Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rambut Keriting Anda Kering? Simak 9 Tips Berikut Ini untuk Merawat dan Menjaga Kelembapannya

Mulai dari sisir hingga alas bantal, temukan hal-hal yang perlu Anda perhatikan untuk merawat dan menjaga kelembapan rambut keriting Anda.

Rambut Keriting Anda Kering? Simak 9 Tips Berikut Ini untuk Merawat dan Menjaga Kelembapannya
Fotografer: Adi Nugroho untuk Harper's Bazaar Indonesia

Setiap jenis rambut mampu memancarkan keindahan dan keunikannya tersendiri. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa masing-masing di antaranya juga memiliki kelemahan. Meskipun begitu, bukan berati kelemahan tersebut mustahil untuk diakali. Dengan cara yang tepat dan sesuai, Anda mampu mengatasi kelemahan tersebut dan menjadi semakin percaya diri dengan mahkota di kepala Anda tersebut. 
 
Rambut keriting contohnya. Jenis rambut yang satu ini kerap mencuri perhatian karena kecantikan dan keunikan yang dimiliki. Namun, terlepas dari hal itu, rambut keriting juga dikenal dengan teksturnya yang cenderung lebih kering. Banyak pula yang beranggapan kalau jenis rambut tersebut sekali diatur dan mudah mengembang. 
 
Kondisi tersebut membuat untaian rambut keriting dapat dengan mudah terurai dan kehilangan gelombang atau liukan keritingnya, tidak seperti kondisi semula ketika tiap untaian keriting masih berbentuk dan terlihat jelas. Bagi banyak pemilik rambut keriting, kondisi tersebut tidaklah menyenangkan. Karena, mereka seakan kehilangan daya tarik utama rambutnya. 
 
Dalam kesempatan kali ini, Bazaar ingin berbagi kepada Anda yang berambut keriting mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan dalam merawat serta melembabkan rambut keriting agar tiap untaian lekukan rambut Anda tetap dapat berbentuk dalam waktu yang lama dan tidak mudah mengembang. Simak tips-tips di bawah ini.
 
1. Sisir

Detangler brush - Tangle Teezer  / Foto: Courtesy of Sephora

Detangler brush - Tangle Teezer / Foto: Courtesy of Sephora

(Tangle Teezer The Original - Rp269.900 - Sephora)

Jika memiliki rambut keriting, Anda tidak dapat menggunakan sembarang sisir. Jenis sisir yang cocok untuk Anda gunakan adalah detangler brush. Sisir tersebut mampu meminimalisir kerusakan pada rambut Anda dan membuatnya lebih mudah ditata. Namun, hindari menyisir rambut setelah keramas. Jika dilakukan, lekukan keriting pada rambut Anda akan hilang dan rambut akan mudah mengembang. Oleh karena itu, disarankan menyisir rambut hanya dengan jari-jari tangan. Menyisir rambut pun hanya perlu dilakukan sebelum Anda keramas. 
 
2. Conditioner
 
Jika ingin rambut Anda bertekstur lembut, menggunakan conditioner merupakan sebuah kewajiban. Gunakanlah conditioner pada saat keramas dan bilaslah hingga bersih. Namun, bagi Anda pemilik rambut keriting, menggunakannya sekali saja tidaklah cukup. Setelah rambut dibilas secara bersih, aplikasikanlah conditioner secara tipis pada batang rambut Anda. Pengaplikasian yang kedua ini tidak perlu dibilas, cukup tunggu hingga kering dengan sendirinya. Penerapan ini dapat membantu melembabkan rambut Anda sehingga tidak mudah mengembang dan menghilangkan bentuk dari lekukan keritingnya. 
 
3. Hair mask
 
Mengingat kondisi rambut keriting yang cenderung kering, penggunaan hair mask tidak boleh Anda tinggalkan. Dengan segala vitamin dan khasiat yang dimilikinya, hair mask mampu menutrisi rambut Anda sehingga mengembalikan kelembapan yang hilang. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan produk rambut tersebut secara rutin, yaitu sekitar 1-2 minggu sekali. 
 
4. Sampo
 
Bagi Anda yang berambut keriting, terdapat salah satu bahan dalam sampo yang perlu dihindari, yaitu sulfat. Bahan tersebut dikenal dengan fungsinya yang menciptakan banyak busa saat Anda keramas. Namun, nyatanya, bahan ini memiliki andil dalam membuat rambut menjadi kering. Oleh karena itu, gunakanlah sampo yang tidak mengandung bahan sulfat agar kelembaban rambut Anda tetap terpelihara. 
 
5. Curl Cream
 
Curl cream adalah salah satu produk terpenting untuk menjaga gelombang atau liukan rambut keriting Anda. Produk rambut yang satu ini bermanfaat untuk mempertahankan liukan keriting Anda dan membuatnya lebih tahan lama. Dengan begitu, rambut Anda terlihat lebih bervolume dan tertata rapi. Aplikasikan curl cream setiap sehabis keramas menggunakan jari tangan. Anda pun dapat sekaligus mempelintir tiap untaian rambut sehingga liukan atau gelombang rambut keriting Anda semakin terlihat jelas. 
 
6. Pengering rambut
 
Rasanya fungsi dan efek dari semua pengering rambut sama saja. Namun, nyatanya tidak, khususnya jika rambut Anda berjenis keriting. Dengan segala kondisi yang dimiliki oleh rambut keriting, pengering rambut yang tepat untuk digunakan adalah yang berjenis diffuser. Pengering rambut biasa dapat dengan mudah membuat rambut menjadi kering. Jika rambut keriting, yang cenderung lebih kering daripada jenis rambut lainnya, dikeringkan dengan pengering biasa, rambut dapat menjadi sangat kering. Namun tidak jika Anda menggunakan diffuser yang tetap mampu menjaga kelembapan rambut. Alat yang satu ini pun mampu meminimalisir kekusutan rambut. 
 
7. Handuk rambut

Handuk Rambut - Pierre Cardin / Foto: Courtesy of JD.ID

Handuk Rambut - Pierre Cardin / Foto: Courtesy of JD.ID

(Pierre Cardin Microfiber Head Towel - Rp109.000 - JD.ID)

Untuk mengeringkan rambut secara sekilas, gunakanlah handuk berbahan microfiber. Dengan serat yang sangat halus, Anda tidak perlu khawatir jika rambut akan kering atau rusak karenanya.  
 
Selain untuk mengeringkannya, gunakan handuk microfiber sebagai pembungkus rambut setelah Anda mengaplikasikan curl cream. Hal tersebut perlu dilakukan agar penyerapan vitamin dan kandungan dari produk rambut tersebut dapat bekerja secara maksimal. Bahan handuk tersebut cocok untuk menahan segala vitamin dan kandungan conditioner sehingga dapat meresap ke dalam setiap helaian rambut Anda. 
 
8. Alas bantal

Sarung bantal satin - Zara Home  / Foto: Courtesy of Zara Home

Sarung bantal satin - Zara Home / Foto: Courtesy of Zara Home

(Sateen Pillowcase - Rp699.900 - Zara Home)

Poin yang satu ini mungkin tidak pernah terlintas di benak Anda. Namun, nyatanya, bahan seprai seperti katun tidak cocok untuk Anda yang berambut keriting. Bahan seprai tersebut dapat dengan mudah merusak bentuk rambut sehingga menghilangkan bentuk liukan keriting yang Anda miliki. Oleh karena itu, beralihlah pada alas bantal berbahan satin atau sutra. Kelembutan dari bahan tersebut mampu mempertahankan gelombang atau liukan rambut Anda sehingga bentuknya tetap terjaga hingga keesokan harinya. 
 
9. Temperatur air
 
Air Hangat kerap menjadi pilihan orang-orang ketika keramas karena suhunya yang terasa nyaman di kulit kepala dan tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa air hangat dapat berkontribusi dalam mengeringkan rambut? Oleh karena itu, demi menjaga kelembapan rambut Anda, selalu gunakan air dingin ketika akan keramas. 

Portofolio Foto:
Fotografer: Adi Nugroho
Fashion Stylist: Michael Pondaag
Model: Anna Bolobolenko
Asisten Stylist: Vero Arviana
 
(Penulis: Fatimah Mardiyah)