Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Apa yang Harus Dilakukan dengan Uang Anda Sekarang?

Penasihat keuangan, Natasha Percy-Baxter, berbicara tentang langkah-langkah yang perlu Anda ambil sebelum tahun pajak berakhir.

Apa yang Harus Dilakukan dengan Uang Anda Sekarang?
Courtesy of Bazaar UK

Dengan anggaran musim semi baru saja diumumkan dan akhir tahun pajak sudah dekat, pikiran kita secara alami beralih ke uang: bagaimana kita dapat memaksimalkan tabungan kita sebelum jatuh tempo di awal bulan April dan apa yang akan kita lakukan secara berbeda tahun depan. Walaupun kita dengan senang hati mendiskusikan pekerjaan, hubungan, dan bahkan kehidupan seks dengan teman-teman, hanya sedikit dari kita yang merasa nyaman mengobrol secara terbuka tentang cara memperbaiki keadaan keuangan kita.

BACA LAGI: Cara Memulai Perencanaan Keuangan Pribadi untuk Jangka Panjang

“Uang benar-benar tabu terakhir,” ucap Natasha Percy-Baxter, seorang penasihat keuangan yang menjalankan perusahaan manajemen kekayaannya sendiri. “Beberapa dari kita merasa malu karena berpenghasilan lebih dari teman-teman kita, sementara yang lain merasa tidak nyaman karena mereka belum mencapai tingkat gaji yang mereka inginkan, semua ini menjadi penghalang karena kita tidak ingin terbuka kepada orang lain. Akan tetapi, menjadikan keuangan sebagai bagian dari wacana sehari-hari dapat bermanfaat bagi semua orang.”

Misinya adalah menghilangkan rasa cemas atau bersalah yang kita miliki seputar uang sehingga wanita merasa berdaya untuk mulai menabung dan berinvestasi. “Hal yang paling sering saya dengar adalah bahwa orang-orang takut membuat keputusan yang salah terkait keuangan mereka, tetapi itu berarti hanya ada satu keputusan yang benar, padahal tidak demikian,” jelasnya. “Nasihat terbesar saya adalah mulailah perjalanan finansial Anda pada tingkat yang Anda merasa nyaman.”

Apakah Anda baru saja mulai memikirkan di mana menyimpan uang Anda atau Anda seorang investor berpengalaman, ini adalah rekomendasi utama Natasha untuk mengambil tindakan menjelang keuangan akhir tahun.

Courtesy of Bazaar UK
  1. Mulai belajar tentang keuangan sekarang

    "Ada banyak jargon dalam industri investasi, dan terlalu banyak penasihat yang mengandalkannya untuk membuat diri mereka terlihat ahli. Sekali seminggu atau sebulan sekali, coba tuliskan istilah keuangan yang tidak Anda mengerti, dan luangkan sedikit waktu untuk membangun pemahaman Anda tentangnya atau menghubungi seseorang yang mungkin dapat membantu menjelaskannya. Ada banyak buku dan platform bagus di luar sana yang dapat memberi tahu Anda. Saya akan merekomendasikan Vestpod-nya Emilie Bellet, yang menjalankan workshops dan podcast, dan komunitas online Female Invest."

  2. Kontrol anggaran Anda

    "Saya suka rekening giro seperti Monzo yang memungkinkan Anda mengatur tingkat pengeluaran dan menyisihkan 'pot' uang untuk sesuatu yang ingin Anda tabung dalam lima tahun ke depan, seperti pernikahan atau liburan. Mengirim uang ke pot berarti tidak dapat diakses secara instan ada jika Anda membutuhkannya."

  3. Lihat di luar rekening tabungan

    “Jika uang Anda ada di rekening tabungan dengan tingkat bunga dua persen, dan tingkat inflasi mencapai sepuluh persen, pada dasarnya Anda kehilangan delapan persen dari tabungan Anda dari tahun ke tahun. Pertimbangkan untuk membuka saham dan shares ISA, di mana Anda dapat berinvestasi hingga £20.000 dalam setahun dan penghasilan Anda tidak akan dikenakan pajak apa pun.

    Tidak apa-apa untuk memulai dengan jumlah kecil, tetapi ingat bahwa semakin lama Anda meninggalkannya, semakin sulit untuk uang Anda untuk tumbuh. Dan untuk uang yang Anda simpan dalam bentuk tunai, hindari rekening tabungan yang mengikat Anda untuk waktu yang lama. Pada saat Bank of England mengambil pendekatan proaktif untuk mengendalikan inflasi, Anda ingin dapat sesuaikan suku bunga Anda secara bersamaan."

  4. Waspada tentang ketentuan pajak

    "Pajak warisan adalah area di mana pengetahuan dapat menuai dividen: Anda dapat memberikan hadiah senilai £3.000 setiap tahun pajak tanpa menambahkannya ke nilai tanah Anda, jadi ada baiknya merencanakan ke depan. Sementara itu, pajak capital-gain tunjangan saat ini £12.300, tetapi turun menjadi £6.150 untuk tahun pajak berikutnya dan akan turun lebih jauh menjadi £3.000 di tahun berikutnya, jadi penting untuk merencanakannya dengan tepat."



  5. Mengendalikan berapa risiko yang diambil

    "Jika Anda belum memiliki banyak pengalaman investasi, saya tidak akan memulai dengan tingkat risiko tertinggi. Tetapi seiring dengan meningkatnya tingkat kenyamanan, Anda selalu dapat meningkatkannya. Memeriksa situasi adalah salah satu hal terpenting dalam keuangan, setidaknya setahun sekali, Anda perlu duduk dan meninjau kembali bagaimana keadaan Anda sendiri telah berubah (misalnya, jika Anda menikah, berganti pekerjaan, atau memulai sebuah keluarga) dan bagaimana pasar telah berkembang. Dalam satu tahun terakhir, ada perang yang terjadi di Ukraina, kenaikan harga energi dan krisis biaya hidup, yang semuanya akan berdampak pada kinerja investasi Anda dan dapat menginformasikan “selera” risiko Anda."

  6. Ingat, Anda berinvestasi untuk jangka panjang

    "Ada perbedaan besar antara investasi dan day trading. Saya tentu tidak akan merekomendasikan memasukkan uang ke pasar pada satu hari dan mengeluarkannya di hari berikutnya. Anda harus berinvestasi minimal lima tahun agar uang Anda memiliki waktu untuk berkembang, dan biarkan terkena volatilitas pasar dalam periode yang lebih lama."

  7. Jangan lupa menabung saat pensiun nanti

    "Ini benar-benar bentuk yang paling dekat untuk mendapatkan uang gratis. Cobalah berbicara dengan atasan Anda dan tanyakan apakah mereka akan mencocokkan kontribusi pensiun Anda hingga jumlah tertentu, jika mereka belum melakukannya."

  8. Jadikan uang sebagai topik permbicaraan

    "Duduklah dengan teman-temanmu dan hancurkan tabu tentang keuangan bersama. Mungkin Anda ingin meminta kenaikan gaji kepada atasanmu dan Anda ingin saran dari seseorang yang melakukannya, atau mungkin Anda berencana untuk membeli rumah tetapi Anda tidak tahu harus mulai dari mana untuk mencari mortgage. Jika Anda dapat menciptakan ruang yang terbuka dan aman untuk melakukan percakapan tersebut, Anda akan semakin terinformasi."

BACA LAGI:

Cara Memaksimalkan Uang Anda untuk Cincin Pertunangan

Intip Bagaimana Cara Membuat Keuangan Anda Menjadi Lebih Baik

(Penulis: Frances Hedges; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Bella Nazelina; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)