalacqua , atau menginap di Il Sereno yang ramping dan apik , dengan desain kontemporer, fasilitas kelas dunia, dan pemandangan menakjubkan.

Matera, Basilicata

Courtesy of Bazaar UK

Daya tarik utama Matera yang berusia ribuan tahun di selatan adalah Sassi yang dilindungi Unesco, sebuah kompleks tempat tinggal gua yang diukir di tepi gunung, dihuni sejak periode Paleolitik hingga awal tahun 1950-an. Kota ini dianggap sebagai salah satu kota tertua di dunia, setara dengan Jericho dan Aleppo. Tidak mengherankan jika tempat yang fotogenik ini tidak asing lagi bagi kru film – penggemar James Bond pasti pernah melihatnya di No Time To Die. Kota – di wilayah Basilicata, yang berbatasan dengan Puglia dan Calabria – dibangun di atas singkapan batu dengan latar belakang ngarai. Sejarah lebih lanjut menanti di gereja batunya, beberapa di antaranya dihiasi lukisan dinding abad ke-13.

Tempat menginap: Jika Anda ingin merasakan seperti apa penghuni gua Matera, menginaplah di Sextantio Le Grotte Della Civita yang bernuansa atmosfer . Atau jadilah anggota sementara klan Coppola dengan singgah di casa Italia mereka , Palazzo Margherita , di kota Bernalda yang bertembok pada abad ke-15.

Pantelleria, Selat Sisilia

Courtesy of Bazaar UK

Dipopulerkan oleh film A Bigger Splash pada tahun 2015, Pantelleria hingga saat itu merupakan salah satu rahasia yang paling dijaga di Italia. Pulau ini berada di Selat Sisilia , dan kurang dari 70 kilometer dari pantai Tunisia. Seperti kebanyakan pulau di Italia, pulau ini merupakan pulau vulkanik, dengan formasi batuan lava, teluk yang indah, kastil kuno, banyak gereja tua, jalan sempit berbatu untuk berjalan-jalan, dan pasar yang ramai untuk dijelajahi. Di wilayah ini terdapat beberapa danau, termasuk Specchio di Venere yang berbentuk hati, serta kilang anggur dan kebun terkenal yang menghasilkan buah zaitun, kurma, dan caper yang berharga.

Tempat menginap: Sikelia Luxury Retreat adalah tempat peristirahatan butik yang dapat disewa secara keseluruhan untuk menciptakan surga pulau pribadi bagi Anda dan beberapa orang terpilih yang beruntung.

BACA JUGA:

Intip Destinasi Menawan di kota Puglia, Italia

Panduan Hotel Favorit Bazaar di Dunia

(Penulis: Caroline Lewis; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Fenny Marandita; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)