Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Arti Dari Terminologi Klinik: Kemoterapi Preventif

Inilah yang kami ketahui tentang pengobatan kanker Putri Kate.

Arti Dari Terminologi Klinik: Kemoterapi Preventif
Courtesy of Bazaar US

Putri Kate mengungkapkan dalam sebuah video pribadi sore ini bahwa ia menjalani "kemoterapi preventif" setelah dokter mendiagnosisnya menderita kanker setelah operasi perut pada bulan Januari. Namun, apa sebenarnya kemoterapi preventif itu?

BACA JUGA: Kate Middleton Terlihat di Luar Rumah untuk Pertama Kalinya Sejak Operasi

Kemoterapi secara umum adalah "perawatan obat yang menggunakan bahan kimia yang kuat untuk membunuh sel-sel yang tumbuh cepat di tubuh Anda," kata Mayo Clinic di situs resminya.

Menurut WHO (World Health Organization), kemoterapi preventif adalah "pemberian obat-obatan yang aman, pemberian tunggal, dan terjamin kualitasnya dalam skala besar, baik secara tunggal maupun kombinasi, secara berkala, kepada seluruh kelompok populasi." Biasanya, jenis pengobatan ini digunakan untuk populasi manusia yang berisiko terinfeksi cacing, atau cacing parasit.

Jadi, sepertinya Putri Kate mungkin mengacu pada kemoprevensi, yang dijelaskan oleh National Cancer Institute sebagai "penggunaan obat-obatan tertentu atau zat lain untuk membantu menurunkan risiko seseorang terkena kanker atau mencegahnya kembali."

Istana Kensington belum mengungkapkan jenis kanker apa yang diderita sang putri, dan dia tidak menjelaskan dalam videonya. Namun, berbagai obat, seperti tamoxifen dan raloxifene, dapat digunakan untuk mencegah jenis kanker tertentu, terutama pada individu yang memiliki peluang lebih tinggi terkena penyakit ini.

Meskipun belum jelas sejauh mana pengobatan yang dijalani Putri Kate, orang dalam Istana Kensington mengatakan kepada Bazaar bahwa ia mulai menjalani kemoterapi sekitar satu bulan yang lalu. "Sang putri kini berada dalam masa pemulihan, setelah memulai kemoterapi preventif pada akhir Februari," kata mereka.

Mengenai status kesehatannya saat ini, orang dalam tersebut menambahkan, "Sang putri akan kembali ke tugas resminya saat ia diizinkan oleh tim medisnya. Ia dalam semangat yang baik dan fokus untuk pulih sepenuhnya."

BACA JUGA:
Istana Kensington Buka Suara Atas Rumor Tentang Absennya Kate Middleton
Pangeran William Terima Hadiah Manis untuk Putri Kate dan Anak-anak Mereka Selama Kunjungan di Wales

(Penulis: Joel Calfee; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar US)