Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

15 Drama Korea Terbaik di Netflix Saat Ini

Dari acara kriminal yang mendebarkan hingga romansa yang mengharukan.

15 Drama Korea Terbaik di Netflix Saat Ini
Courtesy of BAZAAR US

Hiburan dan budaya Korea Selatan telah menjadi kekuatan internasional dalam dua dekade terakhir, dengan film Parasite dan Minari dan pertunjukan seperti Pachinko mendapatkan pujian kritis dan gebrakan penghargaan di AS. Beruntung bagi penggemar karya-karya ini yang ingin mencoba K-Netflix telah membuat katalog pertunjukan yang mengesankan, dengan banyak drama orisinal dan terdistribusi terbaiknya telah mencapai streamer jauh sebelum kesuksesan besar dari hit mereka, Squid Game. Dari acara kriminal yang mendebarkan dan roman yang mengharukan hingga aksi paranormal dan drama irisan kehidupan, berikut adalah K-drama terbaik untuk memulai penyelaman Anda ke televisi Korea.

1. Crash Landing On You

Kisah pamungkas dari sepasang kekasih yang bernasib sial ini dimulai dengan premis yang unik: pewaris chaebol Korea Selatan bertemu dengan tentara Korea Utara setelah kecelakaan paralayang membawanya ke zona demiliterisasi. Aksi, intrik politik, komedi, dan manisnya rom-com semuanya bertemu dalam drama ini, dengan pernikahan nyata antara aktor Hyun Bin dan Son Ye-jin menjadikan ini tontonan yang paling wajib.

2. Hospital Playlist

Mengikuti lima dokter yang telah berteman sejak sekolah dan bahkan bermain dalam sebuah band bersama, drama medis ini membenamkan dirinya dalam kehidupan dan persahabatan para karakter, menunjukkan bagaimana mereka saling mengangkat di masa-masa sulit dan tumbuh bersama. Jika Anda sering melewatkan Grey's Anatomy atau House untuk menghindari adegan operasi yang mengerikan, fokus Hospital Playlist pada interaksi antara dokter, staf, dan bahkan pasien mungkin adalah yang Anda cari.

3. Itaewon Class

Drama penuh sesak ini mengikuti persaingan antara pemilik bar muda yang keras kepala, diperankan oleh aktor The Marvels Park Seo-Joon, dan ayah-anak yang mengepalai sebuah perusahaan makanan yang sukses. Saat plot perang kelas utama dimainkan, dengan pemuda itu membangun pubnya menjadi sebuah waralaba, tim karyawannya yang ragtag, termasuk seorang pria yang sebelumnya dipenjara, seorang wanita trans, dan seorang kulit hitam Korea, mendapatkan subplot mereka sendiri,  cerita-cerita ini yang tidak biasa terlihat di TV Korea mendapatkan penggambaran empati.

4. Kingdom

K-drama asli Netflix pertama yang membuat percikan internasional, Kingdom menggabungkan dua genre yang merupakan ciri khas hiburan Korea: sejarah epik dan horor zombie. Ketika intrik politik di era Joseon bercampur dengan virus aneh yang membuat warga menginginkan daging, Putra Mahkota dan sekutunya harus menyelamatkan apa yang tersisa dari negara itu.

5. Mr. Sunshine

Drama sejarah menakjubkan yang terinspirasi oleh peristiwa nyata ini menceritakan kisah menarik yang berlatar akhir tahun 1800-an. Seorang Marinir AS kelahiran Korea kembali ke negara asalnya selama ekspedisi dan jatuh cinta pada aristokrat dan penembak jitu yang berjuang untuk menyelamatkan Korea dari penjajahan oleh Jepang. Drama epik ini menampilkan sinematografi yang indah, penulisan yang luar biasa, dan penampilan legendaris dari Lee Byung-hun dan Kim Tae-ri.

6. Thriller

Film thriller kriminal juga merupakan genre K-drama yang tidak terpisahkan, dengan Signal menjadi salah satu pemimpinnya. Berdasarkan serangkaian kasus kehidupan nyata dari Korea Selatan, acara ini mengikuti seorang detektif dari tahun 1989 dan profiler kriminal dari tahun 2015 yang bekerja sama untuk menyelidiki pembunuh berantai yang sama, berkat walkie-talkie yang memungkinkan mereka berkomunikasi meskipun tinggal di tempat yang berbeda waktu. Bergabung dengan detektif 2015 lainnya, kelompok itu memecahkan kasus-kasus dingin bersama, menghentikan penjahat di masa lalu dan mengubah masa depan.

7. SKY Castle

Pertunjukan ansambel yang dramatis ini akan membuat Anda mempertanyakan apakah semua upaya sekolah menengah Anda untuk masuk ke sekolah yang sempurna benar-benar sepadan. Ketika empat keluarga kaya dari komunitas eksklusif melakukan segala daya mereka untuk memasukkan anak-anak mereka ke universitas top, intrik kejam mereka mengarah pada pengkhianatan, pelecehan, dan bahkan kematian. Selain menjadi pertunjukan yang luar biasa, drama ini juga menyoroti sistem pendidikan Korea Selatan yang intens dan bagaimana hal itu dieksploitasi oleh keluarga kaya.

8. Squid Game

Jika Anda melewatkan Squid Game-mania tahun lalu, sensasi brutalnya layak untuk ditonton karena penampilan luar biasa para aktor dan sindiran tajam sutradara Hwang Dong-hyuk tentang perbedaan kekayaan dan kekerasan yang sensasional. Netflix juga telah menjelaskan bahwa pertunjukan dystopian akan kembali, jadi sebaiknya ikuti dunia Squid Game saat berkembang.

9. Vincenzo

Dipimpin oleh aktor terkenal Song Joong-ki sebagai petugas mafia Korea-Italia, drama yang mengasyikkan ini memiliki urutan aksi epik dan komedi ensemble yang lucu. Beberapa drama aksi Korea terbaik dengan cekatan menyatukan komedi ringan dan romansa dan aksi yang mengasyikkan, dengan Vincenzo menambahkan plot twist yang membuat pemirsa mengklik episode berikutnya.

10. When The Camelia Blooms

Ini adalah drama lain yang memadukan beberapa genre dengan romansa yang lucu dan mengharukan yang menambahkan tantangan dramatis dan subplot thriller. Seorang petugas polisi setempat jatuh cinta pada pandangan pertama dengan seorang ibu tunggal dan pemilik bar bernama The Camelia. Saat dia memenangkannya dan hubungan mereka berkembang, mereka harus menghadapi tekanan sosial, terutama pada Dong-baek sebagai seorang ibu, sementara seorang pembunuh berantai mengancam kota mereka.

11. Reply 1998

Tiga pertunjukan dari seri Reply adalah drama nostalgia pamungkas, mengikuti tiga komunitas siswa dan orang tua mereka yang hidup di tahun masing-masing (1997, 1994, dan 1988) dan berurusan dengan peristiwa kehidupan nyata dari Olimpiade hingga Krisis Keuangan IMF. Meskipun serial ini dibuat dalam urutan kronologis terbalik (dan ada kejutan telur Paskah bagi pemirsa yang menonton dalam urutan itu), seri ketiga, Reply 1988, adalah pertunjukan yang sangat manis tentang cinta antara kelompok yang erat. teman dan keluarga mereka.

12. Law School

Penggemar drama hukum yang suka mengikuti drama di balik layar kasus-kasus yang mengasyikkan harus melihat kisah mahasiswa hukum yang ditulis dengan baik ini yang dilemparkan ke kasus dunia nyata setelah seorang profesor ditangkap karena pembunuhan orang lain. Liku-liku persidangan utama, ditambah subplot yang dibuat dengan baik yang membahas kekerasan dalam pacaran, membuat pertunjukan tetap menarik dari awal hingga akhir.

13. Her Private Life

Untuk drama percintaan tingkat atas, ambil dua aktor dengan chemistry yang luar biasa—dalam hal ini, ratu komedi romantis Park Min-young dan aktor veteran Kim Jae-wook—, beri mereka karakter yang menyenangkan dan ditulis dengan baik, dan dimasukkan ke dalam romansa tempat kerja rahasia atau plot kencan palsu (atau keduanya). Pertunjukan tentang seorang kurator museum dan fangirl rahasia yang jatuh cinta pada direktur baru museum ini adalah alur yang sempurna dan menggemaskan.

14. It's Okay to Not Be Okay 

Drama yang terkenal ini menyatukan pengasuh psikiater yang mulia, kakak laki-lakinya yang autis, dan penulis buku anak-anak yang memiliki tantangan emosional yang menjadi tertarik satu sama lain dan secara bertahap saling membantu menyembuhkan dari masa lalu traumatis mereka. Selain membahas subjek seperti trauma dan pelecehan dengan cara progresif yang menyegarkan, nuansa dongeng yang kelam dan penampilan luar biasa dari trio aktor telah memenangkan pujian kritis drama ini.

15. Business Proposal

Penggemar komedi romantis klasik—keadaan konyol, adegan beruap, balapan ke bandara, dan semuanya—akan menyukai drama baru ini, yang menyesuaikan setiap kiasan roman dalam buku menjadi 12 episode. Dua pasangan utama acara ini memiliki keterikatan yang hebat dan kepribadian yang berbeda untuk dibangkitkan, karena acara tersebut mencakup alur cerita rom-com yang memberi kita perasaan, atau menumbangkan plot yang biasanya membuat kita memutar mata.

Baca juga:
11 Film & Drama Korea yang akan Tayang Sepanjang Bulan April

10 Film & Drama Korea yang Dijadwalkan Tayang di Bulan Maret 2022

Penulis: Quinci Legardye; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of BAZAAR US