Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rekomendasi 20 Kedai Kopi Ternyaman di Jakarta Selatan

Sebuah panduan bagi para penikmat dan pencinta kopi berkualitas. 

Rekomendasi 20 Kedai Kopi Ternyaman di Jakarta Selatan
Courtesy of @brookland_coffee, @gordi.id, @7speedcoffee, @titiktemucoffee, @dopacoffeestudio

Di tengah kesibukkan pekerjaan, atau serangkaian aktivitas hari-hari Anda, kadang yang perlu Anda lakukan adalah rileks dan bersantai sembari menikmati secangkir kopi yang enak. Tidak akan ada yang bisa mengalahkan momen sempurna seperti ini. 

BACA LAGI: Rekomendasi 10 Kafe yang Nyaman untuk WFC di Jakarta

Namun, kini banyak sekali kedai kopi yang bertebaran sehingga membuat Anda kewalahan: mana yang patut dicoba? Maka dari itu, Bazaar siap membantu Anda! 

Simak 20 kedai kopi ter.nya.man yang wajib Anda coba di Jakarta Selatan.

1. Titik Temu

Sesuai dengan namanya, coffee shop modern yang satu ini bertujuan untuk menjadi tempat berkumpul yang nyaman, baik bersama para sahabat ataupun keluarga. Sudah mempunyai beberapa cabang di luar kota, seperti Bali dan Medan, Titik Temu terus berekspansi di Jakarta. 

Titik Temu Coffee
Courtesy of Instagram @titiktemucoffee

Di tengah maraknya cafe di ibu kota, minuman kopi dari Titik Temu selalu menjadi favorit dan diingat oleh para pengunjung. Minuman kopi mereka terbuat dari biji kopi yang berkualitas dan dipilih secara khusus sehingga nikmatnya pun tidak ada duanya. Tidak hanya kopi, ada beragam pilihan minum dan makanan, mulai dari cemilan hingga hidangan utama, yang siap menemani keseharian Anda. 

2. %Arabica

Sebuah merek coffee chain yang ternama, %Arabica seringkali dijuluki sebagai “cult-favorite hit coffee shop” dari Jepang. Kini, kafe ini telah memiliki banyak cabang di Jakarta. Menariknya, mereka baru saja membuka roastery pertama di daerah Gunawarman, Jakarta Selatan.

%Arabica
Courtesy of Instagram @arabica.indonesia

Salah satu menu signature mereka, Spanish Latte, merupakan minuman kopi yang wajib Anda coba. Rasa antara kopi, susu, dan pemanis semuanya seimbang sehingga akan membuat Anda ketagihan dan selalu ingin kembali.

Menu mereka pun semakin bereksplorasi, seperti hadirnya es krim dan juga kreasi terbaru mereka, yaitu baguette. 

3. Kopikalyan

Kedai kopi yang satu ini terkenal dengan kemasan minuman mereka yang berupa kaleng, termasuk menu andalan mereka, yaitu Es Kopi Susu Kalyan. Minuman ini tersedia dalam dua tipe: Single Shot dan Double Shots, sesuai dengan selera Anda.

Selain itu, bagi pencinta manis atau kopi yang unik, ada juga Es Kopi Susu Stroberi dan Es Kopi Susu Pisang, dikemas dalam kaleng yang gemas. 

Kopikalyan
Courtesy of Instagram @kopikalyan

Berada di lokasi yang strategis, Kopikalyan memiliki estetika yang minimalis sehingga menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung, terutama Gen Z. Selain kopi susu, ada juga Roti Kalyan yang dibuat secara fresh setiap hari, menjadi pelengkap sempurna kopi kaleng Anda.  

4. Kaneki

Memiliki interior gemes dan estetika modern kontemporer, tentu, membuat tempat ini menjadi salah satu kafe instagrammable di Jakarta Selatan.

Buka dari jam 07.00 hingga 22.00 WIB, Kaneki dapat menjadi opsi yang sempurna untuk makan pagi, siang hingga malam karena pilihan menu mereka yang variatif. Ditambah lagi, tempatnya pun nyaman sehingga membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama. 

Kaneki
Courtesy of Instagram @kaneki.jkt

Jika Anda berkunjung ke sini, pastikan mencoba beberapa minuman khas mereka, yaitu Kaneki Shake Latte bagi pencinta minuman kopi yang manis, Sea Salt Latte bagi para penggemar sea salt, dan Americano yang memiliki rasa pahit dan asam yang seimbang.

Makanan rumahan seperti dimsum mentai dan rice bowl pun tidak kalah lezatnya.

5. Seven Speed Coffee 

Berlokasi di Panglima Polim, Seven Speed Coffee menjadi salah satu coffee shop kekinian yang tidak pernah sepi karena tempatnya yang luas dan kualitas makanan dan minumannya yang konsisten sehingga menjadi favorit para pengunjung.

Selain kopinya yang wajib dicoba untuk Anda para pencinta kopi, kafe ini wajib dikunjungi untuk Anda para pesepeda! Cicipi ragam menu white coffee dan black coffee yang klasik, hingga minuman non-kopi yang kreatif dan memiliki rasa yang unik. 

7 Speed Coffee
Courtesy of Instagram @7speedcoffee

Memiliki tema yang vintage, terlebih karena lokasinya di rumah yang terbengkalai, menjadi pelengkap suasana yang menarik bagi para pengunjung. Hal ini juga menambahkan suasana homey sehingga menjadi tempat yang sempurna sebagai “rumah kedua” Anda. 

6. Dopa Coffee Studio

Merupakan salah satu “hidden gem” di kawasan Senopati, Dopa Coffee Studio merupakan tempat yang sempurna untuk Anda bersinggah setelah berolahraga pagi, untuk melakukan kegiatan WFC di siang hari, atau menikmati sore yang indah. 

Dopa Coffee Studio
Courtesy of Instagram @dopacoffeestudio

Es Kopi Susu Dopa, minuman kopi andalan mereka, memiliki rasa yang smooth, creamy, dan manis. Minuman ini cocok bagi Anda penikmat kopi yang memiliki rasa yang cenderung tidak pahit, tetapi masih menjaga rasa kopinya. Ditambah lagi, suasananya yang cozy membuat tempat ini ramai pengunjung setiap hari. 

7. Ombé Kofie

Tren kedai kopi masih hidup sampai sekarang (dan sepertinya tidak akan redup) di waktu yang dekat. Meskipun begitu, Ombé Kofie terus bertahan dan semakin menunjukkan kesuksesannya. Salah satu cabangnya di Senopati menjadi spot andalan para penikmat kopi karena tempatnya yang nyaman dan pilihan menunya yang tidak kalah juaranya.

Ombé Kofie
Courtesy of Instagram @ombekofie

Mulai dari kopi klasik, hingga kopi kreasi mereka sendiri, seperti Hanami Latte, semua minuman dan makanan mereka tidak ada yang gagal. Lokasinya yang strategis dan tempat yang luas menjadikannya opsi coffee shop yang sempurna bagi Anda. 

8. Work Coffee

Mengusung konsep zero waste plastic dan green living, Work Coffee wajib masuk daftar Anda! Karena desainnya yang aesthetic, ditambah dengan harganya yang terjangkau, tidak heran jika coffee shop yang satu ini terus unggul di tengah-tengah banyaknya pilihan di Jakarta Selatan.

Work Coffee
Courtesy of Instagram @workcoffee.jkt

Mulai dari desainnya yang aesthetic, ditambah dengan harganya yang terjangkau (serta porsinya yang sepadan), kedai kopi ini layak menjadi tempat persinggahan Anda untuk seruput kopi yang berkualitas dan makanan yang terasa hangat di lidah. 

9. The Coffee Academics

Jika Anda pernah mengunjungi mal Ashta District 8, pastinya akan familiar dengan The Coffee Academics. Area indoor dan outdoor-nya luas, dilengkapi dengan dekor yang minimalis sehingga menciptakan suasana yang nyaman untuk bersantai sambil menyantap makanan secara kasual. 

The Coffee Academics
Courtesy of Instagram @thecoffeeacademicsid

Seperti namanya, apa yang spesial dari tempat ini adalah minuman kopinya. Secangkir kopi mereka cukup besar dan biji yang dipilih memiliki aftertaste yang berani dan ada rasa fruity juga. Aroma kopi mereka juga cenderung kuat, meskipun telah dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Signature mereka, yaitu Iced Okinawa Signature Latte, menjadi favorit para penggemar kopi. 

10. 7.AM Bakers

Tempat yang baru buka di mal Senayan City ini terkenal dengan pastries mereka yang enak dan juga rasa kopi yang nikmat yang menjadi keunggulan utama 7.AM Bakers. Menawarkan suasana yang mirip dengan toko mereka di Canggu, spot ini menyediakan suasana yang asik dan menu yang lengkap.

7.AM Bakers
Courtesy of Instagram @7am.bakers

Di sini, Anda dapat mencicipi aneka kopi hingga non-kopi, yang semuanya terbuat dari bahan berkualitas, dan juga menu kopi klasik yang menjadi andalan coffee shop sekaligus bakery ini. 

11. Oddity Coffee

Hadir di daerah Selatan dari Utara, Oddity Coffee adalah sebuah coffee shop bernuansa putih dan abu-abu terbaru di daerah Senopati yang hits. Desain interior dan exteriornya yang unik, menjadi salah satu daya tarik kafe ini. 

Oddity Coffee
Courtesy of Instagram @odditycoffeeid

Ada beragam makanan, mulai dari khas Nusantara seperti nasi goreng, hingga Western seperti pasta yang dapat Anda cicipi sesuai dengan kemauan. Tidak lupa juga dengan kreasi latte yang unik dan tidak ada duanya, seperti Macademia Latte dan Shortbread Latte, yang memiliki rasa yang pas. 

12. Suasana Kopi

Sebuah coffee shop yang memadukan konsep industrial dan rumah bergaya Skandinavia ini didirikan oleh para founders yang berasal dari Aceh. Oleh karena itu, biji utama yang digunakan pun Arabica Gayo, kopi kebanggaan daerah pulau Sumatra tersebut. Akan tetapi, ada pilihan biji lainnya yang dapat Anda coba.

Suasanakopi
Courtesy of Instagram @suasana.kopi

Kopi yang menjadi daya tarik utama kafe ini adalah Kopi Aroma Dia. Minuman ini memiliki rasa yang balanced antara creamy, dari fresh milk yang digunakan, dan rasa kopi yang bold, yang merupakan khas biji Gayo sendiri. Ada pula menu kopi hitam dan putih lainnya, serta non-kopi, untuk memuaskan setiap kebutuhan pengunjung. 

13. Bukanagara Coffee

Ide Bukanagara Coffee simpel: untuk membawa kebahagiaan dari secangkir kopi segar di tempat yang nyaman dan hangat. Oleh karena itu, di cabang mana pun, kedai kopi ini selalu menjaga kualitas mereka dalam segala aspek. 

Bukanagara Coffee
Courtesy of Instagram @bukanagara.coffee

Salah satu biji kopi signature mereka adalah single origin Arabica dari Jawa Barat yang melahirkan kopi penyegar pikiran dan tubuh di tengah-tengah kepadatan kesehariaan Anda. Buka dari jam 07.00 hinga 22.00 WIB, Anda dapat menikmati minuman dan makanan mereka untuk memulai dan mengakhiri hari yang panjang. 

14. Mikkro Espresso

Terletak di Hang Tuah, Senayan, Mikkro Espresso dapat dijadikan spot andalan untuk sarapan, makan siang, dan bahkan makan malam. Semua hidangan mereka tidak ada yang gagal dan masing-masing menu selalu flavorful dan bikin kangen!

Mikkro Espresso
Courtesy of Instagram @mikkroespresso

Sebuah konsep oleh Giyanti Coffee Roastery, tidak heran jika kafe yang satu ini sangat terkenal dengan kopi mereka. Selain Americano yang memiliki rasa yang balanced antara pahit dan asam, ada juga Es Kopi Susu Pasar Antik yang manis sekaligus berani. 

15. Brookland Coffee

Kedai kopi yang mungil, tetapi asri ini, merupakan spot yang instagrammable dan terkenal di antara kalangan muda. Ini karena menu-menu kreasi kopi mereka selalu menarik, apalagi dicampur dengan soda dan krim butterscotch, yang tidak dapat ditemukan di lain tempat.

Courtesy of Instagram @brookland_coffee

Selain menu kopi klasik, seperti Americano yang memiliki rasa smooth acidic dan sedikit rasa fruity, ada juga kopi BPJS. Kopi ini memiliki tekstur yang tebak, sedikit milky, dan ada juga rasa karamel yang menambahkan kemanisan yang pas. 

16. Dua Coffee

Hadir di beberapa kota, di dalam dan luar negeri, Dua Coffee terus berekspansi di kota Jakarta. Ini termasuk daerah Selatan, karena dapat ditemukan di daerah Cipete, Cilandak, Tebet, dan Kuningan.

Dua Coffee
Courtesy of Instagram @duacoffee

Dua Coffee sedari dulu sudah terkenal (dan masih sampai sekarang) dengan kualitas kopi mereka yang tidak tertandingi. Tidak dapat dipungkiri bahwa aftertaste kopi mereka yang merupakan paduan sempurna antara manis, pahit, creamy, dan sedikit asin merupakan minuman yang sempurna dan sangat dinikmati. 

17. Kopi Perempuan Tani

Kafe ini memiliki tujuan yang mulia, yakni membantu para petani dan pelaku UMKM. Tempat family-friendly ini memiliki suasana yang homey dengan sentuhan ornamen kayu dan rotan yang membuat tempat ini unik secara desain.

Kopi Perempuan Tani
Courtesy of Instagram @kopiperempuantani

Di sini, tidak hanya menawarkan sederet menu kopi dan non-kopi, ataupun makanan berat dan cemilan. Akan tetapi, para pengunjung dapat melihat-lihat produk lokal asal Indonesia, berkat kerja samanya dengan produsen dan UMKM lokal. 

18. Gordi

Ingin ngopi? Dan juga ingin berpiknik? Di Gordi, para pengunjung dapat menikmati kedua hal ini dalam satu tempat. Tidak heran juga jika kafe ini terkenal sebagai home base bagi para coffee enthusiast. Nikmati sensasi seruput kopi berkualitas sambil piknik di tengah padatnya ibu kota hanya di kedai kopi ini.

Gordi

Courtesy of Instagram @gordi.id

Setiap minggu, Anda dapat menikmati kopi di sini dari roaster yang berbeda-beda. Gordi HQ akan selalu siap menemani Anda dengan secangkir (atau lebih) kopi. 

19. Common Grounds Zero

Menyusung konsep minimalis ala Jepang dan gaya Skandinavia, interior Common Grounds Zero memadukan marble dan furniture rotan dengan nuansa warna yang hangat. Kedai kopi ini sudah terkenal luas dan tetap menjadi salah satu top-tier specialty coffee house karena kualitas kopinya yang konsisten.

Common Grounds Zero

Courtesy of Instagram @commongroundsid

Kedai kopi ini juga termasuk salah satu yang berani untuk eksplor rasa, baik untuk menu makanan maupun minuman mereka. Kopi mereka terbuat dari rare specialty coffee, dan ditemani oleh artisan pastries yang lezat, menawarkan Anda coffee-sipping experience yang elevated.

20. Braud 

Berada di kawasan Senopati yang tak pernah habis akan tempat makan sekaligus kafe dengan kualitas terbaik, Braud menjadi salah satu pilihan terbaik yang dapat Anda kunjungi. Pelayanan yang diberikan serta hidangan yang disajikan selalu nomor satu sehingga membuat para pengunjung ingin kembali lagi.

Braud

Courtesy of Instagram @braud.cafe

Di kafe ini, ada beberapa menu House Specials yang wajib dicoba, seperti Cafe Shakerato dan Orang Coffee Soda yang merupakan minuman kreatif berbasis kopi yang surprisingly enak! Memiliki menu makanan pagi dan malam, kopi akan hadir setiap saat untuk menemani Anda selalu. 

BACA LAGI:
Menu Baru dari Kedai Kopi Favorit Anda, % Arabica
Nespresso Ajak Pencinta Kopi untuk Menjelajahi Dunia Lewat 4 Koleksi Terbarunya di Rangkaian World Explorations

(Penulis: Bella Nazelina; Foto: Courtesy of Instagram @titiktemucoffee, @arabica.indonesia, @kopikalyan, @kaneki.jkt, @dopacoffeestudio, @7speedcoffee, @ombekofie, @workcoffee.jkt, @thecoffeeacademicsid, @7am.bakers, @odditycoffeeid, @suasana.kopi, @bukanagara.coffee, @mikkroespresso, @brookland_coffee, @duacoffee, @kopiperempuantani, @gordi.id, @commongroundsid, @braud.cafe)