Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Simak 8 Buku Self-Improvement Asal Korea yang Sangat Diminati

Berbagai buku yang telah memberikan dampak besar bagi kehidupan Anda.

Simak 8 Buku Self-Improvement Asal Korea yang Sangat Diminati
Courtesy of Goodreads

Di awal tahun baru 2023, sering kali orang mempunyai resolusi tentang apa yang ingin dicapai. Keinginan untuk menjadi orang yang lebih baik, lebih kuat, lebih mapan, atau apapun itu, buku pengembangan diri dapat memperkenalkan Anda pada pengalaman yang berbeda saat Anda menjalani hidup dan menghadapi masalah. Buku-buku ini dapat mempertajam keterampilan Anda dan membantu Anda menemukan perspektif baru. Berikut 8 buku pengembangan diri yang paling banyak diminati.

Courtesy of Goodreads

1. Things Left Behind 

Ditulis oleh Kim Sae Byoul, buku self-improvement yang populer ini menginspirasi drama Korea Selatan yaitu Move to Heaven. Buku ini diceritakan langsung oleh seseorang yang merawat sisa-sisa orang mati. Menariknya, buku ini mengungkap berbagai kisah nyata seperti sebab akibat dan alasan utama dibalik kematian seseorang. Buku ini dapat menyadarkan Anda akan isu-isu penting yang selama ini terabaikan. Things Left Behind menggabungkan pengalaman pribadi yang akan membuat Anda menangis sekaligus menyoroti betapa berharganya hidup dan keluarga.

Courtesy of Gramedia

2. Love for Imperfect Things 

Ditulis oleh Haemin Sunim, buku ini mengajarkan pentingnya kenyamanan batin, agar kita bisa belajar mencintai dan menerima diri di dunia yang selalu menuntut kesempurnaan. Tidak ada yang sempurna dalam hidup ini, tetapi setiap orang layak untuk dicintai. Saat kita berhasil berempati serta mampu memaafkan diri, maka kita juga akan bisa melakukan hal yang sama dengan orang lain.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Anda Baca di Pantai

Courtesy of Goodreads

3. Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah 

Ditulis oleh Geulbaewoo, dengan berbagai rintangan dalam hidup, maka kehidupan setiap orang jelas berbeda. Meski terkadang terasa melelahkan dan menyebalkan, setidaknya awali hari dengan senyuman dan selalu lakukan yang terbaik untuk mengatasi segala rintangan dalam hidup ini. Buku ini dipersembahkan untuk Anda yang lelah dan ingin beristirahat dan menemukan hal-hal yang Anda sukai. Ada banyak ungkapan menarik dalam buku ini yang akan membantu Anda mendapatkan gambaran yang lebih besar tentang diri Anda.

Courtesy of Goodreads

4. Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti? 

Ditulis oleh Kim Sang Hyun, Selalu ada berbagai masalah dalam hidup yang tidak pernah ada habisnya. Semakin panjang hari yang dijalani, semakin banyak masalah yang harus dihadapi. Hal ini membuat Kim Sang Hyun bertanya-tanya siapa yang akan datang ke pemakamannya saat ia meninggal? Catatan kecil penulis yang selalu berusaha untuk hidup sedikit lebih baik, lebih bahagia dan lebih sejahtera ini ditulis dengan bahasa yang menyejukkan dan hangat.

Kim Sang Hyun berhasil memberikan kesenangan dan kekuatan kepada Anda untuk terus tumbuh dan berjuang dalam hidup, mengejar mimpi dan mengatasi kekecewaan serta berbagai masalah sehari-hari yang tak kunjung usai.

Courtesy of Goodreads

5. I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki 

Ditulis oleh Baek Se Hee, setiap orang pasti pernah menghadapi masalah yang seringkali datang tanpa jeda, sehingga membuat khawatir dan membingungkan dalam mencari solusinya. Namun, ada juga orang yang memilih mengakhiri hidup untuk menyelesaikan masalah… 

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman seorang penulis sakit jiwa yang bahkan ingin mengakhiri hidupnya, namun tetap ingin makan Tteokpokki, kue beras khas Korea Selatan. Selain itu, buku ini menjadi solusi spiritual, agar kita semua tidak menyerah. Masalah selalu muncul setiap saat, sehingga manusia tidak bisa lari dari kenyataan, harus berani menghadapinya demi kehidupan yang lebihbaik di masa depan.

Courtesy of Goodreads

6. Aku Ingin Pulang Meski Sudah di Rumah 

Ditulis oleh Kwon Rabin, rumah adalah tempat di mana Anda dapat merasakan kenyamanan. Namun, ini tidak selalu terjadi. Saat orang tumbuh dewasa, mereka terus mencari kenyamanan dan pentingnya rumah dalam hidup mereka. Ini seperti siput yang hidup telentang untuk mempertahankan diri. Kwon Rabin telah mencurahkan pengalaman pribadinya dalam buku ini. Di sini ia berusaha keras untuk memberi Anda "rumah" yang paling nyaman sehingga mereka dapat berbagi kesulitan satu sama lain ketika kenyataan pahit mulai menghantam hidup kita.

Courtesy of Goodreads

7. The Things You Can See Only When You Slow Down 

Ditulis oleh Haemin Sunim, buku yang banyak diminati ini menawarkan pelajaran spiritual tentang pentingnya melambat di dunia nyata yang serba cepat. Bahwa tidak apa-apa untuk tumbuh sedikit lebih lambat dan terkadang terlambat untuk bermimpi. Karena memang setiap orang pasti punya waktu dan takdirnya masing-masing. Penulis Haemin Sunim menemani Anda di jalan menuju kesejahteraan sehari-hari, misalnya dalam hubungan, cinta, dan spiritualitas. Buku ini akan menyadarkan Anda bahwa hubungan yang lebih dalam dengan orang lain dan memaafkan diri sendiri sangatlah penting. Dibandingkan mengikuti arus dunia yang begitu cepat berubah, ada baiknya mencoba istirahat sejenak yang membuat hidup lebih damai dan tenteram.

Courtesy of Goodreads

8. How to Respect Myself 

Ditulis oleh Yoon Hong Gyun, buku ini berisi 24 cara meningkatkan kepercayaan diri yang dibagi menjadi tujuh bagian yaitu metode pelatihan harga diri oleh psikiater profesional, Dr. Yoon Hong Kyun.

Ketujuh bagian utamanya berisi penjelasan dan cara kerja untuk harga diri serta kiat-kiat untuk mengatasi perasaan rendah diri, membenci diri sendiri, depresi, dan kecemasan. Buku ini akan membuat Anda menemukan perspektif baru dan arti hidup yang sebenarnya, mencintai diri sendiri dan mengambil keputusan tentang segala hal tanpa terpengaruh oleh tekanan lingkungan yang buruk. 

BACA JUGA:
15 Drama Korea Terbaik di Netflix Saat Ini
14 Inspirasi Gaya Fashion Pria Korea oleh Para Selebriti yang Dapat Anda Tiru

(Penulis: Celine Setiawan; Foto: Courtesy of Goodreads, Gramedia)