Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

7 Alat Wajah yang Paling Bermanfaat untuk Meminimalkan Bengkak

Drainase limfatik tidak hanya untuk tubuh Anda. Berikut ini adalah alat-alat wajah yang disukai para ahli dan cara menggunakannya.

7 Alat Wajah yang Paling Bermanfaat untuk Meminimalkan Bengkak
Courtesy of Bazaar US

Saya telah terobsesi dengan drainase limfatik selama tiga tahun terakhir. Saya telah menulis tentang manfaatnya selama hampir dua dekade sebagai editor kecantikan. Meskipun saya biasanya menggunakan kuas kering untuk melakukan perawatan pada tubuh saya, baru-baru ini saya juga telah memanjakan diri dengan mencoba berbagai alat yang telah diciptakan untuk membantu mengempiskan bengkak. Serta melemaskan otot-otot yang tegang sehingga membantu meminimalkan munculnya kerutan, menstimulasi aliran darah agar terlihat lebih bercahaya dan sehat, serta mengukir garis rahang.

BACA JUGA: Kenali Terapi Radiofrequency Agar Kulit Wajah Lebih Kencang dan Tirus

Bagi Anda yang baru mengenal drainase limfatik, ini adalah teknik yang merangsang getah bening Anda. Cairan bening yang mengalir melalui sistem limfatik Anda yang membawa sel-sel untuk membantu melawan infeksi dan penyakit lainnya, untuk bergerak ke seluruh tubuh Anda, menurut National Cancer Institute. Sistem limfatik Anda, tidak seperti jantung Anda, tidak memiliki sistem pemompaan sendiri. Jadi ketika getah bening tersumbat, di berbagai area seperti wajah, dada, dan lengan, akan bengkak yang dapat dikeluarkan melalui manipulasi drainase limfatik melalui kelenjar getah bening. Seperti di sepanjang leher, di bawah ketiak, dada, dan area selangkangan. Kelenjar getah bening Anda kemudian membawa semua cairan tersebut ke ginjal untuk diproses, dan kemudian dikeluarkan.

Di sini saya melakukan sedikit drainase limfatik pada diri saya sendiri dengan menggunakan G.Tox Ultimate Dry Brush dari Goop, bersama dengan The Body Tool dari De La Heart, tapi ada banyak pilihan sikat serupa lainnya yang bisa digunakan.

Mengapa drainase limfatik wajah itu penting?

"Sederhananya, Anda tidak ingin cairan menggenang terutama seiring bertambahnya usia," kata Shereene Idriss, seorang dokter kulit kosmetik di New York City dan pencipta PillowtalkDerm. "Jenis cairan ini dapat terbentuk karena minum segelas anggur atau makan terlalu banyak garam. Dan kemudian Anda terbangun dengan wajah bengkak di sekitar mata atau di sepanjang garis rahang. Jadi inti dari drainase limfatik adalah menjaga agar cairan limfatik tersebut tetap bergerak, sehingga tidak mengendap di area yang tidak Anda inginkan, yang membuat Anda terlihat lebih berisi." Katanya terus terang: Apakah drainase limfatik akan membalikkan waktu? Tidak. Tapi setidaknya, hal ini akan membuat Anda terlihat lebih tirus untuk sementara waktu.

Bagaimana cara mengetahui bahwa Anda membutuhkan drainase limfatik?

Pemijat wajah selebriti bersertifikat, Joseph Carrillo, yang berbasis di New York City, menjelaskan kepada saya seperti ini: Tubuh Anda secara fisik akan terlihat bengkak, begitu juga wajah Anda, tetapi ada juga semacam kekakuan yang Anda rasakan. Perasaan berat yang muncul akibat cairan yang menggenang di sekitar mata, rahang, dan sebagainya, yang merupakan pertanda kuat bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan perawatan. Dan begitu Anda melakukan pijat drainase limfatik, Anda pasti akan merasa ringan, yang merupakan tanda bahwa cairan tersebut sedang bergerak.

Alat apa yang harus dicoba untuk menghilangkan kantung mata?

Yang mengawali pencarian alat perawatan wajah baru saya adalah peluncuran Le Lift Pro Serum dari Chanel dan Accessoire de Massage, alat yang mudah dibawa-bawa, dengan dua kegunaan, dan berbentuk ergonomis, yang dapat membentuk kontur wajah Anda. Saya sempat mencobanya di Ricari Studios di New York City saat melakukan perawatan tubuh dengan mesin Ricari yang terkenal, yang terlihat seperti alat peraga dari film Marvel. Para ahli menggunakan ujung runcing tunggal dengan gerakan zig-zag untuk memijat garis-garis halus, meredakannya sedikit sebelum menggunakan sisi berujung ganda untuk menajamkan garis rahang saya.

Chanel
Courtesy of Bazaar US

CHANEL LE LIFT PRO ACCESSOIRE DE MASSAGE Corrects – Redefines – Smooths

$82 (sekitar 1.236.818 Rupiah) tersedia di Chanel

Sejak saat itu, saya telah menguji dan mengulas banyak alat pijat wajah terbaik untuk menghilangkan kerutan di wajah, dan ini adalah berbagai alat favorit saya.

De La Heart
Courtesy of Bazaar US

De La Heart The Facial Dry Brush

$24 (sekitar 361.995 Rupiah) tersedia di DeLaHeart.com

Terinspirasi dari praktik Ayurveda yang telah lama dikenal, sikat ini sangat lembut dan alami yang terbuat dari bulu kambing. Dengan lembut mengelupaskan sel-sel kulit mati saat Anda mengusapkannya ke seluruh wajah Anda, menstimulasi aliran getah bening dan meningkatkan sirkulasi darah untuk mendapatkan kulit yang bersinar. Gunakan pada kulit yang bersih dan kering dengan gerakan menjentik ke atas pada wajah dan leher, dan ke bawah pada dada.

Lilfox
Courtesy of Bazaar US

Lilfox Chill Wands

$125 (sekitar 1.885.393 Rupiah) tersedia di Lilfox.Miami

Jika Anda sering terbangun dengan perut bengkak disebabkan oleh sushi asin yang Anda makan, makan terlalu banyak saat happy hour, atau kurang tidur, produk ini adalah kuncinya. Simpanlah di dalam lemari es Anda untuk menambah rasa dinginnya. Atau bisa juga dihangatkan untuk pijat yang lebih rileks. Saya menyukainya untuk drainase limfatik: Cukup pegang tongkat di bagian tengah dagu Anda dan gerakkan sepanjang garis rahang ke arah telinga, lalu kembali ke leher untuk mendorong cairan getah bening yang tersumbat agar tetap bergerak.

Jillian Dempsey
Courtesy of Bazaar US

Jillian Dempsey Gold Bar

$195 (sekitar 2.941.214 Rupiah) tersedia di JillianDempsey.com

Alat berlapis emas 24 karat ini bergetar dengan 6.000 putaran per menit dan dengan lembut membantu melancarkan cairan yang membandel dan menggenang. Getaran yang cepat juga membantu menstimulasi aliran darah, sehingga Anda bisa mendapatkan kulit yang sehat dan bersinar.

Joanna Czech
Courtesy of Bazaar US

Joanna Czech The Facial Massager

$189 (sekitar 2.850.715 Rupiah) tersedia di Joanna Czech

Karena tangan ajaib ahli kecantikan, Joanna Czech, tidak bisa dimiliki oleh semua orang, alat berujung ganda ini dapat membantu mengatasi hal tersebut, dengan menargetkan area di mana getah bening mungkin mengendap dan menyebabkan bengkak. Ia menjelaskan di sini bagaimana cara menggunakannya untuk membantu mendorong sirkulasi ke seluruh wajah Anda, untuk hasil yang terpahat.

Shani Darden
Courtesy of Bazaar US

Shani Darden Facial Sculpting Wand

Ahli kecantikan, Shani Darden, ingin Anda tampil maksimal meskipun tidak bisa pergi ke Los Angeles. Alat pahat wajah ini menggunakan teknologi gelombang suara untuk mengencangkan dan menghaluskan garis-garis halus, sekaligus meningkatkan sirkulasi dan mengoptimalkan penyerapan oksigen sehingga kulit tampak segar dan muda secara instan. Tongkat ini dilengkapi dengan cakram datar untuk merawat dahi, rahang, dan leher Anda. Sebuah alat yang dapat menjangkau area mata yang halus dan nasolabial fold, dan gel hydra prep agar tidak licin sehingga alat ini dapat bekerja secara efisien di kulit Anda.

Golden Gel
Courtesy of Bazaar US

ZIIP Device with Golden Conductive Gel

$495 (sekitar 7.462.372 Rupiah) tersedia di BloomingDale

Produk ini sangat pas untuk digenggam dan efektif dalam menstimulasi kolagen dan elastin. Alat ini bekerja dengan menggunakan arus listrik mikro dan nano yang sangat kecil sesuai dengan arus listrik frekuensi rendah tubuh Anda, yang meningkatkan energi sel dan menyebabkan kontraksi otot kecil. Jenis reaksi ini meregenerasi jaringan yang rusak dan juga membantu atrofi otot wajah. Tetapi saat kontraksi ini terjadi, drainase limfatik juga dipicu. Dengan setiap denyut nadi ini, getah bening dipecah dan dengan lembut didorong ke arah kelenjar getah bening Anda, di mana ia diproses oleh ginjal Anda dan dibuang.

Apakah batu gua sha digunakan untuk drainase limfatik?

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa tidak ada alat gua sha yang disertakan di sini. Itu karena gua sha tidak sama dengan drainase limfatik. "Apa yang ditunjukkan oleh sebagian besar influencer dan ahli kecantikan di media sosial adalah teknik drainase limfatik dengan menggunakan alat gua sha, tetapi itu bukanlah gua sha," jelas Sandra Lanshin, ahli akupunktur berlisensi yang berbasis di Brooklyn dan ahli herbal Tiongkok yang berspesialisasi dalam bidang dermatologi. "Gua sha adalah teknik membelai berulang-ulang yang melibatkan otot, fasia, sirkulasi darah, dan getah bening. Tetapi bedanya, drainase limfatik adalah teknik sentuhan ringan yang sering kali menggunakan gerakan berdenyut untuk menggerakkan cairan limfatik dengan lembut di dalam tubuh. Saya pernah mendengar beberapa praktisi khusus drainase getah bening menyatakan bahwa sebenarnya lebih baik jika dilakukan dengan menggunakan tangan atau jari."

Meskipun mirip, nuansanya paling baik dijelaskan dengan analogi dari Sandra ini. "Mengatakan bahwa gua sha adalah drainase limfatik, sama seperti mengatakan bahwa yoga sama dengan Pilates," jelasnya. "Tetapi jika Anda bertanya kepada para ahli yoga yang dilatih di India, yang terhubung dengan tradisi dan sejarahnya, mereka tidak akan pernah mendefinisikan yoga seperti itu. Ketika saya melihat gua sha didefinisikan sebagai drainase limfatik, saya melihat ketidakakuratan hingga sekarang terasa seperti sebuah fakta."

BACA JUGA:
7 Alat Pembersih Wajah Terbaik Untuk Kulit yang Lebih Halus
Facial Wajah yang Wajib Dilakukan Sebelum ke Acara Penting

(Penulis: Carly Cardellino; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Celine Setiawan; Foto: Courtesy of BAZAAR US)