Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Merayakan 100 Tahun Iris Apfel: "Selama Anda Jujur Pada Diri Sendiri, Anda Akan Terlihat Luar Biasa"

Bazaae memberikan penghormatan kepada sang 'grande dame' dunia mode saat ia meluncurkan usaha baru yang penuh gaya.

Merayakan 100 Tahun Iris Apfel:
Courtesy of BAZAAR UK

Jika seseorang mengatakan kepada saya 10 tahun yang lalu saya akan melakukan ini, saya akan tertawa dan berkata, "Anda gila!'” kata Iris Apfel, ketika kita bertemu di lokasi pemotretan Bazaar di Colony Hotel di Pantai Palm, Florida. Ikon mode internasional, yang merayakan ulang tahunnya yang ke-100 Agustus lalu, sangat percaya pada kekuatan 'kebetulan'. “Saya tidak punya rencana; Saya membuat sebuah titik. Saya tidak pernah memiliki rencana bisnis […] Hal-hal terjadi begitu saja, dan saya mencoba memanfaatkannya jika menurut saya itu bermanfaat. Jika sesuatu datang dan saya menyukainya, saya akan melakukannya.”

Oleh karena itu, jalur kariernya yang sangat bervariasi: Iris pertama kali bekerja sebagai copywriter di Women's Wear Daily, sebelum mengambil peran sebagai asisten desainer interior Elinor Johnson. Dia menikah dengan Carl Apfel, cinta dalam hidupnya, pada tahun 1948, dan dua tahun kemudian mereka meluncurkan perusahaan tekstil bersama, Old World Weavers. Pekerjaan mereka, termasuk proyek restorasi di Gedung Putih untuk sembilan presiden AS berturut-turut, membuat mereka berkeliling dunia untuk mencari potongan-potongan unik dan langka – sebuah pengalaman yang sebagian disebabkan oleh selera berbusananya yang bervariasi.

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Meskipun pasangan itu menutup bisnisnya setelah pensiun pada tahun 1992, Iris tidak berniat untuk merasa puas. Ketenaran datang di akhir hidupnya: pada tahun 2005, pada usia 84, ia mendapati dirinya menjadi subjek pameran besar di Museum Seni Metropolitan, 'Rara Avis: by Iris Apfel Collection', yang mengukuhkan posisinya di jajaran mode; dan, pada usia 96, dia menjadi orang tertua yang membuat Barbie sesuai dengan citranya.

Kegembiraan yang nyata dengan mode berasal dari mengenakan apa yang Anda inginkan

Sejak itu, dia telah berkolaborasi dengan merek dari eBay hingga Etsy, dan hari ini dia terus menyulap beberapa proyek komersial, termasuk meluncurkan koleksi eksklusif desain flamboyan untuk H&M, yang akan diluncurkan akhir bulan ini. "Ini menyenangkan tetapi juga glamor, dan sedikit berlebihan," katanya tentang rangkaian, yang menampilkan "kain jacquard yang indah, bordir, ruffles, cetakan yang indah, pinggiran untuk bersenang-senang, pusaran tulle besar" dan, tentu saja, pelangi warna. “Ini adalah penghargaan saya untuk kebebasan bergaya – bukti bahwa, selama Anda jujur ​​pada diri sendiri, Anda akan terlihat cantik,” tambahnya. “Kegembiraan nyata dengan mode datang dari mengenakan apa yang Anda inginkan sehingga, ketika Anda melihat ke cermin, Anda melihat Anda, bukan orang lain. Anda dapat menjadi halus, eksentrik, asli dan sedikit liar, sekaligus!”

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Begitulah filosofi Iris di setiap tahap hidupnya. Sementara dia mengakui bahwa mengubah usia seabad "terasa menakutkan" ("Yah, saya belum pernah berusia 100 tahun sebelumnya!"), Dia merasa santai tentang proses penuaan. “Saya pikir itu bodoh bagi wanita untuk menyembunyikan usia mereka dan mencoba mengatakan bahwa mereka beberapa tahun lebih muda dari mereka. Itu tidak masuk akal bagi saya. Jika Tuhan baik kepada Anda dan memberi Anda tahun-tahun itu, Anda harus merayakannya dan tidak mencoba menyembunyikannya, ”bantahnya. “Saya pikir Anda hanya berguling dengan pukulan. Jadi, sebenarnya, saya merasakan hal yang sama seperti yang saya rasakan pada usia 99 atau 73 – atau 22!”

Pendekatan Iris yang ceria dan tanpa basa-basi terhadap penuaan adalah tipikal dari pandangan optimisnya tentang kehidupan. Ketika diminta untuk menyebutkan pencapaian terbesarnya, dia hanya mengatakan: "Saya paling bangga masih hidup dan mampu melakukan pekerjaan yang menarik dan kreatif sambil membantu orang." Apakah ada sesuatu yang dia sesali, atau keinginan yang dia ketahui sebelumnya? "Tidak!" dia menjawab dengan tegas. “Saya tidak hidup mundur atau maju; Saya hidup di masa sekarang.” Dan sekarang, tampaknya, waktu Iris Apfel sangat banyak.

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Koleksi Iris Apfel x H&M diluncurkan di toko dan online pada 31 Maret.


Baca juga:
Tips Sukses Memulai Suatu Usaha dan Cara Menjaganya Dari Didiet Maulana
Mengapa Harus Anda Menaruh Batas Umur Sukses Dalam Kehidupan?

Penulis: Abid Haque; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of BAZAAR UK