Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Sauna Inframerah: Apa Manfaatnya?

Dokter kulit memberikan pendapat mereka tentang tren kesehatan yang berkaitan dengan keringat.

Sauna Inframerah: Apa Manfaatnya?
Courtesy of Bazaar US

Dalam lanskap tren kesehatan yang terus berkembang, sauna dan selimut inframerah telah menjadi tempat yang bertahan lama di kalangan penggemar dan selebritas, seperti Gwyneth Paltrow dan Lady Gaga, tidak tanpa alasan. Sama seperti sauna di tempat spa favorit Anda, mereka membantu meredakan nyeri, meningkatkan sirkulasi, dan meremajakan kulit, di antara manfaat lainnya. Namun, apakah sauna inframerah benar-benar memenuhi ekspektasi?

BACA JUGA: Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Sauna Inframerah

Untuk mencari jawabannya, kami langsung mendatangi sumbernya, meminta pendapat para ahli dari brand sauna inframerah dan dokter kulit, untuk mengurai manfaat sauna inframerah dan memberikan pandangan apakah layak untuk ditambahkan ke rutinitas kecantikan dan kesehatan Anda.

Apa itu cahaya inframerah?

Sementara kita disarankan untuk melindungi kulit kita dari sinar matahari dengan sunscreen, cahaya inframerah sebenarnya meniru energi cahaya matahari yang sehat, tapi tanpa sinar UVA dan UVB yang berbahaya. Itu karena adalah "bagian dari spektrum cahaya yang tidak terlihat," kata Karan Lal, seorang dokter kulit bersertifikat dari Affiliated Dermatology di Scottsdale, Arizona. Meskipun Anda tidak bisa melihat cahaya inframerah, Anda bisa merasakannya dalam bentuk panas yang lembut. Cahaya inframerah dapat dibagi menjadi tiga kategori: dekat, tengah, dan jauh, masing-masing menawarkan panjang gelombang dan energi yang berbeda yang mungkin bermanfaat bagi tubuh dalam berbagai cara.

Apa itu sauna inframerah?

Sauna inframerah terlihat dan terasa mirip dengan sauna tradisional (Finnish), tapi dengan beberapa perbedaan kunci. Berbeda dengan sauna konvensional yang melepaskan panas saat Anda membuka pintu, sauna inframerah tidak sepanas itu, jadi mereka secara perlahan memanaskan tubuh Anda untuk pengalaman yang kurang membingungkan (dan sedikit lebih menyenangkan). Alih-alih memanaskan udara, sauna inframerah didukung oleh ketiga gelombang cahaya tak terlihat yang disebutkan sebelumnya (dekat, tengah, dan jauh inframerah). Tubuh Anda menyerapnya dan, dengan demikian, meningkatkan suhu inti Anda dari dalam, kata Lauren Berlingeri, co-founder dan co-CEO HigherDose, brand kesehatan yang mengkhususkan diri dalam sauna inframerah dan produk-produknya. Bayangkan tubuh kita menyerap cahaya inframerah dengan cara yang sama seperti panel surya menyerap sinar matahari, kata Connie Zack, co-founder Sunlighten, sebuah perusahaan sauna inframerah.

Courtesy of Bazaar US

Beberapa sesi sauna inframerah termasuk kromoterapi (juga dikenal sebagai terapi warna) sebagai cara untuk menyesuaikan pengalaman kesehatan Anda. Di sauna Sunlighten, misalnya, ada remote di mana Anda bisa memilih salah satu dari 16 mode perubahan warna. Dari semuanya, "terapi cahaya merah dan biru memiliki peran yang lebih mapan dalam perawatan kulit kosmetik dan pengobatan penyakit kulit," kata Kristina Collins, seorang dokter kulit bersertifikat ganda berbasis di Texas dan co-founder Austin Skin. "Cahaya merah biasanya digunakan untuk perawatan anti-penuaan serta pengobatan kebotakan karena merangsang produksi kolagen dan mengurangi peradangan." Cahaya biru, di sisi lain, "sering digunakan untuk pengobatan jerawat karena membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat di kulit."

Apa manfaat sauna inframerah?

Manfaat sauna inframerah meliputi kategori kecantikan, kesehatan, dan kesejahteraan. "Detoksifikasi adalah salah satu manfaat utama dari inframerah, menghilangkan radikal bebas dari sistem sambil meningkatkan sirkulasi, pembakaran kalori, dan aliran darah," jelas Lauren. "Studi telah menunjukkan bahwa terapi inframerah dapat membantu meredakan nyeri dan pemulihan otot, menguntungkan arthritis dan kekakuan otot." "Manfaat inframerah lain yang dilaporkan termasuk tidur yang lebih baik, mood yang lebih baik, peradangan yang berkurang, dan penampilan kulit secara keseluruhan," tambahnya.

Meskipun ada daftar manfaat yang tak ada habisnya, penting untuk dicatat bahwa belum ada penelitian mendalam tentang sauna inframerah sampai saat ini, jadi secara alami, para ahli kesehatan tetap waspada dan menyatakan kebutuhan akan penelitian yang lebih luas. Hal itu bukan berarti sesi harian di sauna inframerah tidak akan membuat kulit Anda bersinar atau membantu mengatasi nyeri otot, tetapi manfaat yang konkret masih harus terbukti dalam skala yang lebih luas, kata Kristina.

Meskipun ada kebutuhan untuk penelitian lebih lanjut, Kristina dan Karan mengakui kemungkinan keuntungan perawatan kulit dari sauna inframerah karena mereka mengedepankan keringat, "yang merupakan proses yang membantu membersihkan kulit dari kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak," kata Kristina. "Panjang gelombang tertentu dari radiasi inframerah juga menyebabkan sel-sel mengeluarkan sitokin yang mengurangi peradangan dan merangsang proses pemulihan seluler." Sebagai hasilnya: peningkatan produksi kolagen dan elastin (menurut sebuah studi tentang efek radiasi inframerah), yang membuka jalan untuk kulit yang lebih halus, garis-garis halus dan kerutan yang berkurang, dan kekencangan yang meningkat.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan manfaat dari sauna inframerah? Waktu yang dibutuhkan untuk merasakan manfaat dari sauna inframerah tidak ditetapkan; itu bervariasi secara individual dan tergantung pada tujuan kesehatan Anda yang spesifik. Seperti produk perawatan kulit seperti krim retinol, konsistensi adalah kunci untuk melihat hasil.

Berikut beberapa Sauna Blankets favorit kami.

Courtesy of Bazaar US

HigherDOSE Infrared Sauna Blanket

Courtesy of Bazaar US

REVIIV Home Infrared Sauna Blanket

Courtesy of Bazaar US

HeatPod Sauna Blanket

Courtesy of Bazaar US

Happy Sol Far Infrared Sauna Blanket for Home

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan manfaat dari sauna inframerah?

Waktu yang dibutuhkan untuk merasakan manfaat dari sauna inframerah tidak ditetapkan; itu bervariasi secara individu dan bergantung pada tujuan kesehatan Anda yang spesifik. Seperti produk perawatan kulit seperti krim retinol, konsistensi adalah kunci untuk melihat hasil.

Seberapa sering Anda harus menggunakan sauna inframerah?

Berita baiknya: karena sauna inframerah semakin populer, ada semakin banyak tempat untuk pergi untuk sesi berkeringat. Hanya di kota New York saja, sauna inframerah berlimpah di destinasi kesehatan populer seperti The Well, Clean Market, dan HigherDose. (Sesi satu jam akan memakan biaya sekitar $75 atau Rp1.170.000.) Untuk hasil terbaik, Lauren merekomendasikan memulai dengan 30 menit "dan meningkatkan hingga 60 menit" tiga kali seminggu. Secara realistis, itu mungkin tidak dapat dilakukan karena berbagai alasan, yang merupakan salah satu alasan untuk memilih versi di rumah, seperti selimut sauna inframerah.

"Selimut sauna adalah solusi fantastis bagi seseorang yang tidak memiliki akses ke sauna inframerah atau ruang di rumah mereka," kata Lauren. "Ini meniru pengalaman sauna inframerah dalam unit portabel berbahan kulit yang dapat digunakan di rumah atau saat bepergian," tambahnya bahwa selimut HigherDose "termasuk lapisan arang, kristal, dan tanah liat untuk memperkuat manfaat inframerah."

Meskipun selimut memberikan pengalaman yang mirip dengan sauna tradisional, Connie menjelaskan bahwa selimut inframerah sering beroperasi pada suhu yang lebih tinggi, yang dapat membatasi penyerapan cahaya inframerah. Selain itu, selimut inframerah biasanya tidak dirancang untuk digunakan di wajah, yang mungkin menjadi tantangan jika Anda berharap untuk meningkatkan penampilan kulit Anda. Namun demikian, seperti yang telah dijelaskan Kristina sebelumnya, berkeringat dalam kedua skenario tersebut tetap menawarkan manfaat perawatan kulit.

Apakah ada efek negatif dari sauna inframerah?

Mengingat penelitian terbatas tentang efek jangka panjang dari cahaya inframerah, Kristina merekomendasikan mendekati tren sauna inframerah dengan hati-hati. "Radiasi inframerah dapat memiliki efek merugikan pada kulit," katanya. "Ini dianggap sebagai panas oleh kulit, dan kita tahu bahwa panas adalah salah satu paparan yang memicu perkembangan tanda-tanda penuaan kulit, bersama dengan hal-hal seperti radiasi UV dan polusi." Karan menambahkan lapisan kehati-hatian lain, terutama bagi mereka dengan melasma, kondisi yang diketahui memburuk oleh panas. Ia menunjukkan bahwa "jumlah berlebihan cahaya inframerah dapat menyebabkan panas berlebihan pada kulit, yang dapat memicu lebih banyak kemerahan dan kemudian memperburuk kondisi tersebut."

Meskipun ini adalah peringatan yang penting untuk diingat, masalah yang lebih umum dilaporkan adalah efek langsung seperti kelebihan panas dan dehidrasi. "Penting untuk memahami toleransi tubuh Anda terhadap penyembuhan panas dan memastikan Anda terhidrasi," kata Lauren. (Di bagian FAQ dari situs web Sunlighten, perusahaan merekomendasikan minum "setidaknya delapan ons air" sebelumnya.) Jika Anda tidak yakin apakah sauna inframerah dapat berdampak negatif pada masalah kesehatan yang mendasarinya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Para Ahli:

Karan Lal, M.D., seorang dokter kulit bersertifikat dan direktur dermatologi kosmetik di Affiliated Dermatology di Scottsdale, Arizona.
Kristina Collins, M.D., adalah seorang dokter kulit bersertifikat ganda berbasis di Texas dan co-founder Austin Skin.
Lauren Berlingeri, seorang nutrisionis holistik bersertifikat dan co-founder serta co-CEO HigherDOSE.
Connie Zackco-founder Sunlighten, sebuah perusahaan terapi cahaya inframerah dan sauna.

BACA JUGA: 

Perbedaan Yoga dan Pilates

10 Gaya Peregangan Yoga Terbaik untuk Menghilangkan Stres dan Ketegangan, Serta Meningkatkan Fleksibilitas

(Penulis: Marisa Petrarca; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Riza Arya; Foto: Courtesy of BAZAAR US)