Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengenal Terapi Oil Pulling

Sebuah metode istimewa yang mudah diterapkan demi hidup lebih sehat.

Mengenal Terapi Oil Pulling

Oil pulling merupakan pengobatan khas Ayurveda yang telah ada sejak tiga ribu tahun silam. Meski sekilas terkesan konvensional, namun sebetulnya terapi ini menjanjikan banyak manfaat untuk kesehatan sekaligus sangat simpel untuk diaplikasikan.

Caranya sesederhana berkumur-kumur dengan minyak sebanyak satu sendok makan selama 20 menit saja, tanpa menelannya kemudian. Sebagai pilihan tipe minyak, Anda bisa menggunakan virgin coconut oil, minyak wijen ataupun sunflower oil. Namun untuk oil pulling ini, minyak kelapa dinilai paling efektif dalam membantu mengatasi plak, gingivitis (pembengkakan gusi), serta mikroorganisme yang mengakibatkan bau mulut.

Pasalnya, sel-sel tersebut dilapisi oleh lemak yang dapat terangkat secara alami jika terpapar kontak dengan minyak. Mulailah secara bertahap, misalnya berkumur selama lima menit terlebih dulu. Lakukan secara teratur seraya meningkatkan durasinya.

Jangan lupa, sikat gigi Anda seperti biasa. Gigi lebih putih dan bebas karang serta napas nan wangi menjadi beberapa hasil yang diklaim oleh orang-orang yang telah menjajal teknik ini. Berniat mencobanya? Pastikan saja Anda tidak memiliki alergi akan coconut oil dan sejenisnya. 


Baca juga:

Terapi Vichy Shower di Alila Seminyak

Mengenal Manfaat Terapi Berkebun

4 Manfaat Terapi Hortikultura


(Foto: Kutsenko Denis/Shutterstock.com)