Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Lagu Era '90-an yang Penuh Memori

Ingin kembali ke masa lalu? 5 lagu ini siap membuat Anda bernostalgia.

5 Lagu Era '90-an yang Penuh Memori

Lagu-lagu era ‘90-an pasti memiliki ruang tersendiri di hati Anda. Alunan musik yang easy listening, lirik lagu yang puitis namun mudah diingat, serta memori-memori di balik lagu itu sendiri. Tak heran jika lagu pada era ini selalu membekas dan susah untuk dikalahkan.

BACA JUGA: 10 Lagu Persahabatan untuk Dinikmati Bersama Sahabat Anda

Bersiaplah untuk bernostalgia ke masa lalu dengan mendengarkan daftar lagu era 90’an yang nikmat didengar pilihan Bazaar.

Lovefool - The Cardigans

Apakah Anda menyadari, terkadang cinta dapat membuat Anda lupa akan pentingnya memiliki value diri? 

Jika ya, Lovefool merupakan lagu nostalgia yang cocok Anda dengarkan untuk mengenang memori kelam. Walaupun dikemas dengan aransemen yang ceria, kisah di balik lagu ini sangat menyedihkan, di mana menceritakan tentang seseorang yang terlalu mencintai kekasihnya. Perempuan ini sudah mengetahui bahwa kekasihnya akan berpaling dan tidak mencintainya lagi. Ia kerap menyalahkan dirinya dan terus memohon agar kekasihnya tidak pergi meninggalkan dirinya. 

“Lately I have desperately pondered. Spent my nights awake and I wonder. What I could have done in another way to make you stay.”

You're Still The One - Shania Twain

Berbanding terbalik dengan lagu Lovefool, You're Still The One merupakan lagu romantis yang menceritakan tentang cinta abadi meskipun banyak badai menerpa di kisah cinta mereka. Dirinya yakin bahwa pasangan mereka adalah satu-satunya orang yang tak akan tergantikan. Inspirasi lagu ini merupakan kisah nyata Shania Twain, di mana pada pertengahan tahun 1990, kisah cinta dirinya dan mantan suaminya dikritik oleh media.

"You're still the one I run to. The one that I belong to. You're still the one I want for life"

Bills, Bills, Bills - Destiny's Child

“And now you ask to use my car. Drive it all day and don't fill up the tank. And you have the audacity. To even come and step to me. Ask to hold some money from me. Until you get your cheque next week.”

Seperti lirik yang berada di atas, lagu ini bercerita tentang seorang pria yang bergantung pada kekasihnya untuk uang dan materi. Ia sengaja untuk menumpuk tagihan kemudian meminta kekasihnya untuk membayarnya. Tujuan Destiny’s Child menciptakan melodi ini bukan tentang para wanita putus asa yang mencari pria untuk membayar segalanya. Tetapi para wanita pantas untuk mendapatkan pria yang lebih baik daripada bertahan dengan pria yang hidupnya hanya bergantung. Lirik di atas tercipta berdasarkan kisah nyata yang dialami oleh Kandi Burruss.

25 Minutes - Michael Learns To Rock

Bagaimana perasaan Anda jika ditinggal menikah oleh orang yang Anda sayangi?

25 Minutes menceritakan kisah seorang pria yang pulang sehabis pergi jauh, berniat untuk menikahi seorang perempuan. Ia kembali untuk meminta maaf atas apa yang dilakukan di masa lalu dan menikahinya. Namun, saat ia mencari perempuan itu, ternyata ia sudah terlambat. Perempuan tersebut sudah menikah 25 menit yang lalu oleh pria lain. Sang pria melihat perempuan dambaannya terlihat cantik memakai gaun putih dan tertawa bahagia. Pada saat menghampirinya, gadis tersebut berlinang air mata dan menyalahkan sang pria karena dirinya pergi jauh dan tidak ada kabar. Andai saja pria itu muncul pada saat 25 menit lalu, sang gadis bisa saja merubah pikirannya untuk tidak menikahi pria lain selain dirinya.

End of the Road - Boyz II Men

“When I can't sleep at night without holding you tight, Girl, each time I try,I just break down and cry. Pain in my head. Oh, I'd rather be dead. Spinning around and around”

Tidak hanya 25 Minutes, perpisahan yang menyedihkan juga tertuang dalam lagu End of the Road. Pada lirik di atas, terlihat jelas bahwa sang pria sangat terpukul pada saat wanita yang ia cintai pergi meninggalkannya. Keputusasaan yang mendalam juga sangat dirasakan dengan alunan melodi lagu ini. Walaupun sudah ditinggalkan, pria ini tetap berusaha agar wanitanya kembali kepadanya. Anda pasti sering mendengar lagu ‘90an ini dan mungkin relate akan perpisahan yang digambarkan dalam lagu End of the Road. 

BACA JUGA:

Inilah 40 Lagu Terbaik pada Tahun 2000-an yang Akan Membuat Anda Bernostalgia

15 Lagu Indonesia dari Era '90-an yang Masih Sering Diputar Sampai Sekarang

(Penulis: Fenny Marandita; Layout: Tevia Putri; Video: Courtesy of YouTube)