Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

MRA Beauty Talks 2023: Bicara Tentang Ritual Skincare dari yang Basic Sampai Terbaru

Merawat kulit dengan istilah-istilah baru, tanpa melewatkan urutan pemakaian produknya dengan tepat.

MRA Beauty Talks 2023: Bicara Tentang Ritual Skincare dari yang Basic Sampai Terbaru
COURTESY OF MRA MEDIA/MOCHAMAD MUSHAHRIAR

Apakah Anda seseorang yang mulai merasakan kekhawatiran tentang keremajaan kulit dan bagaimana cara untuk merawatnya setelah memasuki usia 20 atau lebih? 

BACA JUGA: 7 Alat Wajah yang Paling Bermanfaat untuk Meminimalkan Bengkak

Pada kesempatan kali ini Bazaar akan membawa Anda untuk mengenal bagaimana perawatan kulit dari para Beauty Editor Harper’s Bazaar Indonesia, Cosmopolitan Indonesia, dan Herworld Indonesia dalam acara Beauty Talks 2023. 

Acara yang diselenggarakan pada 11 April 2023 di CJ's, Hotel Mulia Senayan Jakarta tersebut menghadirkan sederet pembicara yang sudah lama berkaitan dengan industri kecantikan mulai dari Ria Lirungan, Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia sekaligus Head of Fashion & Beauty di MRA Media.

Lalu hadir juga Erica Arifianda yang merupakan Managing Editor Harper’s Bazaar Indonesia, Putri Arifah sebagai Assistant Managing Editor Herworld Indonesia, dan Astriana Gemiati sebagai Senior Editor Cosmopolitan Indonesia

Sederet nama di atas merupakan orang-orang yang sudah terjun dalam dunia beauty lebih dari satu dekade, memiliki banyak pengalaman dalam memperhatikan dan merawat kulit serta mencoba produk-produk apa saja yang cocok untuk digunakan sesuai jenisnya. Mereka juga kerap bertemu langsung dengan narasumber ahli terpercaya, seperti ahli dermatologi, peneliti atau R&D, sampai pemilik label-lebal kecantikan untuk mendapat kiat yang benar dan tepat.

Melalui acara ini para tamu undangan dapat mempelajari hal-hal baru mengenai perawatan kulit yang dilakukan oleh Beauty Editor, di antaranya adalah mengenai perawatan kulit secara sederhana sebagai berikut:

  • Basic Skincare

Menurut Astriana Gemiati, kebutuhan skincare untuk pagi dan malam hari memiliki perbedaan. Di mana saat pagi hari cuci muka dengan facial wash adalah hal wajib dan urutan selanjutnya adalah menggunakan toner, serum, eye cream, moisturizer dan yang paling utama adalah sunscreen. Sedangkan untuk malam hari tentu yang utama dilakukan adalah double sampai triple cleansing untuk membersihkan debu dan kotoran yang ada di atas kulit wajah setelah melakukan aktivitas di luar. Skincare malam hari ditutup dengan Night Cream sesuai dengan kebutuhan kulit setiap orang. 

  • Pentingnya Sunscreen

Sebelumnya Astriana menyampaikan bahwa hal paling utama dari basic skincare di pagi hari adalah sunscreen dan hal ini disetujui oleh Erica. Menurutnya, sunscreen harus selalu digunakan walaupun Anda berada di dalam ruangan atau mobil. Penggunaan sunscreen juga tidak hanya sekali tetapi harus melakukan re-apply saat Anda melakukan aktivitas di luar ruangan dan aktif terkena sinar matahari.

Sunscreen memiliki peran penting dalam menjaga kulit dari paparan sinar matahari, karena SPF yang merupakan singkatan dari Sun Protector Factor yang dirancang untuk melindungi kulit dari sinar UVB saja, kehadiran PA+++ pada Sunscreen berguna sebagai Protection Guide of UVA yang melindungi kulit dari sinar UVA dan plus plus yang hadir sebagai tingkatan proteksi. 

  • 10 Step Beauty Ritual dan Viral Skincare Hacks

Menurut Ria Lirungan, 10 Step Beauty Ritual hadir karena adanya Korean Beauty Brand dan sebenarnya pelaksanaannya dapat saja dilakukan oleh Anda yang memang merasa perlu untuk melakukan sepuluh rangkaian skincare demi mendapatkan kulit impian yang didambakan.

Sedangkan saat ini media sosial memang menjadi salah satu media yang digunakan oleh masyarakat untuk menggali sebuah informasi, menurut Putri Arifah ada sebuah bahasa baru yaitu Skinminimalism yang cukup populer di TikTok, maksudnya adalah pemilihan produk yang kandungannya sudah diinfusi dengan beberapa ingredients yang dibutuhkan kulit. Dengan kata lain hal ini adalah penggunaan suatu produk secara minimalis dan hanya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh kulit. 

Selama acara berlangsung tamu undangan dimanjakan dengan keseruan untuk mempercantik diri, mulai dari Skin Consultation menggunakan Skin Age Detector yang dihadirkan oleh Erha Dermatology, menikmati hand massage dari L’Occitane, juga Nail art & Manicure dari Linnea Beauty Salon. Dalam acara ini expert, dr. Benny Hadypramono Djojokoesoemo yang merupakan dokter dari Erha Dermatology hadir untuk memberikan konsultasi dan insight untuk para tamu undangan yang menanyakan bagaimana mengenali dan merawat kulit dengan baik. 

Beauty Talks 2023
Courtesy of MRA Media/Mochamad Mushahriar

Beauty Talks 2023
Courtesy of MRA Media/Mochamad Mushahriar


Ada pertanyaan menarik yang disampaikan kepada dr. Benny, yaitu tentang mitos penggunaan krim dokter yang dapat membuat ketergantungan dan bagaimana keadaan kulit yang menjadi tipis dan merah karena efek penggunaan krim dokter, apakah benar?

Menurut dr. Benny setiap kulit manusia tentu saja berbeda, dari segi lifestyle dan bagaimana kulit dapat menerima sebuah produk yang digunakan di atas kulit. Ketergantungan serta penipisan dan kulit yang memerah setelah memakai krim dokter merupakan sebuah reaksi yang dapat timbul apabila seseorang memang memiliki lifestyle, keadaan kulit, dan hormon yang menjadi sebuah pengaruh dari apa yang di aplikasikan di atas kulit. 

Ia juga menyarankan untuk melakukan perawatan tambahan dalam menjaga keremajaan kulit. "Untuk usia 20 sampai 40 tahun tentu memiliki perawatan yang berbeda dan tentu saja untuk usia 40 tahun keatas juga memiliki perawatan yang berbeda," ujarnya.

ERHA Dermatology menyediakan beragam perawatan yang dapat Anda cek, perawatan yang hadir di ERHA Dermatology tentu saja dapat Anda cari tahu melalui sosial media ERHA melalui Instagram @erha.dermatology dan menuju hari lebaran ini ERHA Dermatology menghadirkan promo yang dapat Anda lihat melalui laman Instagram dalam tautan ini

Beauty Talks 2023
Courtesy of MRA Media/Mochamad Mushahriar

Beauty Talks 2023
COURTESY OF MRA MEDIA/MOCHAMAD MUSHAHRIAR

Beauty Talks 2023
Courtesy of MRA Media/Mochamad Mushahriar

Beauty Talks 2023
Courtesy of MRA Media/Mochamad Mushahriar

Beauty Talks 2023
Courtesy of MRA Media/Mochamad Mushahriar

Beauty Talks 2023
Courtesy of MRA Media/Mochamad Mushahriar

BACA JUGA:

Manfaat Sunscreen yang Tidak Mengandung Vitamin E untuk Kulit Sensitif

Rekomendasi Langkah Perawatan dan Nutrisi Kulit Selama Ramadan

(Penulis: Farah Armelia Khadijah; Foto: Courtesy of MRA Media/Mochamad Mushahriar)