Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Berbeda Dengan Dark Circle, Ini yang Perlu Anda Tahu Tentang Puffy Eyes

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang penyebab paling umum dari mata bengkak (puffy eyes) dan cara mengurangi pembengkakannya. 

Berbeda Dengan Dark Circle, Ini yang Perlu Anda Tahu Tentang Puffy Eyes

Mata bengkak atau dikenal juga dengan istilah puffy eyes merupakan kondisi umum yang sering terjadi dan dapat muncul karena berbagai faktor, seperti alergi atau dehidrasi. Lantas, apa itu puffy eyes? Dikutip dari Insider, puffy eyes adalah kondisi umum yang menyebabkan pembengkakan di sekitar mata.

Menurut Elyse M. Love, MD, seorang ahli dermatologi mengatakan bahwa, mata bengkak biasanya muncul ditandai dengan adanya pembengkakan ringan pada kelopak mata atas dan bawah. Bisa disertai atau tidak disertai dengan mata gatal, mata berair, dan gatal pada kulit kelopak mata. Umumnya, mata bengkak (puffy eyes) bersifat sementara dan dapat hilang dengan sendirinya. 

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang penyebab paling umum dari mata bengkak (puffy eyes) dan cara mengurangi pembengkakannya. 

Penyebab Puffy Eyes

  • Kurang Tidur

Dalam sebuah studi tahun 2013, para peneliti menemukan wanita yang kurang tidur lebih cenderung memiliki mata bengkak dan hanging eyelids. Ini karena, kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan penumpukan cairan di pembuluh darah superfisial (yang dekat dengan kulit) yang disebut venous congestion, yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada pembentukan lingkaran hitam dan pembengkakan di sekitar area mata. 

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Anda juga direkomendasikan untuk meninggikan bantal atau menggunakan dua bantal untuk mencegah retensi cairan di area mata dan meminimalkan bengkak. 

  • Alergi

Dikutip dari laman Insider, dalam sebuah review tahun 2007, peneliti menemukan bahwa beberapa alergi umum bisa menjadi penyebab mata bengkak, antara lain: alergi makeup, debu, atau fragrance. 

  • Infeksi Pada Mata

Tak hanya kurang tidur dan alergi, puffy eyes atau mata bengkak juga bisa disebabkan karena adanya infeksi pada mata. Beberapa infeksi pada mata yang paling umum, termasuk: Peradangan atau infeksi konjungtiva yang disebut dengan pink eye atau konjungtivitis virus. Sty, yaitu infeksi pada kelenjar minyak yang menyebabkan benjolan di bawah kelopak mata. Dan, blepharitis, yakni peradangan pada kelopak mata yang ditandai dengan adanya potongan mirip ketombe yang terjadi pada bulu mata.

  • Konsumsi Alkohol dan Makanan Tinggi Garam

Mengonsumsi alkohol dan makanan tinggi garam dapat meningkatkan retensi cairan dan menimbulkan pembengkakan pada area mata. Ini karena, kulit kelopak mata cenderung tipis dan halus sehingga pembengkakan paling mungkin terlihat dibandingkan dengan area tubuh lainnya. Tak heran jika Anda menonton variety show atau drama Korea, mereka selalu mengeluhkan wajah dan mata yang bengkak jika malam hari sebelumnya mereka tengah mengonsumsi ramyeon yang kaya garam serta MSG!

Coba batasi asupan alkohol, makanan tinggi garam, dan makanan olahan. Konsumsi lebih banyak makanan kaya nutrisi, misalnya buah-buahan, sayuran, salmon, serta minum banyak air agar tidak mengalami dehidrasi. Sebagaimana diketahui, dehidrasi juga dapat berdampak negatif pada kulit, termasuk kulit sekitar mata. 

Itulah empat penyebab paling umum dari mata bengkak (puffy eyes). Lantas, bagaimana cara mengurangi pembengkakannya? 

Ada banyak cara sederhana yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi puffy eyes, seperti tidur yang cukup, minum lebih banyak air, gunakan krim mata dengan kandungan kafein, dan batasi konsumsi alkohol dan makanan tinggi garam. 

Selain itu, Anda bisa mengompres dingin area mata selama 10 menit untuk membantu mengeluarkan cairan berlebih pada under eyes. Anda juga bisa mengompres area mata menggunakan teh hijau atau hitam. Ini karena, teh mengandung antioksidan dan kafein yang dapat mengurangi peradangan dan menyempitkan pembuluh darah.

Beberapa krim mata atau skincare juga mampu menuntaskan masalah puffy eyes, semisal Bioderma Micellar Water yang bisa Anda kompres di mata selama 15 menit menggunakan kapas. Atau menggunakan eye cream L'Occitane Immortelle Overnight Reset Eye Serum.

Jika mata bengkak tak kunjung membaik dan justru semakin parah meskipun Anda telah melakukan cara sederhana untuk mengurangi puffy eyes, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengkonsultasikannya dengan dokter. 

Dokter Anda mungkin akan merekomendasikan perawatan laser atau obat resep untuk membantu mengatasi kasus mata bengkak yang serius. Bahkan, dokter Anda juga mungkin merekomendasikan Anda untuk mempertimbangkan cosmetic surgery.

(Foto: Evgeny [email protected])