Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

15 Label Fashion Asal Indonesia untuk Melengkapi Penampilan di Hari Raya

Dari pakaian, aksesoris, hingga sepatu.

15 Label Fashion Asal Indonesia untuk Melengkapi Penampilan di Hari Raya
Courtesy of Instagram @saptodjojokartiko

Beberapa hari lagi, hari yang ditunggu-tunggu oleh kaum muslim akan tiba, yaitu Hari Raya Idul Fitri. Di hari istimewa tersebut, setiap individu pasti ingin tampil terbaik, termasuk Anda pastinya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui para merek lokal Indonesia yang sedang berkembang pesat agar Anda tampil sempurna. 

BACA LAGI: Klamby Menggelar Chamatarra: Ied Series Show 2023 untuk Menyambut Datangnya Hari Raya

Bazaar Indonesia telah mengumpulkan 15 brand lokal Indonesia yang dapat menaikkan gaya modest ke tahap selanjutnya. Berikut daftarnya.

1. Sapto Djojokartijo

Sapto Djojokartiko
Courtesy of instagram @saptodjojokartiko

Menjadi salah satu merek desainer ternama Indonesia, koleksi Sapto Djojokartiko selalu dinantikan, terutama untuk hari lebaran mendatang. Dengan gaya khasnya yang mencakupi siluet oversized dan bordiran dengan motif yang unik, karya Sapto Djojokartiko merupakan pilihan yang tepat untuk menyambut momen Ramadan bersama keluarga Anda. Lebih dari itu, Anda dapat juga mix-and-match dengan pieces lain karena gayanya yang versatile dan timeless!

2. Khanaan

Khanaan
courtesy of instagram @khanaan.official

Diawali dengan kecintaan sang desainer Khanaan Shamlan terhadap batik, lahirlah merek Khanaan, yang terinspirasi oleh tradisi dan budaya Indonesia. Tentu, label lokal ini konsisten dalam mengangkat wastra Indonesia dalam setiap karyanya. Walaupun begitu, tetap ada sentuhan modern yang terlihat di setiap koleksinya, mau itu edisi fashion couture ataupun ready-to-wear. Kreasi teranyar Khanaan memiliki detail embroidery dan payet yang memberi kesan mewah dan elegan, menjadikan merek ini salah satu incaran para fashion enthusiasts untuk digunakan pada hari raya. 

3. Studio Senses

Studio Senses
courtesy of instagram @studio.senses

Untuk edisi koleksi lebaran, Studio Senses menampilkan koleksi spesial mereka yang terinspirasi oleh para muses of senses, yaitu entrepreneur Nasta Sutardjo, make-up artist Sissy Sosro, dan content creator Dinda Yasmin. Brand ini terkenal dengan paduan sukses mereka antara pola tradisional dan tekstil kontemporer, dengan siluet yang modern. Setiap karya dibuat dengan excellent craftsmanship, terbuat dari bordir dan manik-manik halus yang di desain secara rinci. 

4. Major Minor

Major Minor
courtesy of instagram @majorminorstore

Sebagai salah satu label fashion yang berhasil menembus pasar internasional, Major Minor menjadi salah satu pilihan favorit pakaian untuk lebaran nanti. Dimiliki oleh desainer Ari Saputra, Sari Saputra, Inneke Margarethe, dan Ambar Pratiwi, brand ini memiliki koleksi yang feminin dan simpel. Tetapi, tentu tetap memiliki ciri khas yang unik yang selalu memikat pembeli untuk repeat order. Potongannya yang asimetris serta berwarna cerah dapat melengkapi penampilan Anda untuk merayakan hari spesial. 

5. Benang Jarum Couture 

Benang Jarum Couture
courtesy of instagram @benangjarum_couture

Sub-label Benang Jarum, yaitu Benang Jarum Couture, telah merilis koleksi khusus Ramadan. Bertajuk 'The Momentous Elegance', koleksi ini terdiri dari beragam model, seperti embroidered shirt, statement outer, dan embellished dress. Semua pakaian menggunakan bahan embroidery lace dan tulle, sehingga memancarkan pesona yang kian elegan, mewah, dan berkelas. Koleksi Ramadan mereka tentunya sangat sempurna untuk momen lebaran!

6. Klamby

Klamby
courtesy of instagram @wearingklamby

Tekstil budaya dan tradisional merupakan dua hal yang menarik, terutama jika dipadukan dengan desain yang tidak kalah unik. Inilah yang dilakukan Klamby untuk koleksi khusus Ramadan. Bertema 'Chamatarra', koleksi terbaru mereka terinspirasi oleh beragam tenun dan sumber daya alam Sumatera. Tenun Siak dan Tenun Batanghari turut digunakan, dikombinasikan dengan sentuhan pattern yang elegan. Brand modest wear ini membuktikan bahwa modest fashion memiliki beragam desain dan tidak kalah memukau dibandingkan gaya fashion lainnya. 

7. Ria Miranda

Ria Miranda
courtesy of instagram @inforiamiranda

Seperti brand modest lainnya, Ria Miranda pun tidak kalah dalam menciptakan koleksi untuk Ramadan, yang dapat dipakai Anda dan keluarga. Bertajuk 'Sangsata', karya teranyar Ria Miranda ini terinspirasi oleh budaya etnis Minang di Riau, Jambi, dan Mukomuko yang memiliki ciri khas pada motif songketnya. Walaupun begitu, merek kebanggaan tanah air ini dapat memberi sentuhan yang tetap modern, dengan balutan motif ornamen bunga. Lini koleksi ini tentunya akan siap menemani serangkaian kegiatan Anda di hari lebaran bersama keluarga tercinta.

8. I Know You Know (IKYK)

IKYK
courtesy of instagram @ikyk2011

Terdiri pada tahun 2011, I Know You Know, atau lebih akrab dikenal dengan IKYK adalah sebuah brand ready-to-wear asal Indonesia yang membawa gaya modest ke level selanjutnya. Dengan ciri khas siluet oversized dan dapat di-layer, merek fashion ini menghadirkan desain modern yang segar dan dapat melengkapi penampilan Anda, terutama di hari spesial nanti. Ditambah lagi, ada juga signature pleats, yang menjadi daya tarik utama IKYK. Semua piece mempunyai keunikan masing-masing, tetapi tetap timeless, dan dapat dipakai kapanpun sesuai dengan kebutuhan Anda.

9. Byo

Byo
courtesy of instagram @b_y_o_

Penampilan di Hari Raya tidak semua tentang pakaian, tetapi aksesoris pun tidak kalah penting. Memiliki aksesoris, terutama tas, yang tepat dapat memaksimalkan penampilan Anda di Hari Raya. Salah satunya adalah tas dari Byo yang memiliki desain yang unik dan pastinya mencuri perhatian para kerabat maupun teman Anda ketiga sedang bersilaturahmi. 

10. Toko Didiyo

Toko Didiyo
Courtesy of instagram @sonderlab & @tokodidiyo

Sustainability merupakan isu yang sedang hangat saat ini dan menjadi incaran banyak pembeli, terutama mereka yang ingin mengadopsi ethical dan sustainable lifestyle. Salah satu merek fashion yang mengusung konsep ini adalah Toko Didiyo. Berbasis zero waste, brand lokal tersebut menggunakan bahan deadstock dan kain perca yang dihias dengan bordir manual. Tidak hanya itu, semua bahan baku yang mereka gunakan berasal dari produsen lokal. Toko Didiyo juga memiliki koleksi edisi lebaran setiap tahunnya. Untuk tahun ini, mereka berkolaborasi dengan Sonderlab untuk menghasilkan koleksi ekslusif hari raya dengan stok yang sangat terbatas. So, grab yours now!

11. Jenna & Kaia

Jenna & Kaia
courtesy of instagram @jennaandkaia.official

Berasal dari Bandung, brand ini menghadirkan beragam koleksi baju muslim dengan desain yang cantik dan bahan berkualitas. Lebih dari itu, Jenna & Kaia pun menciptakan lini koleksi yang dapat dipakai untuk berbagai macam acara karena karakternya yang gampang di-style, apalagi cocok sekali untuk dikenakan saat Hari Raya Idul Fitri. 

12. Biyan

Biyan
courtesy of instagram @biyanofficial

Pastinya Anda familiar dengan merek ini. Yup, Biyan merupakan salah satu desainer ternama dan bergengsi asal Indonesia. Sang desainer Biyan Wanaatmaja tidak pernah gagal dalam membuat mahakarya yang penuh dengan ide segar, ditambah dengan motif dan corak yang unik, serta warna alam hingga warna yang mencolok pasti akan ada. Dengan pasar modest wear yang sedang maju pesat, terutama menjelang bulan Ramadan, rumah mode ini tidak boleh dilewatkan menjadi salah satu pilihan untuk menjadi pakaian Anda di hari kemenangan nanti. 

13. Tam Illi

Tam Illi
courtesy of instagram @tam.illi

Didirikan pada tahun 2013, Tam Illi dimulai dengan ketertarikan penciptanya terhadap konstruksi manik-manik dan tali. Dari situlah, terlahirlah label ini, di mana koleksinya menawarkan sudut pandang kontemporer dalam industri fashion. Selain itu, merek unik ini juga terkenal dengan eksperimentasinya yang selalu sukses dalam memadukan berbagai macam bahan, sehingga melahirkan sebuah tas penuh pernyataan. Setiap tas dari Tam Illi akan menjadi pelengkap yang sempurna untuk penampilan Anda. 

14. Heaven Lights

Heaven Lights
courtesy of instagram @heaven_lights

Merek yang satu ini memang sudah terkenal dengan pakaian muslimnya yang cantik dan memancarkan aura memesona para pemakai. Heaven Lights juga merupakan salah satu label modest wear yang menawarkan motif unik yang tidak dapat ditemukan di brand lain. Jika Anda belum familiar dengan koleksi mereka, segera masukkan ke daftar Anda dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan!

15. Tigah Home

Tigah Home
courtesy of instagram @tigahhome

Di Hari Rayal Idul Fitri, setiap orang pasti ingin tampil terbaik. Tampilan tidak selalu berkaitan dengan pakaian atau aksesoris, tetapi juga tentang sepatu yang dipakai. Oleh karena itu, Tigah Home hadir dalam menawarkan kreasi mereka yang unik dan quirky, sehingga pasti berkesan! Terdapat detil-detil gemas, seperti motif gemas, paduan tekstil yang sempurna, dan tassel dari benang warna warni, yang menghiasi koleksi teranyar Tigah Home. Yuk, tampil berani menggunakan merek sepatu kebanggaan Indonesia ini. 

BACA LAGI:

Ramadan Telah Usai, Yuk, Lakukan Detoks untuk Kembalikan Performa Tubuh Setelah Lebaran

Temukan Inspirasi OOTD untuk Diaplikasikan Saat Hari Raya Idulfitri Tahun Ini!

(Penulis: Bella Nazelina; Foto: Courtesy of Sapto Djojokartiko, Khanaan, Studio Senses, Major Minor, Benang Jarum Couture, Klamby, Ria Miranda, IKYK, Byo, Toko Didiyo, Jenna & Kaia, Biyan, Tam Illi, Heaven Lights, Tigah Home)