Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Film Psikopat Terbaik yang Wajib Anda Tonton

Rasakan sensasi takut yang berbeda dari film beraliran thriller.

Film Psikopat Terbaik yang Wajib Anda Tonton
Courtesy of IMDb

Salah satu genre film yang digemari oleh banyak orang adalah psikopat, genre ini menampilkan aksi-aksi sadis dan menyeramkan dalam alur ceritanya. Membawa Anda untuk merasakan ketegangan yang terbangun dari awal film dimulai sampai akhir. 

BACA JUGA: Rekomendasi Film Bertema Psikopat dari Korea Selatan yang Wajib Anda Tonton 

Biasanya film-film yang memiliki genre psikopat akan memberikan rasa takut yang berbeda sensasinya dari film horor, tidak jarang film yang memiliki genre psikopat akan menghadirkan satu tokoh utama yang berhati dingin dan akan melakukan hal-hal sadis yang bisa membuat adrenalin Anda terpacu saat menonton filmnya. 

Mulai dari film Halloween sampai Orphan: First Kill yang rilis di tahun 2022 sebagai salah satu sekuel dari film psikopat legendaris Orphan, berikut adalah daftar film psikopat yang wajib Anda tonton setidaknya satu kali dalam hidup Anda:

  1. Halloween (2007)

    Halloween
    Courtesy of IMDb

    Film ini mengisahkan seseorang bernama Michael Myers, seorang pembunuh berantai yang melakukan pembunuhan yang keji dan menyiksa di malam Halloween. Suasana mencekam selama film berlangsung dapat membuat Anda merasakan ketegangan dan seperti ikut dalam setiap emosi yang terbangun di dalamnya.

  2. Orphan (2009)

    Orphan
    Courtesy of IMDb

    Sebuah film yang berdurasi 123 menit dan mengisahkan mengenai seorang gadis Rusia yang bernama Esther berusia 9 tahun dan merupakan seorang anak yatim piatu yang kemudian diadopsi oleh keluarga yang sudah memiliki dua orang anak. Esther digambarkan sebagai anak yang memiliki kemampuan mendengar yang terbatas, tetapi kemampuan yang ia miliki membuat dua kayak angkatnya kaget karena ia bisa menggunakan senjata tajam untuk membunuh seekor burung. Banyak hal-hal tidak terduga yang dilakukan Esther yang ternyata merupakan seseorang pembunuh berdarah dingin dan wanita berusia 33 tahun yang memiliki penampilan seperti anak kecil karena kelainan yang ia miliki.

  3. Friday The 13th (2009)

    Friday the 13th
    Courtesy of IMDb

    Menjadi salah satu film psikopat yang cukup terkenal, di mana film ini menceritakan mengenai seseorang psikopat yang tinggal di sekitar danau Crystal. Dalam film ini sang psikopat digambarkan sebagai seseorang yang selalu mengenakan topeng ski dan membawa senjata tajam untuk membunuh orang yang berada di danau.

  4. Shutter Island (2010)

    Shutter Island
    Courtesy of IMDb

    Diperankan oleh Leonardo DiCaprio, seorang aktor ternama. Film ini akan membawa Anda untuk menjelajahi kisah seorang detektif yang memiliki wajah tampan yang bernama Edward Daniels, ia ditugaskan di sebuah pulau yang misterius dan ternyata di dalam pulau bermukim beberapa orang yang memiliki gangguan jiwa.

  5. I Saw The Devil (2010)

    I Saw The Devil
    Courtesy of IMDb

    Film dengan genre psikopat yang berasal dari Korea Selatan selalu berhasil membuat siapapun jadi merasakan ikut berpartisipasi di dalamnya. Seperti film I Saw The Devil yang dibintangi oleh Lee Byung Hun, seorang aktor ternama Korea Selatan. Ia berperan menjadi seorang laki-laki yang bekerja di sebuah badan Intelijen Nasional Korea Selatan dan dalam melakukan tugasnya ia juga harus melindungi istrinya dari seorang psikopat yang bernama Kyung Chul.

  6. Gone Girl (2014)

    Gone Girl
    Courtesy of IMDb

    Film ini diperankan oleh aktris ternama seperti Ben Affleck dan Rosamund Pike, mengisahkan hilangnya Amy yang diperankan oleh Rosamund Pike, seorang penulis terkenal asal New York dan juga istri dari Nick Dunne yang diperankan oleh Ben Affleck. Kisah ini membawa banyak sekali teka-teki yang dipecahkan untuk menemukan Amy dengan banyak sekali petunjuk yang mengarah pada Nick.

  7. Split (2016)

    Split
    Courtesy of IMDb

    Sebuah film yang dibintangi oleh James McAvoy yang berperan sebagai Kevin Wendell, seseorang yang memiliki banyak kepribadian. Kevin menculik tiga orang remaja perempuan dan menyekapnya di suatu gedung, dengan banyak kepribadian yang dimiliki oleh Kevin ada satu kepribadian utama yang mengendalikan semua kepribadian di dalam tubuh Kevin. Dalam akhir cerita, kepribadian yang ternyata lebih seram dari monster ini memiliki hasrat untuk menyiksa dan membunuh tiga remaja perempuan yang diculik.

  8. Jigsaw (2017)

    Jigsaw
    Courtesy of IMDb

    Jigsaw adalah salah satu sekuel film Saw yang cukup populer. Bila Anda sudah menonton Saw sebelumnya, film ini pasti akan membawa Anda merasakan sensasi ketegangan yang terbangun saat menonton film Saw. Latar cerita dalam film menceritakan tentang pembunuh psikopat yang kembali hidup dari kematiannya yang ditampilkan di seri Saw yang ke-7 dan sama seperti film pendahulunya, Jigsaw menjadi salah satu film yang bisa membuat Anda merasakan ketakutan melalui pertumpahan darah yang ditampilkan.

  9. V.I.P (2017)

    V.I.P
    Courtesy of IMDb

    Salah satu film psikopat asal Korea Selatan yang mengisahkan mengenai seorang pembunuh berdarah dingin yang mendapatkan perlindungan dari CIA karena ia merupakan anak dari seorang Jenderal Korea Utara. Film ini cukup populer karena jalan ceritanya yang memikat dan dibintangi oleh salah satu aktor papan atas Korea Selatan, yaitu Lee Jong Suk.

  10. Orphan: First Kill (2022)

    Orphan: First Kill
    Courtesy of IMDb

    13 tahun terlewati sejak film pertama yang bertajuk Orphan tampil di layar kaca, membawa Anda kembali melihat akting dari aktris Isabelle Fuhrman yang sudah beranjak dewasa. Film ini mengisahkan mengenai Leena Klammer yang melakukan penyamaran menjadi Esther, seorang putri yang hilang dan terlahir dari keluarga kaya raya. Leena dikisahkan seorang wanita berusia 31 tahun yang menderita hipopituitarisme yaitu sebuah kelainan hormonal yang menghambat pertumbuhan fisiknya dan menyebabkan dirinya menjadi dwarfisme proporsional. Aksi psikopat yang dihadirkan dalam film ini jauh lebih mencekam dari film pendahulunya. 

BACA JUGA:
25 Film Komedi Terbaik di HBO Max
Diskusi Lintas Generasi bersama Mira Lesmana, Kamila Andini, dan Ifa Isfansyah

(Penulis: Farah Armelia Khadijah; Foto: Courtesy of IMDb)