Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Jelajah Dunia Mode: Film Inspiratif Tentang Fashion Designer

Saksikan beberapa film fashion ini dan perluas pemahaman Anda tentang dunia mode yang penuh dengan pengetahuan yang menarik untuk dipelajari.

Jelajah Dunia Mode: Film Inspiratif Tentang Fashion Designer
Layout by Aura Zataline

Fashion selalu menjadi topik perbincangan yang tak ada habisnya. Para ikon mode pun turut berlomba-lomba untuk selalu melahirkan busana yang elok, aksesori yang menawan, serta tas-tas cantik yang dapat Anda rangkul setiap harinya. 

BACA JUGA: 10 Busana Terbaik di Breakthrough Prize Ceremony 2024

Tak hanya bagi fashion enthusiast, baik dari kacamata awam, dunia fashion tampak sangat glamor. Namun, berbeda dengan kesan yang ditampilkan, proses menciptakan item fashion yang ikonis tidaklah mudah. Sebelum item fashion mencapai ketenaran, para fashion designer harus menghadapi berbagai tantangan. Dedikasi yang luar biasa dari para fashion designer tercermin dalam kesuksesan mereka yang masih terus terlihat hingga saat ini.

Kisah jatuh bangun para legenda mode pada saat berproses terlihat menarik untuk dijadikan sebuah motivasi. Untuk itu, bagi Anda para pencinta dunia fashion, berikut daftar film fashion yang dapat Anda nikmati untuk mengetahui sosok jenius di balik sebuah brand atau label.

1. Yves Saint Laurent

Mengisahkan tentang perjalan karier salah satu desainer fashion yang paling berpengaruh dalam sejarah, Yves Saint Laurent. Dibuka dengan masa muda Yves saat dirinya masih belia dan penuh ambisi. Anda dapat menyaksikan dalam alur filmnya bagaimana ia berproses dan diakui sebagai salah satu desainer paling berbakat dalam industri fashion. 

Film fashion designer ini juga menampilkan momen-momen penting dalam kariernya, seperti peluncuran koleksi ikonisnya, hubungannya dengan para sosok terkemuka dalam dunia fashion, dan dampaknya terhadap industri mode secara keseluruhan.

2. Dior and I

Film ini mengangkat kisah seorang fashion designer asal Belgia, Raf Simons. Bermula saat pertama kali ia menjadi direktur kreatif untuk rumah mode Dior. Koleksi haute couture merupakan hasil tangan dari icon fashion dunia tersebut. Di balik indahnya koleksi ini, proses yang dihadapi oleh Raf tak cukup mudah. Berbagai macam tekanan hadir dan tentu halangan tersebut tak menjadikan seorang desainer fashion ternama itu menyerah. Dalam film Dior and I, Anda akan mendapatkan wawasan yang mendalam tentang bagaimana sebuah koleksi haute couture diciptakan, dari konsep awal hingga show di atas panggung.

3. Diana Vreeland: The Eye Has to Travel

Diana, seorang icon mode dan editor fashion legendaris yang turut serta dalam membentuk dunia mode. Film fashion designer ini akan membawa Anda bagaimana perjalanan hidup Diana dari masa kecil hingga menjadi salah satu pemimpin redaksi mode yang paling berpengaruh dalam sejarah. Karakteristik sang Editor-in-Chief Harper's Bazaar ini terbilang cukup berani. Ia melakukan standarisasi tolak ukur kecantikan, serta mengkombinasi budaya populer dengan dunia fashion. Ketenaran celana jeans dan bikini merupakan hasil kontribusi Diana terhadap perkembangan fashion yang masih dapat dinikmati hingga sekarang.

Selain itu, film ini juga menyoroti hubungan pribadi Diana dengan keluarganya, serta bagaimana hubungan ini mempengaruhi kariernya dalam dunia fashion.

4. Coco Before Chanel

Merupakan film biografi sang desainer ternama yang berasal dari Prancis, Gabrielle "Coco" Chanel. Film fashion designer ini menyuguhkan Anda bagaimana masa muda Coco di awal abad ke-20 di Prancis. Kisah hidup Coco yang tumbuh dalam lingkungan yang keras, tepatnya di sebuah panti asuhan di Provence, menjadi cerita yang sangat menginspirasi. Kesuksesan perjuangan untuk “keluar” dari keterbatasannya dan mengejar impian menjadi seorang perancang busana tentu tak didapatkan dalam satu malam. Dengan kecerdasan dan ketekunan, ia merintis jalan ke puncak sebagai salah satu fashion designer berpengaruh di dunia.

5. Martin Margiela: In His Own Words

Tabi boots, Glam Slam Bag, Replica Sneakers. Terdengar populer? Ini merupakan karya-karya inovatif yang diciptakan oleh Martin Margiela. Sosok desainer fashion asal Belgia ini memberikan Anda akses eksklusif untuk mengetahui seluk-beluk perjalanan kariernya melalui wawancara eksklusif yang ditumpahkan dalam film dokumenter Martin Margiela: In His Own Words. 

Film fashion designer ini menjelajahi masa awalnya, era kepemimpinan Maison Martin Margiela, dan keputusannya untuk mundur dari sorotan publik pada tahun 2009. Anda juga dapat melihat koleksi ikonisnya, termasuk pakaian yang didekonstruksi, pertunjukan runway avant-garde, serta instalasi yang memikat dalam film fashion tersebut. 

6. Halston

Film ini bercerita mengenai perjalanan karier seorang fashion designer Amerika Serikat, Roy Halston Frowick, dari penjahit di Midwest hingga menjadi icon mode pada tahun 1970-an dan 1980-an. Film fashion designer ini menyoroti prestasinya dalam menciptakan gaya busana sederhana dan elegan serta kolaborasinya dengan selebriti terkenal. Tak hanya prestasi dan popularitas yang ditampilkan, alur film fashion designer ini juga memperlihatkan tantangan serta konflik yang dihadapi Halston. Di tengah menjaga kreativitasnya di tengah tekanan bisnis dan kehidupan pribadi yang rumit.

7. House of Versace

Mengisahkan tentang kehidupan Donatella Versace, adik dari seorang fashion designer terkenal, Gianni Versace, dan perjalanan merek Versace setelah kematian Gianni. Film fashion designer ini menggambarkan bagaimana Donatella menghadapi tantangan besar setelah Gianni tewas dalam sebuah serangan di rumahnya pada tahun 1997. Donatella kemudian harus mengambil alih kepemimpinan Versace dan berjuang untuk mempertahankan warisan mode yang sudah dibangun oleh Gianni.

8. Seamless

Sutradara Douglas Keeve kembali mengeksplorasi industri fashion, berfokus pada sekelompok desainer baru yang berambisi untuk memenangkan penghargaan prestisius CFDA/Vogue Fashion Fund. Doo-Ri Chung, Alexandre Plokhov, serta duo Lazaro Hernandez dan Jack McCollough memiliki kepribadian yang bertentangan, namun jika berbicara mengenai ambisi, mereka berada di garis yang sama dalam menjelajahi dunia fashion. Seperti halnya industri fashion pada umumnya, mereka akan memerlukan dedikasi dan semangat yang tinggi untuk mencapai kesuksesan. Film fashion designer ini menyuguhkan Anda apa saja tantangan para fashion designer sebelum mereka dapat memenangkan penghargaan utama.

BACA JUGA:

10 Busana Terbaik di Breakthrough Prize Ceremony 2024

Batik dan Tenun Indonesia Karya Obin Komara Mendapat Penghargaan Internasional

(Penulis: Fenny Marandita; Layout: Aura Zataline; Video: Courtesy of YouTube)