Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

28 Film Horor Terbaik & Terseram yang Wajib Anda Tonton!

Masukan ke dalam daftar 'film yang harus ditonton' sekarang.

28 Film Horor Terbaik & Terseram yang Wajib Anda Tonton!

Film horor adalah salah satu genre film yang bisa memberikan sensasi menegangkan, menyeramkan, dan menakutkan. Visual dan musiknya yang mencekam bisa menempatkan Anda pada situasi yang sama dengan film, dan menanamkan ketakutan paling dalam. Meskipun begitu, film bergenre horor tidak pernah kehilangan penggemar. 

Ada banyak gaya dalam film horor, dari yang penuh dengan darah, munculnya makhluk menyeramkan, atau hanya bermain dengan pikiran manusia untuk menciptakan rasa takut yang mendalam. Namun, semuanya dijamin bisa membuat Anda merasa takut hingga memejamkan mata. 

Jadi, Bazaar telah mengumpulkan beberapa film horor terbaik untuk ditonton yang bisa Anda tambahkan ke dalam daftar 'film yang harus ditonton'. 


1. Us (2019)

film horor terbaik

Didampingi oleh suami, putra dan putrinya, Adelaide Wilson kembali ke rumah tepi pantai tempat ia dibesarkan. Tetapi, rencana liburan keluarga yang indah berubah mencekam, ketika empat orang asing bertopeng masuk ke dalam rumah mereka. 

Tetapi, yang mengejutkan dan mengerikan adalah keempat orang asing bertopeng itu ternyata sekelompok doppelgänger keluarga Adelaide Wilson yang misterius. 

 2. Gonjiam: Haunted Asylum (2018)

film horor terbaik

“Gonjiam: A Haunted Asylum” adalah film horor Korea Selatan yang berfokus pada kisah sekelompok kru web series horor yang melakukan perjalanan ke rumah sakit jiwa terbengkalai untuk melakukan siaran langsung. Di sana, mereka mendapati hal-hal yang jauh lebih mengerikan dan menakutkan dari yang mereka bayangkan. 

Suasana mencekam yang digambarkan dalam film ini, ditambah kemunculan bayangan-bayangan menyeramkan, semakin menambah ketegangan dan keseraman situasi. 

3. The Boy (2016)

film horor terbaik

“The Boy” adalah film horor garapan William Brent Bell yang mengisahkan tentang seorang wanita Amerika bernama Greta yang bekerja sebagai pengasuh anak laki-laki berusia delapan tahun di sebuah desa terpencil di Inggris. 

Greta terkejut ketika mengetahui bahwa anak laki-laki yang harus diasuhnya adalah boneka bernama Brahms. Keluarga Heelshires merawat boneka Brahms seolah-olah putranya sendiri, setelah kematian putra  mereka yang juga bernama Brahms 20 tahun lalu. 

Ada sejumlah aturan ketat yang harus ditaati oleh Greta. Dan ketika aturan itu dilanggar, serangkaian peristiwa yang tidak dapat dijelaskan mulai terjadi satu per satu, membuatnya percaya bahwa boneka itu benar-benar hidup. 

4. The Wailing (2016)

Film “The Wailing” mengikuti kisah Jong-goo (Kwan Do-won) yang mulai menyelidiki serangkaian pembunuhan misterius di desa terpencil di Korea Selatan untuk menyelamatkan putrinya. Film ini dengan apik membawa suasana menegangkan, meresahkan, dan mengerikan hingga akhir film, tanpa ada kemunculan hantu. 

Sebagai film horor, film karya sutradara Na Hong-Jin ini tidak hanya menonjolkan aspek horor saja, tetapi juga thriller, sihir gelap, misteri, dan juga zombie. Ini jelas merupakan mahakarya film horor dengan alur cerita yang benar-benar akan membuat Anda tercengang.

5. Midsommar (2019)

film horor terbaik

Midsommar adalah film horor tentang sepasang suami istri yang melakukan perjalanan ke Swedia untuk menghadiri festival pertengahan musim panas yang sangat terkenal di sana. Festival ini hanya diadakan setiap 90 tahun sekali. Tapi ternyata, festival itu merupakan sebuah ritual sadis dari sekte kuno di Hårga, Swedia. 

Tidak ada sosok hantu atau makhluk aneh yang menakutkan dalam film ini, tetapi itu tidak mengurangi sensasi kengerian dari eksekusi ritual sadis yang dilakukan para pengikut sekte kuno di Hårga ini. 

6. Cinderella (2006)

Berbeda dengan film dan cerita cinderella yang Anda ketahui, ini adalah film horor yang berkisah tentang seorang gadis berusia 17 tahun bernama Hyun-su yang tinggal bersama ibunya bernama Yoon-hee, seorang ahli bedah plastik. 

Satu per satu, teman-teman Hyun-su mulai menjalani berbagai prosedur bedah plastik yang dilakukan oleh ibunya, Yoon-hee. Setelah itu, mereka semua mulai memiliki keinginan untuk memutilasi diri mereka sendiri. 

Alur cerita film ini sangat berbeda dan orisinal. Visual yang ditampilkan dalam film ini juga terasa sangat nyata. Secara keseluruhan, film “Cinderella” ini sangat memuaskan dan mengerikan dengan plot twist yang akan membuat jantung Anda berdetak kencang.

7. Smile (2022)

Film “Smile” menceritakan tentang Dr. Rose Cotter yang mulai mengalami kejadian menakutkan yang tak dapat ia jelaskan setelah menyaksikan kejadian serupa dari seorang pasien. 

Ketika satu persatu teror menakutkan mulai terjadi di hidupnya, Dr. Rose Cotter juga harus menghadapi masa lalunya yang bermasalah untuk bertahan hidup dan melarikan diri dari kenyataan barunya yang mengerikan.

8. It (2017)

film horor terbaik

“It” adalah film horor karya sutradara Andy Muschietti yang dirilis tahun 2017.

Film ini adalah adaptasi dua bagian dari novel dengan judul yang sama tahun 1986 oleh Stephen King. Berlatar tempat di Derry, Maine, film ini bercerita tentang 7 pemuda dari The Losers' Club yang diteror oleh badut pembunuh haus darah yang dikenal sebagai Pennywise. Anda bisa menonton sekuelnya di It: Chapter Two (2019).

9. Don’t Click (2012)

“Don’t Click” adalah film horor Korea tentang dua saudara perempuan yang mengalami berbagai kejadian misterius setelah menonton ‘video terkutuk’. Video itu memiliki 108 klip yang berisi berbagai hal, termasuk apa yang tampak seperti sihir dan pelecehan seksual seorang pria paruh baya terhadap seorang wanita. 

Plot film ini cukup sederhana tetapi sangat menarik dan tentunya mengerikan yang bisa membuat Anda merinding. 

10. The Silenced (2015)

film horor terbaik

Film “The Silenced” berlatar tahun 1938 di Gyeongseong selama pendudukan Jepang.

Film ini berfokus pada kisah seorang gadis muda bernama Ju-ran yang dipindahkan ke sekolah asrama putri untuk memulihkan kondisi kesehatannya. Perlahan-lahan kondisi kesehatan Ju-ran mulai membaik, tapi hal-hal aneh mulai terjadi disekitarnya.

Satu persatu teman asramanya mengalami pendarahan hebat dan kejang sebelum akhinya menghilang, begitupun Ju-ran. Plot film ini cukup berbeda dari gaya film horor Korea pada umumnya dengan twist tak terduga di akhir film. 

11. Insidious (2010)

​​Insidious adalah film seri horor rilisan tahun 2010 yang disutradarai oleh James Wan. Film ini berpusat pada padsangan suami istri yang anak laki-lakinya secara misterius mengalami koma, dan tubuhnya menjadi wadah bagi berbagai entitas iblis yang ingin menggunakannya untuk hidup kembali atau hanya untuk menyakiti orang lain. 

Film ini memliki sekuel, Insidious: Chapter 2 (2013), dan dua prekuel, Insidious: Chapter 3 (2015) dan Insidious: The Last Key (2018). 

12. Paranormal Activity (2009)

film horor terbaik

“Paranormal Activity” merupakan film seri horor yang sejak tahun 2009 hingga 2021 telah merilis 7 seri.

Film ini menggunakan format "found footage" dari kamera yang dipasang atau kamera hand-held untuk menunjukkan serangkaian kejadian aneh dan mengerikan yang terjadi. Ini semakin menambah kesan seram dan terasa “nyata”. 

13. Ouija: Origin of Evil (2016)

film horor terbaik

Film “Ouija: Origin of Evil” merupakan prekuel dari film “Ouija” yang dirilis tahun 2014.

Film ini bercerita tentang seorang janda muda bernama Alice Zander yang memasukkan papan Ouija untuk memanggil arwah ke dalam bisnis pemanggilan arwah palsunya. Tanpa sadar, Alice benar-benar memanggil arwah jahat menggunakan papan Oiuja, dan mulai merasuki putri bungsunya, Doris. 

Film ini berhasil menghadirkan atmosfer menyeramkan dan menakutkan secara apik. 

14. A Tale of Two Sisters (2003)

Film ini terinspirasi dari folklor Korea era Dinasti Joseon, yang plotnya berfokus tentang seorang pasien yang baru saja kembali ke rumah bersama saudara perempuannya setelah keluar dari rumah sakit jiwa.

Saat kedua saudara perempuan ini mencoba untuk melanjutkan kehidupan normal mereka, serangkaian kejadian aneh dan mengerikan mulai terjadi di rumah itu, yang semuanya terkait dengan sejarah masa lalu keluarga yang kelam. 

Secara keseluruhan, film horor Korea ini terasa sangat gelap, muram, mengerikan, dan meresahkan. Ini adalah film horor Korea pertama yang diputar di bioskop Amerika.

15. Train to Busan (2016)

film horor terbaik

Ini adalah salah satu film horor/thriller zombie yang berhasil meraih kesuksesan secara global.

Sebagai besar latar tempat film “Train to Busan” berada di dalam kereta cepat dari Seoul ke Busan, yang menyoroti bagaimana para penumpang terjebak dan harus bertahan hidup saat tiba-tiba virus zombie menyerang di negara tersebut dan mengancam keselamatan mereka.

Ketegangan dan kengerian dalam film ini terasa sangat nyata dan menyesakkan. Film ini juga berhasil menyuguhkan film horor zombie dengan visual dan plot di atas rata-rata. 

16. Hereditary (2018)

film horor terbaik

Hereditary jadi salah satu film horor terkenal yang wajib ditonton.

Dari awal film, momen-momen mencekam dan menegangkan sudah disuguhkan secara apik, hingga ke akhir film. Film “Hereditary” menceritakan tentang Annie Graham yang setelah kematian ibunya justru mengetahui rahasia-rahasia mengerikan sang ibu. 

17. The Conjuring (2013)

film horor terbaik

“The Conjuring” merupakan film seri horor lainnya karya sutradara James Wan yang sukses secara global.

Film ini berfokus pada kehidupan Ed dan Lorraine Warren, pasangan suami istri yang terkenal sebagai penyelidik paranormal, dalam menyelesaikan kasus-kasus supranatural. 

Dalam film ini, para anggota keluarga Warren datang untuk membantu keluarga Perron, yang mengalami peristiwa-peristiwa aneh dan menyeramkan di rumah mereka yang baru saja mereka tempati. 

Anda bisa menonton film sekuelnya di The Conjuring 2 (2016) dan The Conjuring: The Devil Made Me Do It (2021). 

18. Annabelle (2014)

film horor terbaik

“Anabelle” adalah film spin-off atau prekuel dari film The Conjuring yang dirilis tahun 2014.

Masih bersama Ed dan Lorraine Warren, kali ini mereka datang ke rumah pasangan muda, Mia dan John Form, yang meyakini boneka Annabelle milik mereka itu berhantu setelah mengalami serangkaian kejadian mengerikan.

Anda bisa menonton film prekuelnya di Annabelle: Creation (2017), dan film sekuelnya di Annabelle Comes Home (2019). 

19. The Call (2020)

film horor terbaik

Film yang dirilis tahun 2020 ini berhasil mencuri perhatian pecinta film horror/thriller/mystery di seluruh dunia. “The Call” bercerita tentang seorang wanita muda bernama Seo-yeon yang hidup di tahun 2019 menerima sebuah telepon misterius —melalui telepon nirkabel—dari seorang wanita bernama Oh Young-sook yang tinggal di rumah yang sama di tahun 1999. 

Keduanya dapat berkomunikasi lintas waktu melalui telepon dan bertukar informasi tentang kehidupan mereka, yang akhirnya justru menuntun mereka ke takdir yang lebih buruk. 

Tidak ada kumunculan hantu atau makhluk aneh di dalam film ini, tetapi itu tidak mengurangi ketegangan dan kengerian saat menonton film ini. Selain itu, penampilan luar biasa dari para pemain juga menjadi sorotan penting lainnya dalam film ini. 

20. It Follows (2014)

Sebuah film karya David Robert Mitchell ini menceritakan tentang wanita muda bernama Jaime yang menyadari bahwa dirinya telah menerima kutukan fatal yang diturunkan dari korban ke korban melalui hubungan seksual.

Ia dikejar oleh entitas supernatural, dan harus berhubungan seksual dengan orang lain untuk menghindari dan menghentikan kutukan itu. 

21. The Others (2001)

film horor terbaik

Grace Stewart dan dua anaknya memutuskan untuk pindah ke pantai Inggris selama Perang Dunia II.

Sambil menunggu kembalinya sang suami, Grace Stewart tetap merawat dan melindungi anak-anaknya dari penyakit fotosensitifitas langka. Namun, suatu hari mereka merasakan kehadiran sosok lain di rumah tempat mereka tinggal, dan merasa tersiksa dengan kehadiran sosok tak terlihat itu. 

Sepanjang film, Anda akan dibuat percaya bahwa mereka dihantui oleh sosok tak terlihat yang menyeramkan. Tetapi ternyata… mereka sendiri adalah arwah. 

22. The Visit (2015)

film horor terbaik

Film “The Visit” menceritakan seorang cucu perempuan dan laki-laki bernama Becca dan Tyler yang pergi untuk mengujungi kakek dan nenek mereka. Segalanya dimulai dengan cukup baik, tetapi menjadi cukup menyeramkan saat malam hari. Nana dan Pop Pop —begitu mereka memanggilnya— mulai menunjukkan perilaku-perilaku aneh. 

Anak-anak ini kemudian menemukan bahwa Nana dan Pop Pop yang bersama mereka bukanlah kakek dan nenek asli. Mereka menemukan mayat kakek dan nenek asli, dan dua pakaian pasien rumah sakit jiwa. 

23. Last Night in Soho (2021)

Seorang calon perancang busana bernama Ellie, yang menyewa kamar di sebuah rumah di London yang dimiliki oleh seorang wanita tua bernama Ms. Collins, mengetahui bahwa dia dapat melakukan perjalanan waktu secara misterius, ke tahun 1960-an.

Di tahun itu, dia bertemu dengan seorang penyanyi yang mempesona bernama Sandie. Namun dalam penglihatannya, Sandie telah dibunuh oleh mucikarinya yang bernama Jack. 

Tetapi ternyata, Sandie belum mati, dia masih hidup dan justru dialah yang telah membunuh Jack. Plot twist yang lebih mengejutkan lagi, Sandie sebenarnya adalah Ms. Collins. 

24. The Invitation (2015)

film horor terbaik

Will mengajak pacarnya, Kira, ke pesta makan malam yang diadakan oleh mantan istrinya dengan suami barunya, Eden dan David.

Malam itu, tidak hanya mereka tetapi beberapa teman lainnya juga datang ke pesta itu. Malam semakin larut, mereka banyak berbincang, dan Will mulai menyadari bahwa ada sesuatu yang jauh lebih menyeramkan yang sedang terjadi.

Itu bukanlah sekadar undangan makan malam biasa, tetapi rencana bunuh diri massal sebuah kultus—Will dan Kira juga termasuk dari rencana bunuh diri massal itu. Ada plot twist tak terduga di akhir kalau ternyata setiap rumah di daerah itu juga memiliki rencana yang sama.

25. Orphan (2009)

film horor terbaik

Hancur karena kehilangan bayi mereka yang belum lahir, Kate Coleman dan John Coleman memutuskan untuk mengadopsi seorang anak perempuan berusia sembilan tahun dari Rusia bernama Esther.

Setelah kepulangan mereka, serangkaian peristiwa mengerikan satu persatu mulai terjadi. Kate mencurigai bahwa ada sesuatu yang jahat bersembunyi dibalik penampilan manis dan innocent Esther. 

26. Get Out (2017)

“Get Out” adalah film garapan sutradara Jordan Peele yang disebut-sebut sebagai salah satu film horor paling mengerikan sepanjang masa.

Film ini menceritakan tentang seorang pria Afrika-Amerika bernama Chris yang mengunjungi orang tua pacarnya untuk berakhir pekan. Tidak butuh waktu lama sebelum Chris akhirnya menyadari bahwa dia terjebak di dunia yang jauh lebih menyeramkan daripada yang terlihat. 

27. The Witch (2015)

Film The Witch mengisahkan tentang seorang keluarga petani yang kehilangan putra bungsu mereka secara tiba-tiba.

Sambil diselimuti kepanikan, kecurigaan, dan keputusasaan, keluarga itu justru menyalahkan anak perempuan tertua atas hilangnya putra bungsu mereka yang tidak biasa. Bahkan, keluarga itu menuduh anak perempuan tertua telah melakukan sihir kepada anggota keluarga lainnya, termasuk anak laki-laki termuda. 

28. The Ring (2002)

film horor terbaik

Plot film “The Ring” berpusat pada Rachel Keller, seorang jurnalis, yang harus mencari cara untuk menghindari kematian setelah menonton rekaman video terkutuk. Tampaknya, rekaman video tersebut bisa membunuh penontonnya beberapa hari setelah menontonnya.

Banyak penonton yang menerima panggilan telepon misterius yang memperingatkan bahwa mereka akan mati dalam tujuh hari. Atmosfer dan visual mencekam dan menegangkan berhasil ditampilkan secara apik dalam film ini. 

Anda bisa menonton sekualnya di The Ring Two (2005) dan Rings (2017).

(Foto courtesy of Universal Pictures / Rotten Tomatoes Indie / Rotten Tomatoes Trailers / A24 / Warner Bros. Pictures / Lotte Entertainment (International) / Netflix Asia / Rotten Tomatoes Classic Trailers / and Photo Teaser by Polina Tankilevitch on Pexels)