Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ratu Elizabeth Memberikan Donasi yang Jarang Terjadi kepada Para Pengungsi Ukraina

Ratu Inggris memberikan "sumbangan murah hati" kepada Komite Darurat Bencana.

Ratu Elizabeth Memberikan Donasi yang Jarang Terjadi kepada Para Pengungsi Ukraina

Ratu Elizabeth II menunjukkan dukungannya bagi para pengungsi Ukraina dengan memberikan sumbangan yang tak biasa.

Baca juga: Ratu Elizabeth Tunda Acara Diplomatik di Tengah Krisis Ukraina

Sementara ratau Inggris belum secara terbuka mengomentari invasi Rusia terhadap Ukraina, Komite Darurat Bencana badan amal Inggris mengumumkan hari ini bahwa Yang Mulia menyumbangkan sejumlah donasi yang "murah hati".

"Terima kasih banyak kepada Yang Mulia Ratu karena terus mendukung Komite Darurat Bencana dan untuk memberikan sumbangan yang murah hati untuk DEC Ukraina Kemanusiaan Banding," tulis kelompok tersebut itu di Twitter. Istana Buckingham juga mengonfirmasi kepada sebuah media besar Inggris bahwa ratu telah memberikan donasi melalui dana pribadinya, tetapi tidak mengungkapkan jumlah pasti yang ia berikan.

DEC, yang terdiri dari 15 badan amal anggota yang berspesialisasi dalam berbagai bidang bantuan kemanusiaan, berkumpul untuk mengumpulkan dana selama masa krisis di luar negeri. Organisasi tersebut akan menggunakan dana yang dikumpulkan untuk Permohonan Kemanusiaan Ukraina untuk kelompok-kelompok yang bekerja dengan pengungsi di Polandia, Hongaria, Moldova, Slovakia, dan Rumania.

Sang Ratu, yang biasanya terikat pada netralitas dalam masalah politik, menunda acara diplomatik yang dijadwalkan harusnya berlangsung pada 2 Maret di Kastil Windsor menyusul pecahnya konflik antara Rusia-Ukraina.

"Sang Ratu telah menerima saran yang diberikan oleh Menteri Luar Negeri bahwa Resepsi Diplomatik di Windsor pada Rabu 2 Maret harus ditunda," bunyi pernyataan dari Istana Buckingham saat itu.

Keputusan itu dibuat atas rekomendasi dari Menteri Luar Negeri Inggris dan tidak terkait dengan diagnosis Covid-19 Ratu, Bazaar.com melaporkan.

Sementara sang ratu belum mengomentari perang tersebut, anggota keluarga kerajaan lainnya, termasuk Pangeran Harry dan Duchess Meghan, telah mengutuk serangan itu.

Baca juga:

Pangeran William & Kate Middlton Deklarasikan Dukungan pada Rakyat Ukrania

(Penulis: Chelsea Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)