Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Merawat Sepatu Kulit Anda Agar Tidak Cepat Rusak

Pencinta sepatu kulit, temukan cara bagaimana menjaga sepatu tetap seperti baru.

Cara Merawat Sepatu Kulit Anda Agar Tidak Cepat Rusak
Courtesy of Pexels

Apakah Anda suka menggunakan sepatu dengan bahan kulit untuk mengelevasi penampilan? Kalau iya, cara yang Anda lakukan adalah cara yang tepat!

Menggunakan sepatu dengan bahan kulit tentu saja akan memberikan kesan formal pada setiap penampilan Anda, bahkan apabila Anda hanya mengenakan setelan kemeja putih dan jeans berwarna biru terang. 

BACA JUGA: 15 Merek Sepatu Wanita Paling Populer di Dunia

Tidak jarang, Anda akan menemukan orang-orang yang masuk ke dalam gedung perkantoran dengan menggunakan sepatu kulit entah itu menggunakan setelan formal atau non-formal. Sudah tidak diragukan lagi bagaimana menggunakan sepatu kulit tentu akan membuat penampilan Anda jauh lebih menarik!

Tetapi sudah bukan rahasia juga merawat sepatu yang memiliki bahan kulit memerlukan perhatian yang ekstra, seperti bagaimana Anda menyimpannya, cara membersihkannya, dan dengan apa Anda membersihkan sepatu kulit Anda. 

Pengguna sepatu dengan bahan kulit tentu saja akan membangun love and hate relationship, karena dapat memberikan penampilan yang tampak rapi tetapi perhatian ekstra juga harus diberikan. 

Jangan khawatir bila Anda adalah bagian dari orang-orang yang mencintai sepatu kulit bahkan mengoleksinya, Bazaar akan memberikan saran bagaimana merawat sepatu kulit Anda agar tetap terlihat seperti baru dan tidak lupa juga cara yang baik untuk membersihkannya. Yuk! Simak artikel ini. 


Cara merawat sepatu berbahan kulit:

  1. Lakukan pencucian sepatu yang tepat

    Saat sepatu kulit terkena kotoran atau tampak kotor, Anda hanya perlu mengelapnya menggunakan lap basah atau produk pembersih yang memang dikhususkan untuk sepatu kulit. Apabila Anda mencuci sepatu kulit Anda dengan air yang mengalir akan menyebabkan kulit sepatu terkelupas, karena sepatu yang kering tidak baik terkena air.

    Lebih baik Anda memberikan water resistant spray agar menjaga kulit dari sepatu air yang dapat menyebabkan kerusakan.

  2. Jangan terlalu sering dipakai

    merawat sepatu kulit
    Courtesy of Pexels


    Sepatu kulit tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari, agar terhindar dari terkena kotoran atau sengatan sinar matahari yang akan memberikan efek yang tidak baik untuk kulit dari sepatu, karena hal ini akan merusak warna dan juga tekstur dari sepatu kulit.

  3. Simpan di tempat kering

    Perhatikan tempat penyimpanan sepatu kulit Anda, karena untuk menjaga sepatu dengan bahan kulit haruslah menyimpannya di tempat yang memiliki suhu terkontrol, sejuk dan kering karena suhu yang lembab dan panas akan merusak kulit.

  4. Gunakan shoehorn dan shoe tree

    Shoehorn
    merupakan sendok sepatu yang memiliki kegunaan untuk membantu Anda menggunakan sepatu, terkadang saat akan menggunakan sepatu kebanyakan orang cenderung akan menginjak belakang sepatu dan hal ini akan menyebabkan kerutan pada sepatu yang memiliki bahan kulit.

    Jadi, shoehorn digunakan untuk menghindari menginjak belakang sepatu dan menjaga sepatu agar tidak cepat rusak. Selanjutnya ada shoe tree atau pengganjal sepatu yang memiliki kegunaan untuk mempertahankan bentuk dari sepatu, sehingga bentuk sepatu Anda akan tetap terjaga dengan baik.  

  5. Simpan sepatu di kotak asli

    merawat sepatu kulit
    Courtesy of Pexels


    Kalau memang rak sepatu Anda penuh, jangan menyimpannya dengan cara ditumpuk di atas sepatu lain. Simpanlah sepatu kulit Anda di kotak aslinya untuk menjaga dari kotoran yang mungkin menempel dan menjaga warna sepatu kulit. 

Setelah membaca setiap saran dari merawat sepatu berbahan kulit, sekarang saatnya Bazaar membawa Anda untuk mengenal bagaimana cara mencucinya.

Mari perhatikan cara-cara dibawah ini dan jangan lupa untuk save tips ini, ya!

merawat sepatu kulit
Courtesy of Pexels

Cara mencuci kulit sepatu:

  1. Cuci tali sepatu secara terpisah

    Lepaskan tali sepatu terlebih dahulu sebelum melakukan pencucian dan pembersihan sepatu, hal ini diperuntukan agar pembersihan dapat dilakukan maksimal tidak hanya pada sepatu namun pada talinya juga.

  2. Bersihkan kotoran kering dengan sikat berbulu halus

    Hindari mencuci sepatu dengan bahan kulit menggunakan air, seperti dijelaskan di atas bahwa air yang mengenai sepatu kulit akan merusak bahan kulit. Maka dari itu gunakan lap kering atau sikat berbulu halus.

  3. Gunakan teknik menyeka

    Pastikan sepatu kulit Anda sudah disimpan pada suhu yang normal, saat akan melakukan pembersihan dengan lap kering atau dengan lap yang sedikit basah jangan lupa gunakan teknik menyeka, sehingga akan menjaga tekstur kulit di sepatu Anda.

  4. Keringkan sepatu

    Usai menyekanya dengan lap yang sedikit basah, langsung keringkan sepatu kulit. Caranya dengan meletakkannya di ruang terbuka yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari berlebih.

  5. Aplikasikan conditioner

    Terakhir, gunakan conditioner pada sepatu kulit Anda untuk menutrisi, menjaga kelembutan, menguatkan dan juga menjaga elastisitas dari bahan kulit sepatu Anda. 

BACA JUGA:
10 Rekomendasi Model Sepatu Wanita
5 Rekomendasi Tas Branded Buat Pemula

(Penulis: Farah Armelia Khadijah; Foto: Courtesy of Pexels)