Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Hibur Diri Anda dengan 10 Variety Show Korea Selatan yang Lekat dengan Unsur Komedi Ini!

Daftar berikut cocok bagi Anda yang sudah pernah merasakan ‘pengalaman’ darinya maupun Anda yang sama sekali tidak memiliki referensi.

Hibur Diri Anda dengan 10 Variety Show Korea Selatan yang Lekat dengan Unsur Komedi Ini!
Foto: Courtesy of IMDb dan Soompi

Hingga saat ini, K-Wave atau Korean wave masih terus berlayar di kancah internasional. Indonesia pun dikenal sebagai salah satu negara yang mengonsumsi banyak produk hiburan darinya. Nyatanya, tidak hanya K-Pop yang digandrungi oleh banyak orang, tetapi juga variety show asal Korea. Kekuatan mereka terdapat pada keragaman konten yang disajikan, membuat tontonan-tontonannya tidak terasa membosankan dan dapat dikonsumsi oleh ragam macam usia. 
 
Tentunya, sebagian besar aktivitas Anda masih dilakukan di rumah, mengingat pandemi Covid-19 yang belum menampakkan titik akhirnya. Namun, tak perlu khawatir, karena tampaknya ini menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk menikmati tayangan variety show korea yang tentunya menghibur. 
 
Oleh karena itu, melalui artikel ini, Bazaar akan memberikan daftar tayangan tersebut untuk Anda tonton, baik bagi Anda yang sudah pernah merasakan ‘pengalaman’ darinya maupun Anda yang sama sekali tidak memiliki referensi. Berikut adalah 10 variety show asal Korea yang tentunya mengandung banyak unsur komedi. 
 


1. Running Man


 

 
Running Man dapat dikatakan sebagai salah satu variety show Korea yang paling populer hingga saat ini, terbukti dari masyarakat internasional yang menaruh perhatian besar padanya. Hal tersebut tidaklah mengherankan, mengingat acara yang terbentuk sejak tahun 2011 itu menawarkan tayangan yang sangat menghibur. Tampaknya, dapat dijamin bahwa Anda akan tertawa jika menontonnya. 
 
Unsur komedi tersebut dihadirkan melalui konsep dari acara itu sendiri dan kelakuan para anggotanya. Terdiri dari 7 anggota, yaitu Yoo Jae-suk, Ji Suk-jin, Kim Jong-kook, Haha, Song Ji-hyo, Jeon So-min, dan Yang Se-chan, mereka diharuskan menyelesaikan challenge yang berbeda tiap episodenya. Biasanya, challenge tersebut berupa permainan dan misi, baik individual maupun per grup. Tantangan yang unik dan tentunya sulit itu mampu menghadirkan tawa para penonton. Kekonyolan tiap anggota pun akan mengocok perut Anda. Intinya, Running Man dijamin dapat memenuhi hari Anda dengan tawa. 
 
Sebelumnya, pada 27 April kemarin, salah satu anggota, Lee Kwang-soo dikabarkan harus hengkang dari acara tersebut, setelah menjadi bagian darinya sejak Running Man dibentuk. Kabar tersebut sontak membuat penggemar sedih karena sosoknya tak dapat tergantikan.


 
2. New Journey to the West


 

 
Hadir sejak tahun 2015, New Journey to the West telah berlangsung selama delapan musim. Serupa dengan Running Man, variety show yang satu ini mengharuskan para anggotanya menyelesaikan misi. Namun, misi tersebut terangkum dalam satu musim, bukan per episode. Hal tersebut menjadikan tiap musimnya terasa sangat berbeda, memberikan ‘udara segar’ bagi para penonton yang mulai menonton musim barunya. 
 
Jika misi tersebut berhasil mereka selesaikan, akan ada reward yang diberikan. Namun, sebaliknya, jika mereka gagal, hukuman akan menghantui masing-masing dari mereka. Acara yang disutradarai oleh Na Young-seok ini terdiri dari enam anggota (berdasarkan musim terakhir), yaitu Kang Ho-dong, Lee Soo-geun, Eun Ji-won, Song Min-ho, Cho Kyu-hyun, dan P.O. 
 


3. 2 Days 1 Night


 

 
Sesuai dengan judulnya, variety show tersebut dijalankan oleh para anggotanya selama dua hari dan satu malam. Acara yang telah berjalan selama 10 tahun ini juga memiliki misi-misi yang perlu diselesaikan oleh para anggota, baik itu secara individu ataupun grup. Uniknya, setiap episode akan menghadirkan tema yang berbeda dan misi pun disesuaikan dengan tema yang berlaku. 
 
Selain itu, terdapat juga misi-misi reguler pada setiap episodenya, seperti penentuan apakah anggota dapat makan atau tidak dan penempatan tidur mereka, apakan tidur di dalam atau di luar ruangan. Ragam usaha dan kekonyolan yang ditampakkan para anggotanya mampu membawa virus tawa, ditambah dengan misi-misi yang menghibur. 
 
Acara ini pun kerap digemari karena bertujuan untuk mengenalkan budaya korea, baik ke masyarakat mereka sendiri maupun penggemar internasional. Tiap episodenya, mereka akan berkunjung ke ragam lokasi dan objek wisata. Hal tersebut pun menjadi salah satu daya tarik utama darinya. 

Tiap musim mereka mempunyai anggota yang berbeda-beda, namun hanya satu orang yang bertahan sejak 10 tahun, yakin Kim Jong Min yang juga merupakan anggota dari grup idola Koyote. Di musim terbarunya ada lima anggota baru yang masing-masing punya keunggulan (tentu kekurangan), dan dari 2019 sampai sekarang mereka semakin kompak.

Siapa saja? Ada aktor senior Youn Jung Hoon yang merupakan salah satu "pencuri nasional" karena menikahi salah satu aktris tercantik Korea (Han Ga In), kemudian ada Moon Se Yoon si komedian yang jago makan, DinDin si penyanyi yang kompetitif, Kim Seon Ho yang sedang naik daun (Anda akan terkejut melihat sifat asli si Han Ji Pyeong di sini), dan juga maknae Ravi yang juga merupakan anggota idol Vixx.


 
4. Men on a Mission / Knowing Bros / Knowing Brother


 

 
Daya tarik utama dari acara yang satu itu adalah bintang tamu yang selalu dihadirkan pada tiap episodenya, mulai dari idol K-Pop hingga aktor-aktris Korea Selatan. Konsep darinya pun cukup unik, yaitu dengan setting sekolahan. Para bintang tamu berperan sebagai murid baru, di mana para anggota tetap berperan sebagai murid lama dari sekolah tersebut. Oleh karena itu, para bintang tamu akan berbagi banyak cerita pada acara yang hadir sejak tahun 2015 itu, mulai dari cerita perjalanan karier mereka hingga cerita mengenai momen-momen lucu dan aneh dalam hidupnya.
 
Para anggota yang mampu membuat suasana menjadi lucu pastinya akan menghibur Anda. Mereka akan menanggapi ragam cerita dari bintang tamu dengan unik dan tentunya menghibur. Ragam permaianan pun dihadirkan melaluinya. Hingga saat ini, acara tersebut terdiri dari enam anggota, yaitu Kang Ho-dong, Seo Jang-hoon, Kim Young-chul, Lee Soo-geun, Min Kyung-hoon, dan Lee Sang-min. 


 
5. Busted


 

 
Butuh perpaduan antara misteri dan komedi? Anda bisa mendapatkannya melalui tayangan Busted. Variety show yang tersedia di Netflix ini dijamin tak akan membosankan karena dikelilingi oleh kasus misteri yang harus dipecahkan oleh para anggota, yang tentunya berperan sebagai detektif, yang terdiri dari Yoo Jae-suk, Lee Kwang-soo, Kim Jong-min, Park Min-young, Oh Se-hun, Kim Se-jeong, dan Lee Seung-gi (berdasarkan musim terakhir). Lucunya, mereka sama sekali tidak menggambarkan sikap detektif pada umumnya, khususnya ketika mereka menampakkan kebingungan ketika harus menyelesaikan misi sulit yang mengundang tawa penonton. 
 
Setiap episodenya menyuguhkan kasus yang berbeda, didasarkan pada sketsa yang disajikan oleh aktor dan komik terkenal Korea, yang mana semua itu hanyalah bagian dari plot menyeluruh yang terungkap ketika Anda menonton keseluruhan episodenya. 


 
6. I Live Alone / Home Alone


 

 
Acara yang satu ini dikenal akan keunikan konsepnya, yaitu memperlihatkan keseharian para bintang tamu yang hidup sendiri di apartemen atau rumahnya. Bintang tamu dari acara ini pun beragam, mulai dari idol K-Pop, aktor-aktris, hingga komedian. Keseharian bintang tamu tersebut direkam melalui cctv maupun kamera yang dipasang di sekitar tempat tinggalnya sehingga mampu menangkap ragam hal yang mereka lakukan. 
 
Setiap episodenya, para anggota tetap dari acara tersebut akan menonton tayangan keseharian dari sang bintang tamu, layaknya komentator sembari menonton tayangan tersebut secara langsung. Bintang tamu terkait pun akan hadir pada masing-masing episodenya. Unsur komedi dihadirkan dari komentar lucu para anggota yang menjadi saksi atas kehidupan para bintang tamu. Tak jarang bintang tamu yang tampak cool di depan kamera menunjukkan sisi aslinya yang natural dan lucu ketika tertangkap oleh kamera CCTV. 


 
7. Master in the House / All the Butlers


 

 
Serupa dengan 2 Days 1 Night, para anggota akan menghabiskan dua hari dan satu malam pada tiap episodenya. Mereka akan menjalani hari bersama dengan tokoh-tokoh terkemuka dari berbagai bidang atau profesi, yang dikenal sebagai Master. Melalui ragam aktivitas yang dilakukan, mereka akan mendalami dan mengenal kehidupan para Master itu. Tujuan utamanya adalah agar mereka mendapatkan pengetahuan dan kebijaksanaan dari tokoh-tokoh tersebut. 
 
Walau terkesan serius dan berbobot, kelakuan para anggota yang berusaha mengikuti keeharian para master dapat membuat Anda tertawa lepas. Para anggota, yang terdiri dari Lee Seung-gi, Yang Se-hyung, Shin Sung-rok, Kim Dong-hyun, dan Cha Eun-woo, akan menampilkan sisi humoris mereka yang menghibur pada tiap episode yang tentunya menarik untuk ditonton. 
 


8. Infinite Challenge


 

 
Walau acara tersebut sudah tidak menayangkan episode baru, nama dan kisahnya akan tetap dikenang oleh penggemar karena telah menemani mereka selama 13 tahun (2005-2018) dan memberikan hiburan yang berarti. Tak hanya terkenal, tetapi acara yang terdiri dari empat musim itu dianggap sebagai salah satu pelopor variety show Korea Selatan. Para anggota yang menjadi bagian di dalamnya pun memiliki ‘nama’ yang besar dalam industri hiburan Korea Selatan, yaitu Yoo Jae-suk, Jeong Hyeong-don, Park Myeong-su, Jeong -Jun-ha, Haha, Yang Se-hyung, dan Jo Se-ho (berdasarkan musim terakhir). 
 
Acara tersebut dipenuhi oleh ragam tantangan yang sering kali tidak masuk akal atau tidak mungkin dicapai. Hal tersebut membuat program yang satu itu mengandung aspek komedi satir dari variety show, daripada kompetisi standar. Walau kesulitan, tampaknya mereka senang dan tertantang untuk mencoba hal-hal yang tampaknya mustahil.


 
9. The Return of Superman


 

 
Sangat cocok untuk ditonton oleh segala usia, tayangan yang satu ini dapat Anda nikmati bersama anak Anda! Jalur cerita utama dari acara tersebut adalah para ayah yang diminta untuk menjaga anak-anak mereka, tentunya tanpa bantuan sang istri. Oleh karena itu, acara tersebut diberi judul The Return of Superman, menonjolkan bagaimana sosok Ayah juga bisa mejnaga anak dengan baik dan bahwa tugas tersebut bukanlah semata-mata tugas seorang ibu atau istri. 
 
Unsur yang membuat Anda akan tertawa dihadirkan melalui keseharian sang ayah dan anak. Tayangan tersebut akan memperlihatkan bagaimana kesulitan yang dialami oleh para pria dan tingkah laku lucu anak-anaknya. Sosok yang mengisi variety show ini adalah figur publik Korea Selatan, mulai dari musisi, aktor, hingga atlet. Beberapa nama pasangan ayah dan anak yang cukup terkenal adalah Sam Hammington bersama William dan Bentley; Yoshihiro Akiyama bersama Choo Sarang; Song Il Kok bersama Dae-han, Min-guk, dan Man-se; serta pasangan-pasangan lainnya.


 
10. House on Wheels


 

 
Variety show yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin terhibur, baik oleh candaan para anggota maupun pemandangan Korea Selatan yang menakjubkan. Bertajuk House on Wheels, ketiga anggota, yaitu Yeo Jin-goo, Sung Dong-il, dan Kim Hee-won, melakukan perjalanan melintasi Korea Selatan. Uniknya, perjalanan tersebut dilaluinya melalui sebuah mobil yang membawa ‘rumah’ mereka. Jadi, di ‘rumah’ itulah mereka menginap pada setiap episodenya, setiap mengunjungi lokasi baru yang tentunya menawarkan alam yang indah. Bintang tamu pun dihadirkan tiap episodenya, diajak untuk mendapatkan pengalaman unik yang tentunya seru selama satu atau dua malam. 
 
Tayangan tersebut tentu saja akan menghibur Anda, ketika para Anggota menemukan kesulitan pada tiap episode, khususnya bertahan hidup hanya dengan pasokan yang tersedia di mobil maupun ‘rumah’ tersebut. Tantangan lain pun muncul ketika mereka harus menyiapkan sang ‘rumah’ pada setiap lokasi pemberhentian baru. Tak hanya menghibur, tetapi tontonan tersebut mampu mengurasi rasa stres Anda karena tiap detiknya memperlihatkan pemandangan yang memukau. 
 
(Penulis: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of IMDb dan Soompi)