Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Apakah Terekspos Berbagai Jenis Trauma di Sosial Media Membuat Anda Lebih Berempati atau Justru Tidak Peka?

Kami tidak pernah merasa lebih terlibat secara global daripada sekarang. Ini merupakan hal penting sekaligus mengkhawatirkan.

Apakah Terekspos Berbagai Jenis Trauma di Sosial Media Membuat Anda Lebih Berempati atau Justru Tidak Peka?
Courtesy of BAZAAR UK

Selama dua bulan terakhir, seperti jutaan lainnya di seluruh dunia, saya mendapati diri sendiri terpaku pada ponsel saya, menelusuri tragedi yang meningkat di Ukraina. Kehancuran, zona bom, wajah sedih para tentara, pengungsi, orang tua yang berduka, anak-anak meringkuk di puing-puing dan ruang bawah tanah. Kadang-kadang terasa suntikan perspektif yang vital, trauma yang harus saya saksikan karena beraninya saya memalingkan muka ketika orang lain tidak punya pilihan selain menderita karenanya. Di lain waktu terasa pelanggaran voyeuristic; intrusi ke dalam kesedihan dan kehilangan pribadi. Pada saat-saat paling egois saya, rasanya… terlalu banyak.

Namun terkadang, terutama ketika gambar-gambar mengerikan ini disela oleh video kucing dan meme Selling Sunset, saya bertanya-tanya; apakah saya tidak peka? Lagi pula, rasanya baru kemarin saya menelusuri tragedi di Afghanistan atau kengerian di Palestina. Itu membuat Anda menyadari betapa cepatnya mata dunia berputar dan betapa pendeknya rentang perhatian; gambar perang yang ditempatkan dengan rapi di antara tarian TikTok dan Julia Fox mengucapkan "uncut jahhhms" untuk kesepuluh ribu kalinya. Tapi apakah ini benar? Apakah konsumsi berita kita yang terus-menerus dengan cara ini benar-benar mengubah trauma menjadi white noise, atau dapatkah hal itu melibatkan kita dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya – pendalaman penuh yang sebenarnya dapat membuat kita lebih berempati?

Saya memutuskan untuk bertanya pada Jeff Hancock. Ia bertugas untuk mengelola social media hub di Universitas Stanford, yang berarti ia benar-benar mempelajari media sosial untuk mencari nafkah. Dia menghubungi saya melalui zoom dari rumahnya di California pada jam delapan pagi. Dia sudah sarapan, dia mengantar anaknya ke sekolah dan ia – hampir pasti – sudah memeriksa profil media sosial belasan kali. Apa yang dia periksa sekarang, tentu saja– situasi di Ukraina.

Itu membuat Anda menyadari betapa cepatnya mata dunia berputar.

“Itulah yang membuat saya lebih tertarik sekarang, jadi itulah yang paling banyak diberikan oleh feed saya kepada saya,” katanya, mengangguk dengan muram. “Kami ingin diinformasikan dan belajar tentang dunia. Namun sayangnya, secara otomatis, diarahkan ke negatif. Para editor berita memiliki ungkapan yang gelap namun benar, setidaknya di Amerika Serikat dalam hal jurnalisme: 'If it bleeds, it leads' dan itulah yang diambil oleh algoritme ini. Tapi, tentu saja, itu juga yang disesuaikan dengan sistem perhatian setiap manusia…”

Dia menggambarkan doomscrolling, proses di mana kita menghabiskan terlalu banyak waktu melihat layar untuk menyerap berita negatif, sesuatu yang lebih mudah dilakukan di media sosial, tidak seperti bentuk berita tradisional, media sosial selalu dapat diakses. “Kami mengonsumsi media seperti sungai sekarang,” katanya. “Faktanya, ini adalah pertama kalinya kami membaca berita, berbicara dengan teman atau bermain game di perangkat yang sama, semua mungkin dalam 10-20 menit. Ini adalah fenomena yang benar-benar baru bagi manusia, tetapi kami juga beradaptasi. Jadi, bukannya tidak ada efeknya. Bisa jadi kita sedang tidak peka. Bisa jadi kita menjadi lebih berempati – terlalu dini untuk mengatakannya. Tapi itu benar-benar telah mengubah cara kita mengalami dunia.”

Seorang psikolog Natasha Tiwari merasa bahwa perubahan seperti itu berkembang lebih cepat daripada reaksi psikologis kita. “Belum lama ini kami pertama kali memiliki akses ke pengetahuan konstan tentang apa yang ada di sekitar kami,” tuturnya. “Sistem saraf kita tidak berevolusi dengan kecepatan yang sama; dan itu benar-benar luar biasa – bahkan traumatis bagi mereka yang begitu sensitif.”

Jeff mengakui bahwa konsumsi yang tak henti-hentinya menyerap ini dapat memengaruhi. Dia merekomendasikan untuk mematikan notifikasi. “Bukan berarti Anda tidak peduli, hanya saja tidak wajar untuk terus-menerus memeriksa,” katanya. "Anda perlu istirahat darinya (media sosial) - yang saya tahu itu adalah sebuah hak istimewa." Itu semua adalah bagian dari apa yang sedang diselidiki lab miliknya saat ini, dampak penggunaan sosial 'aktif' versus 'pasif'. “Anda tidak akan merasa kewalahan jika mencari konten di Instagram daripada membiarkan algoritme memberi "makan" Anda.” Dia juga menekankan bahwa, meskipun media sosial adalah sumber informasi yang bagus, sebenarnya media sosial tidak boleh menjadi tempat Anda mendapatkan berita. “Saya mendesak orang untuk memeriksa semuanya di situs berita terpercaya. Itu juga akan meredam beberapa kekacauan online.”

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Perasaan kewalahan sebagai konsumen konten ini juga sesuai dengan apa yang dilihat oleh Holly Friend, sebagai deputy foresight editor di sebuah badan konsultansi yang bergerak di bidang strategic foresight, The Future Laboratory, sebagai tren untuk fokus pada hal negatif secara online – sesuatu yang melampaui kengerian peristiwa global dan mengisyaratkan temperamen online yang lebih luas.

“Kami telah melacak munculnya doomscrolling sejak Covid-19 melanda, sebuah peristiwa yang memicu serangan negatif performatif,” katanya. “Anda hanya perlu melirik Instagram dan TikTok untuk melihat rentetan meme yang melambangkan rasa eksistensialisme massa ini. Bagaimanapun, Milenial dan Gen Z telah ditentukan oleh pendekatan hidup mereka yang melankolis dan setengah sarkastik, dan ini meluas ke cara mereka berinteraksi dengan berita. Sekarang, sikap ini telah dipercepat oleh kekacauan global pandemi – dan, tentu saja, invasi Rusia ke Ukraina.”

Pada dasarnya, mau itu kengerian perang yang sebenarnya, atau penerimaan secara kolektif bahwa dunia adalah tempat yang mengerikan (biaya hidup, lingkungan kerja yang buruk, perubahan iklim) semangat dunia daring telah menjadi ruang yang tak terhindarkan untuk menjadikan Anda depresi. Apakah begitu banyak hal negatif - baik aktual atau performatif - mematikan kita secara emosional?

"Ya dan tidak," kata Holly. “Menurut saya, alasan kami banyak terlibat secara aktif dengan berita buruk adalah karena kami ingin memvalidasi dan membenarkan kecemasan kami. Kami telah terbiasa dengan perasaan kewalahan yang terus-menerus, dan berita media sosial berkontribusi terhadap hal ini, yang pada gilirannya menghilangkan disonansi kognitif kami.” Natasha setuju: “Jika Anda menemukan Anda melihat berita dan merasa sama sekali tidak terpengaruh, atau tidak merasakan beratnya waktu, kemungkinan besar setelah bertahun-tahun terpapar berita yang layak untuk “malapetaka”, kewalahan telah menyebabkan Anda memisahkan diri."

Kita mengkonsumsi media seperti sungai sekarang.

Beberapa tahun terakhir, tentu saja, sangat berat; dari Donald Trump ke #MeToo, Covid-19 ke George Floyd, Afghanistan ke Palestina ke Ukraina dan banyak lagi. Belum lagi momok perubahan iklim yang membayangi di balik itu semua. Namun, aklimatisasi kami terhadap acara-acara ini yang disiarkan secara online berarti kami juga menyadari seberapa cepat perhatian kami berpindah. Kami memahami perilaku online sekarang, yang berarti kami mungkin menjadi sinis tentang hal itu.

“Ketika kita dibombardir oleh begitu banyak berita sepanjang waktu, di setiap platform yang kita gunakan – bahkan yang dirancang untuk 'sosialisasi' dan 'hiburan' – wajar saja jika kita merasa terputus darinya. Terutama ketika influencer yang Anda ikuti mengunggah tautan Paypal untuk membantu pengungsi satu menit, dan resep smoothie pagi mereka berikutnya, ”kata Holly. “Sulit untuk jenis tindakan persekutuan dan moralitas performatif ini – yang banyak dari kita akan ingat dari pembunuhan George Floyd – untuk dianggap asli, karena komentar penting ini terjadi di aplikasi bising di mana setiap orang bersaing untuk didengar. ”

Ada pertanyaan yang harus diajukan di sini: apakah kita sebenarnya lebih peduli karena kita melihat lebih banyak, atau karena kita merasa perlu membuktikan bahwa kita peduli? Jeff memiliki pandangan yang lebih positif tentang kemanusiaan kita ketika berhubungan dengan media sosial. Penelitiannya menunjukkan bahwa, sementara konsumsi berita media sosial menunjukkan lonjakan besar dalam kecemasan, tidak dapat mengakses berita hampir sama menyedihkannya: "Orang-orang secara alami ingin merasa terhubung," katanya. “Menyiarkan pendapat Anda tentang sesuatu tidak selalu performatif, sering kali bisa menjadi bagian dari kebutuhan manusia yang sangat alami untuk mengekspresikan diri, dan untuk menawarkan dukungan. Jadi, terlibat dengan berita seperti ini adalah mencapai tujuan itu.”

Hubungan itu, diharapkan, menumbuhkan lebih banyak empati.

Hubungan itu, diharapkan, menumbuhkan lebih banyak empati, alih-alih desensitisasi atau disasosiasi. “Setelah pandemi, saya yakin orang-orang menjadi lebih berempati dan sadar akan fakta bahwa kita lebih terhubung daripada yang kita sadari,” kata Natasha. “Mereka sekarang menyadari bahwa dalam segala bentuk pemutusan hubungan dan informasi yang salah, kita semua menderita.”

Bagi Jeff, ia melihat pergerakan menuju metaverse dan virtual reality sebagai langkah terakhir bagi dunia online untuk meningkatkan empati. “Tahukah Anda bahwa ada video game tahun 2014 tentang perang di Polandia dan menjadi sangat populer lagi, karena orang-orang seperti, 'Oh, begini rasanya berada dalam situasi pengepungan di Eropa Timur modern' ,” katanya padaku. “Saya tahu kedengarannya aneh, tetapi itu menunjukkan kepada Anda satu hal bahwa VR memiliki potensi nyata: meningkatkan empati. Jadi, saat ini, saya tentu merasa empati karena saya melihat gambar dan video ini, tetapi jika saya berada di ruang VR, yang jauh lebih nyata, maka itu dapat meningkatkan tingkat pemahaman dan kepedulian orang. Singkat dari benar-benar berada di zona perang, ini akan menjadi hal yang paling dekat untuk merasakan seperti apa rasanya. ”

Apa pun hubungan Anda dengan media sosial, faktanya tetap bahwa keterlibatan kita dengan berita global tidak pernah begitu kuat, dan ini adalah ikatan yang rumit: memoderasi konsumsi kita seringkali merupakan obat yang diperlukan untuk kesejahteraan kita sendiri, tetapi memperhatikan sekarang juga penting. Tidak ada jawaban yang mudah untuk ini, tetapi menjadi lebih sadar dan terkontrol tentang tingkat pengguliran kami dapat mengurangi rasa kewalahan, yang pada gilirannya mengurangi risiko desensitisasi dan, semoga – kekurangan headset VR yang menempatkan kami di zona perang - akan meningkatkan empati kita.

Baca juga:
5 Zodiak dengan Rasa Empati Besar dan Mudah Memahami Sesama

Bella Hadid Menunjukkan Sisi Sensitifnya di Media Sosial

Penulis: Marie-Claire Chappet; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of BAZAAR UK