Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Terapi EMDR Akhirnya Membantu Saya Memproses Trauma

Eye Movement Desensitisation and Reprocessing, suatu bentuk psikoterapi dapat menjadi pengobatan yang mengubah hidup.

Terapi EMDR Akhirnya Membantu Saya Memproses Trauma
Courtesy of Bazaar UK

Sekarang tahun 2016, dan saya telah menghabiskan 365 hari dengan muntah-muntah untuk alasan yang belum diketahui. Tes fisik tidak menunjukkan adanya penyakit, yang berarti 'semua masalah berada di kepala saya'. Namun trauma menguasai seluruh tubuh Anda, tes darah, tablet anti-mabuk, dan pemeriksaan fisik tidak memberikan kelegaan.

Duduk di meja kerja pada suatu pagi, di usia 20 tahun, saya mulai menangis. Saya memiliki pekerjaan pertama yang 'layak', memiliki pacar jangka panjang, dan kehidupan rumah tangga yang stabil, teman-teman yang baik tetapi saya hanya menangis. Selama berhari-hari. Hari menjadi bulan, dan air mata menjadi penyakit: rasanya seperti seluruh tubuh saya menangis; mengeluarkan semua sampah yang harus dibuang.

BACA JUGA: Apakah Anda Mengalami Stres?

Saya tidak tahu bahwa apa yang saya alami adalah gangguan stres pasca trauma yang kompleks tanpa henti. Sampai seorang teman merekomendasikan terapis mereka kepada saya dan jalan hidup saya mengalami perubahan besar.

Begitu saya duduk di kursi ruang kerja psikoterapis saya yang nyaman, ia sepertinya tahu persis apa yang 'salah'. Kami berbicara banyak tentang stres pasca trauma dan apa artinya, dan terapis saya merekomendasikan terapi EMDR (Eye Movement Desensitisation and Reprocessing). Yang dikombinasikan dengan sebuah institusi bernama Internal Family System, untuk membantu saya pulih. Saya datang seminggu sekali selama lima bulan, dan saya tidak pernah menjadi sama lagi seperti dulu.

Apa yang dimaksud dengan 'traumatis'?

Sebelum melanjutkan, saya ingin menyampaikan bahwa pada dasarnya kita semua pernah mengalami trauma dalam hidup kita. Dan, kita semua memiliki pengalaman hidup yang kemudian memengaruhi kita. Mungkin tidak ada peristiwa mencolok yang dapat Anda tunjukkan sebagai pemicu yang jelas. Tetapi kita semua mengalami peristiwa yang mengubah hidup, mulai dari kesedihan, kehilangan, hingga perceraian, persalinan, dan masalah medis.

Menurut Jordan Vyas-Lee, psikoterapis, terapis EMDR, dan salah satu pendiri klinik perawatan kesehatan mental terkemuka, Kove, "arti trauma dalam konteks psikoterapi sangatlah luas.

"Pengalaman yang berbahaya secara fisik, mengancam nyawa, atau sangat tidak manusiawi yang menyebabkan ketidakstabilan pada sistem saraf. Biasanya lebih dipahami dan diterima oleh masyarakat luas dan sering kali menjadi pengalaman yang dikenal sebagai PTSD."

Jordan kemudian menjelaskan bahwa "hampir semua orang dapat memperoleh manfaat dari EMDR," karena kita semua membawa pengalaman masa lalu kita dalam pikiran dan tubuh kita. Terutama dalam sistem saraf kita, tetapi sama halnya bahwa "kebutuhan yang paling mendesak untuk EMDR adalah pada individu yang mengalami tingkat tekanan yang tinggi, atau tidak lagi dapat mengatasinya."

Ini merupakan poin penting dalam mencatat perbedaan antara trauma dan stres. Keduanya dapat merusak sistem saraf, tetapi juga secara fundamental berbeda. Pakar trauma Bessel van der Kolk menggambarkan perbedaan utama, bahwa stres berhenti ketika peristiwa berhenti namun trauma tidak. Anda menghadiri janji temu atau menerima hasil yang Anda khawatirkan dan kemudian melanjutkan hidup: inilah stres. Dalam kasus trauma, akan terbawa dalam jangka waktu yang lebih lama dan mempengaruhi perilaku dan persepsi Anda terhadap dunia.

Apa itu terapi EMDR?

EMDR adalah suatu bentuk psikoterapi yang digunakan untuk mengobati trauma. Ketika kita mengalami sesuatu yang traumatis, fungsi memori kita untuk sementara waktu berhenti bekerja dengan baik. Pada dasarnya untuk kita bertahan hidup sebelum mengelola emosi di sekitarnya. Terkadang, proses ini tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Biasanya, ketika kita tidur atau melakukan aktivitas seperti percakapan adaptif dengan orang lain tentang kejadian yang kita alami ingatan kita diproses dan diarsipkan. Berpindah dari ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang, jarang sekali untuk dipikirkan kembali kecuali kita sengaja mengingatnya. Stres pasca trauma terjadi ketika ingatan terjebak dalam memori jangka pendek. Di otak secara neurologis, dan di dalam tubuh, tersimpan sebagai ingatan emosional dan fisik. Kenangan ini mudah diingat kembali, 'dipicu', dan masih terasa menyakitkan. Otak kita tidak dapat memahami perbedaan antara dulu dan sekarang. Kenangan-kenangan ini secara implisit tersimpan dan mengendalikan sebagian besar perilaku dan pilihan bawah sadar kita. Bahkan tanpa adanya pengalaman menghidupkan kembali PTSD secara penuh.

Tujuan dari EMDR adalah untuk memindahkan pengalaman traumatis yang belum diproses dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang di seluruh sistem pikiran tubuh. Dan membuat kita tidak peka terhadap pengalaman-pengalaman tersebut, yang pada dasarnya menghilangkan kekuatannya.

Leila Steeds, seorang terapis EMDR di Harley Therapy, menjelaskan bahwa "tidak ada waktu tertentu atau perspektif dalam trauma, tubuh mengalaminya seolah-olah itu terjadi sekarang. EMDR sangat berbeda dengan terapi berbasis bicara dan wawasan karena terapi ini secara fisik menargetkan otak dan sistem saraf. Terapi ini merupakan intervensi yang terfokus dan sangat efisien yang dapat membuat perbedaan besar bagi para penyintas, seperti kekerasan seksual, dan trauma yang kompleks."

Bagaimana saya bisa mengakses terapi EMDR?


Saya belum pernah mendengar tentang terapi EMDR sebelum psikoterapis pribadi saya merekomendasikannya. Dan saya pasti tidak akan berinisiatif untuk mencari sebelumnya. Banyak orang bertanya tentang pengobatan PTSD setelah saya dalam pemulihan, dan saya hanya pernah bertemu dengan satu orang yang mengetahui dan telah mengalami EMDR untuk dirinya sendiri.

Hal ini tidak pernah disebutkan ketika saya mengunjungi dokter umum saat mengalami krisis. Dan saya menjalani terapi bicara dan reaksi alergi dengan obat-obatan sebelum saya menemukan EMDR. Sepertinya EMDR tidak menjadi pilihan utama di NHS dan menurut Leila "tidak tersedia secara luas, dan sangat sulit untuk menemukan EMDR berbiaya rendah di negara ini".

Jika Anda tertarik untuk mengeksplorasi EMDR, sampaikan kepada dokter umum Anda. Tetapi Anda mungkin harus mengikuti terapi privat, yang tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Sayangnya, perawatan kesehatan mental spesialis masih terlalu sulit untuk diakses oleh banyak orang. Selain itu, penting untuk dicatat bahwa EMDR bukanlah 'obat' yang dapat menyembuhkan PTSD. Dan mungkin tidak cocok untuk semua orang, sama seperti perawatan psikologis lainnya.

Bagaimana cara kerja terapi EMDR?

Ketika terapis pertama kali menjelaskan EMDR, saya pikir akan dihipnotis. Pada saat itu, saya senang untuk mencoba apapun, tetapi tentu saja penasaran dengan pendekatan khusus ini. Saya diperingatkan sebelum perawatan dimulai, bahwa ini akan melibatkan penggalian pengalaman traumatis dan pada akhirnya menghidupkannya kembali untuk memprosesnya dengan benar. Dan bahwa ini bisa berarti merasakan sensasi fisik, emosi dan bahkan cedera fisik dari trauma asli yang muncul kembali.

Saya tidak dihipnotis. Justru sebaliknya: Saya sepenuhnya sadar untuk merasakan setiap hal yang muncul. Terapis akan duduk tepat di depan saya dan memposisikan tangannya tegak lurus di depan wajah saya. Ia akan menggerakkan tangannya dari kiri ke kanan, dan saya akan mengikuti gerakan tangannya dengan mata saya. Selama proses ini, ia akan meminta untuk memikirkan kenangan tertentu atau kadang-kadang hanya melihat apa yang muncul. Dan mengikutinya ke mana pun ia ingin membawa saya secara mental. Proses ini dirancang untuk mensimulasikan sistem internal kita sendiri untuk memproses informasi, biasanya saat kita sedang tidur.

Dalam hal cara kerjanya di dalam pikiran dan tubuh, Jordan menjelaskan bahwa "EMDR mengaktifkan sistem saraf pada tingkat emosi yang dalam. Seorang terapis memulai dengan meminta pasiennya untuk mengingat kembali kejadian traumatis. Kembali ke momen-momen penting yang membuat sistem saraf menjadi tidak berfungsi. Perjalanan EMDR memungkinkan pasien untuk memproses ulang ingatan ini. Pada akhirnya, pasien dapat melihat peristiwa masa lalu melalui lensa masa kini, dan dalam prosesnya, memperbaiki sistem saraf dengan cara yang lebih fungsional."

Leila menjelaskan bagaimana hal ini bekerja di dalam otak, mengungkapkan bahwa "dengan menghubungkan korteks prefrontal, bagian otak yang berpikir, dan amigdala, bagian otak yang merasakan, kita bisa mengakses memori traumatis di masa lalu dan masa sekarang. Kita masuk dan keluar dari memori tersebut, membuat klien tidak peka terhadap trauma. Setelah diproses, memori tersebut disimpan di bagian otak, hipokampus, di mana ada rasa waktu dan perspektif, sehingga memori tersebut masih ada tetapi kehilangan muatan traumatisnya."

Bagi kita yang seperti saya, menerima perawatan yang tepat pada waktu yang tepat, hasilnya bisa mengubah hidup. Sudah tujuh tahun sejak saya memulai terapi EMDR, dan dengan segenap rasa syukur, ini adalah awal dari sebuah akhir. Belajar untuk hidup pasca trauma akan membutuhkan lebih banyak kekuatan daripada yang Anda tahu. Dan ada kehidupan yang indah dan memuaskan di sisi lain.

BACA JUGA:
Tiga Rahasia Manjur untuk Pemulihan Diri Sendiri dari Spesialis Trauma, Shayoon Mendeluk
7 Langkah Efektif Mengatasi Stress Saat Bekerja

(Penulis: Hannah Fox; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Celine Setiawan; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)