Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan

Mulai dari buah tangan untuk perawatan kulit sampai peralatan makan.

10 Oleh-Oleh Khas Korea Selatan
Layout by Gracia Nathanya

Korea Selatan menjadi salah satu negara yang menjadi destinasi dari banyaknya wisatawan yang berkunjung. Mulai dari pencinta Korean Pop, Korean Drama, Korean Beauty sampai masyarakat yang ingin merasakan bagaimana kedai kopi gemas yang mulai banyak hadir di Korea Selatan. 

BACA JUGA: 8 Scented Candle Aroma Terbaru

Tidak lupa, Korea Selatan merupakan surga bagi pencinta skincare, karena Anda bisa menemukan banyak sekali skincare yang dapat Anda gunakan untuk kulit Anda. Belum lagi street food Korea Selatan yang beragam menjadi salah satu hal yang menarik banyak wisatawan ingin berkunjung ke Korea Selatan. 

Bila Anda sedang berlibur atau sedang merencanakan untuk bepergian ke Korea Selatan, jangan lupa untuk membawa buah tangan untuk orang-orang terdekat atau hanya untuk kenangan yang diperuntukan untuk diri sendiri. Bila Anda bingung ingin membawa apa sepulang dari Korea Selatan, mari Bazaar ajak untuk melihat list oleh-oleh populer dari Korea Selatan sebagai berikut:

Produk Kecantikan

PeriPera
Courtesy of PeriPera

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Korea Selatan adalah negara yang memelopori beredarnya produk perawatan kulit, mulai dari memunculkan istilah 10 Steps Korean Skincare sampai Korean Makeup Look.

Biasanya harga produk skincare dan kosmetik di Korea Selatan jauh lebih murah daripada saat masuk Indonesia, tidak jarang juga setiap pembelian akan diberikan hadiah free sample yang bisa Anda bagikan sebagai buah tangan atau bisa menjadi salah satu referensi produk yang akan Anda beli di kemudian hari.

Berikut adalah beberapa brand asal Korea Selatan yang dapat Anda kunjungi saat berada disana, 3CE, Banila.co, Mamonde, Clio, Laneige, dan Too Cool for School. 

Kimchi

Kimchi
Courtesy of Pexels

Salah satu makanan khas Korea Selatan yang cukup populer ini cukup digemari karena Kimchi masuk ke dalam golongan makanan sehat.

Makanan ini terbuat dari sawi putih, lobak, atau timun yang difermentasi dengan bumbu tradisional. Biasanya saat Anda merasakan Kimchi di Korea Selatan langsung akan jauh berbeda dan otentik dari Kimchi yang ada di restoran di Indonesia. 

Ginseng

Korea Selatan mendapat sebutan sebagai negeri Ginseng karena menjadi salah satu negara yang memproduksi rempah-rempah dengan kualitas terbaik. Ginseng pun diyakini memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan sangat cocok apabila Anda ingin menjadikan ini oleh-oleh untuk orang tua atau bahkan untuk disimpan di rumah dan di konsumsi secara teratur. 

Fashion Item

Gentle Monster
Courtesy of Gentle Monster

Korea Selatan tidak hanya mengenai makeup dan korean wave, saat ini ada beberapa fashion item yang berhasil mendapat perhatian dunia.

Salah satunya adalah Gentle Monster, merupakan label kacamata yang menggunakan Jennie dari Blackpink sebagai brand ambassador-nya. Lini kacamata ini sendiri cukup disukai oleh banyak kaum muda. Bila Anda ingin membeli beberapa fashion item sebagai oleh-oleh tentu saja Anda dapat melihat brand-brand berikut, seperti Stylenanda, 8 Seconds, dan SJYP. 

Produk Wewangian 

W.Dressroom
Courtesy of W.Dressroom

Parfume juga dapat menjadi alternatif dari oleh-oleh yang dapat Anda belikan untuk orang terkasih, salah satu brand yang cukup populer adalah W.Dressroom seri Dress & Living Clear Perfume.

Produk ini banyak digunakan oleh idol Korea yang membuat brand ini akhirnya cukup dikenal, memiliki 29 varian aroma mulai dari musk sampai floral. 

Pernak-pernik K-Pop

SMTown Global Shop
Courtesy of SMTown Global Shop

Seperti skincare, Korea Selatan juga adalah surga bagi Anda pencinta K-Pop karena disini Anda dengan mudah bisa mendapatkan pernak-pernik tanpa harga yang lebih mahal.

Karena biasanya saat Anda melakukan pembelian pernak-pernik K-Pop di salah satu website global seperti smtownglobalshop.com maka Anda akan membayar biaya pajak juga, apabila melakukan di SMTown Store di Korea Selatan atau yang dikenal saat ini sebagai Studio Kwangya milik SM Entertainment maka harga yang akan Anda dapatkan jauh lebih murah. 

Camilan Korea

Di Korea Selatan juga dikenal sebagai negara yang memiliki banyak sekali cemilan yang dapat Anda beli, mulai dari rumput laut sampai keripik singkong yang dibalut dengan madu dan susu pisang yang cukup fenomenal bisa Anda dapatkan di convenience store di Korea Selatan yang ada di setiap ujung jalan. 

Peralatan Makan Korea Selatan

Sujeo merupakan sebutan dari peralatan makan di Korea Selatan, biasanya peralatan makan orang Korea berbahan stainles steel dan sendok yang berbeda bentuknya yaitu sedikit cembung. Bila Anda ingin membawa ini sebagai oleh-oleh Anda bisa membeli secara set karena di dalamnya Anda akan langsung mendapatkan sendok, garpu, dan sumpit. 

Berbagai Jenis Teh

Teh Omija merupakan salah satu dari banyaknya teh yang dikenal di Korea Selatan karena terkenal sebagai negara yang memproduksi rempah-rempah untuk kesehatan. Teh omija sendiri merupakan buah yang mirip seperti buah berry dan sering dimanfaatkan oleh orang Korea Selatan untuk dijadikan minuman teh. 

Soju

Sebuah minuman beralkohol dengan kadar sekitar 25% dan biasanya Soju tersedia dengan banyak varian rasa.

Terlebih Soju ini cukup populer karena setiap drama Korea selalu menampilkan aktornya meminum Soju, banyak orang jadi mengenal Soju dan ingin merasakan juga bagaimana rasa-rasa dari Soju. 

BACA JUGA:
10 Mata Uang Terendah di Dunia
105 Film Paling Romantis Sepanjang Masa

(Penulis: Farah Armelia Khadijah; Layout: Gracia Nathanya; Foto: Courtesy of SMTown Global Shop, Peripera, Pexels, W.Dressroom dan Gentle Monster)