Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Desainer Fashion Dries Van Noten Mengundurkan Diri

Koleksi terakhir sang desainer akan ditampilkan di Men’s Fashion Week di Paris pada bulan Juni.

Desainer Fashion Dries Van Noten Mengundurkan Diri
Courtesy of Bazaar US

Dries Van Noten mengundurkan diri sebagai Direktur Kreatif di label eponim miliknya.

BACA JUGA: Aksentuasi Sempurna Pada Tampilan Jennifer Lopez

Pagi ini, Dries merilis surat yang terbuka “Dear Friends” dan memberitahukan rencananya untuk pensiun memimpin fashion house yang ia dirikan pada tahun 1986, sebuah label yang memiliki dampak besar pada industri fashion dan cara berpakaian wanita. Koleksi Fall/Winter 2024–25 Dries yang baru tampil beberapa minggu lalu di Paris adalah pertunjukan terakhirnya di bidang bisnis wanita, dan pada bulan Juni, ia akan menggelar pertunjukan terakhirnya di sana pada Menswear Spring/Summer 2025 Fashion Week. Sedangkan koleksi perempuan Spring/Summer 2025 collection, yang ditampilkan pada musim gugur, akan dirancang oleh tim studio Dries tanpa dirinya.

Dalam suratnya, desainer asal Belgia tersebut berkata, “Sekarang, saya ingin mengalihkan seluruh fokus saya ke semua hal yang tidak pernah sempat saya lakukan.” Ia menambahkan, “Saya telah mempersiapkan momen ini selama beberapa waktu, dan saya merasa inilah saatnya memberikan ruang bagi generasi baru yang bertalenta untuk membawa visi mereka ke dalam label.”

Courtesy of Bazaar US

Penggantinya akan diumumkan “pada waktunya,” dan ini akan menjadi tantangan besar bagi siapa pun yang ingin memperbaiki warisan Dries. Ia merupakan pribadi yang tenang dalam dunia fashion, dan seorang desainer dengan pendekatan menawan dan intelektual terhadap cetakan, pelapisan, dan tekstur, telah menjadi fondasi bagi banyak perancang busana “sehari-hari” yang mengacu dan membangun kembali saat ini. Penggemar Dries kecewa dengan berita pensiunnya, namun penting juga untuk dicatat bahwa dalam bisnis yang serba cepat ini sangat melelahkan, ada begitu banyak hal yang dapat dikagumi dari seorang desainer yang, seperti yang diungkapkan oleh rekan kerjanya pagi ini, menginginkan sebuah kehidupan di luar label miliknya.

Ia mengatakan bahwa ia akan tetap terlibat dalam labelnya, namun dalam kapasitas tertentu, tetapi belum jelas apa maksudnya untuk saat ini. “Melihat rancangan kami di dunia, mengetahui bahwa pakaian itu memiliki ruang dalam hidup Anda, telah membuat saya merasa puas melebihi kata-kata,” tulis Dries dalam sebuah pernyataan. “Saya yakin akan hal ini: Masa depan DVN tetap cerah.”

BACA JUGA:

Charles & Keith Rilis Koleksi Kapsul dengan Desainer Visioner, Chet Lo

Rimowa Perkenalkan Jay Chou Sebagai Global Ambassador Terbaru

(Penulis: Brooke Boob; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Fenny Marandita; Foto: Courtesy of BAZAAR US)