Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Bagaimana Cara Memakai Parfum yang Benar?

Memakai parfum dengan benar itu sedikit membutuhkan keterampilan. Inilah cara memakai parfum yang tepat agar tahan lebih lama

Bagaimana Cara Memakai Parfum yang Benar?
(Foto: Courtesy of lightfieldstudios©123RF.com)

Fungsi parfum yang utama adalah untuk memberi aroma-aroma wangi tertentu pada tubuh. Bagi sebagian orang, memakai parfum adalah suatu kebutuhan wajib, bahkan dapat meningkatkan kepercayaan diri, semangat, dan mood. Sebenarnya, memakai parfum itu mudah, hanya tinggal semprot dan selesai. Namun, memakai parfum dengan benar itu sedikit membutuhkan keterampilan. Semisal, menyimpan parfum di kamar mandi atau memakai parfum di pergelangan tangan, dan bahkan menggosok cairan parfum ternyata bukanlah cara yang tepat. Oleh karena itu, dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara memakai parfum yang tepat agar tahan lama. 


1. Menggunakan Losion


Mengoleskan losion sebelum Anda menyemprotkan parfum berfungsi untuk membuat kulit lebih lembap sehingga mampu mempertahankan wewangian lebih lama. Dengan kata lain, mengoleskan losion pada kulit dapat membantu mengunci aroma parfum. Tipnya, pilihlah losion yang mempunyai aroma netral, atau yang memiliki aroma yang sesuai atau mirip dengan aroma parfum yang Anda gunakan. 


2. Simpan Parfum Dengan Benar


Menyimpan parfum dengan benar sangatlah penting untuk menjaga kualitas parfum. Namun sayangnya, masih banyak orang yang menganggap sepele hal ini. Simpanlah parfum di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, agar aromanya tidak menguap dan berkurang. Pastikan juga Anda menutup parfum dengan rapat setelah digunakan, agar wangi parfum lebih tahan lama. Tipnya, simpan parfum di meja rias yang sejuk agar aromanya tetap wangi, segar dan tahan lama. 


3. Pilih Parfum yang Tepat


Parfum memiliki berbagai jenis dengan fungsi dan tujuan penggunaannya masing-masing. Beberapa jenis parfum di antaranya, Eau de Cologne, Eau de Toilette, Eau de Parfum, parfum balm, parfum dan Eau Fraiche.


- Eau Fraiche


Ini adalah jenis parfum yang paling ringan di antara yang lainnya, hanya mengandung 1% sampai 3% essential oil. Maka dari itu, jenis parfum ini dapat bertahan kurang dari satu jam.


- Parfum Balm


Jenis wewangian lainnya yaitu parfum balm. Wewangian jenis ini sangat simpel dan mudah untuk dibawa bepergian, karena bentuknya yang kecil dan praktis. Wewangian jenis ini hanya memiliki sekitar 1% sampai 5% perfume oil, membuatnya mampu bertahan sekitar dua jam. 


- Eau de Cologne


Jenis parfum yang satu ini mengandung minyak esensial sekitar 2% hingga 4% di dalam formulasinya, sehingga dapat bertahan sekitar 2-3 jam di tubuh. 


- Eau de Toilette


Jenis wewangian ini memiliki kadar essential oil sekitar 5 % hingga 15 % serta memiliki kekuatan dan ketahanan aroma yang sedang, sehingga mampu bertahan hingga tiga jam di tubuh. 


- Eau de Parfum


Jika Anda menginginkan wewangian yang lebih tahan lama, coba jenis wewangian ini karena mengandung minyak esensial sebanyak 10% hingga 15%, membuatnya mampu bertahan hingga delapan jam. 


- Parfum 


Jenis wewangian ini adalah versi yang paling populer. Kandungan minyak esensialnya sangat tinggi yaitu sekitar 15% sampai 40%. Ketika digunakan dalam jumlah sedikit, wewangian ini mampu bertahan selama 8-10 jam. Sebaliknya, apabila digunakan dalam jumlah banyak, mampu bertahan selama hampir 24 jam. Maka tak heran untuk mendapatkannya, Anda perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. 


4. Tidak Menyemprotkan ke Pakaian


Menyemprotkan parfum ke pakaian bukanlah cara yang dianjurkan ketika memakai parfum. Karena dibandingkan pakaian, kulit tubuh lebih baik dalam menyerap aroma parfum. Parfum yang disemprotkan ke pakaian dapat mengakibatkan aromanya bercampur dengan bau keringat. Ada baiknya, semprotkan parfum di area kulit yang dekat dengan nadi, agar aroma parfum lebih tahan lama. 


5. Gunakan Parfum Di Area yang Tepat


Setelah memilih parfum yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda, selanjutnya pilih area-area tubuh tertentu untuk menyemprotkan parfum, seperti hanya pada area dekat titik-titik nadi. Pada bagian tersebut cenderung menghasilkan panas yang lebih tinggi, sehingga aroma parfum akan menyebar ke seluruh tubuh. Semprotkan parfum pada bagian pergelangan tangan, di belakang telinga, di bagian dalam siku dan di belakang lutut. Ketika memakai parfum pada pergelangan tangan Anda, jangan menggosok pergelangan tangan secara bersama-sama. Ini akan memaksa aroma parfum tidak bertahan lama. 


Semprotkan parfum sebanyak dua sampai tiga kali, agar aroma parfum dapat bertahan lebih lama. Perhatikan pula jarak semprotannya, yaitu sekitar 15-25 cm. Hal ini bertujuan agar penyebaran parfum menjadi lebih merata dibandingkan dengan menyemprotkannya dari jarak dekat. 


Jadi, hari ini Anda pakai parfum yang mana?


(Foto: Courtesy of lightfieldstudios©123RF.com)